Minggu, 27 Desember 2015

Hal Baik yang Sebaiknya Dilakukan Sebelum Menutup Akhir Tahun

Hore Tahun Baru 2016 segera tiba, syukur Alhamdulillah wowcang ucapkan kepada Yang Maha Esa karena telah diberikan segala nikmat tiada tara dan ketabahan dalam menghadapi rintangan yang ada di Tahun 2015.

Sudah saatnya kita menutup lembaran tahun 2015 ini dan membuka lembaran di tahun baru 2016 yang siap diisi oleh serangkaian aktivitas yang bermanfaat tentunya.

Tidak terasa waktu berjalan begitu cepat, sepertinya baru kemarin wowcang masuk universitas, ehh tahu-tahunya sekarang sudah lulus aja. Yang lain bagaimana? Target 2015, apakah sudah tercapai semua? bagi yang belum sabar yah, bagi yang sudah say hamdalah kepada yang Maha Kuasa.


Yang jomblo bagaimana? Sudah dapet kekasih hati? Kalau belum kita berburu berusaha lagi di Tahun 2016 yah. #hehehe

Di hari kurang dari 5 hari lagi menuju 2016, maka dalam artikel ini wowcang ingin mengingatkan kepada kalian tentang hal-hal yang sebaiknya dilakukan sebelum menutup lembaran tahun 2015.

Sebenarnya, menghadapi tahun baru itu bukan hanya tentang senang-senang atau foya-foya saja, melainkan ada sesuatu hal yang lebih penting untuk dilakukan atau dipikirkan. Bisa intropeksi atau menetapkan resolusi baru yang kemungkinan belum sempat terpenuhi selama tahun 2015.

Berikut adalah hal-hal tepat –menurut wowcang- yang sebaiknya dilakukan sebelum menutup lembaran Tahun 2015 :

1. Jadikan Penghujung Tahun Ini Menjadi Momen Flashback Tentang Apa yang Sudah Dilakukan dan Apa yang Belum Tercapai.

Flashback atau memikirkan kembali momen-momen yang terjadi dimasa lalu tidak ada salahnya untuk dilakukan, karena kita semua tahu bahwa masa lalu merupakan sejarah yang patut diingat hingga akhir hayat, baik berupa kesenangan, pengalaman, kegagalan, maupun kesedihan. Mereka semua adalah guru terbaik yang membuat kita hingga sekarang ini.

Memikirkan kembali tentang target-target yang belum tercapai atau sesuatu yang harus ditingkatkan dapat dituliskan dalam to do list sebagai reminder target yang harus dicapai. Pastikan juga untuk memikirkan kembali apa yang menjadi penghalang kamu dalam mencapai target itu.

2. Flashback Bukan Hanya Memikirkan Kembali Apa yang Belum Tercapai Melainkan Juga Memikirkan Kembali Kesalahan Apa yang Pernah Dilakukan

Kesalahan-kesalahan itu bisa meliputi sifat, tindakan, atau prinsip. Kita sudah dewasa tentunya sudah bisa membedakan mana yang sebaiknya dipertahankan, dan mana yang sebaiknya ditinggalkan.

Perbaiki sifat yang sekiranya buruk agar pribadi yang lebih baik dapat terbentuk, bergantinya tahun sudah tentu harus dijadikan sebagai momen untuk mengevaluasi diri menjadi pribadi yang lebih sempurna. Tidak harus menjadi seperti orang lain, tapi cukup dengan menjadi dirimu sendiri dan melakukan hal yang baik, maka itu sudah cukup.

3. Hal Baik yang Belum Biasa Dilakukan, Maka Biasakan!

Membiasakan sesuatu yang baik itu tidak ada ruginya kok, malah kebaikan pasti akan mengikutinya. Seperti saya, akibat dari tidak pernahnya olahraga, dan kerjaannya hanya makan makanan yang berlemak, otomatis badan terasa berat. Maka dari itu, saya sudah mulai membiasakan untuk olahraga setiap pagi agar setidaknya berat badan dapat terkontrol. Memang susah diawal tapi kalau sudah komitmen Insya Allah bisa.

Bagaimana dengan kalian? apakah ada sesuatu yang bukan kebiasaan yang sebaiknya dilakukan? maka cobalah untuk membiasakannya.

4. Oke, Fix Anything That Need To Be Fixed ASAP

Tahu maksud diatas? Memperbaiki apa yang rusak sebelum memasuki tahun 2016. Pengalaman saja, baru-baru ini saya telah melakukan perbuatan yang enggak mengenakkan hati bagi seseorang. Dan untungnya sebelum tahun 2016, kami berhasil untuk memperbaiki masalah itu.

Bagi kalian yang memiliki masalah-masalah baik sama orang tua, teman, guru atau siapapun, maka ada baiknya untuk menyelesaikan masalah tersebut segera. Karena tentu tidak mau bukan jika tahun baru nanti ada masalah yang belum diperbaiki, lembaran baru alangkah baiknya jika dimulai dengan yang baik.

5. Persiapkan Apa yang Dibutuhkan Di Tahun Besok, dan Beranilah!

Apakah target-target sudah ditulis? Jika sudah, maka persiapkan mulai dari sekarang agar pada awal tahun bisa mengambil action. Tidak usah menunggu waktu yang tepat jika belum tahu waktunya kapan. Berproseslah dan beranilah, karena dengan itu insya allah apa yang di target segera terlaksana.
Ingat satu hal bahwa mimpi itu tidak ada yang besar, asal kita niat dan komitmen pasti akan terwujud. Memang berbicara sepertinya mudah, tapi wowcang sendiri sudah pernah merasakan bahwa apa yang diusahakan pasti bisa membuahkan hasil positif.

Jika dalam proses mencapai target harus keluar dari rasa nyaman, maka keluarlah dengan begini setidaknya bisa menjadi pribadi yang lebih kuat dan tabah.

6. Siap Untuk Menghadapi Tahun Baru, maka Renungkanlah Untuk Komitmen Terhadap Apa yang Telah Ditetapkan
Merenung sejenak untuk mengatakan kepada diri sendiri bahwa “Saya Bisa” dan “Saya Akan Berusaha”. Teguhkan dalam hati, mantapkan dalam hati apa yang telah dikomitmenkan.

7. Berdoa Menjadi Paling yang Utama
Berdoalah menurut keyakinan masing-masing, minta kepada Yang Maha Kuasa akan Ketabahan dan Kemudahan dalam menghadapi semuanya. Semoga apa yang telah di tetapkan dapat berjalan lancar dan membuahkan hasil yang baik.

Begitulah, hal-hal yang sebaiknya dilakukan sebelum menutup tahun ini versi wowcang. Bagaimana dengan versi kalian?


Kehidupan memang begitu, kegagalan, kesenangan, masalah, kesedihan hingga keberhasilan akan mengikuti siapa saja yang melakukan. Hasilnya sebenarnya tergantung pada diri dan usaha sendiri. 

-The End- Play Music Rachel Platten_Fight Song

lahir era tahun "95" menjadikan seorang bayu, pria mochi semakin beranjak umur. Punya hobi ngedekem di kamar setiap 'weekend' akibat suka-duka mencari segenggam rezeki.


Terimakasih kepada Allah SWT yang telah memudahkan segala jalan yang gue tempuh. Terimakasih juga karena telah mengirimkan special persons ; teman-teman gue, rekan-rekan kerja gue, dan keluarga yang perfect banget yang selalu menyokong gue untuk selalu maju ke depan.

Semoga apa yang gue saat ini kerjakan bisa bermanfaat buat gue dan orang lain. Aminn. wish me luck!! thank you xoxo

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon