Rabu, 28 Oktober 2015

Pertanyaan Mahasiswa Pada Dirinya Sendiri! Aku Salah Jurusan Tidak sih?

Salah satu dilema mahasiswa yang paling dominan terjadi adalah “Salah Jurusan gak yah?”. Sumpah ini nih yang paling membingungkan banget dan sering terjdi kepada para calon-calon mahasiswa. Menurut wowcang ada 4 hal faktor utama yang menentukan salah jurusan tidaknya bagi seseorang, yaitu :

1. Belum punya visi & misi yang jelas tentang kedepannya kemana hidup akan dibawa
Rencana kedepannya
Aduuhhhh kan masih SMA sih masa sudah disuruh nentuin masa depan aja, yah emang sih buat seluruh siswa SMA sudah seharusnya bisa nentuin masa depannya mulai dari sekarang tapi kan gak harus pas lulus dari SMA soalnya masih mau senang-senang dan tidak terlalu mikirin masa depan yang penting jalanin aja.. #Calon Mahasiswa di Indonesia, Mostly

2. Milih jurusannya karena senang doang, padahal pelajaran yang akan didapat selama perkuliahan belum tentu sejalan sama yang dipikirkan


Ahhhh aku senang banget nih sama sesuatu yang berhubungan sama komputer, masuk jurusan Komputer dan jaringan lah atau Web Design saja. Eh tahu-tahunya setelah daftar dan masuk ternyata yang diajarkan di perkuliahan melebihi dari ambang pemikiran selama ini. Malah membuat jadi balik bertanya pada diri sendiri : “Aduhhh kenapa dulu milih jurusan ini yah?-_- kenapa gak bahasa inggris ja. Pelajarannya aku ora mudeng blass".

3. Pilihan Orang Tua
Orang Tua ikut menentukan pilihan kuliah bagi anaknya
Di Indonesia takut sama orang tua itu sudah menjadi suatu kewajiban bagi seorang anak. Sehingga sang anak lebih menuruti apa yang diminta oleh Orang Tua karena sang anak tidak ingin di cap sebagai anak yang durhaka, lagipula ridhonya Tuhan kan ada di Orang Tua juga. Prinsip ini tidak salah sih sebenarnya, akan tetapi tidak ada salahnya juga bila kamu berkata jujur kepada Orang Tuamu mengenai apa yang kamu mau bukan orang tua yang kamu mau. Iyah memang uang yang nantinya digunakan untuk kuliah berasal dari Orang Tua, tapi pada akhirnya nanti yang kuliah juga kamu sendiri kelak, kamu juga yang akan mencoba untuk mengerti apa yang disampaikan oleh dosenmu, kamu juga yang nantinya akan ikut ulangan, belajar, praktik dan sebagainya. Makanya itu mulai dari sekarang cobalah untuk jujur kepada dirimu sendiri, jangan sampai jurusan yang kamu ambil kelak akan membuat dirimu kesulitan di masa yang akan datang.

4. Pilih Jurusannya karena Prospek Kerja yang Luas
Kemungkinan kerja dari jurusan yang diambil sangat luas
Yang ini benar banget, kamu mencoba untuk membaca kedepannya tapi yang kamu lihat hanyalah sisi luarannya saja bukan dari sisi dalamnya. Kebanyakan orang memilih jurusan karena banyaknya jumlah industri yang berkembang pada saat itu. Seperti contoh banyak pabrik kimia didaerh mu, yang membuat kamu masuk ke jurusan kimia, padahal sudah jelas background kamu IPS pada waktu SMA kan gak nyambung banget. Bisa-bisa kamu nanti kesulitan pas belajar karena minimnya ilmu dasar kimia.

Yang diatas merupakan 4 faktor utama penyebab mahasiswa salah jurusan. Tapi kembali lagi pertanyaannya adalah “Aku salah jurusan gak sih?” hayooo salah jurusan gak? Kamu bisa tahu sendiri kok kamu salah jurusan atau tidak? “lah caranya gimana?” caranya yah kamu kenali dirimu kamu pilih jurusan itu karena apa? Dari kemauan diri sendiri atau kemauan orang lain? Kamu punya passion gak di jurusan yang  kamu ambil?, kamu mengerti tidak apa yang selama ini dipelajari? Jika semua jawaban iyah, yah berarti insyaallah kamu tidak salah jurusan. “Lalu bagaimana dengan yang salah jurusan? apa harus ganti jurusan?” Gak juga sih, salah jurusan belum tentu salah masa depan juga kok. Yang penting kamu rela untuk belajar mati-matian tentang apa yang belum kamu mengerti, jika kamu malu untuk bertanya ke dosen secara langsung kamu bisa minta ajarkan teman sekelasmu, malah menurut wowcang diajarkan dari teman malah lebih mudah untuk dipahami, dan selalu ingat untuk tidak malu dalam bertanya yah. Karena sesungguhnya tidak ada di dunia ini yang tidak bisa dipelajari.

lahir era tahun "95" menjadikan seorang bayu, pria mochi semakin beranjak umur. Punya hobi ngedekem di kamar setiap 'weekend' akibat suka-duka mencari segenggam rezeki.


Terimakasih kepada Allah SWT yang telah memudahkan segala jalan yang gue tempuh. Terimakasih juga karena telah mengirimkan special persons ; teman-teman gue, rekan-rekan kerja gue, dan keluarga yang perfect banget yang selalu menyokong gue untuk selalu maju ke depan.

Semoga apa yang gue saat ini kerjakan bisa bermanfaat buat gue dan orang lain. Aminn. wish me luck!! thank you xoxo

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon