Rabu, 16 September 2015

Tips Menghadapi Panggilan Kerja yang Tak Kunjung Datang

Sudah hampir memasuki bulan ke-3 sejak hari kelulusan, namun panggilan yang kuharapkan tak kunjung datang. Hanya sekedar menunggu panggilan untuk tahap tes saja saya belum mendapatkan. Hanya baru 1 kali panggilan dari satu perusahaan yang saya dapatkan itu pun dengan hasil gagal. Sempat rasanya bertanya-tanya apa yang salah, “saya sudah melakukan apapun yang saya perlu lakukan” mulai dari kirim via e-mail, via kurir, bahkan pendaftaran via online.


Banyak orang yang mengatakan bahwa itu belum rezekinya, yah saya percaya bahwa “Rezeki tidak akan pernah tertukar”. Tahap ini merupakan momok bagi seorang pencari kerja, yah saya akui itu. Menunggu panggilan tes kerja membuat para pencari kerja jenuh dan bosan ditambah dengan minimnya kegiatan yang membuat rasa penantian menjadi semakin lama. Berikut mimin bagi tips untuk para pencari kerja yang saat ini masih berusaha untuk mengejar :
  1. Jangan menyerah dan menyesal apa yang kamu pilih dimasa lalu. Pernahkah anda membayangkan masa kecil anda mulai dari TK, SD, SMP, SMA, bahkan Ke Jenjang yang lebih tinggi? Semua itu pasti memiliki masing-masing kolerasi antara masa depan kamu sekarang dan masa lalu. Seperti contoh : anda memilih untuk masuk ke SMK dengan jurusan komputer dan setelah anda lulus, anda memutuskan untuk lanjut ke jurusan yang bersimpangan, contoh Teknik Kimia. Hal itu akan membuat anda kesusahan dalam mengikuti pelajaran, namun seiring dengan berjalannya waktu dan usaha yang anda lakukan anda pasti akan mengerti. Kemampuan komputer yang anda miliki dari masa SMK akan menjadi bekal Skill kamu kelak dimasa perkuliahan dan masa depan, mungkin anda bisa berprestasi karena kemahiranmu dalam komputer, dan kamu akan bisa menolong temanmu dan dosenmu yang mungkin punya masalah dengan laptop mereka, dan kamu juga bisa menjadi perombak desain web-web atau berkecimpung dengan organisasi intra kampus pada bagian Information & Communication Dept, yang menangani tentang pemberian info, web design, dll yang berhubungan dengan komputer karena ketalentanan yang kamu miliki saat ini. Intinya berusahalah dan lakukan apa yang menjadi kesempatanmu, karena sesungguhnya BESOK merupakan misteri.
  2. Isilah harimu dengan kegiatan yang bermanfaat yang menjadi hobimu sehingga dapat mengisi waktu luang mencari kerjamu. Seperti olahraga tiap pagi, masak, bantu orang tua dan adik, menjadi volunteer, kumpul bersama dengan teman-temanmu (kumpul yang bermanfaat seperti meningkatkan silaturahmi), melakukan hobimu seperti menulis artikel, bermain musik, dll.
  3. Ingat jangan terlalu terlena menunggu panggilan tes dari satu perusahaan selama beberapa minggu, lebih baik anda tetap mencari info lowongan yang sekiranya cocok untuk bidang kualifikasi anda agar peluang menjadi lebih besar. dan daftarlah.
  4. Berdoa jangan lupa, dan selalu berusaha untuk hasil yang terbaik. Namun jangan sampai anda malah berpasrah engan keadaan yang ada.
Mencari kerja memang melelahkan, namun mengeluh ditengah-tengah mencari kerja akan lebih melelahkan.. Salam Sukses



lahir era tahun "95" menjadikan seorang bayu, pria mochi semakin beranjak umur. Punya hobi ngedekem di kamar setiap 'weekend' akibat suka-duka mencari segenggam rezeki.


Terimakasih kepada Allah SWT yang telah memudahkan segala jalan yang gue tempuh. Terimakasih juga karena telah mengirimkan special persons ; teman-teman gue, rekan-rekan kerja gue, dan keluarga yang perfect banget yang selalu menyokong gue untuk selalu maju ke depan.

Semoga apa yang gue saat ini kerjakan bisa bermanfaat buat gue dan orang lain. Aminn. wish me luck!! thank you xoxo

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon