Minggu, 22 November 2015

Resep Lauk Sehat Untuk Anak Kosan

Hi.. teman-teman Mahasiswa Indonesia bagaimana kabarnya? Semoga baik-baik saja yah. Maaf lohh 3 hari ini gak ada artikel baru, dikarenakan admin ada urusan mendadak yang mengharuskan untuk meninggalkan aktivitas nge-blog sementara waktu. Yah maklum admin disini juga merangkap jadi publishers, karena belum ada publishers lain selain admin wowcang itu sendiri. heheh

Tapi gak papa, mungkin suatu saat nanti admin bisa menemukan publishers yang cocok buat blog ini. Amin

Oke kali ini wowcang akan membahas mengenai resep-resep yang patut dicoba oleh mahasiswa dalam rangka memperbaiki kualitas gizi. Artikel ini dikhususkan untuk seluruh mahasiswa yang ngekos, karena mahasiswa kosan dituntut untuk mencari makanan sendiri sebab mama tercinta tidak bisa memasakkan masakan tercinta untuknya. #kangen masakan ibu

Wowcang tahu bagaimana suka-duka hidup seorang anak kosan, karena admin pun demikian masih hidup dalam bayang-bayang kosan. Jadi anak kosan itu sebenarnya enak gak enak, enaknya itu karena hidupnya sedikit bebas, dan tidak ada aturan yang terlalu mengikat. Gak enaknya itu ketika urusan apa-apa seperti mencuci, makan, beres-beres harus dilakukan secara mandiri. #Hufftt kan capek -_-

Terlebih soal makanan! mahasiswa kosan kebanyakan tidak mau ribet, tak diherankan kalau mahasiswa kosan lebih sering membeli makanan diluar ketimbang masak sendiri. Karena keseringan, sering kali mahasiswa kosan tidak terlalu memikirkan tentang kualitas makanan baik dalam segi kesegaran maupun nutrisi. Kebanyakan dari mereka hanya memikirkan perkara Kenyang, Enak, dan Murah Meriah. Heheh

Padahal jika dipikir-pikir makanan bernutrisi sangat dibutuhkan untuk mahasiswa agar otak yang digunakan selama kegiatan perkuliahan tetap bekerja secara maksimal, selain itu juga tubuh tetap sehat karena asupan gizi terpenuhi.

Apalagi ditambah makanan favorit mahasiswa kosan yaitu mie instan yang memiliki harga yang murah, enak dan bisa bikin perut kenyang. Mahasiswa lebih sering memilih makanan ini ketimbang yang lainnya. bisa kali 1 hari satu kali, sudah gitu makannya pakai nasi lagi, sudah deh tinggal tunggu 3 bulan berat badan naik 10 kg. Mau tah? Enggak kan? Makannya jangan sering-sering! Wowcang tahu kok bagaimana rasanya mie instan apalagi yang merknya itu, uhhh siapapun gak bisa nolak deh..  #sluurrp

Selain itu membeli makanan diluar juga kadang mengkhawatirkan, terkadang kita tidak tahu mana makanan yang baik dan mana yang tidak. Khawatir jika si penjual menambahkan bahan non alami kedalam makanan tersebut seperti pemanis buatan atau lebih parahnya lagi pengawet buatan. #hiihh tentu tidak mau bukan?

Tapi tidak semua warung penjual makanan berlaku seperti itu, masih banyak diantara mereka yang bermain jujur, jadi tidak mengapa jika membeli makanan di warung yang sekiranya sudah dipercaya. Yang terpenting adalah makanan yang dibeli kaya akan nutrisi, tidak sekedar tempe kering dan mie goreng.

Ada jalan yang lebih baik yaitu memasak sendiri, memang cukup melelahkan, tapi kalau dikerjakan bersama anak kosan yang lain tidak melelahkan kok. Selain itu kamu jadi bisa berhemat karena bahan memasak dibeli dengan uang sumbangan anak kosan.

Bayangin gini deh! 1 kosan ada 7 anak, sumbangan per-anaknya 10 ribu. Jika dijumlahkan maka total uang sumbangan ada 70 ribu. Wow banyak banget bukan? kamu jadi bisa makan enak 3 kali sehari dengan lauk yang sama hanya dengan 10 ribu. #GreatIdea Ting

Hal ini sangat berbeda jika kamu membeli makanan di warung-warung, kamu bisa menghabiskan 4000-10000 untuk sekali makan. Tentu cukup boros untuk mahasiswa yang selalu berpegang teguh pada prinsip hidup hemat.

Dalam artikel ini wowcang akan memberikan beberapa menu lauk sehat yang cara memasaknya tidak begitu sulit, harga bahan yang murah, dan pastinya Sehat. Check this out

1. SOUP Sederhana (5 Orang) Kisaran Harga Bahan 15.000

Soup merupakan lauk yang paling murah, simpel, dan sehat karena dalam soup ada beberapa macam jenis sayuran yang pastinya bermanfaat buat kamu.

Bahan : 1 Kembang Kol (4000), Wortel 2 (3000), Kentang ¼ kg (3000) Bawang Merah 5 & Bawang Putih 4 (1500), Daun Bawang (1000), Kemiri 1 siung (500), Lada Bubuk, Garam, Gula secukupnya (1000), Penyedap Rasa (Masako atau Royco) (500) Secukupnya, Tomat 1 (500), Total 15.000

Cara Memasak : Haluskan Bawang Merah, Bawang Putih dan Kemiri. Potong sesuai selera Wortel, Kembang Kol, Kentang, dan Daun bawang. Panaskan sedikit minyak dan Tumis Bumbu yang telah dihaluskan hingga harum, setelah harum masukkan air sebanyak 1,5 Liter biarkan hingga mendidih, dilanjutkan dengan memasukkan kentang dan wortel yang telah dipotong dan didiamkan hingga kentang melunak (Tusuk Garpu), jika kentang telah lunak masukkan Potongan Tomat, Kembang Kol, Daun Bawang, Gula, Garam, Lada, Penyedap Secukupnya. CICIPI kuahnya, dan atur rasa hingga pas dengan lidah kamu. Biarkan hingga kol layu setelah itu angkat dan Sajikan.

2. Bukan Sekedar Telor Dadar (10 Orang) 12.000-18.000

Resep ini bukan sekedar telor dadar, tapi lebih ke omelet telor. Telor dadar ini dilengkapi dengan berbagai macam sayuran sehingga kamu tidak hanya mendapatkan protein saja melainkan vitamin dan senyawa yang terkandung dalam sayuran juga kamu dapatkan.

Bahan : Telor ¼ kg (6000), Penyedap Secukupnya (500), Lada Bubuk Secukupnya (1000), Garam Secukupnya, Bawang Merah 5 Siung, Bawang Putih 3 Siung (2000), Cabe Merah jika ingin pedas (1000), Kembang Kol ½ (2000), Wortel 1 (500), Sosis (4000) Kalau kemahalan gak usah, Daun Bawang (1000), Total 15000

Cara Memasak : Potong ukuran kecil semua bahan (Kembang Kol, Wortel, Bawang Merah Putih, Daun Bawang, Cabe Merah, Sosis), Kocok Lepas bersama dengan 4 telor, kemudian ditambahkan dengan bumbu seperti garam, lada, dan penyedap secukupnya. Dan goreng dengan minyak panas dengan api kecil. Masak hingga matang

Cat : Hati-hati membalik telurnya soalnya bisa hancur. Hehehe

3. Kentang Sambal (6 Orang) 17.000
Kentang Sambal via resepcumi.com
Kesukaan banyak orang, Rasa yang gurih dari kentang, dan sambel yang top markotop bisa memanjakan lidah anak kosan. Bisa dijadikan lauk atau menu pengganti nasi.

Bahan : 7 Siung Bawang Merah & 4 Siung Bawang Putih (2000), Tomat 1 (500), Cabe Merah Keriting 7 (2000), Kemiri 1 Siung (500), Kentang ½ kg (8000), Garam, lada bubuk, Gula Merah 1 (500), Penyedap rasa secukupnya, Bisa ditambahkan bakso 5 (4000), Total 17.000

Cara Memasak : Kupas Kentang, Cuci Bersih, dan potong dadu dan goreng hingga matang, Haluskan Bawang merah, bawang putih, tomat, cabai merah, dan kemiri hingga halus kemudian tumis bumbu halus dengan sedikit minyak, tumis hingga harum, kemudian masukkan potongan bakso, dan tambahkan air sebanyak 1 gelas. Biarkan hingga air mendidih, setelah mendidih masukkan gula merah, garam, lada bubuk, dan penyedap rasa, Cicipi dan atur rasa, setelah itu masukkan kentang yang telah digoreng aduk hingga rata dan air asat. Setelah itu sajikan.

4. Telor Sambal (15.000) 7 Orang

Telur Sambal, via resepcaramemasak.info
Jika bosan dengan kentang bisa diganti dengan Telor atau Tempe, bahan dan cara memasak sama seperti Kentang Sambal. Jika sambal telor agar lebih hemat maka sebaiknya telor didadar dan dipotong hingga banyak bagian. Hehe

5. Semur Telor (12.000) 7 Orang
Telur Semur, via kuliner.bacainfo.com
Semur Telor cocok untuk mahasiswa kosan yang tidak suka pedas, rasa telor semur sangat enak, dan menggugah selera, rasa manis dari kecap sangat disenangi oleh banyak orang.

Bahan : Telor ½ kg (8000), Bawang Putih 6 siung & Bawang Merah 7 Siung (2000), Kemiri 1 siung (500), Kecap sachet 1 (500), Jahe 1 cm, Lengkuas 1 cm, Garam, Gula, Penyedap Secukupnya.

Cara Memasak : Rebus Telor dalam air mendidih selama 20 menit atau hingga telur matang, kemudian kupas dari cangkangnya, Haluskan Bawang Merah & Bawang Putih, Kemiri, kemudian di tumis dengan sedikit minyak hingga harum, tambahkan jahe dan lengkuas yang sudah digeprek, kemudian tambahkan air sebanyak 800 mL, dilanjutkan dengan kecap, garam, Gula, dan penyedap rasa, kemudian cicipi, jika sudah pas, masukkan telor rebus dan masak dengan api kecil hingga air asat dan bumbu meresap.

6. Sayur Asam (8000) 7 orang
Sayur Asam, via kuliner.blogekstra.com
Sayur asam menjadi menu sayur yang memiliki cita rasa segar karena penambahan air asam, sayur asam sangat cocok dipadukan dengan tempe goreng dan sambel.

Bahan : Bahan Sayur Asam 6000 biasa lengkap berisi (Labu siam, Daun Melinjo, Lengkuas, Kacang Panjang, Nangka Muda, Jagung, Melinjo, Pepaya Muda, Asam Jawa), Bawang Merah 4 siung dan Bawang Putih 3 (2000), Cabe merah keriting 3 (500), Garam, Gula, Penyedap.

Cara Memasak : Potong-potong bahan sayur asam menjadi bagian kecil dan cuci bersih, haluskan bawang merah, bawang putih dan cabe merah keriting. Rebus air sebanyak 800 mL kemudian tambahkan bumbu yang telah dihaluskan, aduk dan masukkan melinjo, potongan pepaya muda, dan potongan labu siam, matang hingga lunak (tusuk garpu) kemudian masukkan nangka muda dan jagung, serta lengkuas yang telah digeprek dan asam jawa, setlah nangka muda matang, masukkan garam, gula, penyedap secukupnya, kemudian tambahkan daun melinjo, masak hingga daun layu, dan sajikan.

7. Sayur Bayam (6000) 5 Orang
Sayur Bayam, via bidanku.com
Sayur satu ini sangat cocok untuk mahasiswa yang memiliki gejala kurang darah, karena kandungan zat besi dalam bayam bisa menambah jumlah sel darah merah dalam tubuh. Masaknya yang mudah serta baik untuk kesehatan menjadikan sayur ini cukup favorit.

Bahan : Bayam 2 ikat (3000), Jagung 1 (2000), Bawang Merah 4 siung (500), Garam

Cara Memasak : Panaskan air sebanyak 800 mL, kemudian tambahkan potongan bawang merah, biarkan hingga mendidih, jika telah mendidih, masukkan potongan jagung, dan garam secukupnya, kemudian masukkan daun bayam yang telah dicuci dan masak sebentar selama 1 menit jangan terlalu lama.

8. Sayur Kangkung atau Cah Kangkung (8000)
Sayur Kangkung, via resepraktis.com
Rasa pedas, manis, asin, menjadikan cah kangkung memiliki daya tarik sendiri bagi para penikmatnya. Cara memasak dan bahannya cukup mudah untuk didapatkan. Sehingga cocok untuk anak kosan.

Bahan : Kangkung 1 ikat (3000), Bawang merah 5 siung & Bawang Putih 3 siung (2000), Cabe merah keriting 3 (500), Tomat 1 (500), Saos Tiram 1 sachet (2000), Kecap sachet 1 (500), Garam, Gula, Lada bubuk secukupnya

Cara Memasak : petik daun kangkung, kemudian cuci bersih. Potong tipis bawang merah, bawang putih, cabe, dan tomat. Tumis bawang merah & bawang putih dengan sedikit minyak hingga harum, kemudian tambahkan potongan cabe merah dan tomat, dilanjutkan dengan penambahan saos tiram dan air sebanyak 200 mL, kemudian tambahkan kecap, garam, dan gula. cicipi, dilanjutkan dengan memasukkan kangkung, masak hingga kangkung layu.

9. Mie Goreng Tek-Tek (15.000) 6 orang

Bosan makan nasi, maka kamu bisa membuat mie goreng tek-tek. Caranya cukup mudah dan menyehatkan karena kandungan sayur didalamnya.

Bahan : Mie Telor 1 (3500), Telor 1 (1000), Kembang Kol ½ (2000), sawi 1 ikat (2000), Toge ¼ (3000), Bakso 5 (4000), Bawang Putih 6 (1000), kemiri 1 siung (500), Saos Tiram 1 sachet (2000), Kecap 1 Sachet (1), Garam, Gula, Penyedap rasa 

Cara Memasak : haluskan bawang putih dan kemiri. Panaskan sedikit minyak dalam wajan, kemudian masak telor dan diorak arik hingga hancur dan matang, kemudia tambahkan bumbu bawang putih yang telah dihaluskan, masak hingga haru, kemudian tambahkan bakso, irisan kol, dan toge, masak hingga layu, kemudian masukkan mie telor yang telah direbus, aduk hingga rata, kemudian tambahkan saos tiram, kecap, garam, gula, dan penyedap. Aduk hingga rata, tambahkan potongan sawi, dan masak hingga sawi layu, hidangkan.

Yakk sudah dulu resep lauk sehat ala wowcang yang cocok dimasak oleh anak kosan. Semoga bermanfaat. Kalau punya resep lain bisa tulis dikomen yah. Terimakasih


lahir era tahun "95" menjadikan seorang bayu, pria mochi semakin beranjak umur. Punya hobi ngedekem di kamar setiap 'weekend' akibat suka-duka mencari segenggam rezeki.


Terimakasih kepada Allah SWT yang telah memudahkan segala jalan yang gue tempuh. Terimakasih juga karena telah mengirimkan special persons ; teman-teman gue, rekan-rekan kerja gue, dan keluarga yang perfect banget yang selalu menyokong gue untuk selalu maju ke depan.

Semoga apa yang gue saat ini kerjakan bisa bermanfaat buat gue dan orang lain. Aminn. wish me luck!! thank you xoxo

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon