Senin, 12 September 2016

Pakai Bahan Ini Biar Daging Jadi Lebih Empuk

Besok itu idul adha, dan moment kebagian daging kambing, sapi atau onta (kalau beruntung) bakal berjujal berebut tempat masuk kulkas. Mungkin musuh bagi beberapa orang yang punya kolesterol dan hipertensi, tapi surga dunia bagi pecinta daging kaya kalian yang baca ini artikel. Heheh

Daging merupakan salah satu menu favorit keluarga yang kaya akan akan protein hewani, lemak, zat besi, kalsium dan serat. Jadi bermanfaat banget sebagai cadangan energi dalam tubuh.

Di dunia ini ada banyak sumber daging yang biasa di olah. Khususnya di Indonesia yang lazim dimakan yah ayam, bebek, kelinci, kambing, kerbau dan sapi.

Dikarenakan moment ini bertepatan sama idul adha di tahun 2016, daging kambing, kerbau dan sapi adalah yang paling banyak ditemukan di hampir seluruh penjuru kulkas di rumah-rumah.

Rasa daging kambing, kerbau dan sapi memang tiada duanya. Tak seperti daging ayam yang mudah di olah. Mengolah daging kambing, kerbau dan sapi sudah menjadi tantangan tersendiri bagi para ibu di rumah, dan para anak muda yang amatiran.

Soalnya ngolah daging ini, terlebih daging kambing jika salah dikit bisa-bisa itu bau amis daging masih nempel di daging yang sudah masak, apalagi kalau yang dimasak alot yang malah bisa buat gigi kita sakit dan makan menjadi tak nyaman.

Daripada daging mubazir gegara nggak ada yang makan. Yuks ikut tips cara bikin daging empuk dan nggak bau prengus.

1. Coba Dengan Teh
Teh
Kandungan tanin dalam teh dapat membuat dagingmu lebih empuk. Buat larutan teh dengan warna yang pekat kemudia dinginkan dan rendam daging sapi selama sekurang-kurangnya 30 menit. Oh iyah tehnya jangan ditambah gula yah... wkwkwk

2. Jahe
Jahe
Kandungan enzim proteolitik pada jahe mampu mengurai ikatan protein dalam daging sehingga menjadi lebih empuk. Caranya cukup dengan parut jahe dan lumuri hingga rata dan diamkan selama 30 menit.

3. Pake Jeruk
Jeruk Lemon
Saran sih jeruk lemon atau jeruk nipis. Cocok banget buat daging kambing yang terkenal dengan bau prengusnya yang susuah hilang. Perendaman dengan perasan air jeruk yang merupakan asam mampu membuat tektur otot dan serat daging, selain itu bau amis daging juga ilang. Rendam selama kurang lebih 30 menit.

4. Ada Nanas Muda yang Siap Membantu
Rendam Daging dengan parutan nanas
Parutan buah nanas muda mampu membuat serat-serat daging menjadi lebih halus sehingga menjadi lebih empuk. Hal ini dikarenakan ada enzim bromelin yang cara kerjanya persis kaya enzim papain yang terdapat di buah pepaya.

Caranya cukup dengan mengolesi parutan nanas muda di daging dan diamkan selama 45 menit. Setelah selesai cuci dengan air bersih yah.

5. Adalagi Dengan Cara Membuat Daging Layu
Pukul pukul biar empuk
Masukkan Daging ke dalam freezer selama dua hari, setelah itu cairkan di suhu ruang tanpa perendaman dengan air. Daging setelah penyimpanan membuat daging lebih layu daripada hari pas daging diterima.

Tapi cara ini agak ribet, jadi saran mending pakai cara perendaman dengan bahan alami yang mudah didapatkan.

NOTE : biar daging kalian bisa lebih halus lagi, gunakan meat hammer buat ngerusak jalinan serat pada daging, setelah itu baru ke tahap marinasi dengan cara perendaman menggunakan bahan alami di atas.

Cukup sekian dan terimakasih, semoga masakannya semakin mantap.. heheh jangan lupa bagi-bagi sama tetangga yah :D

lahir era tahun "95" menjadikan seorang bayu, pria mochi semakin beranjak umur. Punya hobi ngedekem di kamar setiap 'weekend' akibat suka-duka mencari segenggam rezeki.


Terimakasih kepada Allah SWT yang telah memudahkan segala jalan yang gue tempuh. Terimakasih juga karena telah mengirimkan special persons ; teman-teman gue, rekan-rekan kerja gue, dan keluarga yang perfect banget yang selalu menyokong gue untuk selalu maju ke depan.

Semoga apa yang gue saat ini kerjakan bisa bermanfaat buat gue dan orang lain. Aminn. wish me luck!! thank you xoxo

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon