Kamis, 25 Februari 2016

Usir Nyamuk di Sekitarmu Dengan Ini

Gimana rasanya jika kamu sedang tiduran, atau nonton acara kesayangan TV or youtube  terus tiba-tiba terusik dengan suara “nguung” dengung suara nyamuk terbang dan gigit tanpa kamu sadar sehingga bisa bikin posisi kita yang wenak ini jadi sibuk garuk sana sini, mulai leher sampai kaki.

Kan bikin Stresssss jadinya.. lagi fokus sama semangat tiba-tiba luntur gegara gigitan serangga yang nggak banget ini.

Kalau dipikir-pikir Nyamuk itu serangga yang nggak ada habis-habisnya. Sudah semprot sampai seluruh penjuru ruangan. Tetap saja itu nyamuk datang lagi dan lagi. Apalagi kalau ditepok dan nyamuk yang berkeliaran ternyata nyamuk yang di generalisasi sebagai pembawa penyakit ganas macam DBD atau Zika. Kan bikin was-was.

Apalagi kasus DBD di Indonesia saat ini lagi melonjak-lonjaknya. Sudah banyak juga korban meninggal akibat dari penyakit DBD ini. Ya Allah.

Gara-gara kondisi seperti itulah nyamuk dikategorikan sebagai makhluk serangga kecil yang keberadaan sangat menganggu sekali dikehidupan manusia. Yah apalagi kalau bukan efek gatal dan virus yang dibawanya yang mampu membuat kita jatuh sakit dan terinfeksi.

Saya pribadi juga rela sampai merubah cat kamar menjadi warna kuning yang katanya nyamuk benci warna ini. Tapi tetap saja, nyamuk masih ganas berburu darah sana sini.

Nyamuk oh nyamuk.. entah apa fungsimu di dunia ini. Tapi keberadaanmu sungguh meresahkan seluruh keluarga. Mau pakai insektisida, tapi dirasakan percuma karena nyamuk saat ini sudah sedikit resisten.

Streess dengan ini semua. Akhirnya saya diberi ide oleh seseorang akan hal yang bisa dilakukan guna menangkal atau mengusir nyamuk agar tidak tertarik masuk ke kamar kita lagi.

Sudah saya coba dan hasilnya cukup lumayanlah.

Ada cara termahal sampai termurah, dan ada cara yang boros energi hingga cara yang herbal. Begini caranya:

Beli AC yang Memiliki Fitur Pengusir Nyamuk Seperti merk Produk Korea yang Mengusung Tema Terminator Inverte
AC, via pixabay.com
Yang berduit bisa saja gunain cara ini. Perangkat ini dipercaya dapat membunuh nyamuk penyebar DBD. Namun dirasakan menggunakan cara ini kurang efisien karena modal dan energi yang digunakan.

Pakai Pest Repeller
Pest Repeller bisa mengusir serangga seperti ini, via pixabay.com
Tahu alat kotak kecil yang berbentuk seperti speaker kecil yang ditempel di dinding? Nah itu yang dinamakan Pest Repeller. Harganya cukup murah yaitu kisaran 40.000 sampai 100 ribu. Alat ini mampu mengusi bukan hanya nyamuk saja melainkan juga dapat mengusir Tikus dan Kecoa.

Cara kerja alat ini adalah memancarkan gelombang suara ultrasonik yang menganggu pendengaran si hama rumah penganggu. Tenang suara yang dihasilkan tidak bakal terdengar oleh kita kok, karena rentang suara manusia yang dapat didengar hanyalah spektrum Audiosonik. Jadi tidak menganggu tidur atau aktivitas kamu.

Menggunakan Mosquito Lamp Killer
UV Light via pixabay.com
Alat satu ini harganya yah lumayan. Yaitu kisaran 100 ribuan. Alat ini juga tidak jauh berbeda dengan alat Pest Repeller. Namun bedanya alat ini menggunakan lampu UV sebagai penarik minat nyamuk.

Nyamuk akan tertarik untuk ke lampu ini, dan terjebak, lalu mati deh. Mudah kan.

Menggunakan Insektisida
Nyamuk Penyebar Zika dan DBD, via pixabay.com
Ada banyak merk produk yang dikeluarkan dari berbagai vendor insektisida ini. Mulai dari obat nyamuk semprot, obat nyamuk bakar, obat nyamuk sekali semprot, dan yang menggunakan listrik sekalipun.

Harganya cukup murah dan cukup ampuh dalam membunuh nyamuk. Tapi tetap penggunaannya juga harus hati-hati dan sesuai dengan petunjuk yang diberikan. Karena bagaimanapun juga, jenis pembunuh nyamuk ini menggunakan bahan kimia sebagai medianya.

Menggunakan Kiat-Kiat Herbal
Ada banyak macam herbal yang bisa digunakan untuk mengusir nyamuk. Kiat ini juga ramah lingkungan dan tidak berbahaya karena melibatkan bahan alami dalam prakteknya. Ini metodenya :

1. Menggunakan Kulit Jeruk
Buah Jeruk, via pixabay.com
Kulit jeruk mengandung minyak atsiri yang tidak disukai nyamuk. Cara ini tergolong sehat karena membiasakan anda makan buah jeruk setiap hari. Iyah kan?

2. Minyak Kayu Putih
Bukan hal yang tak mungkin kalau minyak kayu putih bisa mengusir nyamuk. Cukup mengoleskan minyak kayu putih di seluruh tubuh yang terbuka maka nyamuk sudah tidak lagi menggigit kaki dan tangan kamu.

3. Menanam Pohon Bunga Geranium, atau Lavender, atau Sereh Wangi
Lavender, Via Pixabay.com
Ketiga tumbuhan ini mampu mengusir nyamuk dari kamar kamu. Wanginya disukai kita, tapi nyamuk tidak suka. #kaya iklan.

Bunga Geranium dan Sereh Wangi memiliki kandungan utama berupa Zat Sitronelal yang telah teruji secara klinis dan dermatologis bahwa nyamuk tidak suka. Sedangkan, pada bunga lavender mengandung zat linalool dan lynalyl acetate yang mampu mengusir wuss nyamuk dikamar mu.

Selain itu keberadaan tumbuhan seperti ini juga mampu menambah kecantikan ruangan kamarmu.

Begitulah beberapa cara yang bisa digunakan untuk menciptakan kondisi ruangan sehat tanpa nyamuk yang bisa bikin kita sibuk garuk-garuk. Salam Sehat

lahir era tahun "95" menjadikan seorang bayu, pria mochi semakin beranjak umur. Punya hobi ngedekem di kamar setiap 'weekend' akibat suka-duka mencari segenggam rezeki.


Terimakasih kepada Allah SWT yang telah memudahkan segala jalan yang gue tempuh. Terimakasih juga karena telah mengirimkan special persons ; teman-teman gue, rekan-rekan kerja gue, dan keluarga yang perfect banget yang selalu menyokong gue untuk selalu maju ke depan.

Semoga apa yang gue saat ini kerjakan bisa bermanfaat buat gue dan orang lain. Aminn. wish me luck!! thank you xoxo

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon