Rabu, 18 Januari 2017

Satu Kata Ajaib ini Yang Wajib Kamu Gunakan Ketika Buat Kesalahan

Nyayi dulu lahhh!!! “Setiap manusia di dunia pasti punya kesalahan, tapi hanya yang pemberani yang mau mengakui”……

hayooo lagu apa?? Yang bisa jawab tulis judul lagu di kolom komentar yah??

Yah semua orang tahu dan sadar akan hal itu. ‘’Everybody has ever done their mistakes.’’

keren tuh gini,, merenung alay di tengah-tengah huja.. syahddduuuu.. via pixabay.com
Banyak orang seperti kita-kita ini percaya bahwa semua orang pasti pernah melakukan kesalahan. Yah baik kesalahan yang dilakukan karena kita sudah terbiasa, yang tak disengaja, atau yang disengaja sekalipun seperti menyolong duit emak.

Tapi di sini, gue nggak mau ngomong tentang kesalahan yang disengaja ataupun kesalahan yang dilakukan karena terbiasa. Karena apa???

Karena menurut gue, 2 tipe kesalahan ini benar-benar merupakan kesalahan yang merugikan. Cuma bedanya kalau kesalahan yang dilakukan karena terbiasa itu tipe kesalahan yang dilakukan tanpa kesadaran orang terkait. Yah contohnya kaya orang yang suka ngomong besar, suka nyebarin aib yang nggak benar adanya atau sombong gitu. Jadi dia nggak pernah sadar kalau yang dilakuin itu salah, jadinya terus dilakuin sampai teman yang jadi korban cuma bisa ngegerutu di belakang. Hahahaha

#ngomong apaan sih gue???

Oke,, kembali ke topik.

Disini gue bakalan ngomongin tentang kesalahan yang dilakukan tanpa unsur kesengajaan karena sebenarnya kita nggak mau ini terjadi.

Tahukah kalian?? Faktor penyebab kenapa orang melakukan kesalahan??

Ada banyak hal penyebabnya, seperti kondisi tertekan, pengalaman pertama, atau bahkan akibat dari ceroboh.

Kesalahan memang sering menghampiri, tapi bagaimana kita menyikapinya itu yang masih membingungkan. Bahkan gue juga masih seperti itu… masih sering buat kesalahan.

Yahh namanya juga manusia. Normal kalau punya salah. Tapi kalau yang nggak punya salah, langka banget berarti.

Kesalahan pasti terjadi jika tak berhati-hati dalam bertindak, dalam berpikir, atau dalam berprasangka. Kesalahan juga terjadi ketika hati dalam suasana kisruh, atau di tengah tekanan yang sangat berat, atau ditengah keburu-buruan yang terjadi, dan lain sebagainya.

Tapi kalau sudah terlanjur kejadian dan berbuat kesalahan. Yah cuma ada satu kata ajaib yang bisa menyelamatkan kita dari kesalahan yang kita perbuat. Yah walaupun nggak secara langsung ngeluarin kita dari masalah akibat kesalahan yang diperbuat tapi setidaknya melalui ‘kata’ ini dapat meluluhkan suasana.
Kata apa itu??? Itu adalah Kata “MAAF”. #Nih gue tulis pake italic, bold sama underline biar lebih ngena di hati kalian.

Iyahh,, ‘Maaf’ adalah kata yang paling mujarab untuk membuatmu dan orang sekitarmu menjadi lebih tenang.

Kata maaf yang dilontarkan secara tulus, dan ekspresi wajah yang menandakan penyesalan mampu meredam segala macam emosi. Gue tahu bagaimana rasanya di marahin, karena marah itu yah sifat alami kita sebagai manusia dalam menyalurkan segala kekesalan, dan kekecewaan dalam hati.

Jika ada temanmu atau dosenmu atau orangtuamu atau bahkan bosmu marah-marah ke kalian, yah dicoba aja untuk selalu mengingat bahwa mereka itu marah bukan karena tanpa alasan. Pada dasarnya mereka itu cuma mau ngasih tahu bahwa apa yang telah kita lakukan atau omongkan itu benar salahnya.

Daripada nyinyir dalam hati ngomongin si bos yang hobinya marah-marah, yah mendingan kalau kamu dimarahin, dengarkan saja dengan ikhlas, dan akui serta tunjukkan penyesalan atas apa yang telah diperbuat dengan meminta maaf. Itu setidaknya lebih baik ketimbang kamu mengungkapkan beribu alasan yang nggak nyambung. Tapi kecuali kalau posisi kamu benar yah… itu beda lagi harus dipertahanin alasan kamu.

Ada lagu bilang bahwa ; ‘’Setiap manusia di Dunia, pasti pernah sakit hati. Hanya yang berjiwa satria yang mau memaafkan’’

Hayoo tebak judul lagunya??? Hahahaha

Oke cukup sekian, dan terimakasih telah mampir..

lahir era tahun "95" menjadikan seorang bayu, pria mochi semakin beranjak umur. Punya hobi ngedekem di kamar setiap 'weekend' akibat suka-duka mencari segenggam rezeki.


Terimakasih kepada Allah SWT yang telah memudahkan segala jalan yang gue tempuh. Terimakasih juga karena telah mengirimkan special persons ; teman-teman gue, rekan-rekan kerja gue, dan keluarga yang perfect banget yang selalu menyokong gue untuk selalu maju ke depan.

Semoga apa yang gue saat ini kerjakan bisa bermanfaat buat gue dan orang lain. Aminn. wish me luck!! thank you xoxo

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon