Selasa, 08 Desember 2015

Musim UAS? Berikut Tips Yang Bisa Kamu Lakukan Dalam Persiapan Menghadapi UAS

UAS Telah tiba,,, UAS Telah tibaaaa,,, Hatiku Gembira,,, (Lagu Tasya Aransemen Wowcang)

Cieeee akhirnya moment-moment UAS dateng juga, sudah ditunggu dari 4 bulan yang lalu, ini UAS baru muncul aja. -_- Wowcang secara pribadi kasih selamat deh buat kalian, mahasiswa-mahasiswa di seluruh Indonesia.


Kalian pasti saat ini lagi tenang-tenangin diri biar “siap” pas UAS nanti, yahh wowcang tahu kok, di dalam hati kalian pasti menjerit-jerit karena mau UAS. Iyah enggak? Apalagi yang mahasiswa baru. Dag-dig-dug serr rasanya, soalnya ini moment UAS perdana banget bagi mahasiswa baru.

Wowcang doain semoga lancar yah UAS’nya. Aminnn.

UAS bagi kebanyakan mahasiswa sudah menjadi momok yang cukup mengerikan, pasalnya tekanan batin dan pikiran terasa lebih tertekan akibat dari soal yang menjelimet dan mata dari sang dosen yang tiba-tiba berubah seperti “mata elang”. Bukan hanya itu saja, nilai yang dihasilkan nanti waktu ujian akan menjadi sumber bobot yang paling tinggi, biasanya berbobot 3, bila dibandingkan dengan UTS dan Nilai harian yang hanya berbobot 2 dan 1. Ini tentu akan mempengaruhi nilai IP nanti sewaktu yudisium. Tak heran jika moment UAS dijadikan momok bagi kebanyakan kalangan mahasiswa.

Ada beberapa mahasiswa yang kurang memiliki kesiapan dalam menghadapi UAS, baik kesiapan dalam segi materi maupun segi mental. Sehingga menjadikan beberapa mahasiswa tersebut memutar otak untuk mencari metode belajar yang paling tepat, mulai dari cara halal dan haram sekalipun. Yah apapun itu bentuk persiapannya wowcang hanya mendoakan hasil kalian yang terbaik. Amin

Baik dalam artikel ini wowcang akan memberikan beberapa tips yang mungkin bisa kalian lakukan dalam menghadapi UAS. Tips ini 100% bersifat HALAL dan mungkin tidak 100% cocok bagi kalian. Tapi yah hitung-hitung buat ancang-ancang saja agar Ujian kali ini bisa lebih berasa. Karena hasil dari usaha yang baik lebih enak bila dibandingkan hasil baik dari usaha yang tidak baik. You know lah what i mean!

LANGKAH SEBELUM UAS

1 Minggu Sebelum UAS, Ada Baiknya Kalian Menanyakan Dosen Pengampu Mata Kuliah Mengenai Kisi-Kisi UAS nanti dan Sifat Ujian
Memang kisi-kisi di perkuliahan terlihat bullsh*t, mungkin karena kesibukan dosen itu terlalu banyak, sehingga bisa saja beliau lupa dengan kisi-kisi yang telah diberikan yang mengakibatkan soal UAS menjadi tidak match dengan kisi-kisi yang dulu disampaikan. Yah maklum dosen kan juga manusia.

Sehingga alangkah lebih baiknya jika kalian menggunakan metode ini kepada dosen yang kurang lebih bisa dipegang janjinya. Sehingga dari kisi-kisi yang diberikan bisa merampingkan materi yang akan dipelajari nanti.

Tapi ingat satu hal, jangan memaksa karena pasalnya bisa saja kamu yang kena imbasnya. Lebih enak lagi kalau bertanya kisi-kisi kepada dosen yang sekiranya cocok banget sama mahasiswanya atau dengan kata lain “Dosen Gaul”.
Ohyaa, jangan lupa juga untuk menanyakan Sifat Ujian. Mengenai sifat ujian, ada banyak sekali jenis sifat ujian di perkuliahan, namun yang wowcang tahu dan paling banyak digunakan antara lain Close Book (Buka Buku), Open Book (Buka Buku), Open All (Buka Semuanya Termasuk Internet), Buka Rumus (Hanya Rumus yang Boleh Dicatat di Sebuah Kertas), Buka Catatan (Boleh Buka Catatan, tapi tidak dengan membuka soal latihan)

1 Minggu Tenang yang Diberikan Bukan Ajang Untuk Santai dan Senang-senang
Biasanya sebelum UAS kalian diberikan 1 minggu hari tenang. Hari tenang ini bukanlah hari dimana kalian bisa santai dan senang-senang, melainkan hari tenang ini dimaksudkan kepada kalian mahasiswa agar dapat setidaknya belajar secara tenang dan santai sehingga pada saat UAS nanti yang kalian lakukan hanyalah pembugaran atau penguatan materi saja.

Yahh di hari tenang enggak melulu soal belajar sih, kita juga harus bisa membagi dalam hal penyegaran otak kita, agar apa yang dilakukan tidak menjadi membosankan dan monoton. Penyegaran otak sebaiknya dilakukan yang gratisan aja seperti jalan-jalan keliling kampus, atau nongkrong di taman kota atau kampus atau juga bisa dengan mendengarkan musik, hindari penyegaran otak yang menghabiskan banyak uang, seperti jalan-jalan ke mall atau karaokean. -_-

Siapkan Materi yang Akan Dipelajari Pada Setiap Mata Kuliah Sebelum Hari Tenang
Kuliah itu enggak kaya SMA yang tiap semester dapat buku paket. Materi pembelajaran masa kuliah biasanya berupa materi presentasi dosen atau fotokopian summary materi, kitab-kitab buku dasar jurusan, dan diktat-diktat dosen.

Pegangan yang paling favorit biasanya yaitu materi presentasi dosen dan fotokopiannya. Pasalnya dari sini biasanya soal banyak keluar. Sebelum hari UAS tiba, maka sebaiknya kamu mulai mengumpulkan materi baik berupa catatan, softcopy ataupun hardcopy yang belum kamu punya. Dengan begini setidaknya kamu jadi lebih siap dalam hal belajar di hari tenang dan pada saat masa-masa UAS.

Jangan sampai deh, materi baru mulai dikumpulkan pas di masa-masa UAS karena itu kurang Bijak dan membuang banyak waktumu sendiri dan temanmu yang materinya kamu pinjam.

Di Hari Tenang Ada Baiknya Kamu Dahulukan Belajar Mengenai Materi-Materi yang Sulit Seperti Soal yang Mengandung Unsur Matematika, Kimia, atau Fisika.
Enggak dipungkiri bahwasannya kebanyakan mahasiswa membenci soal yang mengandung ketiga unsur diatas. Membenci bukan berarti harus dilupakan. Karena itu semua merupakan bagian dari apa yang dipelajari dari jurusan yang kamu ambil. Kamu tetap harus berusaha setidaknya tahu bagaimana dan apa metode serta rumus yang digunakan.

Dengan mempelajari bagian yang sulit terlebih dahulu, ini tentu akan membantumu dalam segi efektivitas belajar, karena masih banyak waktu yang dapat digunakan untuk memperdalami materi tersebut. Berbeda dengan materi yang berisi teori hafalan yang bisa kamu ambil pointnya dalam satu malam.

Jika Dirasa Materi Membingungkan dan Tidak Ada Jalan Lain Untuk Menemukan Caranya, Maka Ajaklah Temanmu Untuk Membentuk Grup Belajar
Enak kan kalau hari tenangnya dipakai buat belajar bareng-bareng. Metode Tutor Sebaya memang menjadi cara yang paling ampuh dalam mengatasi materi-materi yang membingungkan.

Dengan membentuk grup belajar seperti ini kalian bisa belajar bareng dan menemukan cara bagaimana materi tersebut diselesaikan. Selain itu kesolitan kelas kalian akan semakin terbentuk dan terjaga. WOW Banget kan??

Mulailah Dari Pendalaman Teori Hingga Latihan Soal
Cara terbaik untuk belajar adalah pendalaman teori terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan latihan soal. Dengan metode ini tentu akan mengasah kemampuanmu dalam menyelesaikan suatu soal nanti ketika ujian tiba.

Oke,,, Karena Dulu Saya Juga Mahasiswa, Jadi Hari Tenang Jangan Di isi Full Belajar yah?
Terserah sih sebenarnya, cuma karena kita mahasiswa dan manusia, pasti kita akan mengalami kejenuhan jika aktivitas yang dilakukan merupakan aktivitas yang monoton. oleh sebab itu ada baiknnya kalian juga mengisi waktu hari tenang dengan hiburan seperti menonton film atau main bareng teman. Tapi ingat jangan kebablasan.

Penting Juga Pendalaman Materi Mata Kuliah yang Berisi Teori Hafalan
Jujur admin lebih senang dengan mata kuliah yang teorinya hafalan, karena apa? Yah karena materi ini tidak begitu sulit bila dibandingkan dengan mata kuliah yang berisi hitung-hitungan.

Setelah 5 hari berkutat dengan mata kuliah hitung-hitungan, maka 2 hari setelahnya digunakan untuk pendalaman materi mata kuliah yang berisi hafalan, tidak perlu dihafal melainkan hanya dibaca dan dipahami apa maksudnya.

Mencatat Point-point yang Penting Dalam Sebuah Buku Catatan
Ini dimaksudkan agar kamu punya laju haluan tentang apa yang akan kamu pelajari kembali ketika di hari UAS, catatan ini bisa kamu buka kembali ketika sedang belajar dalam rangka penguatan ulang mengenai materi yang dipelajari pada saat minggu tenang kemarin.

Ini tentu lebih hemat waktu dan efektif bila dibandingkan dengan membolak-balik kertas fokopian materi atau slide down kursor mouse laptop pada materi softcopy.

Jaga Kesehatan yang Terpenting
Kebanyakan mahasiswa sebelum UAS pasti sakit, mungkin karena beban pikiran yang terlalu banyak. Oleh karena itu wowcang menyarankan agar kamu mengontrol pola makan, olahraga yang teratur agar badan tetap dalam kondisi prima.

Oke, Saya Kira Cukup Untuk “Tips yang Bisa Dilakukan Di Moment Minggu Tenang”

Kali Ini Adalah “Tips yang Bisa Dilakukan Di Moment Hari UAS”

SKS Tidak Apa-Apa, Tapi Jangan Berlebihan
Artikel Terkait : Jangan SKS Donk! Gunakan SKS Secara Bijak yah
Yang tidak diperbolehkan itu kalau kamu belajar sampai larut malam. Karena pasalnya ini bisa mempengaruhi energimu ketika besok UAS. Rasa kantuk akan menyerangmu di saat UAS sedang berlangsung, jika ini sudah terjadi kamu bisa-bisa menjadi kurang fokus dalam pengerjaan soal.

Karena kamu sudah belajar di minggu tenang jadi sebaiknya yang dilakukan adalah penguatan memori dan melatih diri dengan latihan soal.

Buka Kembali Catatan yang Pernah Dibuat Kemarin di Minggu Tenang
Buka kembali catatan yang telah disiapkan dan dibuat, dengan begini kamu bisa me-refresh kembali materi yang telah di pelajari kemarin.

Kali ini Lakukan Dengan Latihan Soal
Pada saat belajar di masa-masa UAS, sebaiknya kamu belajar dengan latihan soal. Karena dengan ini setidaknya bisa membantumu lebih cepat tanggap dalam menyelesaikan soal-soal pada saat Ujian nanti

Pastikan Kamu Menyiapkan Segala Sesuatunya, dan Ingat Selalu Sifat Ujian Dari UAS Tersebut
Ingat selalu sifat ujiannya. Jika open rumus atau open catatan maka buatlah catatan tersebut dengan segera. Jika bersifat open book atau open all, maka siapkan seluruh materi yang ada.

Perlu diingat Open Book jangan dijadikan ajang kamu untuk bersantai, karena faktanya soal Open Book itu jauh lebih susah bila dibandingkan dengan Close Book, karena tipe soalnya pasti bersifat analisis. Jadi kuatkanlah kemampuan analisismu.

Tidur Tepat Waktu, Asupan Gizi Kontrol Dengan Baik
Istirahat yang cukup dan asupan gizi yang baik akan membantumu dalam menciptakan pola pikir yang baik serta menjaga daya fokus dan daya tubuh dalam kondisi yang prima.

Ada baiknya seminggu ini kurangi makanan instan seperti mie instan atau makanan junk food lainnya. Sebaiknya kamu banyakin mengkonsumsi sayuran dan ikan, serta buah dan air putih jangan lupa.

Besok Paginya Kamu Bisa Mengulang Kembali Apa yang Telah Dipelajari Agar Lebih Mantap
Enggak wajib akan tetapi ada baiknya jika dilakukan, just in case untuk memastikan bahwa materi tidak ada yang terlupakan.

Buat Janji Dengan Teman Untuk Datang 1 Jam Lebih Awal
Bukan apa-apa, tapi ini bisa dijadikan sebagai ajang belajar bersama kembali sebelum UAS dimulai.

Jika Sudah Selesai Ujian, Hindari Membahas Soal yang Sudah Dikerjakan, Karena Kamu Masih Punya Ujian Lain Besok!
Tidak ada waktu untuk membahas soal yang tadi dikerjakan, sebaiknya kamu segera move on untuk belajar ulang mengenai materi ujian besok.

Dengan menghindari membahas soal yang tadi dikerjakan ini berarti menghindari kamu juga dari ancaman bergalau ria tentang jawaban yang kamu isi tadi. Membahas soal ujian ada baiknya dilakukan ketika moment UAS Selesai.

Dari Semua Tips yang Diatas, yang Terpenting Adalah DOA
Kamu jangan sombong yah sama Tuhan! Kekuatan DOA itu jauh lebih kuat apalagi ditambah dengan usaha yang lebih, yakin pasti kamu akan berhasil dan mendapatkan nilai terbaik.

Demikian Tips-tips Sebelum Menghadapi UAS yang bisa kamu lakukan. Panjang dan Banyak yah?? Tapi ini sebenarnya sudah umum dilakukan loh sama kebanyakan mahasiswa pintar. Bukan saya! Tapi teman saya.

Ingat jangan “MALAS”, penyakit yang paling sering menyerang ketika moment UAS adalah penyakit malas. Salam Wowcang

lahir era tahun "95" menjadikan seorang bayu, pria mochi semakin beranjak umur. Punya hobi ngedekem di kamar setiap 'weekend' akibat suka-duka mencari segenggam rezeki.


Terimakasih kepada Allah SWT yang telah memudahkan segala jalan yang gue tempuh. Terimakasih juga karena telah mengirimkan special persons ; teman-teman gue, rekan-rekan kerja gue, dan keluarga yang perfect banget yang selalu menyokong gue untuk selalu maju ke depan.

Semoga apa yang gue saat ini kerjakan bisa bermanfaat buat gue dan orang lain. Aminn. wish me luck!! thank you xoxo

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon