Rabu, 08 Juni 2016

Konsumsi Teh dan Kopi Saat Sahur Bisa Bikin Cepat Haus, Apa Iyah??

Alhamdulillah kita ucapkan karena masih dikasih kesempatan hidup buat ikut andil dalam kemeriahan bulan suci penuh keberkahan ini.

Sebelumnya saya mau mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankan. Semoga di bulan ini kita mampu mengimplementasikan segala kebajikan yang sekiranya mampu kita jalankan.. #Hahaha bahasanya agak tinggi. Lakukan kebajikan sebanyak-banyaknya karena bulan ini merupakan bulan penuh keberkahan dengan pahala yang berlipat-lipat. Semoga kita termasuk di dalamnya. Aminnn
Teh yang katanya bisa membuat haus pada saat puasa nanti. Via pixabay.com

Oh iyah,,, dalam artikel ini kita akan mencoba membahas tentang pertanyaan dan spekulasi yang muncul ditengah-tengah kita khususnya dalam bulan ramadhan.

Pertanyaannya sih simpel yaitu ;

“Benar nggak sih minum teh atau kopi pada saat sahur dapat membuat kita lebih gampang haus pada saat siang hari??”

Hhmm benar nggak yah?

Baik…

Kita coba diskusikan.

Banyak orang beranggapan bahwa minum teh atau kopi disaat sahur bisa membuat kita cepat haus di siang hari.

Sebenarnya anggapan itu ada benarnya. Banyak pakar bilang bahwa teh dan kopi bisa membuat kita mengalami efek diuretik atau efek dimana kita sering bolak balik kamar mandi untuk buang air kecil sehingga tubuh mengalami dehidrasi karena cairan yang terus dibuang dikala pagi hari.

Tapi ada beberapa pakar juga bilang bahwa teh sebenarnya tidak menimbulkan efek diuretik jika konsumsi pada saat sahur tidak berlebihan. Malah mereka menganjurkan untuk minum teh tawar di sahur karena kebermanfaatan kandungan antioksidan dalam teh.

Ingat yah teh tawar. Mereka percaya bahwa kandungan gula pada teh manis lah yang sebenarnya membuat efek diuretik pada tubuh kita.

Info dari Ratna Somantri Pemerhati teh..

Sedangkan dalam kopi, efek diuretik disebabkan karena kandungan kafein yang terkandung di dalamnya. Kopi memiliki kandungan kafein yang jauh lebih tinggi daripada teh.

Kalau ditinjau dari pendapat saya. Sebenarnya teh dan kopi memang bersifat diuretik tetapi tentu tidak menjadi masalah selama yang kita minum hanya satu gelas dan tidak terlalu manis dan juga diimbangi dengan konsumsi air putih minimal 2 gelas saat sahur. Jika terjadi haus pada saat siang hari saya anggap biasa karena namanya juga puasa. Rasa haus anggap saja cobaan selama puasa. 

Kalau efek diuretik terjadi saat selesai sahur akibat minum teh atau kopi, menurut saya malah menguntungkan karena kebiasaan orang yang tidur setelah sahur sehingga kadang kebablasan hingga meninggalkan solat subuh. Sehingga efek diuretik menjadi menguntungkan karena tidur kita jadi nggak nyenyak deh.. Hehehe

Sebenarnya nggak cuma teh dan kopi yang menyebabkan cepat haus. Tapi juga konsumsi makanan asin seperti ikan asin atau telor asin atau ayam asin atau konsumsi garam secara berlebihan juga mampu membuat kita cepat merasa haus karena kandungan garam dalam tubuh yang mengikat air sehingga rasa haus pun muncul akibat pesan dari otak bahwa tubuh memerlukan cairan.

“Lalu sebaiknya makan apa pas sahur?”

Sebaiknya makan batu…. Hahaha

Ben lama itu dicernanya. Hehe #maaf gargil

Pakar gizi bilang. Sahur merupakan faktor yang paling menentukan kondisi tubuh pada saat puasa nanti. Jika makannya sembarangan seperti makanan sejuta umat paduan yin dan yang (mie goreng dan nasi) sudah jelas rasa lapar cepat terasa dan cepat membuat tubuh terasa lemas.
Panduan yin & yang.. Lezat dan nikmat sih tapi nggak sehat. Via siputnews.com

Mereka menyarankan untuk konsumsi makanan seimbang seperti karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin. Semuanya terkandung dalam nasi, ayam atau telor, sayur dan buah. Jangan lupa air putih juga.
Demikian… dan selamat berpuasa.



lahir era tahun "95" menjadikan seorang bayu, pria mochi semakin beranjak umur. Punya hobi ngedekem di kamar setiap 'weekend' akibat suka-duka mencari segenggam rezeki.


Terimakasih kepada Allah SWT yang telah memudahkan segala jalan yang gue tempuh. Terimakasih juga karena telah mengirimkan special persons ; teman-teman gue, rekan-rekan kerja gue, dan keluarga yang perfect banget yang selalu menyokong gue untuk selalu maju ke depan.

Semoga apa yang gue saat ini kerjakan bisa bermanfaat buat gue dan orang lain. Aminn. wish me luck!! thank you xoxo

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon