Kamis, 17 September 2015

Dia Akhirnya Ke Jepang

Ini diambil dari kisah nyata dari salah satu mahasiswa yang kuliah di Semarang, sebut saja si P, si P ini berasal dari kota bekasi. Dia awalnya hendak masuk jurusan kedokteran atau jurusan teknik fisika katanya menurut dia yang cerita ke admin, namun karena bukan rezeki dia belum diterima di PTN yang dia mau masuk, dan akhirnya dia memutuskan untuk ikut jalur entah SNMPTN atau SBMPTN tapi yang jelas pilihan keduanya itu jatuh ke pilihan Teknik Kimia. Yah pilihan itu dia pilih karena dia termasuk kategori anak yang memiliki ketertarikan terhadap jurusan yang berbau IPA. Setelah dia melakukan tes SBMPTN akhirnya dia masuk pada pilihan kedua, yah karena minimnya informasi ternyata jurusan yang dia masuk tergolong masih baru namun jangan salah jurusan di PTN ini sangat cepat sekali berkembang buktinya jurusan ini menyabet akreditasi B pada tahun 2014. Hebat kan??

Si P yang merasa agak sedikit kecewa, merasa ada yang kurang, bahkan dia pernah cerita kesaya dia hendak pindah jurusan namun masukan saya sih mendingan kamu bertahan karena siapa tahu ada suatu mukzizat yang membuatmu meraih kesempatan yang besar, jawab dia hanya terdiam dan tersenyum.

Lalu selang setengah tahun dia memutuskan untuk daftar ke HIMPRO Teknik Kimia periode 2014, dan dia diterima menjadi salah satu staff, saya lupa bagian apa kalau tidak salah Dept. Sosial kaya gitu. Dia menjabat selama setahun, di organisasi tersebut dan tibalah saat pelengseran anggota lama menuju kepengurusan 2015. Si P ini terpilih menjadi salah satu dari 4 kandidat yang terpilih untuk menjadi ketua umum Himpro Tekkim, mereka ber-4 sebut saja si D1, D2, si P, dan si D3, yah ketiga orang ini memiliki nama depan D. Mereka terpilih karena dedikasi mereka yang tinggi dan usaha keras mereka yang layak untuk menjadi kandidat ketua. Sebenarnya menurut kita sih semua layak namun karena wakil kandidat hanya boleh 4 jadi apa boleh buat. Awalnya mereka ini susah atau ogah-ogahan untuk daftar tapi karena ini sudah menjadi pilihan kami si penyeleksi tingkat jurusan yah apa boleh buat, dengan kekuatan memaksa sedikit tidak apalah. Saya teringat pada saat itu rapat delegasi pemanggilan kandidat ketum himpro dilakukan di salah satu kosan yang paling sering saya kunjungi yaitu KOS PINK, yah kami memanggil ke tiga kandidat untuk meminta ketersediannya dalam mengisi formulir, namun mereka meminta dari kami untuk memberi kata-kata motivasi kepada mereka, jumlah kami yang ikut rapat delegasi berjumlah 5 termasuk saya sendiri. Ke 4 dari temen saya pintar sekali dalam memberikan motivasi, sedangkan saya? -_-. Apakah anda ingin tahu apa yang saya bilang ke mereka? Saya bilang begini “kehidupan itu saling berhubungan mulai dari masa lalu hingga sekarang, kita tidak tahu apa yang akan terjadi di masa yang akan datang, karena sesungguhnya besok merupakan sebuah misteri, yang perlu kita lakukan adalah mengingatnya dan menjadi motivasi dalam diri kita bahwa ada suatu dimana anda bisa mendapatkan sesuatu akibat dari perbuatan yang kamu lakukan dimasa lalu” bagus yah kata-katanya?? Tapi waktu itu saya grogi bilangnya jadi sempat jadi kata-kata yang aneh untuk didengar dan bergelibet.

Akhirnya si P ini menjabat sebagai ketum himpro periode 2015, dengan anggota yang solid dan kompak, yah saya cukup kagum dengan mereka. Mengingat kita adalah keluarga yang belum besar bila dibandingkan dengan univ. Negeri lain.

Pada tanggal 16 ada sebuah kesempatan di jurusan ini, yaitu memberikan kesempatan bagi salah satu mahasiswa utnuk ikut pergi ke jepang tepatnya di Kanazawa University, namun yang mau ikut harus mendaftar dan melaksanakan ujian yang dilakukan oleh panitia, si P ini mendaftar dan akhirnya dia yang diterima untuk melakukan conference di jepang selama seminggu. Tamat
Seru gak ceritanya? Intinya pilihan kita yang kita pilih memang belum tentu baik tapi juga belum tentu buruk, hal ini sebenarnya ditentukan kemampuan dan kemauan dari diri kita, serta pilihan yang kita pilih. Namun ingat kadang pilihan yang kita rencanakan pasti akan ada kalanya untuk tidak berjalan sesuai rencana, namun ingat didunia ini ada kekuatan besar yang dapat mengatur kehidupan kita, yaitu RENCANA TUHAN. Memang kita yang menentukan pilihan, namun Tuhan selalu punya caraNya sendiri untuk meluruskan jalan kita. FIN

lahir era tahun "95" menjadikan seorang bayu, pria mochi semakin beranjak umur. Punya hobi ngedekem di kamar setiap 'weekend' akibat suka-duka mencari segenggam rezeki.


Terimakasih kepada Allah SWT yang telah memudahkan segala jalan yang gue tempuh. Terimakasih juga karena telah mengirimkan special persons ; teman-teman gue, rekan-rekan kerja gue, dan keluarga yang perfect banget yang selalu menyokong gue untuk selalu maju ke depan.

Semoga apa yang gue saat ini kerjakan bisa bermanfaat buat gue dan orang lain. Aminn. wish me luck!! thank you xoxo

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon