Rabu, 02 Desember 2015

Jangan SKS Dong (Sistem Kebut Semalam), Gunakan SKS Secara Bijak yahh

Jangan sering-sering yang namanya menggunakan SKS atau Sistem Kebut Semalam. Ya Allah ini mah mahasiswa zaman sekarang senang banget yang namanya SKS, yah gak munafik juga sayapun demikian. Ehh tapi pas semester 3 saya sudah mulai untuk mengurangi kok. Karena saya tahu bagaimana tidak enaknya menggunakan SKS ini.

Menggunakan SKS memang mengasyikkan terutama di moment-moment UAS seperti ini. Materi yang dipelajari dipaksa masuk kedalam otak sehingga materi lebih mudah untuk dihapal sekaligus, namun tetap saja materi yang diingat dengan cara seperti ini merupakan jenis Short Term Memory yang akan dengan mudahnya lari dari otak “wusssh”.

Apalagi ditambah dengan mahasiswa yang cara belajarnya hanya menghapal bukan dipahami, yaudah deh itu mah 1-2 hari yakin semua yang dipelajari bakal bersih dari otak. Hahah

Sedangkan untuk SKS dalam mengerjakan tugas, yakin ini gak ada bijak-bijaknya sama sekali. Sudah tahu tugas banyak, eh malah nganggap enteng dan yakin kalau sehari bakal selesai. Padahal liat soalnya aja belum. Ckckck

Gak bakal selesai atuh, kalau pengerjaannya gak dicicil dari sekarang. Terlebih tugas presentasi yang ditutut untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Gak yakin kalau 1 hari selesai!

Iyah saya ngerti kok suka-duka seorang mahasiswa yang memiliki segudang kesibukan, mulai dari tugas yang numpuk, jadwal kuliah yang padat, dan urusan organisasi yang gak ada habis-habisnya.

Tapi SKS bukan jawabannya! Bolehlah kalau SKS dalam menghadapi UAS, tapi kalau SKS dalam pengerjaan tugas. I said BIG NO. Yah karena apa? Karena tugas ini umumnya datang sudah seminggu yang lalu, atau bahkan 2 minggu yang lalu. Lah masa iyah selama 1 minggu itu gak ada waktu senggang sama sekali. Gak mungkin kan!

Iyah kalau tugasnya bisa selesai dalam sehari, kalau enggak? Kamu mau ngumpulin apa besok ke dosen? Kertas kosong?
Tapi mas, tugas kita gak cuma itu doang?
Iyah, saya tahu. Itulah konsekuensi dari mahasiswa yang tugasnya bejibun. Gak ada di Dunia ini mahasiswa yang memiliki tugas hanya 1. Pasti banyak, yang diperlukan hanyalah memanfaatkan waktu sebaik-baiknya dan yakin sukses dimasa depan.

Tugas sulit yang di SKS’in itu hanya menambah beban pikiran kamu sendiri, saya tahu kalau kamu takut semisal tugasnya belum selesai, kamu takut kalau mendapatkan nilai jelek, atau dimarahin sama dosen. Iyah kan?

Makanya kalau kamu tahu itu tugas yang sulit, sebaiknya kamu coba kerjakan 3 hari sebelumnya, nanti kalau semisalnya mengalami kesulitan dalam pengerjaannya, baru kamu bisa minta bantuan temanmu yang bisa. Jangan malah kamu ajak temanmu bersusah ria di malam deadline itu juga. Itu kan kurang bijak.
Karena faktanya Otak itu sama seperti Hati yang tidak bisa dipaksakan
Padahal disini status kamu adalah MAHASISWA, yang sudah bisa membedakan mana hak dan kewajiban, mana benar dan mana yang salah. Karena kalianlah yang akan jadi perubah bangsa ini kelak. Aminn

Jika kamu adalah mahasiswa yang ingin SKS dalam mempersiapkan Ujian buat besok, maka wowcang punya tips yang bisa kamu lakukan untuk melakukan ritual SKS guna menghadapi UAS besok.

Tips 1 : Yah, Kalau Semisal Kamu Niat Untuk SKS, Maka Setidaknya Luangkan Waktumu Setidaknya 3 Jam Untuk Tidur Siang

Selain istirahat, dengan tidur siang akan menambah jam malammu kelak waktu kamu belajar nanti malam. Yahh itung-itung mencharge kamu agar lebih siap dalam menerima materi yang dipelajari nanti.

Tips 2 : Siapkan Kopi dan Cemilan yah.

Fakta : "1 biji kacang hijau bisa mengaktifkan (stand by) otak selama 6 jam. Konsumsi Kopi TIDAK boleh lebih dari 3 cangkir karena kadar kafein sudah mencapai lebih dari 200 mg."
Hal ini dimaksudkan agar kualitas otak tetap dalam kondisi prima, dan stamina tetap terjaga. Usahakan cemilannya jangan nasi sama lauk pauk, karena itu bukan cemilan. Nyemil nasi dan lauk pauk dapat meningkatkan hormon melantonin yang dapat menyebabkan rasa kantuk.

Tips 3 : Mumpung Masih Dalam Kondisi FIT, Usahakan Belajar yang Tersulit Dahulu Baru Ke yang Mudah

Ini dimaksudkan untuk mengantisipasi jika kamu kehilangan konsentrasi, kan gak banget kalau belajar malah melupakan bagian yang sulit. Padahal yang sulit ini bakal keluar di soal ujian nanti. Jadi dahulukan mendalami materi yang sulit baru ke yang mudah. Nanti pas ulangan baru kamu kerjakan yang mudah dulu baru ke yang sulit.

Tips 4 : Untuk Mempermudah Dalam Metode Belajar, Maka Siapkan Buku Catatan yang Nantinya Akan Digunakan Untuk Mencatat Pokok dari Semua Materi, Bisa Dituliskan Dengan Bahasamu Sendiri lohhh! Biar Lebih Mudah Dimengerti

Yah bukan apa-apa. Tapi dengan membuat catatan seperti ini, setidaknya kamu bisa dengan mudah mempelajari yang terpenting dipagi hari nanti tanpa membuka buku lagi.

Tips 5 : Rapihkan Meja Belajar, Siapkan Buku Diktat, Siapkan Alat Tulis, Siapkan Segala Materi yang Berhubungan Dengan Mata Kuliah yang Akan Dipelajari. Jangan Lupa Singkirkan Buku-Buku yang Tidak Ada Kaitannya yang Masih Berserakan di Meja Belajar

Menciptakan meja belajar yang luas, nyaman dan bersih akan membangun mood positif kamu agar lebih semangat dalam belajar. Alat yang telah dipersiapkan terlebih dahulu juga akan membuat kualitas belajarmu menjadi lebih efisien dan efektif karena kamu tidak perlu lagi cari-cari buku yang kurang atau pulpen yang kelupaan.

Tips 6 : Jika Kepala Kamu Sudah Nyut-nyutan, Maka ini Merupakan Tanda Bahwa Otakmu Telah Memasuki Batas Pemakaian. Segera Ganti Istirahat Sejenak Untuk Menyegarkan Otak Kembali. Jika Sudah Cukup Fresh. Tancap Langsung Gigi 3.
Jangan Kebablasan yah...
Kamu itu bukan vampir yang bisa berjaga semaleman, kamu pasti akan mengalami kelelahan dan ngantuk karena itu sudah menjadi sifat dasar manusia.

Jika kamu telah mengalami nyut-nyutan di kepala maka sebaiknya kamu istirahat sejenak, karena jika dipaksakan. Ditakutkan malah memperburuk keadaan kamu. Nanti jika sudah bugar kembali baru kamu bisa melanjutkan dengan porsi materi yang lebih mudah.

Tips 7 : Sebelum Belajar, Pastikan Kamu Membangun Persepsi Bahwa Apa yang Kamu Lakukan Adalah Semata Untuk Sukses Di Masa Depan

Tips 8 : Di Pagi Hari, Baru Kamu Bisa Mengulang Materi Yang Kamu Pelajari Tadi Malam. Kali ini Cobalah Dengan Latihan Soal

Yah jam 5 lah bangun, sehabis solat subuh kamu bisa mengulang kembali materi yang dipelajari, namun kali ini cobalah dengan latihan soal untuk memantapkan materi yang telah diemban semalaman.


Demikian Artikel ini wowcang tuliskan, tetap semangat dan semoga sukses. See you in another article.

lahir era tahun "95" menjadikan seorang bayu, pria mochi semakin beranjak umur. Punya hobi ngedekem di kamar setiap 'weekend' akibat suka-duka mencari segenggam rezeki.


Terimakasih kepada Allah SWT yang telah memudahkan segala jalan yang gue tempuh. Terimakasih juga karena telah mengirimkan special persons ; teman-teman gue, rekan-rekan kerja gue, dan keluarga yang perfect banget yang selalu menyokong gue untuk selalu maju ke depan.

Semoga apa yang gue saat ini kerjakan bisa bermanfaat buat gue dan orang lain. Aminn. wish me luck!! thank you xoxo

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon