Sabtu, 24 Oktober 2015

Universitas Terbaik Indonesia Menurut Webometrics, 4ICU dan Kemenristek Dikti Tahun 2015

Aktivitas Perkuliahan
Kuliah di Universitas favorit tentu sudah menjadi mimpi bagi banyak lulusan SMA. Bagaimana tidak, kuliah di Universitas yang ternama di Indonesia akan membuat mahasiswanya memiliki pengalaman yang hebat serta kualitas pendidikan yang  mantap pula *Tergantung Mahasiswanya. Apalagi jika seorang mahasiswa jebolan universitas no 1 Indonesia mungkin jalan karir akan terbuka lebar buat dia. Tapi kalau menurut wowcang sih dimana kuliahnya tidak akan menjamin kesuksesan seseorang, yang akan menjamin kesuksesan orang tersebut ialah seberapa besar ia mau berusaha. Tapi wowcang juga tidak memungkiri bahwa lulusan mahasiswa universitas ternama, jenjang karirnya akan terbuka lebar.
Contohnya begini 2 orang lulusan baru beda unversitas, satunya lulusan Universitas X satunya lulusan UGM. Kedua-duanya masuk dijurusannya yang sama, tingkat pendidikannya sama, tapi tidak dengan akreditasi Universitasnya dimana UGM akreditasi Universitasnya adalah A, sedangkan Universitas X memiliki akreditasi B dan hanya segelintir orang saja yang tahu keberadaan universitas tersebut. Kedua mahasiswa itu sama-sama tidak memiliki pengalaman organisasi dan nilai ipk sama yaitu 3.3. mereka berdua daftar di sebuah perusahaan yang sama, yang terjadi adalah kemungkinan si lulusan UGM ini untuk dipanggil tes seleksi mungkin lebih besar bila dibandingkan dengan si lulusan Univ. X karena mereka tim seleksi tahu tentang kualitas dari UGM atau tim seleksi tersebut merupakan alumni UGM yang bisa membuka peluang besar bagi si lulusan UGM ini.
Tidak ada salahnya kita sebagai lulusan SMA baru untuk berusaha dan mengejar berkuliah di Perguruan Tinggi Favorit. Oleh karena itu wowcang akan memberikan beberapa info tiap tahunnya mengenai rank Universitas Terbaik di Indonesia dari berbagai sumber, sehingga kiranya dapat menjadi acuan bagi para lulusan SMA untuk memilih Universitasnya.

Sumber yang akan digunakan oleh wowcang berasal dari 3 sumber utama yaitu Webometrics, 4ICU dan Kemenristek Dikti. Sebenarnya wowcang mau menggunakan data QS World yang merupakan salah satu lembaga pemeringkatan yang diakui, namun QS World tidak pernah meliris khusus Universitas yang di Indonesia, tidak seperti yang webometrics dan 4ICU lakukan, dimana data QS World hanya merilis 800 Universitas terbaik Dunia yang dimana ada sekitar 8 Universitas Indonesia masuk dalam rangking tersebut.

Sekilas mengenai organisasi pemeringkatan Universitas yang saya gunakan :

1. Webometrics adalah sebuah pemeringkatan yang didirikan oleh Laboratorium Cybermetric milik The Consejo Superior de Investigaciones Cientificas (CSIC) yang merupakan lembaga penelitian terbesar di Spanyol. Lalu berdasarkan apa Webometrics menilai peringkat Universitas yang ia rilis setiap tahunnya? Dalam menilai peringkat Webometrics berdasar kepada  presence (20%), impact (50%), openness (15%), dan excellence (15%). Untuk lebih jelasnya baca Artikel mengenai “Dasar Penilaian yang Webometrics Gunakan”.

2. 4ICU adalah sebuah pemeringkatan Universitas dunia yang penilaiannya berdasar kepada kepopuleran situs yang dimiliki oleh Universitas tersebut. Dalam penilaiannya 4ICU memiliki kebijakan khusus yaitu dengan mengacu pada Google Page Rank, Alexa Page Rank, dan Majestic SEO (Reffering Domain, Citation Flow, dan Citation Trust). Mungkin kelemahan dari pemeringkatan ini dimana penggunaan webmaster tool yang baik bisa merubah posisi peringkat google rank dan alexa rank.

3. Kemenristek Dikti ditahun 2015 melakukan penilaian mengenai 10 Universitas Terbaik Indonesia. Penilaian yang digunakan oleh Kemenristek Dikti mengacu pada 4 kriteria yaitu kualitas sumber daya manusia, kualitas manajemen dan organisasi, kualitas kegiatan kemahasiswaan, serta kualitas penelitian dan publikasi ilmiah.

Baik langsung saja datanya sebagai berikut, list yang hanya wowcang masukkan berjumlah 25 dari ratusan data Universitas yang diperingkati oleh Webometrics dan 4ICU, jika kamu mau melihat data secara lengkap silahkan kunjungi laman resmi Webometrics dan 4ICU.

1. Peringkat Berdasarkan Webometrics 2015
Daftar Peringkat Universitas Terbaik Menurut Webometric tahun 2015

2. Peringkat Berdasarkan 4ICU Tahun 2015
Peringkat Universitas Terbaik menurut 4ICU tahun 2015

3. Peringkat Menurut Kemenristek Dikti Tahun 2015

4 Kriteria :

Universitas Terbaik Berdasarkan Kualitas SDM
1. Institut Pertanian Bogor (IPB)
2. Universitas Gadjah Mada (UGM)
3. Institut Teknologi Bandung (ITB)
4. Universitas Negeri Malang (UM)
5. Universitas Indonesia (UI)
6. Universitas Negeri Makassar (UNM)
7. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
8. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
9. Universitas Airlangga (Unair)
10. Universitas Bengkulu

Universitas Terbaik Berdasarkan Kualitas Manajemen
1. Politeknik Elektronik Negeri Surabaya (PENS)
2. Universitas Gunadarma
3. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)  
4. Universitas Gadjah Mada (UGM)  
5. Universitas Indonesia (UI)
6. Institut Teknologi Bandung (ITB)
7. Institut Pertanian Bogor (IPB)  
8. Universitas Kristen Petra
9. Universitas Sebelas Maret (UNS)
10. Universitas Islam Indonesia (UII)

Universitas Terbaik Berdasarkan Kualitas Penelitian dan Publikasi
1. Institut Teknologi Bandung (ITB)
2. Institut Pertanian Bogor (IPB)  
3. Universitas Indonesia (UI)
4. Universitas Gadjah Mada (UGM)  
5. Universitas Padjadjaran (Unpad)
6. Universitas Hasanuddin (Unhas)
7. Universitas Sebelas Maret (UNS)
8. Universitas Brawijaya (UB)
9. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)  
10. Universitas Diponegoro (Undip)

Universitas Terbaik Berdasarkan Kualitas Kegiatan Mahasiswa
1. Universitas Gadjah Mada (UGM)   
2. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)  
3. Universitas Brawijaya (UB)
4. Institut Teknologi Bandung (ITB)
5. Institut Pertanian Bogor (IPB)   
6. Universitas Indonesia (UI)
7. Universitas Airlangga (Unair)
8. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
9. Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed)
10. Universitas Dipenogoro (Undip)


Berikut merupakan Universitas Terbaik Indonesia menurut beberapa sumber. bagi yang tidak kuliah di salah satu Universitas di atas. Who cares about that yah? Karena sekali lagi kualitas dari mahasiswa sangat besar dipengaruhi oleh kualitas diri sendiri bukan dari kualitas tempat dimana ia kuliah. Yang terpenting adalah selalu berusaha untuk menjadi yang berbeda dengan memiliki keunggulan yang tidak kalah dari lulusan Universitas unggul. Oleh sebab itu aktif lah kamu dalam dunia perkuliahan. Tingkatkan skill kamu mulai dari softskill dan hardskill karena 2 itulah yang akan menjadi bekalmu nanti.

lahir era tahun "95" menjadikan seorang bayu, pria mochi semakin beranjak umur. Punya hobi ngedekem di kamar setiap 'weekend' akibat suka-duka mencari segenggam rezeki.


Terimakasih kepada Allah SWT yang telah memudahkan segala jalan yang gue tempuh. Terimakasih juga karena telah mengirimkan special persons ; teman-teman gue, rekan-rekan kerja gue, dan keluarga yang perfect banget yang selalu menyokong gue untuk selalu maju ke depan.

Semoga apa yang gue saat ini kerjakan bisa bermanfaat buat gue dan orang lain. Aminn. wish me luck!! thank you xoxo

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon