Minggu, 01 November 2015

Suka dan Duka Mahasiswa Teknik Kimia

Nangis dulu atau ketawa dulu nih?? Sebelum lanjut, wowcang punya satu pertanyaan nih untuk mahasiswa teknik kimia di seluruh Indonesia yang baca artikel ini. Menurut kalian nih yah, selama kuliah di jurusan teknik kimia yang kalian rasakan apa? Banyak sukanya atau dukanya? Yang paling senang bagian apanya yang paling sedih bagian apanya? Silahkan tulis jawaban kalian di bagian koment dibawah ini artikel ini.


Oke, jika sudah jawab pertanyaan diatas ayo kita lanjut!!! Pada artikel sebelumnya wowcang pernah membahas mengenai artikel :


Maka kali ini, wowcang akan membahas mengenai Suka dan Duka Mahasiswa Teknik Kimia. Suka dan duka ini diambil dari kisah kehidupan nyata admin wowcang dan beberapa teman wowcang yang pernah di alami. Ehhm sebenarnya tidak semuanya sih mahasiswa jurusan teknik kimia merasakan hal ini, tapi mungkin sebagian besar mahasiswa teknik kimia pasti mengalami suka duka seperti ini. Berikut suka dukanya :

1. Pada Awal Kali Masuk Kuliah Perasaan Senang Menghampiri Diri Karena Tidak Menyangka Bisa Diterima Di Salah Satu Jurusan Yang Notabenenya Merupakan Jurusan Yang Bisa Dibilang Cukup Bonafit. Wkwkwk

Ya Tuhan terimakasih atas nikmat yang telah diberikan kepada hambamu ini
Perasaan senang bukan main melihat pengumuman hasil seleksi ujian masuk Perguruan Tinggi tersirat satu nama kita bertuliskan “Selamat Anda Diterima sebagai mahasiswa Teknik Kimia di Universitas Bla-bla”. Apalagi jika diterima di salah satu Universitas Favorit di Indonesia, wah senangnya lebih dari senang deh pokoknya. Gak bisa kebayang nanti pas kuliah gimana.

2. Awal Kuliah Pun Tiba, Berkenalan Dengan Mahasiswa Teknik Kimia Yang Luar Biasa Dan Dosen Yang Super Duper Pintar, Cantik, Ganteng, Baik Hati, Asyik, Modelis Dan Lain Sebagainya Membuat Kita Lebih Semangat Dalam Kuliah

yes,, awal kuliah nih semangat pokoknya, Segala peralatan perkuliahan disiapkan dan cari teman sebanyak-banyaknya. Yah mungkin ini yang bakal kamu rasakan ketika masuk pertama kali kuliah. Di jurusan teknik kimia kamu bakal nemuin deh yang namanya calon teman mulai dari yang super nerd atau kutu buku, yang pintar dengan segala macam prestasinya, yang banyak omong, yang pendiam, yang cantik, yang ganteng, yang berjiwa nasionalis, yang berjiwa pedagang, dan lain sebagainya. Juga Dosen yang TOP banget pastinya, karena dosen teknik kimia ini pasti ahli dibidangnya masing-masing, dosen teknik kimia juga yah kalau dilihat friendly banget deh wajahnya ada yang cantik banget, ada yang baik banget, ada yang lucu, ada yang tak terduga, pokoknya sensasional banget jadi mahasiswa teknik kimia.

3. Semester Awalpun Dimulai, Mahasiswa Teknik Kimia Mulai Berpikir, Ouhh Begini Toh Mata Kuliah Mahasiswa Teknik Kimia, Yah Bolehlah!!!

Pada awal semester kuliah yah bisa dikatakan mata kuliah yang dipelajari umumnya bersifat mengulang masa-masa SMA, bisa dibilang cukup mudah untuk mahasiswa yang biasa, tapi tidak bisa dipungkiri juga ada beberapa mahasiswa juga yang mengalami masa-masa yang sulit. Yah namanya juga sistem kehidupan dimana semuanya harus dalam keadaan setimbang, iyah kan?

4. Tahu Gak? Di Semester Satu Ada 1 Mata Kuliah Yang Cukup Jadi Momok Bagi Kebanyakan Mahasiswa. Apa Itu? Yaitu KALKULUS

Kebanyakan mahasiswa teknik kimia yang menjadikan mata kuliah satu ini sebagai momok pasti akan berpikiran “ishhh ini kalkulus ribet banget sih, rumusnya banyak banget lagi, gak ngerti aku..huhuh”. Memang sebegitu susahnya yah mata kuliah kalkulus? Silahkan kamu tanyakan kepada mahasiswa teknik kimia. Sebenarnya sih gak cuma teknik kimia yang belajar kalkulus melainkan jurusan teknik lainnya seperti mesin juga belajar kok tentang kalkulus.

5. Mahasiswa Teknik Kimia akan Menjadi Mahasiswa yang Paling Maruk di Antara Jurusan Lainnya

Ya Tuhan ternyata jurusan Teknik Kimia maruk banget yah!! Masa Pelajaran kaya gini juga dibahas
Begitulah pernyataan yang sering dilontarkan bagi mahasiswa teknik kimia, sekali lagi ini hanya beberapa mahasiswa saja. Tapi memang iyah sih. Jika kamu berpikiran bahwa mata kuliah teknik kimia yang akan dipelajari hanya tentang kimia saja. ITU SALAH BESAR! Teknik kimia juga akan belajar mengenai Matematika, Fisika, Ilmu Mesin, Ilmu Kesehatan, Ilmu Manajemen, Ilmu Pemograman Teknik Kimia, Ilmu Filsafat, Sampai ilmu Coding Matematika. jika tidak percaya silahkan tanya mahasiswa teknik kimia semester lanjut.

6. Tapi Mahasiswa Teknik Kimia Cukup Solid kok Antara Satu Mahasiswa Dengan yang Lainnya

Mahasiswa Teknik Kimia itu Solid banget loh, kalau ada mahasiswa yang masih belum ngerti pasti bakal dibantu sama yang lainnya, yah walaupun jurusan lain juga demikian sih. Tapi di Teknik Kimia rasa kesolitannya benar-benar ada dan merangkul semuanya demi agar bisa lulus bareng-bareng. Chemistry yang terbangun akan cukup kuat karena ada ikatan tunggal yang menjalin diantara mahasiswa teknik kimia.

7. Menjadi Mahasiswa Teknik Kimia Juga Akan Menjadikan Diri Lebih Tahan Banting

Pulang Malam, Tidur Malam itu sudah menjadi kegiatan sehari-hari. Mahasiswa teknik kimia setiap pulang dari kuliah pasti akan membawa oleh-oleh dari dosennya yang jumlahnya tak terbayangkan. Tak jarang mahasiswa harus mengorbankan jam tidur dan jam pulangnya hanya untuk demi mengerjakan oleh-oleh yang diberikan dari dosen. Kegiatan seperti ini membiasakan kami sebagai mahasiswa teknik kimia lebih tahan banting dari jurusan lainnya. eh tapi sebenarnya tugas kuliah banyak sudah umum kok dirasakan sama mahasiswa jurusan lain! Tapi tugasnya mahasiswa teknik kimia beda kok sama jurusan lain. Ribet tahu soalnya 1 jawabanyya bisa beranak 10 dan membutuhkan jawaban berlembar-lembar kertas folio. Coba geh rasain sendiri.

8. Waduuhhh Kalkulus lagi, eh ada Termodinamika juga, Azaz Teknik Kimia juga, Neraca Energi juga, Perpindahan Panas juga? #Arrrrrggggghhhhh *Teriak

Ini hanya demonstrasi yah. Sebenarnya ini hanya jeritan kecil dalam hati mahasiswa teknik kimia kok. Kebanyakan mahasiswa teknik kimia lebih memilih untuk memendam jeritan ini dalam hati karena mereka semua masih berniat untuk bisa menguasai pelajaran tersebut. Yah berusaha dulu sekeras mungkin walaupun hasilnya belakangan, yang terpenting adalah ngerti dulu sebagian dikit dari materi yang ada. Mata Kuliah Teknik Kimia itu yah kalau dibuat perbandingan, materi hitungannya memiliki kapasitas 75 % bila dibandingkan dengan materi yang berhubungan teori. Mata kuliah diatas merupakan secuil dari mata kuliah teknik kimia yang ada hitungannya karena sebenarnya mata kuliah teknik kimia yang ada hitungannya itu ada banyak, tapi hal ini tentulah tak mengapa, namanya juga kuliah di Jurusan Teknik.

9. Walaupun Pelajarannya Agak Susah, tapi Tetap Ada Pemanisnya Kok

Di Jurusan teknik kimia itu, gak semuanya cowok loh!! Tetap ada lawan jenisnya yang membuat hidup perkuliahan semakin manis. Tidak kaya jurusan teknik lain yang mayoritas cowok. Di teknik kimia mahasiswa Pria dan wanitanya masih dalam keadaan setimbang. Sehingga kesibukan kuliah tidak terasa begitu datar. Heheh cocok nih buat yang mau pacaran dikelas.

10. Praktiknya Mahasiswa Teknik Kimia Sensasional Banget Loh!!

Kamu yang tidak kuliah di jurusan teknik kimia jangan pernah bilang kalau praktik di teknik kimia itu gampang dan tidak capek, karena itu semua salah besar! Kamu gak tahu kalau disini kita mahasiswa teknik kimia bermain dengan zat-zat yang berbahaya dengan alat-alat yang super canggih, rentan dan mahal, belum lagi variabel dan laporan akhir yang bisa bikin badan rasanya ingin guling-guling diatas kasur. Dalam praktik kami harus menyeimbangkan perasaan hati, tenaga, dan pikiran agar segalanya yang berurusan dengan praktik dapat berjalan lancar dan berharap agar tidak ada kecelakaan seperti zat berbahaya yang terkena fisik atau barang-barang yang rusak atau pecah yang bisa bikin uang jajan menipis.

11. Kegiatannya setiap hari hanya berkutik dengan Kalkulator, Puplen, Koleksi Jurnal dan Buku-buku super tebal

Barang bawaan mahasiswa teknik kimia itu wahhh bisa dibilang cukup untuk membuat punggung pegal, tas robek,tangan pegal. Mahasiswa teknik kimia perlu untuk membawa barang utama ini agar segala aktivitas perkuliahan dapat berjalan baik. Kami juga harus membawa kalkulator scientific karena kalkulator warung itu tidak cukup untuk menghitung rumus-rumus yang kami kerjakan. Kitab-kitab kami juga tebalnya bukan main coba lihat buku perry, buku M.cabb dan buku lainnya tak tanggung-tanggung jumlah halamannya mencapai ribuan denga jumlah mata kami yang hanya dua. Belum lagi versinya bahasa inggris. wkwkwk

12. Kami Tetap Senang Kok, Karena Jurusan Yang Kami Ambil Akan Membuat Hidup Orang Lain Menjadi Lebih Baik

Lihatlah benda apa saja yang berhubungan dengan teknik kimia di sekitar kalian! Mulai dari Buku, Keramik, Plastik kresek, Kerangka plastik pada beberapa produk seperti kipas angin, laptop, wadah makanan, Obat-Obatan, Produk Makanan, baju yang kalian pakai, Gas yang dipakai buat memasak, Bahan bakar yang kalian pakai buat motor/mobil, itu semua merupakan hasil dari contoh produk yang kami pikirkan dan kami buat dengan cara yang se-efisien mungkin. Belum lagi polemik kelangkaan minyak bumi dan isu energi lainnya yang membuat kami untuk berpikir keras guna mengatasi hal masalah tersebut. Tapi kami tetap senang kok menjalaninya walaupun jalan yang dituju sangat terjal dan panjang.

13. Untuk Lulus Kami Harus Membuat 2 Program Tugas Akhir Yaitu Penelitian Dan Rancang Bangun Pabrik

Mungkin bagi beberapa jurusan lain, syarat untuk lulus hanya 1 Program tugas akhir. Kami mahasiswa teknik kimia harus mengerjakan 2 program tugas akhir agar kami dapat lulus. Tugas penelitian serta rancang bangun pabrik sudah lebih dari cukup untuk membuat kami tidak lancar dalam urusan makan, tidur bahkan main ketempat yang indah agar kami bisa lulus tepat waktu. Tak sedikit dari kami lebih memilih untuk mengerjakan secara santai walaupun dengan konsekuensi tidak lulus tepat waktu. Belum lagi kesibukan lainnya seperti PKL, KKN, dan Tugas Organisasi yang masih didepan mata. Mungkin kami memerlukan kata lain selain kerja keras dan doa. #lebay, jangan serius ahh. Tapi memang ini benar kenyataanya. Tapi kami tetap tersenyum. :D

14. Begitu Banyak Dukanya Mahasiswa Teknik Kimia Tapi Kami Tersadar Jika Bukan Kami, Siapa Lagi?

Kami sadar bahwa kamilah yang terpilih untuk menyelesaikan tugas ini, kami hanya berharap agar api semangat dalam diri kami terus berkobar sepanjang hari agar kami dapat menyelesaikan tugas dan dapat kami kontribusikan secara nyata di Dunia kelak. Doakan Kami. :D

Demikian merupakan suka duka bagi mahasiswa teknik kimia, agak lebay yah dan banyak dukanya? tapi memang beginilah kenyataannya yang selama ini wowcang lihat. Memang jika dibaca sepertinya jurusan teknik kimia merupakan jurusan yang paling penting di dunia ini, tapi sebenarnya tidak kok, karena kami masih tetap membutuhkan kalian dijurusan lain agar dunia ini dapat berkembang menjadi lebih baik. Bukankah dengan bersama dan bersatu semuanya akan menjadi lebih indah? Oleh sebab itu mari kita bersama sebagai Mahasiswa Indonesia bersatu untuk membangun negara menjadi lebih baik.Bhineka Tunggal Ika”. FIN


lahir era tahun "95" menjadikan seorang bayu, pria mochi semakin beranjak umur. Punya hobi ngedekem di kamar setiap 'weekend' akibat suka-duka mencari segenggam rezeki.


Terimakasih kepada Allah SWT yang telah memudahkan segala jalan yang gue tempuh. Terimakasih juga karena telah mengirimkan special persons ; teman-teman gue, rekan-rekan kerja gue, dan keluarga yang perfect banget yang selalu menyokong gue untuk selalu maju ke depan.

Semoga apa yang gue saat ini kerjakan bisa bermanfaat buat gue dan orang lain. Aminn. wish me luck!! thank you xoxo

22 komentar

Bukan 9 fakta nyatane 12 😂😂😂

Hahahha,,, kayanya ada yang kurang fokus. Yg 9 itu mah point kenapa kamu harus memilih jurusan tekkim..

Tapi makasih atas kunjungannya

haloo kak...aku ini kelas XII SMA dan aku suka banget kimia,kak kasih aku gambaran tentang teknik kimia itu dong.Supaya aku lebih mantap masuk teknik kimia

Wah, terima kasih banyak kak artikelnya~ ini sangat membantu hehe :) jadi lebih paham teknik kimia itu seperti apa

yang jelas lo harus kuatin di sma diantaranya turunan, integral, limit, termodinamika, kinetika reaksi, dan gua rasa jurusan satu ini hampir pake semua basic science yang ada di SMA. Kimianya paliing 25% aja sisanya itung2an. Biar lo ga tersesat,mending lo download aja silabus teknik kimia

pas kali tulisannya.....tekni kimia itu buat kamu kangen tidur loh.... :>)

halo, kak... mau tanya, kalau di tekkim itu perbandingan mahasiswa dan mahasiswinya berapa ya kak?

Kebetulan klo dulu di kelas saya, lebih bnyak ceweknya ketimbang cowoknya... yah ceweknya cma lebih 5 sih... tapi kelas sebelah tekkim cewe sama cowonya dibuat seimbang...

Beda2 sih... tergantung yg dftar.. hahha klo dlu di UNS solo malah kebnyakan cowonya ketimbang ceweknya

wah kak artikelnya bermanfaat banget, aku jadi semangat lagi mau pilih tekkim. makasih kak!

haloo kak.. aku suka banget kimia, penasaranjuga nih sama teknik kimiaa.. doain ya kak bisa masukk

Aminnn.. masuk unnes aja biar ketemu aku dek... wkwkw

kak aku sekarang kelas XII DAN SUKA BANGET sama kimia tapi agak susah di hitung-hitung gimana ya kak. kalo di tekkim semua mata pelajaran boleh pake kalkulator kan kak...??? wkwkwkwk #harapmaklumkak

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Bolehh kok bolehh.. malah kita dianjurin buat ngitung pke kalkulator scientific itu.. tapi tetep yah perhitungan basic kaya tambah2an sama perkalian udh diluar kepala.. hahah

Waahh kayak nya aku jadi lebih termotivasi untuk ngambil jurusan ini deh kak 😁

Ayooo masuk tekkim... tekkim unnes maksudnya.. heheh

udah masuk tekkim unnes kak :" salam dr adek tingkatmu angkatan 2016 heheeh

Ouhhh iyahh?? Cieee anak tekkim unnes... semangat yah dek. Wkwk
Makasih udh ngunjungin blog abal2 ini.. heheh

Tugas akhir rancang pabrik dibimbing dosen killer bayangkn pas sidang bisa lancar menjelaskan. Wkwk

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon