Senin, 04 Januari 2016

Pedoman Praktek Kerja Lapangan Bagi Mahasiswa

Cieee,,, akhirnya kamu sudah masuk ke semester tua. Heheh bagaimana seru enggak? Pasti seru donk. Apalagi ditambah 3 tugas besar yang mulai harus diselesaikan satu-satu. Sebelumnya, dalam artikel lain wowcang pernah membahas 3 tugas besar yang harus dilaksanakan demi gelar yang akan terpasang di belakang nama nanti.


Mungkin yang paling pertama dihadapi dari 3 tugas besar adalah PKL atau KP atau PPL. Ketiganya sama-sama memiliki arti dan tujuan yang sama, hanya bedanya PPL lebih untuk jurusan kependidikan, sedangkan KP atau PKL untuk jurusan non pendidikan.

Di semester peralihan 5 ke 6 atau 6 ke 7 adalah semester dimana seorang mahasiswa semester lanjut harus melaksanakan salah satu dari ketiga tugas besar yang dikenal sebagai PKL. PKL ini merupakan singkatan dari Praktik Kerja Lapangan, yang artinya kamu harus terjun ke industri secara langsung selama beberapa hari umumnya sebulan untuk belajar kerja.

Karena PKL wowcang sebut sebagai Tugas Besar maka PKL tidak dapat dipandang remeh. Tetap ada suka duka yang terjadi ditengah-tengah prosesnya.

PKL antara kuliah dengan SMK beda. Sangat beda. Walaupun memiliki tujuan yang sama, namun prosesnya untuk menuju dan menyelesaikan PKL berbeda. Jika SMK kebanyakan surat perizinan akan senang hati di proses oleh Tata Usaha, lain halnya dengan Proses Perizinan PKL bagi mahasiswa yang cukup memakan waktu.

Karena mahasiswa dituntut untuk mandiri, menjadikan segala proses perizinan, penerjunan, pertanggung jawaban harus dilakukan secara mandiri dan terkadang membuat hati dan otak menjadi lebih tertekan.

Berdasarkan dilema yang terjadi ditengah-tengah mahasiswa tentang pengurusan PKL, maka dengan ini wowcang hendak memberikan beberapa tips mengenai awalan yang harus dipersiapkan hingga akhiran yang harus dipersiapkan dalam proses PKL.

1. TAHAP PERSIAPAN

Semua Harus Diawali Dengan Niat yang Tulus
Dengan niat yang tulus sehingga dapat memberikan efek keikhlasan pada diri sendiri. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa apa yang kamu usahakan dalam proses PKL akan bertemu kepada hasil yang tidak diinginkan. Terkadang ada sedikit hambatan yang terjadi ditengah-tengah proses yang cukup membuat dahi berkerut.

Pilih Teman PKL mu yang Terbaik
Bukan maksud untuk membedakan, namun tentu setiap orang pasti memiliki kecocokan antara satu sama lain. Pilih teman PKL yang sekiranya cocok dengamu dan bisa diajak bekerja sama.

Dalam 1 grup PKL biasanya terdiri dari 1 hingga 4 mahasiswa, saran wowcang untuk membuat grup yang terdiri dari 2 mahasiswa saja, hindari jumlah mahasiswa dalam satu grup melebihi 4 orang.

Targetkan 1 Perusahaan Impian dan 2 Perusahaan Cadangan
Dalam PKL kamu berhak memilih Instansi atau Perusahaan yang menurutmu terbaik. Tidak ada batasan, mulailah dari mimpi melaksanakan PKL di Instansi impian kamu. Target ini yang nantinya akan menjadi prioritas kamu untuk diperjuangkan. Selalu ingat bahwa PKL merupakan 1 kesempatan dalam seumur hidup. Jadi pilihlah yang terbaik.

Ada prioritas maka ada pula cadangan. Siapkan 2 nama perusahaan cadangan yang berfungsi sebagai alihan bila kabar penolakan dari perusahaan prioritas terjadi. Penolakan dalam perizinan PKL lumrah terjadi, apalagi bila perusahaan tersebut cukup terkenal. Penolakan yang terjadi tidak perlu dipikirkan terlalu panjang, segera move on untuk mengurusi perizinan PKL ke perusahaan lain. Karena waktu begitu terbatas!

Sebelum Mengurus Surat Perizinan PKL, Ada Baiknya Kamu Hubungi Pihak Perusahaan Terlebih Dahulu

Mengapa?

Menghubungi pihak perusahaan terlebih dahulu merupakan tindakan bijak yang bisa kamu lakukan dalam proses pengurusan PKL. Dengan menghubungi pihak perusahaan,  kamu bisa menanyakan perihal ; apakah disana menerima mahasiswa untuk PKL tidak?, selain itu kamu bisa menanyakan persyaratan apa yang diperlukan untuk perizinan PKL, atau Alur perizinan PKL di perusahaan tersebut, kepada siapa surat itu diberikan, serta jumlah maksimal mahasiswa yang dapat PKL disana, apapun bisa kamu tanyakan selama masih berhubungan dengan kegiatan PKL. Selalu ingat untuk menggunakan bahasa yang sopan dan menelpon tepat pada waktunya (masih dalam jam kerja).

Dengan begini, kamu bisa mengurangi resiko sia-sia. Coba bayangkan ketika kamu sudah lama untuk membuat proposal, mengurus surat perizinan fakultas dan jurusan, ehh ternyata di perusahaan tersebut sedang tidak menerima mahasiswa PKL dibulan tertentu, karena tidak menutup kemungkinan hal itu bisa terjadi. Untuk itu sebaiknya kamu menghubungi pihak perusahaan terlebih dahulu.

Sudah Tahu Apa Saja yang Dibutuhkan Sebagai Persyaratan, Maka Sudah Saatnya Melakukan Persiapan Perizinan PKL
Alur perizinan PKL di setiap universitas pasti berbeda, tetapi intinya tetap sama. Yang pertama dilakukan pastikan kamu mengikuti alur dan aturan yang ada. Perizinan PKL meliputi beberapa dokumen seperti Surat Perizinan PKL yang dibuat oleh TU Kampus, Proposal PKL, dan dokumen pendukung lainnya seperti Kartu Mahasiswa, transkip nilai (Jika diminta oleh perusahaan).

Jika perlu buatlah checklist untuk mengatur semuanya, dan jika bisa untuk membuat waktu deadline agar semua tepat pada waktunya.

Proses perizinan PKL cukup menyita waktu, perlu 2 minggu-1 bulan lamanya hanya untuk mempersiapkan dokumen perizinan PKL, belum lagi nanti harus menunggu jawaban dari perusahaan yang bisa memakan waktu hingga 2 bulan lamanya. Oleh sebab itu, pihak jurusan akan memberi tahu kapan dimulainya pengurusan perizinan PKL dari jauh-jauh hari, kira-kira satu semester atau satu tahun sebelum PKL. Gunakan waktumu sebaik-baiknya.

Pastikan proposal PKL sudah dicek oleh Dosen Pembimbing PKL sebelum dikirim.

Masukkan Ke Amplop Coklat Besar Untuk Selanjutnya Dikirim Ke Perusahaan Via POS
Jika lokasi PKL cukup jauh maka via POS dapat menjadi pilihan untuk mengirim ke perusahaan, namun jika jarak dekat hanya beberapa Kota, kamu bisa langsung datang untuk mengantarkan surat perizinan PKL ke perusahaan tersebut.
Bagi yang mengirim via POS, maka pastikan format penulisan pada amplop sudah benar dan jelas kepada siapa dokumen perizinan ditujukan.

Jika Sudah Terkirim, Maka Selanjutnya adalah Menunggu
Dibutuhkan waktu 3 hari surat yang dikirimkan untuk sampai ke alamat tujuan, atau 1 hari bagi yang menggunakan pengiriman kilat.

Pastikan untuk kamu selalu update mengenai status pengiriman surat di laman web resmi jasa pengiriman yang kamu gunakan dengan melacak nomor resi, jika status surat sudah sampai, maka kamu bisa menghubungi pihak perusahaan kembali untuk menanyakan apakah surat sudah diterima atau belum, tanyakan dengan sopan tentang waktu yang ditunggu untuk jawaban dari pihak perusahaan.

Jika pihak perusahaan menjawab 3 minggu untuk masa review, maka kamu harus menunggu selama 3 minggu untuk jawaban diterima atau tidak. Jika lewat dari 3 minggu berilah ambang waktu 1 minggu untuk menunggu jawaban, setelah 4 minggu tidak ada kabar dari perusahaan, maka kamu bisa menelpon pihak perusahaan kembali untuk menanyakan bagaimana hasilya.

KEMUNGKINAN YANG TERJADI

Tidak Disetujui Perusahaan atau Ditolak
Tidak banyak yang bisa kamu lakukan selain sabar dan segera bangkit, penolakan PKL sudah biasa terjadi. Karena jawaban hanya 2 kemungkinan yaitu, diterima atau ditolak. Jika ditolak maka sabarlah dan segera mengambil aksi untuk mencari perusahaan lain karena waktu tidak akan menunggumu.

Disetujui Dengan Syarat Waktu Pelaksanaan PKL Diganti
Akibat kuota penuh maka bisa jadi pihak perusahaan memberi pilihan alternatif untuk mengganti jadwal pelaksaan PKL ke lain waktu, bisa dipercepat atau diperlambat. Jika waktu yang dipindah masih bisa maka jawablah iya. Jika waktu yang dipindah bentrok dengan kegiatan maha penting maka kamu bisa menjawabnya dengan menjelaskan hal tersebut. Jika masih bingung, maka kamu bisa meminta untuk diberikan waktu satu hari untuk musyawarah dengan teman PKL dan Dosen Pembimbing.

Jika memang pemindahan jadwal pelaksanaan PKL tidak bisa dilakukan mengingat kegiatan perkuliahan, dengan sopan kamu menjawab tidak bisa dengan menjelaskan alasan yang logis.

Disetujui Dengan Syarat Hanya 2 dari 3 Anggota PKL
Hal seperti ini yang terkadang menyakitkan. Biasanya dalam pelaksanaan PKL terdiri dari satu grup yang berisi 2 sampai 4 orang mahasiswa. Hindari anggota yang melebihi 4, saran wowcang lebih baik 2 karena di beberapa perusahaan 3 sampai 4 mahasiswa sudah terlihat banyak. Jika kamu berani untuk PKL sendiri maka sendiri saja tidak apa-apa.

Kondisi seperti ini yang menguji keegoisan masing-masing individu. Mereka sadar bahwa proses perizinan sangat ribet dan susah, sehingga akibatnya jika hanya 2 mahasiswa yang diterima dari 3 atau 4 mahasiswa akan menimbulkan suatu masalah baru jika tidak dipikirkan secara dewasa.

Hal yang seharusnya dilakukan adalah bermusyawarah bersama dengan para anggota, mana yang maju dan mana yang mengalah. Dengan berpikir secara dewasa maka permasalahan seperti perpecahan dapat dihindarkan.

2. TAHAP PKL
Sudah mendapat jawaban maka yang selanjutnya dilakukan adalah menunggu hinga waktu pelaksanaan PKL tiba.

Pastikan untuk menjaga kesehatan agar pada saat PKL kondisi tubuh tetap FIT.

Persiapkan Barang Bawaan Mulai Dari Surat Persetujuan PKL dari Pihak Perusahaan, Surat Penerjunan PKL dari Pihak Fakultas, Baju Ganti, Sepatu, dan Perlengkapan Lainnya
Bagi yang PKL jauh dari rumah, maka persiapan barang bawaan harus di persiapkan terlebih dahulu. Pastikan tidak ada barang penting yang tertinggal karena bisa menyusahkan.

Datang ke Lokasi PKL Kurang dari 4 Hari atau 3 Hari Sebelum Pelaksanaan PKL
Ada hal lain yang perlu dilakukan yaitu mencari tempat tinggal atau kosan atau kontrakan untuk tempat tinggal sementara selama pelaksanaan PKL. Pastikan untuk melihat kondisi kamar, kamar mandi, dan Lingkungan apakah nyaman untuk ditinggali atau tidak.

Jika punya saudara atau teman di kota tersebut kamu bisa memintai dia pertolongan, atau mungkin tinggal dirumah dia jika memungkinkan.

Hari Pertama PKL Tiba, Pastikan Semua Rapi dan Tidak Berlebihan
Penampilan dan tingkah laku yang harus diperhatikan. Dengan begini kamu bisa membangun kesan pertama yang baik di perusahaan tersebut.
Karena Tidak Ada Kesempatan Kedua Untuk Membangun Kesan yang Baik
Tunjukan bahwa kamu semangat untuk PKL disana, kamu siap untuk belajar, dan kamu siap untuk membawa nama baik almamater kampus kamu.

Tidak menutup kemungkinan jika kamu baik di perusahaan tersebut maka kamu bisa mendapat rekomendasi untuk ditarik oleh perusahaan tersebut sebagai karyawan ketika lulus nanti. Pastikan untuk melakukan yang terbaik.

Ikuti Serangkaian Kegiatan Pembukaan PKL dengan Baik
Pada hari pertama PKL akan ada kegiatan penerimaan, perkenalan, pelatihan dasar keselamatan, dan keliling pabrik. Ikuti serangkaian acara tersebut dengan bangga, dan tanyakan bila ada yang ditanyakan.

Lakukan yang Terbaik yang Bisa Kamu Lakukan Selama 1 Bulan Kedepan
Memberikan yang terbaik merupakan hal baik yang bisa kamu lakukan, hindari untuk berbuat kesalahan atau tindakan yang dapat menimbulkan resiko kecelakaan kerja. Bertanya apa saja jika memang perlu ditanyakan. Lakukan tugas khususmu dengan baik, dan kumpulkan data apa saja yang dibutuhkan untuk laporan akhir PKL.

Jangan Sembunyi, Tunjukan Antusiasmu, Karena Kesempatan PKL Hanya Terjadi 1 Kali dalam Masa Perkuliahan
Ada beberapa mahasiswa yang malas, sehingga kerjaannya hanya duduk melihat orang yang kerja dan menunggu hingga disuruh untuk melakukan sesuatu.

Jika memang tidak ada kerjaan maka kamu bisa meminta sesuatu untuk dikerjakan kepada pembimbing lapanganmu atau karyawan disana. Insiatif merupakan jalan terbaik yang bisa kamu lakukan.

Kamu Pasti Bertemu Dengan Mahasiswa atau Siswa Lainnya yang PKL Disana, Jangan Sombong, Selalu Ingat Untuk Say Hello dan Menjalin Silaturahmi
Hindari kubu-kubu satu universitas, karena dalam PKL memiliki teman baru merupakan hal baik yang bisa kamu dapatkan selain ilmu. Jalinlah hubungan dengan mereka, bila perlu tukar kontak. Sehingga pada saat diluar jam PKL, kamu bisa mengajak teman mu untuk cari makan bersama atau mengobrol bersama bertukar pengalaman. Sungguh momen yang Indah.

Mulailah Cicil Untuk Membuat Laporan PKL Dari Sekarang

Waktu malam hari atau sabtu dan minggu selalu luangkan untuk menyicil laporan PKL mu. Sehingga pada saat minggu terakhir PKL, laporanmu sudah beres untuk ditunjukan ke pembimbing lapanganmu untuk pengoreksian. Selalu targetkan pada saat hari terakhir PKL Laporanmu sudah selesai direvisi oleh pembimbing PKLmu, dan siap untuk dikoreksi oleh Dosen Pembimbingmu. Hal ini akan menghindari bolak balik perusahaan untuk pengoreksian.

Namun jika pihak perusahaan meminta untuk direvisi terlebih dahulu oleh dosen pembimbing maka patuhilah aturan tersebut! Tetap ikuti aturan yang ada.

Terkadang Ada Presentasi Akhir di Perusahaan Tempat Kamu PKL
Tidak usah khawatir, siapkan bahan presentasimu sebaik-baiknya dan lakukan yang terbaik

Hari Terakhir pun Tiba, Selalu Siapkan dan Selesaikan Tanggung Jawabmu Sebelum Berpamitan Dengan Pihak Perusahaan

Hari terakhir pun tiba, jangan sampai kamu meninggalkan PR yang belum selesai dikerjakan. Oleh sebab itu, wowcang menyarankan untuk membuat checklist 3 hari sebelum hari terakhir pelaksanaan PKL.

Demikian hal-hal yang harus kamu lakukan dalam PKL, semoga bermanfaat dan sukses.

lahir era tahun "95" menjadikan seorang bayu, pria mochi semakin beranjak umur. Punya hobi ngedekem di kamar setiap 'weekend' akibat suka-duka mencari segenggam rezeki.


Terimakasih kepada Allah SWT yang telah memudahkan segala jalan yang gue tempuh. Terimakasih juga karena telah mengirimkan special persons ; teman-teman gue, rekan-rekan kerja gue, dan keluarga yang perfect banget yang selalu menyokong gue untuk selalu maju ke depan.

Semoga apa yang gue saat ini kerjakan bisa bermanfaat buat gue dan orang lain. Aminn. wish me luck!! thank you xoxo

10 komentar

Mas klo ngantar sendiri proposalnya masih pake amplop gak trus klo make tulisan di amplop apa ja ya apa sama tulisannya kyk ngantar lewat via pos.
Tkx

Mas klo ngantar sendiri proposalnya masih pake amplop gak trus klo make tulisan di amplop apa ja ya apa sama tulisannya kyk ngantar lewat via pos.
Tkx

harus donk. karena proposal sendiri itu sifatnya formal. jadi lebih sopan kalau dibungkus amplop.
kalau mau kirim via pos, layout tulisannya bisa di tulis kaya contoh gambar diatas. pastiin juga no yang bisa dihubungi nggak salah biar nggak beribin... :D

Mantap ane semester ini mulai pkl

Boleh ga sih klo magang itu semingu 3x masuknya

Yahh rak enthug tho yahhh.. ndaan magang itu kita juga diminta buat ngebangun kesan.. tpi tergantung alasannya juga sih... atau pas perjanjian magang..

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon