Sabtu, 19 Maret 2016

Bagaimana Sabun Bekerja Pada Kotoran

Pernah nggak sih, waktu tangan kalian ketumpahan minyak terus kalian cuci pakai air dan ternyata masih terasa klenyit-klenyit? Atau

Ketika kalian sedang mencuci pakaian atau piring kotor akan terasa mudah bila menggunakan sabun?

Pernah nggak sih, kalian bertanya-tanya bagaimana kerja dari sabun?

Kalau iyah dan iyah, maka disini kami akan menjelaskan bagaimana sabun bekerja dalam mengangkat kotoran yang menempel pada sesuatu.

Seperti pada artikel sebelumnya. Sabun merupakan benda pembersih yang terbuat dari proses hidrolisis lemak dengan zat basa, sehingga menghasilkan sabun mentah dan gliserol. Proses ini dinamakan reaksi saponifikasi atau penyabunan.
Baca disini : Jangan Cuma make!! Ini penjelasan bagaimana sabun dibuat
Lalu bagaimana air dengan sabun dapat dengan mudah mengangkat kotoran yang menempel seperti minyak, lemak, dan tanah bila dibandingkan mencuci dengan air saja?

Bagaimana sabun bekerja? Simak ulasannya!

Diambil dari pengetahun kami yang didapat dari bangku kuliah dulu. Sabun merupakan salah satu contoh dari surafkatan. Surfaktan atau Surface Active Agent merupakan agen aktif yang mampu mengikat minyak dan air.

Itulah mengapa ketika kalian mencampurkan minyak dan air yang tidak pernah bersatu akan bersatu membentuk emulsi cair pada saat ditambahkan sabun.

Surfaktan merupakan molekul rantai lurus yang memiliki 2 gugus berbeda pada kedua ujungnya. Gugus bagian kepala memiliki sifat hidrofilik atau mengikat air, sedangkan gugus bagian ekor bersifat hidrofobik atau benci air namun dapat mengikat minyak.

Pada saat diberi sabun. Sabun akan menurunkan tegangan permukaan zat pengotor. Zat pengotor seperti minyak akan terikat dengan gugus hidrofobik sabun, dan gugus hidrofilik sabun akan mengikat air. Karena tegangan permukaan zat pengotor turun, ditambah zat pengotor yang terikat dengan gugus hidrofobik sabun akan membuat zat pengotor tertarik oleh air saat dibasuh kembali.

Demikianlah bagaimana sabun bekerja.

Lihat ilustrasi dibawah ini ;

Ilustrasi sabun dalam membersihkan kotoran

lahir era tahun "95" menjadikan seorang bayu, pria mochi semakin beranjak umur. Punya hobi ngedekem di kamar setiap 'weekend' akibat suka-duka mencari segenggam rezeki.


Terimakasih kepada Allah SWT yang telah memudahkan segala jalan yang gue tempuh. Terimakasih juga karena telah mengirimkan special persons ; teman-teman gue, rekan-rekan kerja gue, dan keluarga yang perfect banget yang selalu menyokong gue untuk selalu maju ke depan.

Semoga apa yang gue saat ini kerjakan bisa bermanfaat buat gue dan orang lain. Aminn. wish me luck!! thank you xoxo

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon