Selasa, 27 Oktober 2015

Menjadi Tukang Foto Memang Tidak Masalah, Tapi ada 8 Jeritan yang Tidak Kau Ketahui Dalam Hati Tukang Foto Dadakan

Tukang foto -_- fotografer ngono mboan!! Fotografer di dunia ini umumnya ada 2 jenis yaitu fotografer pro dan fotografer dadakan. Yah kita sudah tahu lah jika bicara tentang fotografer pro yang bisa menghasilkan gambar-gambar ekstra indah dengan sudut angle sedemikian rupa sehingga menghasilkan gambar yah Wow dan bernilai jual. Namun kali ini saya tidak berbicara mengenai fotografer pro melainkan fotografer dadakan. Fotografer dadakan ini terjadi biasanya kepada hampir semua orang yang emang dia hobinya foto-foto atau bisa jadi karena suatu tugas yang harus diemban seperti dalam suatu organisasi yang bertugas sebagai seksi dokumentasi umumnya terjadi pada mahasiswa atau bisa jadi terjadi pada seorang yang memiliki sebuah perangkat kamera bagus sehingga menarik perhatian yang hobinya photo untuk difoto dengan kamera tersebut. #APASIHH
Sesi Foto Teman. via idntimes.com
Wowcang lebih senang bila menyebut si fotografer dadakan ini sebagai tukang foto, karena memang inilah sebutan yang paling layak untuk digunakan sebagai julukan yang tepat. Menjadi tukang photo itu sebenarnya memiliki daya tarik tersendiri namun ada saja dampak yah bisa dibilang dampak negatif bila kita sering jadi tukang photo. Oleh sebab itu wowcang akan berbicara tentang jeritan-jeritan yang dirasakan bagi tukang photo.

1. Sebenarnya kamu itu tidak memiliki teman yang banyak, namun karena kemarin kamu abis beli kamera setingkat SLR atau HP dengan kamera yang fantastis, secara tiba-tiba banyak orang yang mendekati kamu.
Ketika persahabatan yang terjalin karena sebuah pemanfaatan beginilah rupanya. Orang yang memiliki karakter yah bisa dibilang hobi difoto ini akan langsung mendekati kamu tanpa sinyal terlebih dahulu. Mungkin dalam melancarkan aksinya dia akan berbasa basi terlebih dahulu, seperti ini :
2. Akibat HP kamu yang super mantap itu menjadi populer, HP kamu akan menjadi barang yang sering dipinjam. Namun karena kamu tidak mungkin meninggalkan HP barumu itu sendirian jadinya kamu selalu ikut dengan mereka kemanapun itu tempatnya.
Pergi ke beberapa tempat yang memiliki view yang bagus bersama teman-teman akan sangat menyenangkan. Namun ketika sesampainya disana, hal yang pertama dan paling utama dilakukan adalah photo-photo. Mungkin kamu akan berkerut jidat dengan orang yang seperti ini karena kamu tidak bersifat seperti ini. Tapi memang begitulah kenyataannya, bagi orang yang hobinya hunting tempat yang memiliki spot-spot yang mantap mereka umumnya kesini hanya sekedar untuk foto-foto dengan segala model mulai dari gaya candid, fashionista, hubungan mesra, tangan yang saling bergandengan. Bahkan dari pagi sampai azan magrib menjemput hal yang dilakukan adalah photo-photo tak jarang kamu yang disuruh sebagai juru fotonya. Hehehe yah bukannya tidak ingin memoto kalian hanya saja aku juga mau menikmati susana bareng kalian bukan hanya jadi sekedar orang yang disuruh untuk mengambil gambar.. #SAD

3. Ikut organisasi di kampus, terus terjun langsung menjadi kepanitian acara, dan kamu menawarkan diri untuk jadi seksi dokumentasi dengan anggapan sebuah tanggung jawab yang paling mudah dan tidak capek
Memang yang kamu lakukan hanyalah foto-foto selama kegiatan berlangsung. Dimana anggota dan peserta yang lain pada duduk kaku selama berjam-jam, sedangkan kamu jalan kesana kemari untuk mengambil moment-moment yang memang dirasakan penting. Hal ini merupakan hal yang paling mengasyikkan sih karena bisa mengambil gambar secara puas, sebanyak-banyaknya, bisa menuangkan seni dan emosi jiwa dalam foto yang diambil. Secara tidak sadar bahwa kemampuan fotografer mu semakin meningkat dan ternyata membuat hobi dalam dirimu walaupun dulu kamu tidak mau melakukannya. Tidak bisa dipungkiri loh.

4. Karena kebiasaan kamu menawarkan diri sebagai tukang photo eh secara tidak langsung kamu akan dikenal oleh anggota yang lainnya bahwa kamu adalah juru photo. Tak heran bila setiap kepanitiaan kamu akan sering ditunjuk menjadi seksi foto.
Tidak ada yang salah sih dengan jadi seksi dekdok, hanya saja kamu jadi kurang tertantang karena posisi ini. Memang keseringan kamu terlibat jadi tukang foto dadakan akan menumbuhkan hobi tersendiri dalam dirimu, namun karena ini merupakan hal yang sering dilakukan kamu jadi sering merasa bosan dan ingin menjadi panitia yang lain.

5. Sering terlibat dalam aksi foto-memoto, kamu sering tidak sadar bahwa foto kamu sendiri itu jumlahnya hanya sedikit malah tidak ada.
Sakitnya tuh disini, ketika foto yang diambil dimaksudkan sebagai kenangan kelak dimasa depan. Ternyata ketersediaan akan gambarmu dalam kenang-kenangan malah menjadi terbatas. Gambar akan dirimu akan sangat sedikit dimana gambar yang lainnya sangat banyak dengan berbagai pose yang cetar. Apalagi sangat terasa apabila kamu telah berpisah dengan mereka, dimana yang kamu punya hanyalah foto mereka tanpa adanya kamu karena kamu yang memoto gambar tersebut.. huaaaaaa :’(

6. Saat kamu memutuskan untuk tidak terlibat dalam aksi foto memoto, hanya saja berasa ada yang kurang dalam dirimu
Untuk mengatasi keterbatasan akan ketersedian gambarmu, maka kamu memutuskan untuk tidak terlibat dalam urusan dokumetasi. hanya saja setelah tidak terlibat yang dirasakan hanyalah sesuatu yang mengganjal dalam dirimu sendiri. Mungkin karena passion yang telah terbentuk dalam diri atau karena tangan yang gatel sekali ingin memegang kamera melakukan aksi foto memoto.

7. Namun akhirnya kamu sadar bahwa tidak apa-apalah bekerja dibelakang panggung, yang penting semua moment kenangan ada disaya semua. Tapi sekali lagi memori laptop semakin lama yang semakin membludak
Menjadi tukang foto sudah berkewajiban untuk menyimpan semua foto yang diambil, mulai dari segala foto dari berbagai moment bersama teman, berbagai acara, dan berbagai tempat. Namun akibat dari semua foto yang ditampung dalam satu wadah menjadikan memori dalam wadah tersebut menjadi terbatas sehingga harus memikirkan file mana yang harus dihapus, karena bagi tukang photo tidak mungkin menghapus foto kenangan dalam perangkatnya. Sehingga ia akan lebih memilih untuk menghapus tugas kuliah atau film koleksinya.

8. Namun semuanya akan dirasakan setelah puncak perpisahan terjadi. Dimana ketika kamu kangen akan teman, sahabat, serta keluarga organisasimu kamu tidak perlu repot untuk menghubungi mereka karena foto dalam laptopmu tentang mereka sudah cukup untuk mengobati rasa kangen di hati.
Koleksi fotonya banyak, kamu tidak akan bosan untuk memandanginya secara brulang karena merekalah sejarahmu. :D

Love sahabat semua tekkim khususnya D3 Tekkim dan himpro tekkim serta dosen tercinta.

lahir era tahun "95" menjadikan seorang bayu, pria mochi semakin beranjak umur. Punya hobi ngedekem di kamar setiap 'weekend' akibat suka-duka mencari segenggam rezeki.


Terimakasih kepada Allah SWT yang telah memudahkan segala jalan yang gue tempuh. Terimakasih juga karena telah mengirimkan special persons ; teman-teman gue, rekan-rekan kerja gue, dan keluarga yang perfect banget yang selalu menyokong gue untuk selalu maju ke depan.

Semoga apa yang gue saat ini kerjakan bisa bermanfaat buat gue dan orang lain. Aminn. wish me luck!! thank you xoxo

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon