Sabtu, 05 Maret 2016

Tes Medical Check Up Beserta Tips yang Bisa Kamu Lakukan

Biasanya salah satu dari serangkaian tes yang dilakukan dari perekrutan calon karyawan oleh perusahaan adalah Medical Check Up, dan biasanya juga tes Medical Check Up ini dilaksanakan setelah lolos tes wawancara, yang artinya 90% anda sudah dipastikan menjadi karyawan perusahaan tersebut.

Kendati demikian masih ada 10% kemungkinan anda untuk gagal dalam tes ini, dan terkadang sangat memilukan karena harus terhenti di langkah yang paling akhir. PHP kan?

Salah Satu Tes Untuk Cek Gula,Via Pixabay.com
Ada berbagai runtutan tes yang biasa dilakukan oleh perusahaan dalam perekrutan calon karyawannya, yaitu ; Tes TPA (Tes Potensi Akademik), Tes Psikotest, Tes Wawancara HRD, kemudian Wawancara User, Tes Kecepatan dan Kefokusan, Tes FGD (Focus Group Discussion), dan Terakhir biasanya Tes Kesehatan.

Biasanya tes wawancara HRD, User, serta tes kecepatan dan kefokusan itu digabung. Dari serangkaian tes yang dilakukan oleh perusahaan biasanya mereka menggunakan sistem gugur di setiap tesnya, yang berarti ada beberapa kali pengumuman anda lolos tes sebelumanda diterima sebagai karyawan di sana. Ribet yah?? Yah begitulah..

Namun, kali ini wowcang.com tidak akan membahas mengenai tes-tes yang diatas, melainkan hanya terfokus ke tes medical check up yang sering dianggap sebagai tes yang PHP.

Baik, Tes Medical Check Up adalah serangkaian tes yang dilakukan dengan tujuan mengetahui kondisi kesehatan luar dan dalam anda secara maksimal. Hal ini dimaksudkan agar perusahaan mendapatkan seorang pekerja yang sehat, dan produktif. Selain itu, untuk deteksi penyakit sedari dini.

Lalu bagaimana keuntungan untuk calon karyawan? Keuntungan untuk calon karyawan yang melaksanakan Medical Check Up adalah sebagai pengalaman bahwa anda sudah pernah MCU, dan anda jadi bisa mengetahui healthy record anda. Jarang-jarang bisa tes kesehatan gratis!! Hehe

Berikut adalah serangkaian tes MCU yang sering dilakukan oleh rumah sakit atau penyedia layanan tes kesehatan ;

1. Pengisian Formulir
Pada saat pertama kali, anda akan diminta untuk mengisi angket yang berisikan tentang riwayat makanan, minuman, olahraga anda, serta riwayat penyakit anda saat ini dan riwayat penyakit keluarga anda.

2. Tes Laboratorium Pertama
Tes laboratorium ini akan mengambil sampel darah puasa anda (biasanya sebelum MCU anda akan diminta untuk puasa dari jam 10 malam) serta sampel urin.pengambilan sampel biasanya untuk menganalisis kandungan gula dalam darah atau air seni jika anda menauh terkena penyakit diabetes.

Selesai pengambilan darah dan urin pertama maka anda akan diminta untuk makan di kantin terlebih dahulu dan menunggu 2 jam untuk diambil sampel darah dan urin kedua.

3. Tes Pemeriksaan Fisik Luar dan Dalam
Dalam tes ini, anda akan dilakukan berbagai tes meliputi tekanan darah, tinggi badan, berat badan, lingkar pinggang, visus (ketajaman penglihatan), telinga dalam, hidung, mulut, buta warna, dan penyakit organ dalam.

Di tes ini anda juga akan diwawancarai oleh si Dokter mengenai riwayat kesehatan anda dan keluarga anda.

4. Tes Radiologi atau Rontgen
Disini akan dilakukan tes rongsen untuk merongsen kondisi paru-paru anda. Bila anda perokok ganas, maka di hasil rongsen akan memperlihatkan lubang-lubang tak beraturan berwarna putih. Jadi lebih baik jika anda berhenti merokok sekarang dan mulai lagi ketika sudah diterima. #lohhh!!

5. Tes Spirometri
Tes ini berfungsi untuk mengukur kekuatan bernafas anda dan kapasitas paru-paru anda. Dalam tes ini, anda akan diminta untuk mengambil nafas sedalam-dalamnya dan mengeluarkannya ke dalam sebuah alat yang akan memunculkan sebuah grafik pernafasan.

6. Tes Audiometri
Tes untuk menguji seberapa besar ketajaman pendengaran anda. Dalam tes ini, anda akan memasuki ruangan kecil kedap suara dan diminta untuk menggunaka earphone yang telah disiapkan. Disini anda akan diminta untuk menekan tombol ketika anda mendengar suatu bunyi.

Bunyi akan terdengar dengan ukuran minim desibel. Jika anda tidak memiliki masalah pendengaran, maka tidak usah khawatir.

7. Step Test dan Tes Denyut Nadi
Biasanya calon karyawan baru harus melakukan tes ini. Tes ini dilakukan untuk mengukur kekuatan jantung anda dengan melakukan kegiatan fisik meliputi sit up, push up atau loncat kursi atas kebawah selama beberapa waktu.

Setelah itu akan dilakukan pengukuran denyut nadi dengan rentang setiap 1 menit selama 3 kali. Jangan heran jika didapati denyut nadimu sebesar 130 ke atas. Karena sudah pasti denyut nadimu akan naik seiring setelah anda melakukan olahraga.

Demikian penjelasan singkat mengenai tes-tes yang dilakukan pasca MCU (Medical Check Up)
Ehhhmmm,, banyak dan ribet juga yah? Lalu ada tipsnya nggak?
Pasti ada. Biasanya panggilan MCU hanya berselang 2 hari sebelum anda ikut tes. Nah oleh sebab itu pastikan anda mempersiapkan sebaik-baiknya kesempatan 2 hari yang anda punya. Berikut adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan dalam menghadapi tes Medical Check Up
1. Minum air putih sebanyak-banyaknya
2. Hindari sementara obat-obatan baik suplemen atau obat apapun itu bentuknya. Jamu herbal tidak apa-apa.
3. Minum susu murni non gula tambahan seperti produk susu yang ada gambar beruangnya. Minum 1 hari min 3 kali.
4. Ada orang bilang bahwa jika anda perokok aktif maka disarankan untuk sering meminum air soda non gula dan non warna. Hal ini dimaksudkan agar menutup lubang-lubang hasil rongsen anda. Secara pribadi, saya belum yakin akan keabsahan teori ini. Namun coba saja. Nothing to loose.
5. Istirahat yang cukup dan tidak begadang
6. Makan sayur-sayuran dan minum jus buah agar darah tidak berwarna kelam
7. bersihkan telinga anda untuk meningkatkan pendengaran anda
8. Tidak olahraga berat
9. Pastikan anda puasa mulai dari jam 10 malam agar kondisi pengambilan darah awal tidak terganggu
10. Berdoa agar semua berjalan lancar. Amin
Bagi penderita buta warna, maaf tidak bisa dibantu karena tidak ada tips yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penglihatan anda.


Terimakasih telah berkunjung, jangan lupa like FP kami. Terimakasih. Salam Sukses.

lahir era tahun "95" menjadikan seorang bayu, pria mochi semakin beranjak umur. Punya hobi ngedekem di kamar setiap 'weekend' akibat suka-duka mencari segenggam rezeki.


Terimakasih kepada Allah SWT yang telah memudahkan segala jalan yang gue tempuh. Terimakasih juga karena telah mengirimkan special persons ; teman-teman gue, rekan-rekan kerja gue, dan keluarga yang perfect banget yang selalu menyokong gue untuk selalu maju ke depan.

Semoga apa yang gue saat ini kerjakan bisa bermanfaat buat gue dan orang lain. Aminn. wish me luck!! thank you xoxo

6 komentar

Saya minum obat sakit gigi pada saat mau mcu? apa saya akan gagal ?

Terimakasih informasinya dari artikel anda, tentang cara keterima test kesehatan pekerjaan berikut artikel yang terkait tersebut di CARA LOLOS TES KESEHATAN KERJA DI PERUSAHAAN BESAR

NB: Mohon tolong admin untuk di approve komentar saya ini bukan spam saya ketik sendiri komentarnya, kita saling membantu saja...kalau tidak ada dirugiakan apa salahnya saling membantu, untuk kepentingan Seo dan kepentingan pengunjung blog anda mendapatkan informasi yang terkait terimakasih admin

Berhasil nggaknya masih misteri Yang Maha Kuasa.. seharusnya sebelum MCU itu sih kita nggk dianjurkan makan dan minum apapun selain air putih..

Wahh kita nggk tau... ini kehapus sendiri sih.. mngkin nggk bisa post klo ada link aktifnya.. mohonmaaf

Apakah jika gagal di konfirmasi oleh pihak perusahaan?

Kalau medical Check Up biasanya dikasih tau sih.. tapi ada juga yang nggak ngasih tau.. kalau sekiranya perusahaan belum ngabarin bisa dikonfirmasi dlu via telpon. biar nggak di PHP.. hehehehe

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon