Jumat, 06 November 2015

Jangan Sampai Kamu Melakukan Kesalahan Sepele di Job Fair, Berikut Tipsnya yang Bisa Kamu Lakukan!

Mencari pekerjaan memang bukan perkara mudah, perlu usaha sekeras baja dan doa yang tiada hentinya. Berbagai cara telah dilakukan demi mendapatkan sebuah pekerjaan yang sesuai dengan potensi diri, mulai dari menyebar Lamaran ke segala penjuru perusahaan, datang langsung ke perusahaan, dan mengikuti beberapa acara career expo atau jobfair.

Pameran Bursa Kerja via https://www.dokter.id/berita/tips-agar-dapatkan-pekerjaan-saat-ikuti-bursa-kerja
Mengirim lamaran ke perusahaan mungkin sudah biasa anda lakukan, karena menurut wowcang cara ini yang paling mudah untuk dilakukan. Hanya dengan mengirim lamaran via pos atau e-mail dan selanjutnya yang kamu lakukan adalah menunggu hingga panggilan undangan untuk mengikuti tes seleksi.

Lalu bagaimana dengan job fair?

Acara ini menurut wowcang adalah yang paling seru. Karena apa? Karena acara ini berlangsung secara langka. pengadaannya yang tak tentu, tergantung pada sang penyelenggara. Biasanya sering diadakan ketika moment-moment kelulusan.

Job Fair atau bursa pameran kerja merupakan suatu acara pameran jenjang karir dimana isinya yaitu terdiri dari stand-stand perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan di perusahaannya. Tak heran bila job fair menjadi acara yang paling ditunggu dan diminati bagi para jobseeker.

Tapi kamu pernah sadar tidak? Seberapa sering kamu ikut acara job fair ini, bahkan setiap acara job fair yang diadakan di kota kamu atau kota tetangga, kamu tidak pernah absen untuk mengikuti acara tersebut. Namun hanya saja yang dirasakan dari acara job fair ini hasilnya yang tak menentu bahkan tidak ada respon sama sekali dari perusahaan yang anda lamar.

Begitulah dilema bagi para jobseeker yang mengikuti setiap acara jobfair.

Sangking seringnya kamu ikut job fair tapi gak ada hasil, akhirnya yang kamu lakukan adalah menyerah, males untuk datang lagi ke acara job fair yang lain, karena kamu berpikir bahwa acara job fair ini merupakan acara yang worthless, gak tentu, dan buang waktu.

Padahal tidak demikian loh! Faktanya ada saja orang yang mendapatkan respon panggilan tes dari acara jobfair. Bukan karena beruntung, melainkan karena dia telah melakukan apa yang terbaik untuk dilakukan.

Kamu harus sadar! Acara job fair bukan hanya sekedar kumpulan yang terdiri dari beberapa perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan saja, melainkan ratusan bahkan ribuan pencari kerja sama halnya seperti dirimu berkumpul pada satu tempat yang sama. Coba bayangkan berapa perusahaan yang terdaftar dalam acara tersebut? Hanya sekitar 10-50 perusahaan bukan? Apa mungkin semua perusahaan tersebut menampung seluruh dari peserta job fair? Tidak mungkin bukan! Karena mereka (perusahaan) sama halnya seperti kamu, mencari seorang kandidat yang terbaik dari yang terbaik, sama seperti dirimu yang mencari pekerjaan terbaik.

Kamu harus sadar bahwa acara job fair ini merupakan ajang dari seleksi alam. Coba bayangkan! kumpulan perusahaan yang berjumlah 50. Katakankanlah setiap perusahaan membuka 2 lowongan baru, hal ini berarti akan tersedia 100 lowongan pekerjaan pada hari itu, dengan asumsi kebutuhan karyawan baru yang berjumlah 25 orang pertiap lowongan (angka ini wowcang perbesar sedikit, walaupun faktanya tidak demikian, berdasarkan pertanyaan yang pernah wowcang ajukan kepada seorang karyawan HRD di sebuah perusahaan, rata-rata mereka hanya membuka lowongan untuk belasan orang, kecuali jika perusahaan itu merupakan perusahaan baru)

Dari lowongan pekerjaan yang hanya tersedia untuk 25 orang/lowongan. Jika dijumlahkan maka kemungkinan orang yang akan bekerja berkisar 2500 orang. Angka yang fantastis bukan?

Mungkin kamu akan berpikir bahwa kamu positif bakal mendapatkan pekerjaan dari acara tersebut karena angka yang wowcang perkirakan sangat besar. Padahal tidak demikian!

Jumlah 2500 orang memang terlihat banyak, tapi untuk acara jobfair angka tersebut merupakan angka yang sangat cemiiww atau kecil. Wowcang pernah bertanya kepada salah satu panitia acara jobfair yang pernah diselenggarakan di salah satu universitas di Banten tentang berapa jumlah total pencari kerja keseluruhan yang hadir dalam acara itu. Dia menjawab total keseluruhan pencari kerja yang hadir adalah berjumlah 6783 orang.

Jika diumpamakan dengan hitungan wowcang yang diatas, itu berarti ada 4283 orang yang harus berjuang lebih keras lagi. Apakah anda yang akan termasuk dalam kategori itu? Semoga saja tidak!
lalu bagaimana??
Lalu apa yang harus saya lakukan agar acara ini memberikan hasil bagi saya?

Berikut ada tips yang mungkin bisa dilakukan untuk menaikkan peluang agar kamu mendapatkan respon dari perusahaan di jobfair.

Begini tipsnya :

1. Buatlah Berbeda Amplopmu
coba bayangkan!! tumpukan segini banyak ada satu yang beda.
Wowcang pernah mendapatkan saran dari salah satu penginterviewer di suatu perusahaan baja terkenal. Dia mengatakan bahwa proses screening dari lamaran kerja yang masuk dilakukan secara cepat tanpa membaca isi secara keseluruhan dari lamaran kerja.

Yang dilakukan hanyalah baca cepat untuk mendapatkan poin-poin pentingnya saja. Oleh sebab itu jangan terlalu bertele-tele dalam menyajikan surat lamaran dan CV kamu. Umumnya pencari kerja non pengalaman, jumlah lembar CV tidak lebih dari 2-3 lembar, kecuali jika kamu melamar di posisi Manager. Dan satu lagi untuk meningkatkan peluang dipanggil, maka buatlah amplopmu beda dengan yang lain, jika amplop yang lain umumnya berwarna cokelat maka kamu bisa membuatnya sendiri dari karton dengan warna yang berbeda.

Memang terkesan tidak resmi, hanya saja sekarang bukanlah zaman dimana semua harus diikuti sesuai aturan, membuat amplopmu secara sendiri tidak akan membuat kamu untuk divonis, yang terpenting adalah tidak terkesan berlebihan.

Coba bayangkan! Warna amplopmu yang berbeda jika menumpuk di ratusan amplop lamaran pekerjaan akan membuat mata yang melihatnya hanya berfokus pada amplopmu karena perbedaannya dan meningkatkan sang penyeleksi untuk memeriksa amplopmu terlebih dahulu. Beda yang baik itu indah bukan!!!

2. Ingat Selalu Menyajikan Surat Lamaran Dan CV Mu Tidak Berlebihan Kata-Kata
ilustrasi
Pastikan hal ini yah!!

Surat lamaran dan CV yang terlalu banyak kata-kata akan membuat sang pembaca pusing, sama seperti halnya kamu membaca artikel ini yang terlalu banyak kata-kata. Hahah tapi kalau untuk artikel yah tidak apa-apa karena wowcang ingin memberikan penjelasan secara detail.

Terutama untuk surat lamaranmu! Karena 60% (kata salah satu tim penyeleksi) yang akan dibaca pertama kali adalah surat lamaranmu, oleh sebab itu sajikan surat lamaranmu sebaik mungkin, tidak bertele-tele, dan sajikan apa prestasimu yang pernah didapat, tapi diingat sebaiknya yang disajikan merupakan prestasi yang berkaitan dengan pekerjaanmu.

Lalu CV kita tidak dibaca?

Dibaca, namun kebanyakan perusahaan akan membaca CVmu ketika ditahap wawancara, karena si pewawancara akan membutuhkan CV mu sebagai bahan yang akan dipertanyakan saat proses wawancara nanti.

CV juga seharusnya dibuat dengan desain yang menarik.

Menarik seperti apa? yaitu CV yang tidak hanya terdiri dari kertas yang berisi tulisan saja melainkan sebuah CV yang ditambahkan coretan desain, baik berupa garis-garis lurus atau garis abstrak. Yang penting tidak berlebihan.

3. Penampilanmu Juga Harus Dirapikan
Kacamatanya Lepas Yah!!! gak usah Gaya
Bukan hanya surat lamaranmu yang harus dihias, melainkan dirimu juga harus. Memang acara seperti career expo merupakan kumpulan dari banyak orang sehingga menjadikan suasana sedikit kisruh, dan sedikit panas. Tapi tidak salah kok jika kamu mengenakan pakaian yang rapi dan formal. Jadilah berbeda dan serius dalam memperjuangkan masa depanmu.

Rapi = Cowok Menggunakan kemeja panjang, celana non jeans, sepatu pantofel dan bisa juga dasi. kalau Perempuan bisa memakai blus kemeja dan pantofel.

Jika orang lain hanya menganggap sepele acara ini, maka kamu tidak harus seperti demikian. Demi masa depanmu yang gemilang maka lakukan apapun yang terbaik. Tak jarang juga beberapa perusahaan akan melakukan tes secara langsung disana. Dengan pakaian yang rapi akan membuat dirimu lebih siap dan percaya diri.

4. Sarapan Merupakan Suatu Hal yang Terpenting!
Sarapannya gak harus gini, cukup dengan nasi telor dadar. 
Ada baiknya sebelum mengikuti acara career expo, sebaiknya kamu sarapan dulu. Sarapan akan membuat otakmu lebih prima dan membuat tubuhmu lebih bertenaga. Jangan sampai deh kamu lemes pas ikut job fair, atau lebih parahnya lagi pas ikut interview omongan kamu jadi tidak nyambung karena konsentrasi otak hanya berfokus pada makanan.

5. Perlengkapan Pendukung Seperti Laptop, Alat Tulis, Dan Flashdisk Sebaiknya Kamu Bawa!
ini gambar Pulpen
Akibat dari tujuan kamu di acara job fair hanya untuk menaruh lamaran, ehh kamu sampai lupa untuk membawa alat tulis seperti pulpen. Tahu tidak? Di beberapa acara job fair ada pengisian formulir pendaftaran dan sebagian perusahaan juga ada sesi pengisian formulir biodata. Yah untuk antisipasi saja, lagian apa susahnya cuma bawa pulpen yang besarnya cuma sepulpen. -_- gak akan membuat tas kamu berat juga kan?

Alat tulis juga akan berguna ketika ada tes langsung, jadi kamu tidak akan kerepotan.

Flashdisk juga penting, semisal lamaranmu kerobek atau terinjak-injak kamu kan jadi bisa buat ngeprint ulang lamaranmu di warnet atau tempat print terdekat. Pastikan lamaranmu juga sudah kamu pindahkan ke flashdisk mu. Oh ya tahu tidak? Ada beberapa perusahaan di job fair hanya menerima soft copy nya saja. Nah dengan membawa flashdisk yang sudah tersedia lamaranmu kamu jadi mudah deh untuk naruh lamaranmu via softcopy.

Laptop sebenarnya tidak penting, tapi just in case kalau ternyata lamaran harus dikirim via online kan kamu jadi bisa langsung ngirim, tapi bisa saja nanti laptopmu dipinjam orang yang tak dikenal. hehehe

6. Cari Informasi Tentang Perusahaan yang Terdaftar Dalam Acara Jobfair Juga Penting

Penting banget!! Karena apa? Agar kamu tahu perusahaan tersebut bergerak dibidang apa? Nanti bisa-bisa kamu salah masuk kualifikasi lagi. Jurusan kamu yang teknik kimia nanti malah jadi pegawai jahit. Yah ini terserah sih, hanya saja kan jadinya kurang menggairahkan.

Oh ya kamu juga gak harus kok mencari pekerjaan yang sesuai dengan jurusanmu!

Loh gimanaya sih kan tadi kata wowcang harus match sama kualifikasi jurusannya?

Gak kok wowcang tidak pernah bilang seperti itu. Kerja apa saja yang penting sesuai dengan kemampuan dan seleramu, biar lebih enak. Ketimbang kamu kerja di tempat yang dirasa pekerjaannya kurang nyaman yang buat kamu tidak betah.

Gak usah malu, toh yang menjalani hidupmu kan kamu sendiri.

7. Masukin Lamarannya Jangan Ke Semua Perusahaan yang Ada Disitu
Maksud dari gambar ini adalah JANGAN RAKUS
Sangking bosannya kamu menganggur, kamu malah memutuskan untuk daftar ke semua perusahaan yang ada di jobfair. Sebenarnya tidak apa-apa sih meningkatkan peluang seperti ini.

Tapi cobalah bijak dan kenali dirimu lebih dalam lagi. Kamu sudah dewasa tentu tahu apa yang kamu mau dan apa yang tidak kamu mau.

Tidak bijak namanya jika memaksakan diri sendiri.

8. Ingat!!!! Tidak Boleh Galak Sama Pencari Kerja yang Lain Apalagi Sama Temanmu yang Kamu Ajak ke Jobfair
OJO GALAK
Memang di jobfair merupakan contoh dari seleksi alam dimana persaingan ketat untuk bertahan hidup harus dilakukan. #lebay

Persaingan seperti ini tidak mengharuskan kamu untuk bersifat acuh terhadap teman yang lain, jika ada yang bertanya yah jawab dengan senyuman yang manis dan jawaban yang lengkap, bahkan lebih bagus lagi kalau diajak kenalan.

Pokoknya jangan sampai deh, sangking kamu ngebetnya mau kerja sehingga persaingan yang kamu lakukan malah tidak sehat. Kan iuuh banget. Hohoh

Sudah dulu yah,, mungkin kesempatan lain wowcang akan menulis artikel yang lain. Semangat untuk job fairnya teman-teman.

NoteBold : Artikel ini didedikasikan untuk teman-teman yang sedang mengikuti job fair


BY WOWCANG.COM (Bayu Kurniawan)

lahir era tahun "95" menjadikan seorang bayu, pria mochi semakin beranjak umur. Punya hobi ngedekem di kamar setiap 'weekend' akibat suka-duka mencari segenggam rezeki.


Terimakasih kepada Allah SWT yang telah memudahkan segala jalan yang gue tempuh. Terimakasih juga karena telah mengirimkan special persons ; teman-teman gue, rekan-rekan kerja gue, dan keluarga yang perfect banget yang selalu menyokong gue untuk selalu maju ke depan.

Semoga apa yang gue saat ini kerjakan bisa bermanfaat buat gue dan orang lain. Aminn. wish me luck!! thank you xoxo

3 komentar

sip makasih pencerahan nya min ! moga selalu bermanfaat

iyahh masama.. kamu juga... :D :D

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon