Kamis, 04 Agustus 2016

Adsense itu Nggak Semudah yang Kalian Kira!!!

GoAnzen ni... hahahah
Sebenarnya sama sekali nggak ada hubungannya antara kata diatas dengan apa yang pengen gue omongin disini yah. Karena pasal goanzen ni ini bukan yang pengen gue omongin melainkan ada hal lain.

Entah kenapa, hari itu tepatnya tanggal 3 bulan 8 tahun 2016 gue nggak bisa tidur karena terus terpikir tentang satu topik yang banyak orang menyangka bahwa itu manis tetapi kenyataannya tidak begitu.

ngetik via pixabay.com
Apa itu???

Yaitu tentang adsense.

Iyah adsense! Sebuah program yang dirintis oleh Google dalam menampilkan iklan di setiap channel web dan youtube milik pribadi ataupun instansi.

Adsense sendiri memiliki sistem bagi hasil berupa uang sebagai penghasilannya yang membuat banyak sekali orang mencoba untuk mengadu nasib dengan adsense yang katanya bisa menghasilkan penghasilan hingga ribuan dollar perbulan. Iyah ribuan dollar per bulan!! Angka yang sangat fantastis sekaleee...

Bayangkan jika penghasilan kamu 1000 dollar perbulan dengan kurs rupiah 13000. Bisa kamu bayangkan berapa rupiah yang kamu dapatkan dalam sebulan dengan hanya modal ketikan jari atau akting yang cetar??? sangat Fantastis bukan?

Karena rumor seperti itulah banyak orang berbondong untuk terjun ke dunia ini!

Bahkan gue menjadi salah satu korbannya. -_-

Mungkin kalau sebagai penonton yang nggak berkecimpung langsung sama adsense, kalian pasti bakal ngomong kaya gini sama kaya temen-temen gue “lo kan ngeblog pasti duitnya banyak lah!!”

Hah??? Kalau duit banyak mah gue kaga perlu kerja lagi. Cukup dengan ngejogrok dirumah itu duit udah dapet.

Nggak gitu. Adsense memang menghasilkan uang tapi penghasilannya nggk sedramatis itu. Malah faktanya mencari uang lewat adsense itu WOW sekali susahnya. Memang nggak lelah secara fisik, tetapi lelah secara mental dan pikiran sangat terkuras.

Gue sendiri udah hampir 2 tahun main adsense dan penghasilannya yah memang patut disyukuri. Tapi belum sebesar itu. Dulu,, Pas awal disetujui adsense, gue berhasil mengumpulkan 123 dollar dalam 9 bulan. Iyah 9 bulan yang artinya 3 bulan lagi jadi setahun.

9 bulan gue ngetik ini itu, dan hasilnya perhari pun yah segitu. Bahkan 1 dollar perhari saja nggak nyampe. Bahkan pernah suatu hari, kalau dikurs’in malah cuma 500 perak perhari.

Dulu malah nyerah, karena bosan dan pusing kepala gegara setiap hari punya target 1 artikel yang harus terbit. Akhirnya 5 bulan main adsense, gue berhenti dan blog gue hapus tanpa sebab. Sayang kan?? Tapi karena sangking stressnya makanya blog gue hapus meskipun pada akhirnya gue menyesal.

Baru setelah lulus kuliah, karena status gue nganggur dan nggak ada kesibukan lain selain makan, tidur, sama nyari lowongan akhirnya gue rilis ini blog dalam rangka ngisi waktu luang. Awalnya cuma nulis biasa, cerita-cerita pengalaman manis atau pahitnya kehidupan. hehe

Baru jalan sekitar 1 minggu terus gue kepikiran tentang akun adsense gua yang sempet mangkir. Yaudah tanpa pikir panjang langsung gue link ke blog ini. Mulailah penghasilan datang secara perlahan namun pasti.

Jujur, pas ngerilis ini blog nggak pernah gue pikirin masalah penghasilan sama sekali karena motif nulis gue saat itu bukan karena uang melainkan cuma pengen nulis doang. Jadi ngeblog masih lanjut sampai sekarang, walaupun akhir-akhir ini jarang ngepost karena sudah mulai kerja jadi susah mau bagi waktunya.

Ini kali yah perbedaan antara nulis karena uang dan nulis karena ikhlas! Semangatnya susah luntur malah bikin ketagihan nulis karena senang bisa sekalian mencurahkan isi hati dalam sebuah tulisan, yah walaupun subjeknya sering diganti nama orang lain. Hehe

Sekitar jalan 3 bulan ngeblog di blog baru dan sekalian melanjutkan adsense. Nggak nyangka penghasilan sudah nyampe angka payout. Alhamdulillah. Penghasilan pertama dari blog tiba juga.
Setelah nerima penghasilan pertama gue sempet terpikir “bisa nggak yah payout setiap bulan?”

Gara-gara uanglah yang mulai merubah motif nulis gue. Huftt.. gue mulai ngebut lagi bikin artikel satu hari satu demi mengejar target bisa payout tiap bulan. Tapi ternyata susah pake banget.

Gue pernah nanya sama penayang adsense lain, dan ternyata mereka nggak cuma mengelola satu blog melainkan banyak blog. Makanya sedikit diantara mereka bisa menghasilkan ratusan bahkan ribuan dollar perbulan.

Sempat terpikir pengen ikutan buat blog banyak. Tapi gue nggak mau, karena gue percaya bahwa gue belum mampu. Terkadang gue aja masih bingung sendiri mikirin apa yang pengen gue tulis. Makanya mulai saat itu gue mencoba meyakini diri gue sendiri buat nulis dijadikan sebagai hobi saja, bukan penghasilan. Yah hitung-hitung kalau dapat uang dari adsense anggap saja hadiah atau upah dari nulis. Dengan demikian, ngeblog jadi lebih menyenangkan.

Tapi gue punya rencana kedepan buat bikin blog yang dikenal banyak orang kaya hipwee.com. tapi itu masih jangka panjang jadi nggak usah buru-buru yang terpenting saat ini adalah fokus sama kerjaan baru gue dan blog wowcang.com ini.

Demikian kisah gue...

kesimpulannya adalah nyari uang di blog atau di youtube itu bukanlah suatu hal yang mustahil tapi juga nggak semudah seperti apa yang dibayangkan. Kalau kalian mau cari uang secara cepat, ngeblog gue rasa bukan jalan yang tepat. Jadi mendingan kerja aja kalau kalian butuh uang cepat. Oke???


Terimakasih telah mampir

lahir era tahun "95" menjadikan seorang bayu, pria mochi semakin beranjak umur. Punya hobi ngedekem di kamar setiap 'weekend' akibat suka-duka mencari segenggam rezeki.


Terimakasih kepada Allah SWT yang telah memudahkan segala jalan yang gue tempuh. Terimakasih juga karena telah mengirimkan special persons ; teman-teman gue, rekan-rekan kerja gue, dan keluarga yang perfect banget yang selalu menyokong gue untuk selalu maju ke depan.

Semoga apa yang gue saat ini kerjakan bisa bermanfaat buat gue dan orang lain. Aminn. wish me luck!! thank you xoxo

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon