Minggu, 20 Desember 2015

Apa itu Karbohidrat? Apa Saja Sumbernya dan Bagimana Fungsinya?

Sudah lama sekali tidak menulis artikel mengenai hal-hal yang bersangkutan dengan materi teknik kimia. Padahal sudah ada jadwal yang terpampang mengenai topik yang akan di tulis setiap harinya di kamar. Tapi ya sudahlah.

Baiklah, kali ini saya mau menulis mengenai artikel yang berkaitan dengan “Karbohidrat”. Semuanya akan saya tulis dan jabarkan selengkap mungkin di dalam artikel ini, namun mungkin akan terbagi menjadi beberapa artikel agar topik yang ditulis tidak terlalu melebar.

Pasta merupakan makanan yang terbuat dari gandum dan termasuk dalam sumber karbohidrat
Baik langsung saja ;

Karbohidrat dapat diartikan sebagai Karbon dari Hidrat atau dalam bahasa yunani sakcharon yang berarti gula. Karbohidrat merupakan senyawa organik yang keberadaannya paling banyak di Bumi. Senyawa Karbohidrat tersusun atas karbon, hidrogen, dan oksigen.

Dalam tubuh makhluk hidup, karbohidrat memiliki fungsi besar yaitu sebagai cadangan energi contohnya glukosa, sebagai cadangan makanan dalam bentuk Pati pada tumbuhan ataupun glikogen pada hewan, dan fungsi lain sebagai material pembangun seperti selulosa pada tumbuhan serta kitin pada hewan crustascea.

Karbohidrat mengandung gugus karbonil (aldehida atau keton) dan gugus hidroksil. Pada awalnya, karbohidrat digolongkan menjadi senyawa yang memiliki gugus (CH2O)n. Namun, terdapat senyawa karbohidrat yang tidak memiliki gugus tersebut, bahkan ada juga senyawa karbohidrat yang memiliki kandungan fosforus, nitrogen dan sulfur.

Bentuk Karbohidrat

Karbohidrat dibagi menjadi 4 menurut susunan molekulnya, yaitu ;
Monosakarida yang merupakan bentuk molekul karbohidrat yang paling sederhana dan hanya memiliki satu molekul gula. contoh senyawanya ; glukosa, galaktosa, dan fruktosa.

Disakarida yang merupakan bentuk karbohidrat yang memiliki dua molekul monosakarida. Contohnya ; sukrosa, laktosa (gula susu), dan maltosa.

Oligosakarida yang merupakan bentuk karbohidrat yang tersusun dari molekul-molekul monosakarida berjumlah 2 sampai dengan 8 molekul monosakarida. Bentuk oligosakarida yang biasanya dimanfaatkan dari alam merupakan bentuk dari disakarida seperti maltosa, laktosa, dan fruktosa. Jumlah oligosakarida di alam tidaklah banyak, oleh sebab itu bentuk oligosakarida biasanya dibuat dari hasil proses hidrolisa polisakarida.

Polisakarida yang merupakan bentuk karbohidrat yang tersusun atas banyak molekul monosakarida yang bersusun secara berulang dan bercabang. Polisakarida merupakan jenis senyawa karbohidrat yang memiliki susunan kimia paling kompleks serta jumlah yang paling banyak di Bumi. Contoh senyawanya ; pati, glikogen, selulosa, dan agarosa.

Sumber Karbohidrat di Bumi

Karbohidrat merupakan senyawa yang paling banyak ditemukan dan dimanfaatkan oleh manusia. Pemanfaatannya sangat beragam, mulai dari kebutuhan jaringan tubuh manusia, bahan bakar alternatif, hingga kantong plastik.

Artikel Terkait :
PLA Bioplastik
Bioetanol Sebagai Energi Alternatif yang Dapat Diperbaharui (Renewable)

Sumber karbohidrat di Bumi antara lain ; Karbohidrat pada Biji (Jagung, beras, gandum), Karbohidrat pada buah (semua jenis buah yang memiliki rasa manis), karbohidrat pada umbi (singkong, kentang, ubi, dll), karbohidrat pada daun hijau.

Fungsi Karbohidrat Dalam Tubuh Manusia

Tubuh manusia sangat membutuhkan senyawa dari karbohidrat, sebab tanpa karbohidrat sistem metabolisme pada tubuh manusia tidak dapat berjalan secara semestinya. Berikut merupakan fungsi dari karbohidrat dalam tubuh manusia ;

1. Sebagai sumber energi utama. Tahukah kalian 1 gram glukosa dapat menghasilkan kalori sebesar 4,1. Organ tubuh seperti otak, sel saraf, dan organ lainnya membutuh glukosa sebagai energinya. Tak heran bila pada orang sakit, mereka di infus dengan cairan gula beberapa %.

2. Berperan sebagai penyeimbang sistem metabolisme tubuh, karbohidrat juga akan menjaga keseimbangan antara asam dan basa serta sebagai pembentuk jaringan dan struktur sel.

3. Sebagai pembantu dalam proses pencernaan

4. Sebagai pembentuk senyawa lain seperti asam lemak sebagai penyusun lemak, dan asam amino sebagai penyusun protein.

5. Membantu penyerapan kalsium dalam tubuh, dll


Asupan karbohidrat pada tubuh manusia sangat diperlukan terutama pada anak-anak, dan remaja seperti mahasiswa. Namun perlu diperhatikan juga tentang asupan lainnya seperti protein, vitamin, serat, dll, agar kebutuhan nutrisi pada tubuh dapat terlengkapi.

lahir era tahun "95" menjadikan seorang bayu, pria mochi semakin beranjak umur. Punya hobi ngedekem di kamar setiap 'weekend' akibat suka-duka mencari segenggam rezeki.


Terimakasih kepada Allah SWT yang telah memudahkan segala jalan yang gue tempuh. Terimakasih juga karena telah mengirimkan special persons ; teman-teman gue, rekan-rekan kerja gue, dan keluarga yang perfect banget yang selalu menyokong gue untuk selalu maju ke depan.

Semoga apa yang gue saat ini kerjakan bisa bermanfaat buat gue dan orang lain. Aminn. wish me luck!! thank you xoxo

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon