Senin, 28 September 2015

9 Langkah Mudah Agar Lebih Semangat Dalam Mengerjakan Tugas

Tugas lagi tugas lagi. Begitulah kehidupan para mahasiswa yang selalu dirundung permasalahan yang sama yaitu Tugas perkuliahan. Tugas ini akan menjadi momok yang menakutkan bila dibandingkan dengan marahnya sang pacar, karena apa? Karena jika tugas ini dibiarkan begitu saja akan berimbas pada nilaimu dan mungkin berimbas kepada hubunganmu dengan dosenmu. Tugas pekuliahan tidak sama dengan tugas tingkat SD, SMP, SMA karena tugas pada ketiga tingkat tersebut masih berada dibawah jauh dari level tugas perkuliahan. Perbedaan antara tugas perkuliahan dengan ketiga tugas tingkat pendidikan tersebut adalah dimana tugas perkuliahan akan selalu datang kapanpun dimanapun anda (mahasiswa) berada, dengan volume tugas yang hampir memenuhi kepala. Bagaimana tidak tugas perkuliahan selalu datang bertubi-tubi tiada habisnya tanpa mengenal bahwa mahasiswa juga manusia yang memiliki tingkat kesadaran dan kejenuhan terbatas.


Mungkin bagi kalian yang belum mengenyam bangku kuliah akan membayangkan betapa indahnya masa perkuliahan seperti layaknya di film-film, namun hello, Say To The NO, it doesn’t simple as you think. Kuliah tidak semudah apa yang dibayangkan, namanya perguruan tinggi pasti menjadi lebih sulit dari pendidikan dibawahnya. Memang benar jika kuliah waktu belajar dikampus hanya sebentar bila dibandingkan dengan SD, SMP, SMA yang waktu belajarnya mampu mencapai 6-8 jam. Namun kuliah tidak seperti itu sehari kita hanya cukup mengenyam 1-3 mata kuliah dengan rata-rata waktu 1,5 – 3 jam tergantung pada beban sks dari mata kuliah tersebut, tapi tunggu, hampir setiap hari mahasiswa pulang kuliah akan selalu membawa oleh-oleh yang cukup dahsyat yang mampu membuat beberapa mahasiswa kalang kabut tanpa arah. Oleh-oleh tersebut dinamakan tugas perkuliahan, tugas perkuliahan ini mampu membuat para mahasiswanya bekerja hingga larut malam tanpa mengenal lelah apalagi bila dikerjakan oleh seorang mahasiswa malas yang kurang mampu memanajemen waktunya sendiri.

Pada dasarnya menurut wowcang tugas perkuliahan itu ada yang mudah, ada yang susah, tergantung dari kitanya sih, terdiri dari beberapa soal, atau pembuatan artikel, makalah, bahan presentasi dan lain-lain, mereka umumnya diberikan waktu pengerjaan 1 hari – 2 minggu tergantung sulitnya dari tugas tersebut, namun 70% faktor yang membuat sulitnya mengerjakan tugas adalah kita sendiri, mengapa? Karena tugas perkuliahan dikasih waktu yang cukup panjang dimana para mahasiswa kebanyakan lebih mementingkan urusan lain seperti belanja, nongkrong, tidur, dan melakukan rutinitas yang lainnya. Mereka masih berpikir bahwa
“Tugasnya nanti dulu aja, paling 1 hari selesai”
Kebanyakan dari mahasiswa yang berpikir demikian selalu menganggap enteng tentang tugasnya yang katanya 1 hari bisa selesai, yah bisa tapi dengan sistem SKS (Sistem Kebut Semalam) yang sering digunakan mahasiswa dalam membuat tugasnya. Akan tetapi sistem SKS ini sangatlah tidak baik karena mampu membuat mahasiswanya mengerjakan asal-asalan bila titik jenuhnya sudah mencapai batas bahkan yang lebih buruk adalah tidak mengerjakan tugas tersebut yang bisa berimbas pada nilai akhir. Namun ada loh beberapa cara untuk membuat kita mahasiswa lebih mudah dalam mengerjakan tugas perkuliahan. Berikut caranya :

1. Manfaatkan tempat-tempat yang asik untuk mengerjakan tugas
Image Courtesy via Unnes.ac.id
Tempat yang asik tidak harus cafe atau mall, karena itu akan membuat anda lupa dengan tugas sendiri. Tempat yang asik bisa anda pilih yaitu taman kampus dimana hawa sejuk, dan rindangnya pepohonan akan membuat anda lebih semangat dalam membuat tugas.

2. Manfaatkan teman-teman kos atau teman sekelas
Image Courtesy via jakartakita.com
Daripada nongkrong yang gak jelas dikafe mending nongkrong di taman kampus sambil mengerjakan tugas tapi jika kalian termasuk dalam orang yang tidak suka menyendiri, anda bisa tuh minta temenin teman kos atau teman sekelas untuk ngerjain bareng.

3. Jangan lupa makanan ringan dan minuman
Image Courtesy of OZphotography at freedigitalphotos.net
Mengerjakan tugas tentu akan membuat anda merasa lapar dan haus karena konsentrasi dan tenaga yang anda keluarkan, jadi jangan lupa untuk membawa makanan ringan dan minuman yang bisa mengganjal perut sehingga kegiatan mengerjakan tugas menjadi lebih nikmat. tapi ingat jangan banyak-banyak karena makan akan meningkatkan hormon melantonin yang bisa menyebabkan rasa kantuk. Makanan yang bisa dimakan disela mengerjakan tugas adalah buah, makanan ringan non msg yah lebih baik dan kacang-kacangan.

4. Ditemani lagu klasikal
Image Courtesy of Thinkstock
Mengerjakan tugas sambil mendengarkan lagu-lagu klasik seperti  bethooven akan membuat anda lebih rileks dan terkonsentrasi. Tapi ingat jangan lagu rock atau metal yang bisa membuat konsentrasi anda hilang.

5. Memanfaatkan waktu senggang
Image Courtesy via sekolah123.com
Anda memiliki waktu senggang seperti hari libur atau sabtu dan minggu, STOP, jangan anda gunakan waktu luangmu untuk tidur, makan, dan main, tapi akan lebih baik bila digunakan untuk mengerjakan tugas. Tapi ingat jangan terlalu memporsir atau membebanimu dengan tugas saja, jika anda lelah anda bisa istirahat 20 menit untuk meningkatkan stamina kembali.

6. Minta tolong dengan Mama atau papa atau teman anda
Image courtesy via melindahospital.com

Jika dirasa memiliki tugas yang banyak dan anda disibukkan dengan kesibukkan aktivitas lain di dunia organisasi, anda tentu bisa meminta tolong kepada teman atau keluarga untuk membantu dalam menyelesaikan tugasmu atau bertanya jika dirasa memiliki soal yang kurang dimengerti, tapi ingat jangan minta jawaban melainkan meminta untuk diajarkan.

7. Ketika jenuh anda bisa melakukan hal yang disuka
Image Courtesy of Sakhorn38 at freedigitalphotos.net
Yang namanya mengerjakan tugas pasti ada kalanya kalian memasuki tahap jenuh bukan? tahap ini membuat kita urung-urungan dalam membuat tugas, jadi jika anda memasuki tahap ini, anda bisa istirahat sejenak atau mendengarkan lagu atau jalan-jalan keluar untuk menikmati pemandangan hijau, agar menyegarkan pikiran dan semangat anda untuk mengerjakan tugas lagi.

8. Dahulukan tugas yang mudah
Image Courtesy Via pendidikanindonesia.com
Seperti kata pepatah “yang mudah didahulukan” tugas yang banyak tak akan jadi masalah jika kamu mendahului tugas yang mana bisa dikerjakan lebih dulu dan cepat selelsai. Jangan mengerjakan tugas yang susah terlebih dahulu karena akan membuang waktu yang ada hanya untuk berpikir dan melakukan banyak trial dan error.

9. Niat
Image Courtesy of Stockimages at freedigitalphotos.com
Dari itu semua akan lebih indah bila dibarengi dengan niat yang tulus, percuma jika anda mengerjakan tugas dalam suatu kondisi keterpaksaan. Karena tujuan utama dalam mengerjakan tugas adalah untuk mendapatkan nilai yang bagus bukan? oleh sebab itu kita harus ikhlas agar tugas yang dikerjakan mendapat point yang maksimal.

Demikian cara untuk membuat agar kita (mahasiswa) lebih semangat dalam mengerjakan tugasnya. Happy Kuliah

lahir era tahun "95" menjadikan seorang bayu, pria mochi semakin beranjak umur. Punya hobi ngedekem di kamar setiap 'weekend' akibat suka-duka mencari segenggam rezeki.


Terimakasih kepada Allah SWT yang telah memudahkan segala jalan yang gue tempuh. Terimakasih juga karena telah mengirimkan special persons ; teman-teman gue, rekan-rekan kerja gue, dan keluarga yang perfect banget yang selalu menyokong gue untuk selalu maju ke depan.

Semoga apa yang gue saat ini kerjakan bisa bermanfaat buat gue dan orang lain. Aminn. wish me luck!! thank you xoxo

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon