Kamis, 21 Januari 2016

Bagi Kalian yang Masih Bingung Membedakan Antara Jahe, Kunyit, Lengkuas dan Kencur

Sebelumnya minta maaf karena artikel kali ini agak OOT (Out of Topic). Tapi enggak tahu kenapa semenjak kejadian kemarin, saya jadi kepikiran buat bikin artikel ini dengan maksud memenuhi hasrat.

Begini kejadiannya; tepatnya kemarin tanggal 20 Januari 2016, pukul 9 pagi. Pintu rumah saya dikejutkan oleh suara ketukan seseorang. Aktivitas saya pada saat itu adalah sedang mengiris bahan masakan yang akan dimasak buat ayahanda tercinta. Memang salah satu hobi yang paling sering dilakukan oleh saya adalah memasak. Sejak kepergian Ibunda tercinta ke pangkuan Yang Maha Kuasa, kegiatan masak memasak diambil alih oleh saya akibat tidak ada orang yang lebih mampu.


Di mata tetangga saya lebih dikenal sebagai pria yang memiliki sosok keibuan. Bayangkan saja, selain urusan memasak, saya juga melakukan urusan pembersihan rumah. Alhamdulillah kegiatan seperti ini bisa menambah kegiatan sehari-hari saya selain ngeblog, kerja sampingan, les, dan mencari pekerjaan.

Balik ke kejadian pagi itu. ketukan pintu oleh seseorang membuat saya berdiri dari posisi nyaman berjalan menuju pintu. Pintu dibuka dan ternyata seorang wanita yang baru saja menikah 1 minggu lalu datang kerumah dengan membawa sekantong plastik hitam.

Saya bergumam dalam hati “alhamdulillah pagi-pagi sudah dapat buah tangan”. Namun ternyata apa yang dipikirkan tidak sesuai dengan kenyataan. Kantong plastik hitam yang dibawanya berisi 1 paket lengkap bumbu dapur seperti kunyit, lengkuas, jahe, kencur, daun salam, daun jeruk, kayu manis, dsb.

Saya yang bingung lalu bertanya : “ada apa mba?”, sang mba-mba menjawab “gini mas, saya malu sih sebenarnya. Jangan bilang-bilang siapa-siapa yah, rahasia kita berdua pokoknya”.

Ternyata eh ternyata, si mba meminta tolong kepada saya untuk memberikan perbedaan dan penjelasan tentang penggunaan dari bumbu dapur yang dibawanya.

Dalam hati sebenarnya ketawa, namun karena muka mba itu yang polos membuat saya iba melihatnya. Hahah. Dia mengaku kepada saya, sang suami tercinta meminta dirinya untuk belajar memasak. Karena, masakan yang sering dibelinya sering dirasakan membosankan dan kurang enak. Sang suami teringin untuk mengicip masakan yang dibuat olehnya.

Si mba yang malu jika bertanya kepada ibu-ibu tetangga lainnya, akhirnya memilih saya untuk dijadikan seorang guru (kaya apaan aja). Memang jarak umur kami tidak jauh berbeda, hanya terpaut 5 Tahun.

Akhirnya kegiatan memasak yang saya lakukan, saya hentikan sementara untuk memberikan penjelasan mengenai perbedaan dan penggunaan bumbu dapur yang dibawanya.

Dalam artikel ini, wowcang akan memberikan beberapa penjelasan yang wowcang ketahui mengenai perbedaan dan penggunaan antara kunyit, jahe, lengkuas, kencur.

Artikel ini mungkin akan membantu kalian mahasiswa atau seorang yang masih belum terlalu paham mengenai bumbu dapur tersebut. Akibat bentuknya yang sama dan merupakan jenis rimpang-rimpangan. Bisa dibayangkan bagaimana jika kalian sampai salah menggunakan bumbu, rasa masakannya bisa jadi acak-acakan.

Entah, namun karena sepertinya masih ada diluar sana orang yang masih kebingungan untuk membedakan ke-4 bumbu dapur diatas. Berikut adalah perbedaan antara kunyit, jahe, lengkuas, dan kencur.

Ada 4 jenis rimpang yang paling sering digunakan dalam bumbu masakan. Penggunaannya umumnya untuk menciptakan suatu rasa yang unik, segar dan sedap. Berikut merupakan perbedaannya :

JAHE

Jahe merupakan rimpang berbentuk ruas dengan warna kulit coklat muda yang sering digunakan untuk bahan utama minuman hangat dan bumbu tambahan. Selain itu, jahe juga digunakan dalam industri obat-obatan. Jahe memiliki rasa yang pedas dan bau yang menyengat namun menyegarkan. Bau dan rasa pedas pada jahe disebabkan oleh senyawa utamanya, keton yaitu Zingeron.

Zingeron ini juga yang memberikan efek hangat dalam tubuh bagi seorang yang meminum minuman sari jahe.

Jenis jahe ada banyak, mulai dari jahe yang memiliki warna daging putih kekuningan hingga kemerahan. Namun dalam masakan, jenis jahe yang digunakan adalah jahe jenis kuning.

Ada 3 jenis jahe yang dikenal dimasyarakat, yaitu ; jahe kuning, jahe gajah, dan jahe merah. Jahe merah dan jahe gajah lebih banyak digunakan untuk produksi minuman hangat jahe, dan obat-obatan. Selain itu, jahe gajah dan jahe merah juga mengandung minyak atsiri lebih tinggi bila dibandingkan dengan jahe kuning yang dapat diambil dan memiliki segudang manfaat dalam bidang kesehatan.

LENGKUAS atau LAOS

Laos dan lengkuas itu sama. Memiliki bentuk yang hampir sama dengan jahe sehingga membuat orang agak sulit membedakannya. Padahal bila dilihat secara detail, laos dan jahe itu berbeda. Sangat berbeda.

Berbeda dengan fungsi jahe, laos ditambahkan dalam masakan agar memiliki aroma yang segar, umumnya laos pasti digunakan dalam masakan bersantan, atau masakan yang melibatkan daging seperti ayam, ikan atau sapi.

Laos tidak memiliki rasa yang pedas seperti jahe. Ruas pada laos juga berbeda dengan jahe yang dimana laos memiliki ukuran yang relatif besar dengan kulit berwarna coklat tua. Selain itu, serat pada laos lebih banyak bila dibandingkan dengan jahe sehingga menjadikan laos ketika dipotong dengan pisau terasa lebih sulit daripada jahe.

KUNYIT

Kunyit merupakan bahan utama dalam pembuatan bumbu kuning karena daging kunyit berwarna kuning tua hampir ke jingga. Kunyit digunakan sebagai pewarna alami karena dapat memberikan warna alami kuning pada masakan. Selain itu, kunyit juga memberikan rasa dan aroma segar pada masakan. Satu ruas kelingking kunyit sudah cukup untuk membuat 1 ayam opor kuning.

FYI : Ada 3 bumbu dasar pada masakan. Yaitu ; bumbu putih, bumbu merah, dan bumbu kuning. Bumbu putih terdiri dari bawang merah, bawang putih, dan kemiri. Sedangkan bumbu merah adalah bumbu putih yang ditambah dengan tomat dan cabe merah. Sedangkan bumbu kuning merupakan bumbu putih yang ditambah dengan kunyit.

KENCUR
Gambar Kencur via Sehatcenter.com
Saya tidak pernah menggunakan kencur dalam masakan. Namun saya pernah menggunakan kencur untuk membuat jamu. Kencur memiliki bentuk seperti jahe namun aroma kencur berbau khas kencur yang tidak sama dengan aroma jahe yang menyengat pedas.

Kencur sering digunakan sebagai stimulan pada anak-anak agar nafsu makan mereka meningkat.
Banyak orang suka menyamakan mereka dengan temu putih. Padahal sebenarnya temu putih dengan kencur merupakan spesies yang berbeda


Demikian perbedaan antara jahe, lengkuas, kunyit dan kencur. Semoga apa yang disampaikan dapat memberikan anda sedikit gambaran mengenai perbedaan ke-empatnya. Jangan malu bertanya agar tidak tersesat dijalan yah. Salam

lahir era tahun "95" menjadikan seorang bayu, pria mochi semakin beranjak umur. Punya hobi ngedekem di kamar setiap 'weekend' akibat suka-duka mencari segenggam rezeki.


Terimakasih kepada Allah SWT yang telah memudahkan segala jalan yang gue tempuh. Terimakasih juga karena telah mengirimkan special persons ; teman-teman gue, rekan-rekan kerja gue, dan keluarga yang perfect banget yang selalu menyokong gue untuk selalu maju ke depan.

Semoga apa yang gue saat ini kerjakan bisa bermanfaat buat gue dan orang lain. Aminn. wish me luck!! thank you xoxo

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon