Selasa, 07 Juni 2016

Kartu ATM tertelan??? Gimana dong?

Ribet-ribet ngambil duit di ATM. Mau ambil aja pakai acara ini kartu ketelen dan nggak bisa keluar lagi!! Gimana dong??

Kartu ATM ketelen?? Ehhm sudah bukan cerita baru lagi. Sudah banyak cerita yang saya dengar tentang tragedi kartu ATM dimakan sama ATM. Mulai dari cerita teman, orang rumah, hingga pengalaman sendiri dan beberapa pengalaman yang saya lihat secara langsung.
Gambar mesin ATM, via pixabay.com
Jika boleh bercerita, Ada beberapa cerita tentang kasus Kartu ATM tertelan.. Yukk mari dibaca ;

“suatu hari di sebuah atm mandiri di sebuah alfamart. Ada seorang bapak-bapak paruh baya melakukan transaksi di mesin atm. ATM Mandiri lebih tepatnya. Saya mengamati beliau dari belakang, dan memang si bapak terlihat agak kikuk menggunakan mesin ATM, mungkin karena baru pertama kali..

Dari belakang, si bapak ternyata mau ngambil uang. Kasusnya si kartu ATM sudah keluar, tapi entah kenapa si bapak malah melamun.. 10 detik kemudian si kartu masuk lagi.

Sontak si bapak teriak dan langsung menggeduk-geduk samping layar mesin ATM dengan keras. 

Saya yang di belakang langsung menatap dengan delikan mata besar karena kaget.. “loohhh pak kenapa??” tanyaku.. “ATMnya masuk nggak mau keluar mas. Gimana yah?? Uangnya juga belum keluar” jawab si bapak dengan muka bingung, khawatir, dan panik.

Setelah beliau telepon pihak CS dan dicek saldonya ada berapa. Ternyata duit yg diambilnya barusan sudah terecord padahal duitnya belum terambil.. Nah lhooo"

Beda lagi cerita teman saya yang katanya ikhlas… 

Ceritanya dia baru saja menerima gaji pertama dan mau transfer ke rek. Kakaknya. Tapi entah kenapa sewaktu masukin nomor PIN, layar mesin blank dan tertulis “masukkan ATM anda” jedeerrr… kaget dan bingung karena kartu baru saja ditelan. #pengalaman pertama bagi dia katanya.

Segera telpon cs bank terkait untuk pemblokiran. Pada saat dicek saldonya sebanyak 1 juta telah ditransfer ke rekening lain. Padahal dia belum melakukan transfer apa-apa.

Lebih koplaknya lagi, sewaktu laporan di banknya. Dia cuma minta bikin kartu ATM baru tanpa menceritakan masalah saldo yang ke transfer ke rekening lain. Siapa tau tindakan phising.. Iyah nggak??

Lebih toilnya lagi, dia malah bilang ke saya “saya ikhlas bang”.

Whattt??? 1 juta diikhlasin.. Udah kaya orang kaya aja temen saya satu ini.. Padahal sebenarnya hati dia menjerit.. Hahah #ketawa jahat

PENYEBAB KARTU ATM TERTELAN

Penyebab kartu ATM tertelan bisa macam-macam… diantaranya adalah :

Kelamaan ngambil kartu ATM yang keluar dari mulut ATM menjadi salah satu penyebab kartu ATM tertelan. Mesin ATM sudah diatur sedemikian rupa agar keamanan terjaga. Kartu yang keluar di mulut mesin ATM, jika dalam 10-20 detik tidak diambil maka akan masuk kembali ke mesin dan tak bisa dikeluarkan.

Ada juga yang disebabkan karena Mesin ATM error akibat listrik padam seketika. Kasus seperti ini biasanya jarang, karena yang saya tahu jika listrik padam. Kartu ATM akan otomatis keluar.

Penyebab terakhir karena mesin ATM rusak. Kasus seperti ini pernah terjadi pada teman saya. Pada saat itu. 5 kartu ATM tertelan di mesin yang sama karena mesin error. Herannya orang-orang yang tertelan kartunya tidak mengingatkan yang lain.. Ehhhmm mungkin biar nggak sendirian.. Haha

YANG BISA DILAKUKAN KETIKA KARTU ATM TERTELAN

Jangan panik

Segera telepon CS bank terkait untuk pemblokiran kartu

Segera menuju bank cabang terdekat untuk meminta pembuatan baru kartu ATM. Jangan lupa bawa KTP dan buku tabungan.

Note : kartu ATM yang tertelan tidak bisa dikeluarkan lagi.

“kalau KTP sama buku tabungan hilang bagaimana??”

Kalau kasus seperti ini, anda harus buat KTP terlebih dahulu mau tidak mau. Kemudian baru ngurus buku dan ATM di bank terdekat.

Oke.. Sekian dan terimakasih

Semoga bermanfaat

lahir era tahun "95" menjadikan seorang bayu, pria mochi semakin beranjak umur. Punya hobi ngedekem di kamar setiap 'weekend' akibat suka-duka mencari segenggam rezeki.


Terimakasih kepada Allah SWT yang telah memudahkan segala jalan yang gue tempuh. Terimakasih juga karena telah mengirimkan special persons ; teman-teman gue, rekan-rekan kerja gue, dan keluarga yang perfect banget yang selalu menyokong gue untuk selalu maju ke depan.

Semoga apa yang gue saat ini kerjakan bisa bermanfaat buat gue dan orang lain. Aminn. wish me luck!! thank you xoxo

2 komentar

Mohon bantuanya min, barusan saya ambil uang trus kartu atm nya lupa aku cabut, aku udah sampe rumah baru inget kalo atmnya belom aku ambil, solusinya gmna itu min, soalnya itu atm bapak aku yg lagi kerja di taiwan, buku rekeninya dibawa sama bapak aku, cuma di tinggali atm saja diruma, atm pun juga atas nama bapak saya, mohon bantuanya min

Waduh itu gmana yah... atm yg lupa di ambil sih yah harus bikin kartu atm lagi. Cma pembuatan kartu atm butuh orang yg bersangkutan sih..

Atau gini aja, coba dlu dateng ke banknya. Terus coba di ceritain... gmana yg seharusnya kita lakuin..

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon