Jumat, 30 Oktober 2015

Biogas : Salah Satu Energi Alternatif yang Memiliki Potensi Besar Untuk Dikembangkan

Tengtrenteng.. jumpa lagi dengan wowcang edisi jum’at dimana yang akan kita bahas kali ini adalah mengenai edukasi yang berkaitan dengan ilmu teknik kimia. Bila kemarin wowcang telah membahas mengenai BioEtanol sebagai energi alternatif dan proses pembuatannya, maka kali ini wowcang akan membahas mengenai salah satu energi alternatif yang sedang marak diperbincangkan hampir seluruh Indonesia tak terkecuali Indonesia. Apa itu? yaitu Biogas.


Biogas merupakan salah satu energi alternatif dari sekian energi yang ada di Bumi ini. Biogas sendiri termasuk dalam kategori bahan alam terbarukan (Renewable Resources) sehingga dapat dimafaatkan menjadi salah satu potensi energi pengganti bila energi non terbarukan dibumi telah mencapai batasnya.
Via Pixabay.com

Biogas sendiri diambil dari kata Biologi Gas, sehingga dapat diartikan sebagai Gas yang berasal dan dihasilkan melalui aktivitas bakteri dalam proses yang dikenal sebagai fermentasi dari bahan-bahan organik. Seperti kotoran manusia, kotoran hewan, limbah rumah tangga organik, dll. Proses aktivitas bakteri yang terjadi dalam pembentukan biogas berlangsung dalam kondisi anaerobik (tidak membutuhkan oksigen). Biogas ini memiliki kandungan terbesar yaitu Metana dan Karbon dioksida.

Berdasarkan dari kandungan utama biogas, biogas dapat digunakan sebagai bahan bakar atau dapat menghasilkan listrik. Beberapa dari kalian pasti bertanya, mengapa bisa digunakan sebagai bahan bakar? Hal ini tentu dilihat dari kandungan terbesar dalam Biogas yaitu Metana. Kandungan metana dalam biogas berkisar antara 50-75%. Metana (CH4) merupakan salah satu gas alam hidrokarbon yang tidak berbau (jika digunakan dalam komersial biasanya ditambahkan dengan sedikit bau belerang agar kebocoran dapat terdeteksi) dan memiliki sifat Flammable (mudah terbakar). Pembakaran dari metana dengan oksigen akan menghasilkan CO2 dan H2O.

Kandungan dalam biogas yang dikutip dari laman wikipedia bahwa kandungan utama biogas terdiri dari Metana (50-75%), Karbon dioksida (25-45%), Nitrogen (0-0,3%), Hidrogen Sulfida (0-3%), Oksigen (0,1-0,5%). Tahukah anda Nilai kalori 1 meter kubik Biogas setara dengan setengah liter minyak diesel. Sehingga menjadikan biogas sebagai bahan energi alternatif ramah lingkungan pengganti Minyak Tanah, Butana, batu bara, LPG, dan energi lainnya. dalam skala kecil biogas biasa dimanfaatkan sebagai pengganti bahan bakar seperti minyak tanah yang dapat igunakan untuk keperluan memasak. Jika dalam skala besar biogas dapat digunakan dalam pembangkit tenaga listrik.

Proses Pembentukan Biogas
Seperti yang kita ketahui Biogas dapat dibuat dengan bahan baku limbah kotoran hewan atau manusia, serta limbah organik rumah tangga. Dalam proses pembentukan biogas bahan baku tersebut dimasukkan dalam wadah kedap udara dalam tanah dan dibiarkan hingga proses dekomposisi dan fermentasi oleh bakteri fermentatif, asetogenik, dan bakteri metana mengubah bahan tersebut menjadi biogas.
Biodigister, via energitakterbatas.blogspot.com
Skala Sederhana
Dalam proses skala sederhana, pembentukan biogas menggunakan 1 alat utama yaitu reaktor biogas atau Biodigister dengan volume tertentu yang sesuai dengan pemanfaatan pemakaian. Biodigister dibuat kedap udara dan dapat dibuat dengan bahan semen ataupun bahan fiber. Dalam biodigister ini akan dimasukkan bahan-bahan utama seperti kotoran dan limbah organik rumah tangga dan memasukkan kultur jaringan pembentuk biogas kedalam biodigister. Kultur jaringan yang biasa digunakan dalam proses pembentukan biogas ada 3 jenis bakteri yaitu, Bakteri Fermentatif (Steptococci, Bakteriodes), Bakteri Asetogenik (Bakteri pengasam : desulfobrio), dan bakteri metana (Methanobacterium, methanobacillus, Methanococcus). Dalam digister bahan utama akan di dekomposisi dan di fermentasi menjadi asam-asam organik tanpa oksigen yang dikenal sebagai proses asidifikasi dan selanjutnya asam organik ini akan mengalami proses methanasi yaitu perubahan zat asam-asam organik menjadi biogas. Yang selanjutnya biogas yang terbentuk akan dialirkan menuju penampungan gas sementara dan siap untuk digunakan sebagai bahan bakar api untuk keperluan memasak.

Skala Besar
Jika dalam skala besar, biogas biasa digunakan sebagai pembangkit tenaga listrik atau pun penggunaan sebagai bahan bakar mobil. Hanya saja dalam proses skala besar perlu adanya suatu alat pendukung guna untuk membersihkan biogas dari zat pengotor seperi CO2, hidrogen sulfida dan air. Biogas akan memiliki kualitas setara dengan gas alam bila proses pembersihan dari zat pengotor dilakukan secara baik.

Keuntungan dari penggunaan Biogas
Dalam pemanfaatan biogas sebagai bahan bakar, memiliki banyak sekali keuntungan seperti proses yang tidak terlalu ribet, ekonomis, dan sangat cocok bila dikembangkan dalam skala besar di Indonesia yang dimana Indonesia memiliki banyak sekali hewan ternak sehingga kotorannya dapat dimanfaatkan sebagai Bahan dasar pembuatan Biogas. Pembakaran dari biogas ini juga akan menghasilkan Karbon dioksida dan uap air dimana keduanya akan sangat diperlukan bagi hidup para tumbuhan, sehingga menjadikan perputaran sirkulasi seperti pada gambar dibawah ini :
 
Resirkulasi Proses Biogas, via totalserve.biz


lahir era tahun "95" menjadikan seorang bayu, pria mochi semakin beranjak umur. Punya hobi ngedekem di kamar setiap 'weekend' akibat suka-duka mencari segenggam rezeki.


Terimakasih kepada Allah SWT yang telah memudahkan segala jalan yang gue tempuh. Terimakasih juga karena telah mengirimkan special persons ; teman-teman gue, rekan-rekan kerja gue, dan keluarga yang perfect banget yang selalu menyokong gue untuk selalu maju ke depan.

Semoga apa yang gue saat ini kerjakan bisa bermanfaat buat gue dan orang lain. Aminn. wish me luck!! thank you xoxo

2 komentar

Dukung Greenpack sebagai kemasan makanan ramah lingkungan yang aman untuk makanan juga untuk lingkungan. Jangan sampai cucu kita mendapatkan dampak buruknya. Jika tidak mulai sekarang, kapan lagi? Informasi lebih lanjut, silahkan hubungi : http://www.greenpack.co.id/

Yeayy pastinya saya mendukung gerakan dan produk yang ramah lingkungan..

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon