Kamis, 01 Oktober 2015

8 Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum dan Sesudah Wisuda

“Ciee akhirnya di wisuda, kamu kapan?”

Wisuda merupakan moment yang paling ditunggu-tunggu bagi semua mahasiswa, kenapa? Karena wisuda merupakan sebuah prosesi pelepasan jabatan status kemahasiswaan setelah bergelut dengan suka dukanya dunia perkuliahan. Dunia perkuliahan memanglah tak mudah, apalagi dengan jurursan yang memang butuh perjuangan yang lebih besar untuk dapat diwisuda. Bahkan banyak beberapa mahasiswa yang menempuh waktu kuliah hingga 5-10 tahun lamanya padahal waktu normalnya adalah 4 tahun, wowcang juga heran apa yang menjadi kendala bagi mahasiswa seperti ini, apa mungkin karena mereka terlalu terlena dengan semua kesibukan perkuliahan sehingga betah untuk bertahan dalam status kemahasiswaannya atau mungkin juga karena beban tanggung jawab mahasiswanya akan kesibukan lain yang menuntut dia untuk menunda kelulusannya, yah apapun alasannya yang penting jangan terlalu lama karena setiap kampus memiliki batas maksimal anda untuk lulus.


Pasca sebelum dan sesudah wisuda memiliki kesenangan-kesenangan tersendiri bagi mahasiswanya, mereka cukup bangga akan dirinya karena akhirnya dapat menyelesaikan seluruh tantangan di dunia perkuliahan dengan cukup baik. Namun ada 8 hal yang perlu kalian lakukan sebelum dan sesudah wisuda agar euforia kelulusan dapat berjalan dengan baik.

1. Kamu sudah melaksanakan sidang? Jangan lupa revisi Skripsimu menanti!
Image Courtesy of Photostock at freedigitalphotos.net
Walaupun akhirnya kamu sudah sidang, jangan senang terlebih dahulu karena tugas untuk merevisi skripsimu masih menunggu untuk dikerjakan. Jangan sampai kamu setelah sidang terlalu senang sehingga menunda-nunda untuk merevisi skripsi dan akhirnya kamu tidak memiliki cukup waktu untuk memenuhi persyaratan untuk ikut wisuda. Sakitnya tuh disini.

2. lengkapi dokumen-dokumen pelengkap untuk persyaratan wisuda
Image Courtesy of Gualberto107 at freedigitalphotos.net
Lengkapilah sesegera mungkin dokumen-dokumen yang perlu di lengkapi sebagai syarat untuk mengikuti prosesi wisuda. Persyaratan wisuda umumnya terbagi menjadi 3 syarat yang harus dipenuhi yaitu persyaratan untuk Prodi, persyaratan untuk Fakultas, dan persyaratan untuk Universitas. Ketiganya pasti memiliki korelasi sehingga menjadikan anda cukup sibuk dalam melengkapi persyaratan tersebut dan memakan cukup banyak waktu antara 1-3 minggu tergantung dari upaya kamu. Dan juga ingat untuk selalu mengecek nilai akhir ipk, jangan sampai salah. Soalnya kalau nanti salah dan kamu mengetahuinya setelah pasca wisuda bisa merepotkan dirimu, seperti halnya pengalaman sang penulis karena ipk salah tulis membuat penulis galau 3 hari 3 malam.

3. Adakan syukuran kecil-kecilan untuk teman-teman
Image Courtesy of Ambro at freedigitalphotos.net
Tidak salah juga berbagi kesenangan dengan teman-teman kamu. Kesenangan akan keberhasilan kamu tidak enak donk bila hanya kamu yang merasakan, yah setidaknya acara makan-makan untuk teman-teman tidak ada salahnya untuk dilakukan dan jangan lupa minta doa kepada teman-teman agar berhasil di dunia selanjutnya.

4. Ucapan terimakasih dan sedikit kenangan tidak salahnya diberikan kepada dosen pembimbing
Terimakasih Ibu Dr. Widi Astuti, S.T., M.T.
Dosen pembimbing mungkin adalah orang ketiga yang berjuang keras untuk keberhasilan skripsimu setelah Orang tua dan kamu sendiri. Setidaknya ucapan terimakasih kepada dosbingmu yang telah meluangkan waktunya hanya untuk mengecek lembar demi lembar skripsimu sehingga menjadi karya yang hebat dan berguna. Kamu juga bisa untuk memberikan sedikit kenang-kenangan kepada dosbingmu sebagai tanda pengingat akan diri kita. Kalau dulu penulis memberi kenang-kenangan berupa jam keramik yang ada gambar saya sama dosbing. Bagus yah?

5. Mulai untuk menyebar lamaran pekerjaan
Job Interview, Image Courtesy of Ambro at freedigitalphotos.net
Tidak salahnya kan kamu sambil menunggu acara wisuda menyebar lamaran pekerjaan kebeberapa perusahaan yang kamu target, kamu tidak perlu menunggu untuk mendapatkan transkip dan ijazah, karena beberapa perusahaan ada yang memiliki kebijakan untuk menyerahkan surat keterangan kelulusan terlebih dahulu. Hal ini tentu membuatmu enak, terlebih jika kamu diterima oleh perusahaan untuk bekerja sebelum wisuda jadi setelah wisuda kamu bisa kangsung bekerja tanpa harus menunggu lagi.

6. Undang seluruh teman-teman dan orang tercinta untuk hadir ke prosesi wisuda


Merayakan wisuda tentu tidak enak bila sendirian, oleh sebab itu mintalah kehadiran teman-teman sekitar untuk hadir biar bisa foto bareng, senang-senang bareng, dan doa bareng biar segalanya menjadi lebih indah. Kalau dulu penulis hanya merayakan wisuda bersama dengan teman-teman saja, karena orang tua tidak bisa datang karena suatu alasan yang kuat untuk tidak dapat hadir, namun sang penulis tetap senang dan semangat.

7. Setelah wisuda jangan langsung pulang ke kampung halaman.
Zaman Perpisahan sama mereka bertiga dulu
Sisakan waktu 2-3 hari untuk proses perpisahan kepada teman-temanmu, ucapkan rasa terimakasih karena telah bersedia menghabiskan waktu bersama dan bersedia untuk menjadi temanmu, jangan lupa kepada dosen-dosenmu karena merekalah yang membuat dirimu sampai sekarang ini. Memohon maaf atas segala kekurangan dan kekhilafan yang pernah kamu lakukan. Tentu perpisahan ini akan terasa berat sekali setelah kebersamaan selama beberapa tahun berjuang bersama-sama. Namun kamu haruslah kuat mengingat semua ujung pertemuan akan selalu ada perpisahan yang mengikuti.

8. Ucapkan rasa syukur kepada yang Maha Kuasa dan terimakasih kepada kedua Orang Tua
TERIMAKASIH BANYAK BAPAK & IBU (Almh)
Rasa bersyukur kepada Tuhan akan memberikanmu efek ketenangan bagi dirimu, dan juga jangan lupa berterimakasihlah yang sangat mendalam kepada Orang Tuamu yang selama ini telah berusaha mati-matian untuk membiayai kuliahmu, dan telah menjadi seseorang yang mampu menjadi pendorong ketika kamu mengalami kemunduran karena sesungguhnya tanpa ada mereka kamu tidak akan seberhasil dan sebesar ini.

Proud of you. Salam BK


lahir era tahun "95" menjadikan seorang bayu, pria mochi semakin beranjak umur. Punya hobi ngedekem di kamar setiap 'weekend' akibat suka-duka mencari segenggam rezeki.


Terimakasih kepada Allah SWT yang telah memudahkan segala jalan yang gue tempuh. Terimakasih juga karena telah mengirimkan special persons ; teman-teman gue, rekan-rekan kerja gue, dan keluarga yang perfect banget yang selalu menyokong gue untuk selalu maju ke depan.

Semoga apa yang gue saat ini kerjakan bisa bermanfaat buat gue dan orang lain. Aminn. wish me luck!! thank you xoxo

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon