Senin, 19 Oktober 2015

Kuliah atau Kerja? Mana yang Kamu Pilih?

Kerja atau kuliah? Kuliah atau kerja? Bingung, tanya sana sini minta pendapat tetap saja bingung dengan pilihan. Namanya juga hidup yah begitulah isinya tentang pilihan.

Kamu yang masih bingung menentukan pilihan kerja atau kuliah. STOP!! Jangan bingung, karena sesungguhnya yang tahu itu semua adalah diri kamu sendiri. Pilihan yang kamu buat akan menentukan masa depanmu kelak. Sekarang begini guna menentukan pilihan yang masih samar-samar mungkin saya bisa membantu. Karena dulu saya pun demikian :D

Orang kebingungan memilih pilihan. Image Courtesy by Stoonn at freedigitalphotos.net
Mungkin yang selama ini menjadi keraguan ialah pertanyaan-pertanyaan yang timbul dalam kepala seperti anggapan jika kuliah nantinya bisa memudahkan kita dalam mendapatkan pekerjaan. Tapi tak sedikit pula yang beranggapan bahwa tanpa kuliah kita masih tetap bisa mendapatkan pekerjaan. Kedua anggapan itu memang bisa dianggap benar bisa juga tidak. Karena sekali lagi semua itu tergantung pada pilihan kamu.

Pada dasarnya prinsip dari kuliah dan kerja itu berbeda, jika kuliah berprinsip pada tujuan untuk mendapatkan ilmu yang jauh lebih luas karena pasalnya kuliah adalah kegiatan untuk mendapatkan pendidikan/ilmu yang lebih tinggi tingkatannya dari SMA. Nantinya setelah kuliah kamu akan mendapatkan gelar dimana gelar itu “khususnya di Indonesia” sangat dipandang berbeda sekali bila dibandingkan dengan lulusan SMA. Bagaimana dengan prinsip bekerja? yah kamu banting tulang dimana tujuan kamu hanya 1 yaitu mendapatkan penghasilan. Fenomena “khususnya di Indonesia”, Orang bisa dikatakan sukses ialah dilihat dari dimana mereka bekerja, padahal faktanya orang yang bekerja diperusahaan tidak begitu bisa dibilang sukses. Buktinya banyak kok orang diluar sana sukses dari cara mereka masing-masing asalkan ada kemauan dan usaha dalam diri kita.

Sekarang balik lagi ke pertanyaan kuliah atau kerja, sekali lagi itu hanya bisa dijawab oleh kamu sendiri. Sekarang begini mana yang menjadi prioritasmu? Pendidikan dulu atau penghasilan? Disini saya tidak akan berbicara tentang kuliah sambil bekerja atau bekerja sambil kuliah karena konteks kedua itu sudah jelas berbeda. Jika kamu memiliki passion untuk mendapatkan ilmu yang lebih tinggi di Universitas ternama Indonesia maka kamu harus menyiapkan hal itu dari sekarang jangan nanti, karena kamu pun belum tahu nantinya kapan! Masuk ke PTN ternama seperti UGM, UI, ITB, IPB dll itu tidaklah mudah mas/mba bro karena kamu harus mengikuti serangkaian tes dan bersaing dengan ratusan bahkan ribuan lulusan SMA yang hendak masuk ke perguruan tinggi tersebut. Kuliah di PTN atau PTS yang favorit memang menjadi sasaran utama bagi pencari tempat kuliah karena universitas ini sudah tidak diragukan lagi kualitas pendidikannya.

Lalu bagaimana dengan seseorang yang memiliki passion untuk bekerja. Di zaman modern ini mencari pekerjaan bukanlah menjadi hal yang mudah khususnya lulusan SMA karena minim sekali lowongan yang dibuka untuk lulusan ini mengingat paradigma yang terbangun di Indonesia bahwa lulusan SMA ialah lulusan yang hendak melanjutkan kuliah sedangkan lulusan SMK ialah lulusan yang hendak melanjutkan hidupnya dalam dunia industri. Lalu bagaimana dengan lulusan SMA apakah sesusah itu mencari pekerjaan? Jangan berkecil hati dulu karena masih ada beberapa pekerjaan yang ditawarkan bagi seseorang yang memiliki ijazah SMA hanya saja jika kamu yang dilihat dari segi penghasilan mungkin kamu akan berkerut jidat. Bagi lulusan SMK jangan senang dulu tentang keterbukaan dunia industri kepada dirimu. Faktanya banyak juga lulusan SMK yang belum mendapatkan pekerjaan, hal ini akan terjadi jika kamu bermain-main pada waktu sekolah dulu. Kuliah pun demikian jangan pernah setelah kuliah kamu akan langsung mendapatkan pekerjaan karena hal itu tidak mungkin kecuali jika kamu adalah orang yang hebat dan memiliki softskill dan hardskill yang bagus. Faktanya masih banyak kok lulusan kuliah masih menganggur saat ini.

Jadi kuliah atau kerja dulu yang penting? Kalau ditanya penting yah keduanya penting. Kuliah sangat penting, mengapa? Karena dengan kuliah kamu bisa mendapatkan ilmu yang banyak (tergantung) dan bertemu dengan orang-orang hebat mulai dari dosenmu atau orang yang seumuran dirimu dimana dia memiliki hal yang sangat menonjol seperti aktif dalam kuliah dan aktif dalam organisasi (orang yang seperti ini yang akan sukses). Sedangkan, jika bekerja yah sama pentingnya karena dengan bekerja kita akan mendapatkan penghasilan untuk melanjutkan hidup dan pengalaman yang tak sedikit dari bekerja, tak jarang pengalaman ini bisa menjadi modal kamu untuk daftar di perusahaan yang lebih baik lagi.

Jadi kuliah atau bekerja? Sebenarnya apa sih yang kamu khawatirkan? Takut tidak sempat kuliah? Atau takut lama jadi pengangguran? Ahh itu kan dilema hidup kenapa juga harus dipikirkan karena semuanya belum tentu terjadi. Jika kamu ada kesempatan untuk melanjutkan kuliah yah kuliah, kalau ada kesempatan bekerja yah bekerja. Bingung masalah biaya kuliah yang mahal, kamu bisa mendapatkan uang dengan mengajukan beasiswa bidikmisi pemerintah atau beasiswa lainnya karena terdapat lebih dari puluhan beasiswa yang ditawarkan asalkan kamu adalah orang yang mau berusaha. Kamu juga bisa kerja sampingan.

Bagaimana jika kerja dahulu lalu kuliah. Itu yah tidak apa-apa, asalkan kamu bisa membagi waktu dan ikhlas karena pikiranmu terbagi dua. Loh kok bisa? Karena kerja dan kuliah sama-sama merupakan tanggung jawab yang harus diselesaikan jangan sampai pekerjaanmu berantakan gara-gara kuliah atau sebaliknya.

Membahas konteks kuliah dulu atau bekerja dulu akan sangat panjang untuk dibahas, sebenarnya kedua pilihan tersebut tidak menjadi masalah asalkan kamu ikhlas dan senang untuk menjalaninya. Jika kamu nantinya kuliah yah berarti kamu harus berusaha lebih giat dan rajin jangan sampai kuliahmu itu dijadikan sebagai ajang keren-kerenan karena gelar yang kamu dapatkan kelak tidak akan menjamin kesuksesanmu. Ingat bahwa kesuksesan seseorang akan sangat tergantung pada usahanya. Sedangkan jika nantinya pilihanmu adalah bekerja maka tekunilah hal itu dengan ikhlas, jangan sampai bekerja karena terpaksa, terlebih jika pekerjaanmu itu membuat dirimu tak nyaman, maka alangkah lebih baik untuk resign dan daftar ke perusahaan lain. Namun 1 yang harus diingat yaitu untuk melanjutkan kuliah jika uangmu sudah cukup untuk keperluan kuliah. Ilmu yang kau dapatkan selama bekerja akan lebih baik bila dikombinasikan dengan ilmu yang didapatkan di bangku perkuliahan.


Mungkin artikel ini tidak cukup untuk membantu kamu, karena kebanyakan membuat bingung para pembacanya. Tapi sekali lagi saya tekankan kesuksesanmu itu tergantung pada usaha dan kemauanmu sendiri. Apa yang menjadi pilihanmu selesaikanlah sebaik mungkin. saya tidak bisa menjamin hidup kamu, karena hidup kamu yang menjamin adalah diri kamu sendiri bukan bapak, ibu, adek, kakak ataupun teman. Mereka hanyalah orang special yang diciptakan Tuhan untuk membantumu keluar dari masalah.

lahir era tahun "95" menjadikan seorang bayu, pria mochi semakin beranjak umur. Punya hobi ngedekem di kamar setiap 'weekend' akibat suka-duka mencari segenggam rezeki.


Terimakasih kepada Allah SWT yang telah memudahkan segala jalan yang gue tempuh. Terimakasih juga karena telah mengirimkan special persons ; teman-teman gue, rekan-rekan kerja gue, dan keluarga yang perfect banget yang selalu menyokong gue untuk selalu maju ke depan.

Semoga apa yang gue saat ini kerjakan bisa bermanfaat buat gue dan orang lain. Aminn. wish me luck!! thank you xoxo

9 komentar

Kalo saya sih pilih kuliah, baru kemudian kerja.

iyah mungkin anda sperti itu, tapi tetap ada saja orang yang masih bingung..

Kak saya mau nanya,apakah di PTN/sekolah ikatan dinas tidak memperbolehkan mahasiswa nya untuk bekerja sambil kuliah? Apa cuma di PTS aja yg bisa kerja sambil kuliah seperti jadi buruh pabrik gitu.. Dan apakah lulusan PTN/PTS menjamin kita ga dalam prospek kerja? Misalnya perusahaan lebih memilih lulusan2 PTN di banding PTS?

Kak saya mau nanya,apakah di PTN/sekolah ikatan dinas tidak memperbolehkan mahasiswa nya untuk bekerja sambil kuliah? Apa cuma di PTS aja yg bisa kerja sambil kuliah seperti jadi buruh pabrik gitu.. Dan apakah lulusan PTN/PTS menjamin kita ga dalam prospek kerja? Misalnya perusahaan lebih memilih lulusan2 PTN di banding PTS?

ikatan dinas pastinya ada... di PTN pun ada.. :D cuma saya nggak begitu paham karena belum sempat melihat atau merasakan ikatan dinas dengan perusahaan.

saya rasa PTN/PTS kalau asal usul kampusnya jelas, perusahaan nggak lihat itu. tapi jelas beda kalau kamu lulusan PTN ternama macam UGM atau UI pasti akan nggk menutup kemungkinan menjadi nilai tambah. tapi nggak semuanya kaya gitu kok.

asal kitanya mantap dengan ilmu yang kita miliki. Insya Allah pekerjaan itu akan jadi milikmu.

kak misalnya langsung kuliah gk bosan apa?
belajar terus?

Ehhhhmmm sebenarnya kalau pertanyaannya kaya gitu tergantung orangnya sih...

Ada orang yg lebih milih kerja sambil kuliah, tapi banyak juga orang yg beranggapan klo kerja sambil kuliah itu nggk bisa fokus.

Taoi kalau saya pribadi, sebenernya itu tergantung orangnya.. kalau kamu siap buat kerja dulu yah oke nyari kerja, nanti bisa sambil kuliah. Tapi tetap harus adil bagi waktu antara kerja dan kuliah. Karena jujur kerja sambil kuliah itu lumayan susah...

Setidaknya itu yg kata teman saya yg ngalamin sendiri. Tapi dia lulus setelah 6 tahun.

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon