Selasa, 22 Maret 2016

Inilah Sebab Kenapa Pakaian yang Dijemur Dalam Ruangan Bisa Kering

Kenapa pakaian yang dijemur bisa kering?
Pertanyaan konyol yang paling tidak sering ditanyakan karena banyak orang sudah mengetahui jawabannya.

Sekarang coba kalian jawab, kenapa pakaian bisa kering??

Hampir 80% manusia akan menjawab karena “panas matahari yang menyinari pakaian sehingga air menguap dari pakaian”.

Ada beberapa orang lagi yang bertanya balik!
Kenapa bisa menguap? Kan titik didih air 100 oC agar si air bisa menguap? Berarti masak air mendingan di bawah sinar matahari aja!
Nah lo!! Sekarang apa sanggahan kalian?

Mulai dari SD sampai sekarang, dalam otak kita sudah tertanam bahwa mataharilah yang membuat pakaian kering. Jawaban seperti itu memang benar hanya saja kurang tepat di mata seorang engineers khususnya teknik kimia. #ceilah..

Ilustrasi Pengeringan Pakaian
Sebenarnya faktor panas matahari bukanlah faktor utama dalam urusan jemur menjemur baju. Melainkan, adanya perpindahan massa yang terjadi antara air dalam baju menuju udara. Contoh faktor yang paling utama adalah hembusan angin dan kelembapan udara.

Mengapa bisa begitu?

Hal ini dikarenakan adanya “titik keseimbangan”. Jika kalian pernah mencoba mencampurkan larutan warna dengan air tanpa diaduk, maka pada akhirnya campuran tersebut akan memiliki warna yang sama. Itulah contoh fenomena dari titik keseimbangan.

Sama seperti halnya pakaian yang dijemur di dalam ruangan tanpa sinar matahari akan tetap bisa kering. Dalam kondisi ini, hal yang paling mempengaruhi adalah kelembapan udara.

Kelembapan udara adalah banyaknya kandungan air di udara. Tingkat kelembapan dalam pakaian sangat tinggi dengan tingkat kelembapan udara sekitar, sehingga mengakibatkan perpindahan massa antara air di baju menuju udara. Hal ini terjadi karena hukum perpindahan. Tingkat kelembapan air dalam baju sangat tinggi sehingga air berpindah menuju udara untuk menyamakan kondisinya atau menuju keadaan setimbang. Itulah mengapa baju tetap bisa kering walaupun dijemur di dalam ruangan.

Jika dijemur dibawah sinar matahari maka proses penjemuran akan selesai lebih cepat karena energi panas yang diberikan oleh matahari mengakibatkan suhu udara meningkat. Meningkatnya suhu udara akan membuat air menguap lebih cepat dan molekul air akan lebih cepat berpindah ke udara.

Dalam konteks “Menguap” dan “Mendidih” merupakan dua konteks yang berbeda. Pasalnya mendidih dan menguap adalah hal yang berbeda.

Air mendidih pada kondisi suhu 100 oC dalam tekanan 1 atmosfer (normal). Itulah jawaban yang tepat jika ditanyakan oleh seseorang berapa titik didih air. Jika tekanan diturunkan seperti kondisi tekanan di pegunungan, maka titik didih air akan di bawah 100 oC.

Mendidih merupakan kondisi dimana air telah mencapai titik didihnya sehingga semua molekul airnya bergerak secara acak karena energi tinggi dan mengakibatkan molekul air terlepas dan membentuk fase gas (uap air).

Berbeda dengan menguap. Menguap adalah kejadian dimana molekul air pada permukaan terlepas. Menguap hanya terjadi di permukaan air yang bersentuhan dengan udara sekitar. Proses ini terjadi di setiap temperatur dan akan semakin banyak seiring temperatur udara meningkat. Kecenderungan air selalu menguap karena tekanan uap air udara cenderung lebih kecil dari tekanan jenuh (kondisi dimana udara tidak dapat menerima uap air lagi).
Perbedaan penguapan dan pendidihan
Proses menguap terjadi sangat lambat di permukaan air tanpa melewati pendidihan dan pembentukan gelembung.

Salah satu contoh fenomena penguapan adalah air dalam aquarium yang semakin berkurang seiring berjalannya waktu, jadi bukan karena airnya yang diminum ikan (yah walaupun ada kemungkinannya). Hehehe


Semoga nggak nambah bingung. Terimakasih telah mampir.

lahir era tahun "95" menjadikan seorang bayu, pria mochi semakin beranjak umur. Punya hobi ngedekem di kamar setiap 'weekend' akibat suka-duka mencari segenggam rezeki.


Terimakasih kepada Allah SWT yang telah memudahkan segala jalan yang gue tempuh. Terimakasih juga karena telah mengirimkan special persons ; teman-teman gue, rekan-rekan kerja gue, dan keluarga yang perfect banget yang selalu menyokong gue untuk selalu maju ke depan.

Semoga apa yang gue saat ini kerjakan bisa bermanfaat buat gue dan orang lain. Aminn. wish me luck!! thank you xoxo

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon