Rabu, 23 September 2015

6 Faktor Yang Bisa Dipertimbangkan Dalam Memilih Kosan

Kebanyakan Mahasiswa-mahasiswa di Indonesia selalu identik dengan kos-kosan, hal ini tentu berlaku bagi calon mahasiswa yang memilih tempat kuliah atau universitas di tempat yang bukan daerah tempat tinggalnya, dan tidak memiliki sanak saudara yang bisa ditinggali. Bagi saya kos-kosan merupakan salah satu bagian yang paling penting untuk menentukan kesuksesan kita dalam menjalani hidup perkuliahan. Oleh sebab itu dasar tersebutlah admin mengangkat tema tentang 6 faktor yang bisa dipertimbangkan dalam memilih kosan.

1. Bentuk Kamar
Image Courtesy of  Feelart at http://www.freedigitalphotos.net/ 
Kamar menjadi hal yang paling mendasar bagi para pencari kos, jika anda memilih kosan, usahakan yang dilengkapi dengan jendela dan pintu tentunya, hal ini tentu berguna untuk menjaga udara kamarmu agar tidak terlalu lembab, sehingga kualitas tidur dan belajarmu akan meningkat dan nyaman. Udara yang terlalu lembab akan membuat kamarmu mudah bau dan berjamur juga memungkinkan untuk dijadikan tempat bernaung para serangga seperti kecoa, kelabang, dll. Anda tentu tidak mau bukan, kamar anda dijadikan tempat penginapan bagi 2 serangga tersebut?


2. Kamar mandi
Image Courtesy of Arztsamui at http://www.freedigitalphotos.net/
Kamar mandi merupakan hal kedua yang penting dalam pemilihan kosan, sebaiknya anda memilih kamar yang memiliki aliran air yang lancar karena kos-kosan sangat identik dengan penggunaan air  yang boros akibat penggunaan secara massal oleh masing-masing penghuni kosan. Jika aliran air tidak lancar maka kemungkinan besar anda bisa memiliki kendala dalam urusan kamar mandi terlebih jika musim kemarau seperti sekarang ini yang bisa membuat air tanah habis. Kamar mandi yang ideal adalah kamar mandi yang bersih dan rapi yang dilengkapi dengan bak air dan tempat pembuangan. Kamar mandi dalam kamar boleh juga bagi anda yang memiliki kantong tebal.

3. Dapur
Image Courtesy of Phaendin at http://www.freedigitalphotos.net/
Kos-kosan memang tempat tidur bagi mahasiswa dalam menempuh perkuliahan, yang akan membuat anda hanya berkutik dengan dunia kampus dan dunia kosan, maka dari itu admin menyarankan untuk mencari kosan yang dilengkapi dengan dapur, hal ini akan memudahkan bagi anda dalam urusan sekedar membuat susu, teh atau mie jika anda merasa lapar ditengah malam.

4. Tempat Jemuran dan tempat mencuci
Image Courtesy of Anankkml at http://www.freedigitalphotos.net/
Anda ngekos dan kuliah? Berarti sudah siap untuk hidup mandiri. Selama kegiatan perkuliahan anda akan menghasilkan cucian atau baju kotor, bila ini tidak dicuci tentu akan menimbulkan bau yang tidak sedap dilingkungan kamar anda bukan? Memang di sekitar kampus pasti anda dapat dengan mudah menemukan jasa cuci atau laundry, namun tidak semuanya bisa anda cuci di jasa laundry, bagaimana dengan pakaian dalam anda? Kebanyakan jasa laundry tidak menerima cuci pakaian dalam, jadi Anda mau tidak mau harus mencucinya sendiri. Oleh sebab itu fasilitas tempat cuci dan jemuran dapat anda masukkan di list sebagai fasilitas wajib dalam kosan.

5. Ruang keluarga
Image Courtesy of Michelle Meiklejohn at http://www.freedigitalphotos.net/
Perkuliahan tidak melulu soal kuliah, anda pasti memiliki waktu luang untuk menyempatkan dirimu dalam berkomunikasi atau bergaul dengan teman kosmu, anda tidak mungkin bukan berdiam diri di dalam kamar seharian? Kecuali jika anda memang termasuk orang yang misterius, namun hal itu tidak baik dilakukan anda harus tetap bergaul dengan teman kosmu untuk meningkatkan solidaritas, namun bergaul yang positif tentunya. Oleh sebab itu ruang keluarga bisa dijadikan sebagai fasilitas sunnah dalam hal memilih kosan, jika tidak ada ruang keluarga anda bisa memanfaatkan kamar teman kosmu untuk area berkumpul.


6. Parkiran
Image Courtesy of fantasista at http://www.freedigitalphotos.net/
Faktor yang penting juga dan wajib tentunya. Bagi anda yang mengekos pasti beberapa dari kalian akan membawa kendaraan pribadi untuk kemudahan dalam menjalani dunia perkuliahan. Parikiran yang dilengkapi dengan pagar dan luas akan memberikan efek keamanan bagi kendaraan anda.

Demikian 6 faktor yang paling penting untuk dipertimbangkan dalam memilih kosan. Salam BK

lahir era tahun "95" menjadikan seorang bayu, pria mochi semakin beranjak umur. Punya hobi ngedekem di kamar setiap 'weekend' akibat suka-duka mencari segenggam rezeki.


Terimakasih kepada Allah SWT yang telah memudahkan segala jalan yang gue tempuh. Terimakasih juga karena telah mengirimkan special persons ; teman-teman gue, rekan-rekan kerja gue, dan keluarga yang perfect banget yang selalu menyokong gue untuk selalu maju ke depan.

Semoga apa yang gue saat ini kerjakan bisa bermanfaat buat gue dan orang lain. Aminn. wish me luck!! thank you xoxo

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon