Sabtu, 24 September 2016

Ini Akibatnya Kalau Kalian Meniup Makanan dan Minuman yang Masih Panas

Kebanyakan orang ketika dihadapkan pada makanan atau minuman yang masih panas, pasti secara refleks mereka akan melakukan hal lumrah yaitu meniupnya agar pas dan nyaman dimulut.

STOP tiup makanan panas, via buzzfeed.com
Padahal sudah banyak pakar mengutarakan bahwa meniup makanan atau minuman itu tidak disarankan dan bisa berbahaya bagi kesehatan.

Mengapa demikian??

Meniup makanan atau minuman akan memberikan peluang transfer kuman yang terjadi dari peniup ke makanan/minuman yang kita tiup.

Bisa kamu bayangkan apabila si peniup sedang makan bareng satu piring  dengan temannya dan meniup makanannya, padahal dia sedang sakit TBC atau flu atau tertular penyakit akibat virus, maka akan terjadi kemungkinan penularan virus tersebut ke makanan yang akhirnya dimakan oleh temannya.
Selain itu, ada yang bilang bahwa meniup makanan/minuman panas akan menyebabkan reaksi kimia yang terjadi antara CO2 (Karbondioksida) yang kita hembuskan dengan molekul air (H2O) yang ada dimakanan bereaksi yang menghasilkan H2CO3 (Asam Karbonat) yang dapat menyebabkan masalah jika masuk ke tubuh kita.

Yah walaupun reaksi ini belum tentu benarnya mengingat ada beberapa pakar yang berpendapat bahwa reaksi CO2 bersama dengan H2O hanya terjadi pada suhu dan tekanan tinggi untuk mencapai keseimbangan.

Sedangkan pembentukan H2CO3 pada kondisi suhu ruang terjadi secara lambat bila tidak ditambahkan katalisator.

Sebenarnya yang perlu diperhatikan adalah senyawa yang terkandung khusunya dalam minuman. Jika minuman tersebut menggunakan air yang ternyata mengandung kapur tohor (CaO) maka ketika kita meniupnya CO2 yang kita hasilkan akan bereaksi dengan kapur menghasilkan CaCO3 (Batu Kapur) yang merupakan menjadi salah satu penyebab batu ginjal yang paling sering ditemui.

Lalu, kalau semisalnya makanan/minuman panasnya kita tempelin ke kipas biar cepet dingin, gimana???

Yah kalau itu beda dengan nafas kita. Kipas sih sama aja kaya angin alami. Hanya saja yang perlu di awasi itu adalah debu yang terdapat dalam kipas yang bisa masuk ke dalam makanan/minuman kita.
Terang Bapak Pramono ahli gizi RSUD Ulin Banjarmasin

lahir era tahun "95" menjadikan seorang bayu, pria mochi semakin beranjak umur. Punya hobi ngedekem di kamar setiap 'weekend' akibat suka-duka mencari segenggam rezeki.


Terimakasih kepada Allah SWT yang telah memudahkan segala jalan yang gue tempuh. Terimakasih juga karena telah mengirimkan special persons ; teman-teman gue, rekan-rekan kerja gue, dan keluarga yang perfect banget yang selalu menyokong gue untuk selalu maju ke depan.

Semoga apa yang gue saat ini kerjakan bisa bermanfaat buat gue dan orang lain. Aminn. wish me luck!! thank you xoxo

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon