Jumat, 18 September 2015

6 Tips Agar Anda Sukses Menjadi Mahasiswa Baru

Menjadi mahasiswa baru di suatu universitas mungkin menjadi momok bagi beberapa kalangan yah walaupun hanya kaum minoritas yang memiliki sifat ini. Menjadi mahasiswa baru berarti harus bisa memposisikan diri untuk beradaptasi dengan lingkungan baru, orang baru, serta suasana baru demi terciptanya suatu kondisi lingkungan perkuliahan yang kondusif, dengan begini berarti kita tidak akan memiliki halangan serta alasan untuk bisa berprestasi.

Bagi orang pendiam atau introvert mungkin akan mengalami kesusahan dalam membangun suatu hubungan sosial karena suatu kebiasaan, namun hal itu tidaklah mengharuskan kita untuk khawatir karena pada dasarnya beradaptasi pada suatu elemen bermasyarakat sudah menjadi keharusan kita sebagai makhluk hidup dalam menjalani suatu kehidupan.

Kita sebagai manusia yang memiliki segala kesempurnaan yang telah Tuhan berikan wajib untuk digunakan seamanah mungkin, mulai dari cara berkata, berpenampilan, dan bertingkah laku agar kalian sebagai mahasiswa baru dapat beradaptasi secara sehat, apalagi untuk orang yang kuliah ditempat yang sangat jauh dari tempat tinggal yang mengharuskan kita untuk hidup secara mandiri, cari makan sendiri, mandi sendiri, cuci baju sendiri, dan lain-lain menjadi serba sendiri.

Oleh sebab itu, berdasarkan gonjang-ganjing fenomena kehidupan bagi mahasiswa baru, maka kalian mungkin bisa mengikuti ke-Enam Tips ini agar langkah awal sebagai mahasiswa baru dapat dibuat. Check it out

Pilihlah Kosan yang Nyaman Untuk Memulai Prestasi Kamu

Bagi kalian yang kuliah di daerah yang sangat jauh dari rumah, dan mengharuskan kamu untuk tinggal dikosan sebaiknya kamu mencari kosan yang nyaman, dan aman. Hal ini bisa dilakukan dengan melihat kondisi kosan dan memintalah pendapat orang tua. Kosan yang nyaman akan membuat hari-hari kamu penuh berkah dan bermanfaat, dan waktu istirahat kamu serta tugas kamu tidak terbengkalai. Jangan lupa untuk menjalin komunikasi antar penghuni atau teman sekamar jika kamu tidak tidur sendirian.

Dibiasakan Untuk Menghargai Waktu Dengan Datang Tepat Pada Waktunya

Mahasiswa baru akan identik dengan masa OSPEK, kuliah, organisasi serta kegiatan lainnya, kalian sebagai mahasiswa baru hendaklah selalu datang tepat waktu untuk mendisiplinkan diri sehingga tidak menimbulkan pencitraan negatif dari orang lain. Selain itu, datang tepat waktu juga akan melatih kamu menjadi lebih profesional karena menganggap waktu bukan sebelah mata.

Mulailah Dari Sekarang Untuk Mempercantik Penampilan

Cantik itu enggak harus pakai make-up bagi perempuan dan enggak juga harus pakai baju mahal dan bagus. Cantik itu simpel, cukup dengan menggunakan pakaian yang sesuai sudah bisa membuat diri kamu cantik.

Kebiasaan memakai kaos oblong dan celana pendek pada saat keluar bisa dikurangi, dan ganti dengan minimal kaos yang berkerah atau kemeja. Yang terpenting adalah kamu bisa memposisikan diri bagaimana cara berpakaian yang rapi yang sesuai dengan momen.

Dengan berpenampilan rapi, setidaknya kamu telah menghargai diri sendiri dan orang lain. Selain itu, tingkat kepercayaan diri kamu juga akan ikut naik.

Berkomunikasilah Dengan Orang yang Kamu Jumpai

Jangan lupakan hal penting ini, kita sebagai manusia telah terlahir dengan dilengkapi akal dan mulut untuk bicara, bangunlah silaturahmi dengan berkenalan dengan orang disampingmu, kamu tidak perlu menunggu hingga orang menyapamu, kamu bisa mulai terlebih dahulu, dan tidak usah khawatir karena orang baru melakukan hal itu sudah sangat wajar. Untuk topik yang dibicarakan sebaiknya jangan terlalu berat, lebih yang ringan seperti nama, asal kota, asal rumah hingga akhirnya kamu memiliki topik yang hangat untuk dibahas. Ingat jangan terlalu berlebihan, karena yang berlebihan pasti tidak baik.

Jangan Mencoba Untuk Menjadi Orang Lain

Kamu adalah kamu, dia adalah dia, jangan sampai kamu menganggap bahwa dirimu rendah, karena sekalinya kamu melakukan itu kamu akan binasa. Meragukan kapasitas diri sendiri adalah kesalahan besar. Kamu harus yakin bahwa kamu bisa, karena tidak ada orang lain yang mengenal diri kamu sendiri selain kamu sendiri.

Ikut Organisasi Atau Kegiatan Positif

Berorganisasilah atau ikut kegiatan yang bermanfaat untuk mengembangkan softskill yang kamu punya, karena dalam dunia nyata keberadaan hardskill yang baik tidak terlalu menjanjikan jika softskillmu jelek, softskill meliputi pengontorolan emosional, cara berkomunikasi, serta kemampuan dalam memanagement terhadap sesuatu. selain softskill  kamu juga harus menyeimbangkan hardskill agar semua dapat seimbang.

Sekian dari saya, semoga kalian menjadi mahasiswa yang hebat dan unggul. Amin
Ada Quote yang berisi “1000 orang yang meragukan kamu adalah hal biasa namun jika kamu sendiri yang meragukan adalah yang binasa".

lahir era tahun "95" menjadikan seorang bayu, pria mochi semakin beranjak umur. Punya hobi ngedekem di kamar setiap 'weekend' akibat suka-duka mencari segenggam rezeki.


Terimakasih kepada Allah SWT yang telah memudahkan segala jalan yang gue tempuh. Terimakasih juga karena telah mengirimkan special persons ; teman-teman gue, rekan-rekan kerja gue, dan keluarga yang perfect banget yang selalu menyokong gue untuk selalu maju ke depan.

Semoga apa yang gue saat ini kerjakan bisa bermanfaat buat gue dan orang lain. Aminn. wish me luck!! thank you xoxo

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon