Rabu, 15 Februari 2017

Karena Nasi Goreng nggak Akan Sama Tanpa Bumbu Baceman Bawang

“mang-mang, rahasia bumbu nasi goreng babang apa sih??? Kok bisa enak banget!!” tanya seorang wanita muda yang super kepo...

Nasi Goreng buatan aku.... eggggg ngiplik deng ini buatan orang yang diambil di pixabay.com

“ahhh biasa mba, bawang putih sama bawang merah doang...” jawab santai babang nasi goreng langganan tempat biasa aku beli..

Mendengar percakapan itu, sontak dalam hatiku bicara... “ahhh ngipklik banget, perasaan kalau bikin nasi goreng bumbunya yah emang kaya gitu. Tapi tetep aja beda sama nasi goreng yang dijual-jual. Entah kenapa walaupun cuma nasi goreng telor. Rasa nasi goreng yang dijual di pinggir jalan lebih spesial rasanya dari pada kalau bikin sendiri.”

Kalau bikin sendiri mah biasa aja rasanya. Padahal udah pake resep TOP super kece yang ditemuin di internet. Tapi tetep aja.... “biasa”.. nggak terlalu menggungah rasanya.

Apa karena beda tangan kali yah, atau jangan-jangan bumbu nasi goreng mamang-mamang pinggir jalan pake ilmu goib bisa enak kaya gitu.. hahahahah #ada-ada saja..

Tidak puas karena jawaban mamang, si mbak langsung ambil posisi duduk di kursi plastik sambil memonyongkan bibirnya... hihih dasar wanita...

Aku yang juga Kepo langsung aja nyamber... “bang, bang Tejo kenal saya kan?? Pelanggan setia abang... hihihi” tanyaku sambil mengangkat alis mata berulang kali...

“iyah mas awan kan?? Yang sering pulang kerja malam-malam dengan baju kotor dekil bak kuli bangunan.. hahahah” ledek si mamang nasi goreng bernama Tejo.

“Aseemmm ik... mang”  tapi emang bener sih, nasib kerja di pabrik baru yang bikin aku tiap harinya musti pulang malam karena terus-terusan dapet jam lembur.. terdiam sebentar pembicaraanku dengan mas tejo, langsung aku sambung dengan bertanya “bumbu nasi goreng mamang. Buat sendiri apa beli di pasar???” tanya ku kepo

“Bikin sendiri lah... kalau beli pasti rasanya bakalan sama kaya pedagang lainnya. Kan jadi nggak enak” jawab bang Tejo sambil sibuk memainkan trik-trik spatula mengaduk nasi goreng yang harumnya bikin ini air liur numpuk di mulut.

“Abang pasti pake bumbu yang didiemin selama berhari-hari itu yah??? Apa jeh namanya ‘baceman bawang tah???” tanya ku penasaran. Mencoba untuk menguak rahasia bumbu sedap nasi goreng bang Tejo..

“hahahahaha,, iyah salah satunya itu mas.. kok tau toh??” jawab bang Tejo medok.. sambil menyodorkan bungkusan pesanan nasi goreng aku...

“iyah,, pernah baca aja di Internet...” jawabku sambil nyodorin uang 10 rebu...

Liat belakang, ternyata si mbak yang tadi penasaran senyum-senyum sendiri sambil sibuk dengan hapenya.. pikirku “ahhh paling lagi browsing nyari resep bumbu baceman bawang...hahaahhaah”

Kalian pernah denger bumbu baceman bawang???

Itu lohhh bumbu yang katanya resep turunan dari nenek moyang di tanah Jawa. Katanya sih bisa bikin nasi goreng terasa lebih harum dan nikmat.

Apalagi bahan dan cara buatnya gampang banget... cuma butuh Minyak Tanah ehh minyak sayur sama bawang puting dan kemiri..

Nanti bawang putihnya sama kemirinya dicuci bersih, abis itu dielap sampai sisa air cuciannya ilang. Abis itu di cincang kasar. Terus dimasukkin ke wadah atau toples kaca yang ada tutupnya.

Tambahin minyak sayur sampai campuran bawang dan kemirinya terendam, terus ditutup. Dan dibiarin sampai 2-4 hari lamanya di suhu ruang yang terhindar dari sinar matahari secara langsung.

Jadi deh.... baceman bawang yang bisa bikin nasi goreng kamu spesial banget..

Oh ya,,, katanya semakin disimpan lama semakin enak rasanya. Tapi kalau aku sih biasanya maksimal cuma 4 hari.

Oh ya yang masih bingung aku punya video trialnya.. bikin sendiri lohhh... :D

and hasilnya emang kerasa beda banget dari aromanya sama rasanya... lebih harum dan gurih rasanya. endes kok... hahahaha

Makasih udah mampir



lahir era tahun "95" menjadikan seorang bayu, pria mochi semakin beranjak umur. Punya hobi ngedekem di kamar setiap 'weekend' akibat suka-duka mencari segenggam rezeki.


Terimakasih kepada Allah SWT yang telah memudahkan segala jalan yang gue tempuh. Terimakasih juga karena telah mengirimkan special persons ; teman-teman gue, rekan-rekan kerja gue, dan keluarga yang perfect banget yang selalu menyokong gue untuk selalu maju ke depan.

Semoga apa yang gue saat ini kerjakan bisa bermanfaat buat gue dan orang lain. Aminn. wish me luck!! thank you xoxo

6 komentar

kadang aku juga sering mikir ginmana caranya nasi goreng bisa buatan sendiri seenak buatan mamang-mamang

Iyahhh... Ternyata beda tau mas klo pke bumbu baceman bawang...

Makan nasi gorengnya sambil ngeliatin aku mas. Pasti rasanya kaya nasi goreng hotel bintang 5

nasi goreng downgrade yang ada.. sepettt mas.. hahahah

Aahh.. bikin ngences lihat nasi gorengnya.

yah dicoba mas resepnya... jarang2 kan eksperimen masakan sendiri..

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon