Rabu, 16 Desember 2015

Jangan Ngaku Mandi Berkualitas, Jika Belum Melakukan Prosesi Mandi Secara Benar

Mandi adalah sebuah aktivitas sehari-hari yang sering sekali dilakukan oleh orang normal dalam rangka membersihkan badan dari kotoran-kotoran, atau debu yang menempel dengan menggunakan air. Prosesi mandi umumnya dilakukan 2 kali dalam sehari tergantung individu.

Ya Allah Lucunya. Sengaja Enggak Dipasang Gambar Orang Dewasa
Diatas merupakan pengertian mandi secara umum, dan mengawali pembahasan wowcang kali ini mengenai artikel tentang mandi.

Oke sebelum kita membahas lebih dalam tentang mandi. #kaya apaan aja. Wowcang mau bertanya dulu deh ke kalian. Urutan sama waktu kebiasaan kalian mandi apa? Mesti pagi sama sore yah? Terus urutannya mesti Guyur-Sabunan-Cuci Muka-Sampoan-Sikat Gigi-Beres.

Kalian tahu enggak kalau cara dan waktu seperti itu kurang tepat? Iyah kurang tepat.

Memang urutan dan waktu mandi menjadi suatu hal yang kecil untuk dipikirkan, sehingga banyak orang menyepelekan hal tersebut. Bagi kebanyakan orang mandi yah mandi, sabunan dan lain-lain. Tapi usut punya usut mandi dengan urutan dan waktu yang tepat ternyata dapat  memberikan efek positif bagi tubuh baik secara jasmani maupun rohani.

Selain itu, mandi yang berkualitas juga dapat mempengaruhi mood kamu dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Jadi, Mandi khususnya mandi pagi sebaiknya dilakukan secara tepat agar mood kamu sebelum melakukan kegiatan sudah terbangun terlebih dahulu, karena kondisi mood merupakan bagian dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Tanpa mood yang baik tentu saja akan mempengaruhi hasil dari kegiatan yang kamu lakukan nanti.

So, perbaiki mandimu menjadi mandi yang berkualitas.

Oke yang akan pertama kali dibahas adalah waktu mandi. Waktu mandi yang tepat adalah :

Waktu Menjelang Fajar (02.00-05.00 WIB)
Mungkin bagi beberapa orang waktu mandi jam segini terlalu pagi kali yah. Soalnya beberapa orang masih terlelap di mimpi mereka masing-masing.

Tapi mandi menjelang fajar ternyata memiliki efek yang sangat luar binasa biasa, kenapa? Karena mandi di waktu menjelang fajar dapat membuat kita lebih sehat dan awet muda. WOW banget kan? Siapa coba yang enggak mau awet muda!

Menurut penelitian, semakin pagi air yang kita gunakan memiliki kandungan O3 yang jauh lebih besar, dan akan semakin berkurang kadarnya seiring bertambahnya waktu. Kalian tahu kan O3 itu apa? Iyah benar O3 merupakan kandungan ozon yang memiliki manfaat positif bagi urat saraf serta sistem kerja otak dan tulang. Selain itu ozon juga sering digunakan bagi meregenaris sel-sel pada kulit.

Hal ini juga telah disampaikan oleh Dr. Abdul Hamid Dayyat dari Univesitas Kairo yang mengatakan bahwa, kandungan gas O3 di pagi hari lebih banyak bila dibandingkan dengan siang hari atau sore hari.

Tak heran kan jika kalian menghirup udara pagi hari itu jauh lebih terasa segarnya bila dibandingkan dengan udara sore hari atau malam hari.

Mandi Pagi Hari (05.00-09.00 WIB)
Mandi di pagi hari sebelum beraktivitas sudah tentu akan mebuat badan lebih segar, tidak stress, dan rileks.

Rasa malas dan rasa kantuk juga akan segera hilang begitu setelah mandi. Jadi, disarankan kalian mandi dahulu sebelum beraktivitas. Terutama mahasiswa kosan yang sering skip mandinya.

Mandi Siang Hari (10.00-15.00 WIB)
Mandi siang sebenarnya tidak disarankan, karena mandi jenis ini hanya diperuntukan bagi orang yang malas atau bangun kesiangan atau orang yang malas mandi. Mandi siang tidak disarankan karena dapat membuat kepala sakit dan mudah terserang penyakit-penyakit ringan.

Oleh sebab itu, hindari saja mandi siang dan menggantinya dengan berwudhu atau cuci badan.

Mandi Sore (15.00-18.00 WIB)
Mandi sore dilakukan dengan tujuan untuk membersihkan badan dari segala macam kotoran yang menempel dibadan akibat dari aktivitas yang bejibun banyaknya. Mandi sore juga dimaksudkanuntuk menghilangkan minyak, keringat dan sel kulit mati yang masih menempel ditubuh. Sehingga, nantinya pada saat malam hari tubuh rasanya nyaman dan terhindar dari gatal-gatal yang cukup menganggu pada saat tidur nanti.

Kalian mahasiswa yang sering skip mandi sore habis kuliah, jangan heran yah kalau semisalnya badannya terasa gatal-gatal atau tumbuh jamur dibadannya. Sudah gitu bisa bikin kasur bau akibat kuman dan bau badan masih menempel di tubuh. Heheh

Mandi Yang Sebaiknya Dihindari
Mandi Magrib (18.00-19.00 WIB)
Mandi Malam (19.00-02.00 WIB)
Mandi Bohongan (not recomended)
Mandi Bebek (Mandi GPL atau gak pake lama)

Persepsi yang Salah Tentang Air yang Digunakan Untuk Mandi
“Mandi Pagi menggunakan Air Hangat dan Mandi Sore menggunakan Air Dingin”
Yang diatas merupakan persepsi masyarakat yang salah tentang penggunaan air untuk mandi.

Mandi Pagi sebaiknya menggunakan air dingin, agar otot dan saraf yang layu akibat habis tidur akan segera bangkit kembali dengan baik akibat rangsangan dari air dingin. Selain itu, menggunakan air dingin untuk mandi akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan jauh dari penyakit.

Sudah terbukti bahwa mandi pagi dengan menggunakan air dingin mampu meredakan depresi, membuat rambut lebih sehat, sehatnya jaringan tubuh, meningkatkan kesuburan, meningkatkan sel darah putih, dan menurunkan resiko penyakit darah tinggi.

Akibat dinginnya udara pagi di pagi hari, banyak orang lebih memilih untuk mandi di pagi hari menggunakan air hangat, padahal anggapan tersebut kurang tepat atau salah.

Sedangkan, Mandi Sore sebaiknya menggunakan air hangat. Karena apa? Karena dengan air hangat dapat meredakan jaringan otot dan saraf yang kejang akibat dari kejamnya aktivitas yang dilakukan.

Aktivitas berat yang dilakukan dapat membuat badan terasa lebih lelah dan kejang, nah dengan menggunakan air hangat untuk mandi sore akan mengendurkan otot-otot yang tegang agar menjadi lebih rileks sehingga nanti pas istirahat atau tidur malam badan terasa lebih nyaman dan kondisi tidur dapat lebih berkualitas. Mimpi indah deh.

Urutan-Urutan Mandi yang Benar
Jika urutan mandi kalian itu seperti Sabunan-Cuci Muka-Sampoan-Sikat Gigi atau Mandi Bebek yang melakukan semuanya secara bersamaan atau sekaligus. Alangkah lebih baik untuk ditinggalkan dan mengganti kebiasaan itu dengan urutan yang benar.

Dengan mandi dengan urutan yang benar tentu saja akan memberikan hasilyang positif bagi tubuh. Bagaimana itu urutan mandi yang benar? oke check this out;

Pada saat mandi pagi, jangan dibiasakan mengguyur langsung ke kepala dengan menggunakan air dingin, hal itu sudah pasti akan membuat otot kaget dan tubuh menggigil.

Jaringan tubuh seperti otot dan saraf sama halnya seperti kamu yang sedang tidur. Sekarang wowcang tanya, jika kamu sedang tidur lebih enak dibangunkan secara perlahan dengan di sentuh berkali-kali atau dibangunkan secara langsung dengan menggunakan trompet?

Kalian pasti lebih suka yang dibangunkan secara pelan-pelan kan? Nah itu sama halnya dengan otot kamu yang masih layu karena tidur, yang secara tiba-tiba langsung diguyur air dingin. Yah tegang lah otot jadinya.

Makanya dibiasakan pada saat mandi pagi dengan air dingin, berikan stimulus perlahan dengan mengguyur air dingin pada bagian kaki terlebih dahulu, kemudian tangan, lalu pinggang, dilanjutkan dengan badan, lalu kepala. Dengan begini kamu akan membangunkan otot di tubuh kamu sacara perlahan.

Setelah itu, lanjutkan dengan mengguyur seluruh badan dan pastikan untuk merasakan sensasi yang menyegarkan dari air yang mengalir di seluruh tubuh. Dengan begini otak akan mengirimkan stimulus kebahagiaan pada jiwa kamu sehingga mood kamu akan segera terbangun.

Setelah Guyuran Awalan Pada Kaki-Tangan-Pinggang-Badan-Kepala-Seluruh Tubuh Dilanjutkan Dengan Sampoan dan Cuci Muka.

Kenapa yang didahulukan mesti keramas dan cuci muka terlebih dahulu daripada sabunan, hal ini untuk mencegah jatuhnya kotoran dan menempel kembali dibadan.

Setelah Prosesi Keramas dan Cuci Muka Kemudian Lanjutkan Dengan Pembersihan Badan Dengan Sabun

Penggunaan sabun sudah tentu untuk menghilangkan kotoran di badan.

Kemudian Dilanjutkan Dengan Menggosok Gigi dan Guyuran 5 kali Ke Seluruh Tubuh, Jangan Lupa Untuk Menikmati Sensasi Air yang Mengalir Di Tubuh yahh

Demikian tips mandi yang sebaiknya dilakukan agar mandi kamu bukan hanya sekedar membersihkan saja, melainkan juga memberikan efek positif bagi tubuh baik jasmani maupun rohani.

Akhir kata; “Sebelum melakukan sesuatu yang besar maka sebaiknya kamu memperhatikan hal-hal yang kecil terlebih dahulu”.


lahir era tahun "95" menjadikan seorang bayu, pria mochi semakin beranjak umur. Punya hobi ngedekem di kamar setiap 'weekend' akibat suka-duka mencari segenggam rezeki.


Terimakasih kepada Allah SWT yang telah memudahkan segala jalan yang gue tempuh. Terimakasih juga karena telah mengirimkan special persons ; teman-teman gue, rekan-rekan kerja gue, dan keluarga yang perfect banget yang selalu menyokong gue untuk selalu maju ke depan.

Semoga apa yang gue saat ini kerjakan bisa bermanfaat buat gue dan orang lain. Aminn. wish me luck!! thank you xoxo

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon