Senin, 18 Januari 2016

Arti Menulis Bagi Mahasiswa | Menuju Indonesia Menulis

Jika gajah dikenal karena bentuk dan gadingnya, maka mahasiswa dikenal karena ilmu, tindakan dan tulisannya.

Sebagai seorang mahasiswa Tugas, Kuliah, Penelitian, Pengabdian dan Organisasi adalah kewajiban dan sunnah yang harus dijalankan bagi setiap insan mahasiswa baik pria maupun wanita. Namun, dibalik itu semua, ada 1 faktor yang menurut wowcang wajib untuk diasah.


Apa itu?

Yaitu kemampuan menulis.

Tidak bisa dipungkiri bahwa mahasiswa akan dikenal karena tulisannya. Tidak bisa dipungkiri pula bahwa setiap tugas, atau hal yang berhubungan dengan laporan, proposal,  penelitian, skripsi, dan lain-lain pasti akan selalu berhubungan dengan kegiatan tulis menulis.

Namun sayangnya, tak sedikit mahasiswa yang masih minim praktik menulis. Penyebabnya adalah tak lain dan tak salah karena adanya fasilitas dari Ctrl + C dan Ctrl + V.

Di perkuliahan, dosen selalu memberikan tugas yang berhubungan dengan praktik menulis. Baik berupa pembuatan artikel, pembuatan makalah, pembuatan paper, dan lain sebagainya. Semua dilakukan dengan tujuan agar mahasiswa dapat terbiasa dengan menulis. Akan tetapi dalam praktiknya mahasiswa kebanyakan hanya mengkopi dari sumber dan memastekannya dalam word, dan diberi nama lalu diprint.

Padahal alangkah lebih baiknya bila sumber yang ia temukan dibaca terlebih dahulu dan ditulis kembali dengan menggunakan perubahan kata yang menurutnya baik dan saling berhubungan. Inilah yang dinamakan dengan rewriting. Memang idenya copas namun dengan begini tetap ada hal yang bisa didapatkan dalam rangka mengasah kemampuan menulis.

Sebenarnya, bagi mahasiswa pengasahan kemampuan menulis bukan hanya bersumber dari tugas kuliah saja. Melainkan ada banyak cara yang bisa digunakan dalam rangka mengasah kemampuan menulis. Yaitu dengan : merilis blog atau website sendiri. Cara ini yang paling mudah dan gratis untuk mengasah kemampuan menulis dan terbukti secara nyata oleh wowcang sendiri.

Dengan adanya blog atau website, kita sebagai owner merasa memiliki tanggung jawab untuk memberikan isi ke dalam blog tersebut. Isinya tentu dalam bentuk tulisan. Sehingga kemampuan menulis serta menganalisis tulisan lambat laun akan meningkat. Dengan begini anda tentu akan akan terbiasa dengan kegiatan menulis.

Tak hanya itu. Dengan terbiasanya anda terhadap tulisan, anda bisa menunjukan eksistensi anda di dunia penulisan selama kuliah dengan mengikuti lomba karya tulis, penelitian, dan lain-lain. Karena dengan tulisan anda bisa mendapatkan pengalaman yang begitu berharga.

Menulis memang suatu kegiatan yang sepele namun sulit untuk dilakukan. Jika anda menulis tanpa mengharapkan apapun. Maka apapun itu akan senantiasa datang kepada anda dengan sendirinya. Niat dan ikhlas adalah faktor yang paling penting, membaca kesempatan yang ada adalah anugrah.

Teman saya, karena tulisan ia bisa pergi ke negeri China. Teman saya, karena tulisan ia bisa memenangkan lomba karya tulis ilmiah tingkat nasional dan internasional. Teman saya, karena tulisan ia bisa sukses menjadi seorang penulis.

Hanya bermodalkan jari, pikiran, dan niat. Semua yang mungkin dianggap sepele dan tidak mungkin pasti akan terjadi seiring dengan keberanian langkah anda.

Apakah anda tidak ingin seperti mereka?

Apakah anda ingin berpura-pura berlagak diam dan tidak peduli?

Semua terserah, karena hasil hanya anda yang akan menerima sepenuhnya.

Wowcang hanya ingin menyampaikan sebelum semuanya terlambat. Menjadi mahasiswa biasa sangatlah tidak enak. Anda akan sadar di kemudian hari bahwa apa yang diyakini ternyata salah. Memang benar bahwasanya penyesalan selalu datang terakhir.

Untuk itu buatlah rekormu, lakukan aksimu, ambilah kesempatan yang ada! karena kesempatan yang sama tidak akan datang untuk kedua kalinya.


Terimakasih. Menuju Indonesia Menulis!

lahir era tahun "95" menjadikan seorang bayu, pria mochi semakin beranjak umur. Punya hobi ngedekem di kamar setiap 'weekend' akibat suka-duka mencari segenggam rezeki.


Terimakasih kepada Allah SWT yang telah memudahkan segala jalan yang gue tempuh. Terimakasih juga karena telah mengirimkan special persons ; teman-teman gue, rekan-rekan kerja gue, dan keluarga yang perfect banget yang selalu menyokong gue untuk selalu maju ke depan.

Semoga apa yang gue saat ini kerjakan bisa bermanfaat buat gue dan orang lain. Aminn. wish me luck!! thank you xoxo

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon