Kamis, 14 Januari 2016

Buat Hidup Pengangguranmu Menjadi Lebih Produktif

Ketika seorang mahasiswa tak lagi disebut sebagai mahasiswa alias sudah lulus, maka kebanyakan kehidupan mereka menjadi kurang produktif. Kurang produktif hanya terjadi kepada lulusan baru yang masa transisi dari pasca kelulusan hingga kesibukan barunya memakan waktu yang cukup lama.
Hal ini tentu tidak berlaku bagi seorang lulusan baru yang begitu lulus, 2 minggu kemudian sudah mendapatkan pekerjaan berpenghasilan yang membuat ia sibuk dengan pekerjaannya dari senin-jum’at dan pagi hingga sore.


Karena kehidupan antara semua orang berbeda, pasti ada beberapa lulusan baru yang sudah berbulan-bulan lamanya masih saja berkutat dengan kesibukan ia mencari pekerjaan. tidak salah memang, namun coba anda pikirkan, coba anda renungkan! Apakah kesibukan anda mencari pekerjaan itu sudah cukup untuk membuat anda sibuk? Apakah kesibukan anda mencari pekerjaan itu sudah cukup untuk membuat otak anda tetap dalam kondisi prima?

Tentu tidak bukan?

Tidak bisa dipungkiri bahwa kehidupan seorang lulusan baru yang hanya bersibuk diri dengan kegiatan mencari pekerjaan tanpa adanya kegiatan lain, hidupnya menjadi kurang produktif.

Kegiatannya menjadi monoton karena hanya berfokus kepada satu hal yaitu mencari pekerjaan agar bisa menjadi karyawan disuatu perusahaan. Berpuluh-puluh lamaran yang sudah ia sebar, yah setidaknya 1 hari 1 lamaran yang masuk. Tak disangka ternyata sudah 10 bulan ia menganggur, padahal bila dipikirkan kembali masih ada beberapa waktu yang masih bisa kita alokasikan untuk kegiatan lain yang bermanfaat.

Faktanya, bila anda selama 10 bulan hanya menggunakan waktu tersebut untuk mencari pekerjaan. Otak anda akan semakin tumpul akibat tidak adanya suatu kegiatan yang memicu kerja otak secara konstan. Berbeda dengan masa kuliah yang setiap harinya selalu dijejal dengan materi perkuliahan yang menstimulus kerja otak, di masa pengangguran otak dibuat kerja santai setiap harinya.

Untuk itu, menjaga otak dalam kondisi prima wajib anda terapkan apalagi di momen-momen seperti ini yang hidupnya menjadi lebih santai bila dibandingkan dengan anak SMA. Padahal ketika anda sudah bekerja di suatu perusahaan nanti, hidup anda akan lebih berat bila dibandingkan dengan hidup seorang mahasiswa.

Menurut wowcang, masa transisi dari pasca kuliah hingga ke pekerjaan barunya adalah masa-masa yang bisa memunculkan kebiasaan buruk seperti malas, tidak bersemangat serta dapat mengakibatkan kualitas otak yang semakin menurun tanpa anda sadari. Karena jujur, di masa seperti inilah hidup menjadi lebih santai, kesibukannya hanya fokus pada satu hal, di samping itu kegiatan makan, tidur tetap dilakukan tanpa diimbangi dengan olahraga. Tanpa disadari tubuhnya terus mengembang.

Itulah yang wowcang sebut sebagai hidup seorang lulusan baru yang kurang produktif.

Bagi anda lulusan baru yang berorientasi untuk menjadi seorang karyawan di sebuah perusahaan, berburu lowongan kerja memang tidak salah untuk dilakukan. namun, dalam rangka membuat hidup anda menjadi lebih produktif dan otak anda dalam kondisi yang prima maka ada hal yang bisa anda lakukan.

Kegiatannya sebenarnya mudah untuk dilakukan, namun sulit jika tanpa dilandaskan niat dan komitmen.

Hidup seorang lulusan baru itu bukan hanya sekedar sibuk mencari pekerjaan, tapi bisa juga dengan menyibukkan diri di berbagai kegiatan bermanfaat. Seperti kerja sampingan, ikut perkumpulan, les pengembangan, menulis, membaca, dll. Mulai yang gratis hingga yang berbayar.

Semuanya tergantung pilihan dan kesukaan anda. Anda juga bisa memulai untuk mencoba suka terhadap sesuatu yang tidak disukai.

Jika ditanya pribadi maka wowcang lebih memilih untuk kerja sampingan, ikut perkumpulan, menulis dan membaca. Beberapa kegiatan seperti itu bermanfaat dan sudah cukup mengisi waktu yang ada. Yang terpenting adalah gratis.

Kerja sampingan bisa dalam bentuk apa saja, mulai dari menjadi tentor private, atau kerja part time di sebuah tempat, atau freelance. Semua dapat dipilih sesuai dengan kenyamanan anda. Di samping itu, anda tetap bisa memiliki sumber keuangan untuk membiayai hasrat jajan, dan main anda tanpa membebani keuangan orang tua. Karena jujur meminta uang orang tua di umur segini, batin terasa tersiksa.

Ikut perkumpulan yang bermanfaat dapat menambah jumlah teman yang ada, jika tidak bisa gabung disuatu perkumpulan, maka gabung komunitas sudah cukup, jika tidak bisa gabung komunitas secara offline maka gabung komunitas atau forum secara online. Memang terasa aneh jika menjalin hubungan secara online, tapi dengan anda memberikan suatu kontribusi atau tindakan baik yang berpengaruh tentu jalinan anda dengan mereka akan terjalin. Bahkan bisa berkembang menjadi partnes bisnis. Karena semua yang online belum tentu bohong.

Menulis dan membaca adalah kegiatan murah yang memiliki pengaruh yang besar jika dilakukan. Dengan menulis dan membaca, daya kembang imajinasi otak anda semakin meningkat. dan tentunya bisa menjaga otak dalam kondisi prima. Memang terkadang ada beberapa orang yang tak begitu suka membaca dan menulis, namun mencoba untuk menyukainya tidak ada salahnya dilakukan. Karena wowcang sendiri sudah membuktikannya, terutama dalam hal menulis.

Pada saat awal wowcang mencoba merintis blog pada bulan september 2015, menulis 1 kalimat saja sangat sulit untuk dilakukan, apalagi satu artikel. Namun karena wowcang ingin mencoba, akhirnya wowcang paksa-paksa untuk menulis, terus dan terus. Memang artikel yang wowcang buat pada saat itu sama sekali tidak menarik untuk dibaca namun biarlah, namanya juga coba-coba. Seiring waktu berjalan wowcang sendiri bisa merasakan perbedaannya, sedikit demi sedikit wowcang bisa melihat perbedaan antara artikel yang dulu wowcang buat dengan artikel yang dibuat sekarang.

Mulai sejak itu, wowcang tersadar bahwa di dunia ini tidak ada yang tidak bisa dipelajari. Semuanya bisa asalkan memiliki niat dan komitmen.

Setidaknya melalui kegiatan seperti itulah hidup seorang pengangguran bisa menjadi lebih produktif. Menunggu hasil dan panggilan tes kerja terkadang bisa memakan waktu yang cukup lama, dan tanpa disadari waktu berharga terbuang percuma akibat dari penantian yang dilakukan.

Tidak perlu melakukan sesuatu yang besar dan bersejarah, namun cukup dengan melakukan perubahan kecil pada diri sendiri menjadi lebih baik. Itu sudah lebih dari cukup. Karena kemauan itu lebih berharga dari pengakuan. Terimakasih 

Note : Tidak ada yang telat di Dunia ini selain pendaftaran.

lahir era tahun "95" menjadikan seorang bayu, pria mochi semakin beranjak umur. Punya hobi ngedekem di kamar setiap 'weekend' akibat suka-duka mencari segenggam rezeki.


Terimakasih kepada Allah SWT yang telah memudahkan segala jalan yang gue tempuh. Terimakasih juga karena telah mengirimkan special persons ; teman-teman gue, rekan-rekan kerja gue, dan keluarga yang perfect banget yang selalu menyokong gue untuk selalu maju ke depan.

Semoga apa yang gue saat ini kerjakan bisa bermanfaat buat gue dan orang lain. Aminn. wish me luck!! thank you xoxo

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon