Rabu, 15 Februari 2017

Peristiwa Subuh

Suatu malam nan sangat sepi, tak satupun suara terdengar terkecuali hanya sesekali suara gemuruh yang saling bersahut-sahutan. Maklum cuaca mendung tanpa hadirnya sang hujan.

Jam di dinding menunjukan pukul 3 pagi. Aku bergegas beranjak dari kasur bersprei dengan corak bunga kuning untuk mematikan jam weker yang kuletakkan di atas meja samping kasurku yang berbunyi nyaring berusaha membangunkanku.

Gambarnya nggak nyambung brayyy... via pixabay.com
Aku berencana untuk solat malam malam ini, menghadap dan meminta ridho serta petunjuknya atas kegelisahan yang terjadi padaku. – hahah curcol

Baru menuju pintu keluar kamar untuk berwudhu tiba-tiba “kriiinggg kriiinggg kriiinggg” suara hp berbunyi ada telepon masuk.

Kuambil hp xiaomi redmi note 3 pro yang terbaring diatas kasur, dan terpampang tulisan “jono calling”.

“ngapain nih anak nelpon tengah malem buta kaya gini” gerutuku dalam hati.

“halooo, assalamualaikum... gimana jon???” kataku langsung

“wan,, lo dimana?? Dirumah nggak?? Gue tidur dirumah lo yah?? Kunci kontrakan ilang nih,, baru balik kerja” jawab jono dengan nada panik

Gue yang masih setengah sadar cuma bisa mengiyakan..

“iyahhh,, kesini aja nanti kalau udah nyampe depan rumah telpon yah. Biar gue bukain pintu pagarnya” jawabku sambil berjalan keluar pintu kamar yang membawaku pada area jemuran untuk berwudhu.

“iyahh,,, gue udah didepan rumah lo kok wan” samber si Jono.

“Hahh???? Buset cepet amat...” Kaget ngedenger posisi Jono yang ternyata udah di depan rumah.

Aku langsung menyusuri turun tangga menuju lantai bawah dan bergegas mengambil kunci dan membuka pintu rumah dan pagar. Kudapati si Jono yang lagi duduk menahan si Tajil motornya yang spesial itu sambil nyengir ditengah malam. Nggak tau apa kulitnya hitam legam pekat tenggelam di gelapnya malam.... hahaha jadi yang keliatan giginya doang.

Kubuka pager besar-besar biar si Tajil bisa masuk dengan leluasa, maklum halaman depan rumahku kecil dan udah diisi 2 motor. Jadi si Tajil harus berusaha mati-matian biar pager bisa di gembok pas si Tajil udah masuk.

Geser sana geser sini pun tak dapat terelakkan...

“kan nggak muat... udah taruh luar rumah aja. Nggak ada yang mau ngambil lagian... hahahahh” kataku asal.

“iiihhh jangan lahh, udah tau lagi musim maling. Bisa-bisa raib ini sahabat lamaku...” jawab si Jono penuh penghayatan..

“ahhh pagi-pagi aja musti olahraga gini yah geser-geser motor....” keluhku males gerak...

Setelah selang beberapa menit ngatur posisi terbaik Tajil akhirnya pintu pagar ketutup juga. Langsung kupasang gembok. Dan kunci pintu depan rumah..

Aku dan Jono naik tangga menuju kamarku di lantai atas.

“Bruaaaakkkk...” lempar tas si Jono sambil lari merebahkan badannya diatas kasur..

“uuuhhh seleseehh yah Jon langsung tidur, spreiku bau apek tuh kena keringet bekas kerjamu.. hahahaha” ledekku..

“Gue diruangan ber-AC kali kerjanya, nggak kaya lo ngurusin baja panas...” tukas si Jono ngebela..
Sial... bener juga tuh anak... dia kerja di bagian QC sih jadinya nggk panas-panasan... “tapi tetep aja,, sana mandi dulu.. nanti gue pinjemin kaos gue. No celana dalam yah. Lu pake mode Side A B C D aja.. hahaha” jawab gue sambil ambil wudhu dan ambil handuk serta kaos...

“yooooo... ini mandi, sabun sampo sikat gigi ada kan??” Tanya Jono malak...

“ada noh sikat WC... hahahaha” jawabku ngasal

Lanjut ambil sajadah dan kumulai solatku...

Dari belakang,, si Jono mulai mengganggu kekhusukanku dalam berdoa.. Dia cekikikan bak nenek lampir yang ada di film jaman dulu itu. Entah apa gerangan yang dia ketawakan.

Selesai berdoa, gue bangkit dan memberesi  sejadah serta sarung sambil melotot ke arah si Jono.. “lo ngapain ketawawin gue.. orang lagi solat geh malah diketawain”

“lu solat apa wan?? Solat Isya?? Masa jam segini baru solat isya!!” tanya si Jono

“Solat Tahajud not” jawabku singkat..

“tumbbeeeennn?? Hahahahaah” ketawa jahat si Jono

“Ya Allah jon, kamu itu loh orang solat malah dibilang tumben.. dosa tau... di azab lu entar” jawabku asal banget.. sambil ngelempar bantal ke muka si Jono.

Jono langsung ambil posisi paling pojok deket dinding dan bersiap untuk nyebrang ke dunia mimpi...

“heh udah jam 4 tau, 1 jam lagi adzan subuh... nunggu napa malah tidur!!” bilangku ke Jono..

Tapi si Jono malah nggak gubris dan terus ngegeletak terbaring diam tanpa suara.

Sekejap kamar jadi sunyi yang sesekali terdengar gemuruh geluduk samar-samar dan suara burung malam melintas di atas rumah.

Kuambil novel “Lupus” yang baru saja kupalak dari temanku si Kete dan lanjut baca sambil posisi tiduran sebelah Jono diatas kasur yang seharusnya hanya ditempati oleh satu orang. Serius baca sambil ditemani lagu “Tightrope” by kelly clarkson yang tentangnya itu ajib banget, makin menambah syahdu suasana hatiku yang lagi berawan.

Lohh kok jadi melankolis gini yah suasananya.. gara-gara lagu nih gue jadi Baper.. kepikiran masalah yang abis aku curhatin ke Allah.

Kulihat sebelah,,, Si Jono malah asik tidur, sepertinya dia udah nyebrang ke dunia mimpi yang entah apa ceritanya. Udah gitu ngorok lagi.. hahaha tapi si watak Jono kalau sedang tidur sih aku nggak kaget soalnya udah tau dari zaman baheula.. yahh namanya juga sahabat.

Entah kenapa!!! Kalau udah yang namanya dengerin lagu bergenre Blue-blue kaya gini ditambah suasana hati yang lagi kacau, gelisah, dan berawan kaya gini. Ya udah suka kebawa suasana yang aduhai gitu. Yah beginilah kekuranganku suka baperan gitu kaya cewek.. ahhaha gue juga heran sama gue sendiri.

Bergalau sambil ditemanin novel dan lantunan lagu yang merdu. Nggak nyangka ternyata udah terdengar suara adzan subuh aja... betah juga yah gue baca buku pagi buta kaya gini hampir sejam sambil ditemenin lagu dalam headset.

“heh bangun lo jon... udah subuh, ayoo jamaah. Biar pahalanya banyak...” gue berusaha untuk bangunin si kebo Jono yang kalau udah merem paling susah buat di summon. Jono masih nggak menunjukan kesadaran.

Berkali-kali nepuk, berkali-kali mukul. Si Jono tetep anteng tuh.. cama dibales sama geliat-geliat yang nggak jelas gitu. Yaudah ada ide gue langsung aja ambil wudhu dan air di telapak tangan.

Masuk pintu kamar dan “Byurrr” kujatuhkan air dari genggaman tangan tepat di muka si Jono.

Jono yang super kelabakan, kaget masang ekspresi wajah kaya orang super linglung cuma bisa ngejogrok natap dengan pandangan kosong.

“ehhhh ayo solattt subuh” ajak gue sambil cengengesan ngeliat ekspresi si Jono yang bikin mau ketawa sekencang-kencangnya. Kondisinya sih masih pagi, coba kalau udah siang yah gue ketawa sekencang-kencangnya ngeliat ekspresi Jono yang datar nggak banget.

Ehh si Jono malah masih masang muka linglung gitu.. jangan-jangan kesambet kali yah dia. heheh

Gue yang sedikit khawatir langsung ambil posisi melambai-lambaikan tangan di depan muka si Jono. Si Jono cuma merubah pandangannya berpaling ke muka gue dan natap gue dengan tatapan datar bin bingung..

Wadduhhh jangan-jangan dia Self-Distortion lagi.. pikirku agak lebay.

“ehhh Jon,,” ku goyangkan tubuh si Jono. Waduhhh gaswatt ni anak beneran konslet..

“Jon... Jon... Jonoooo....” begitu ku panggil sambil menggoyangkan badannya si Jono berulang-ulang sangking khawatirnya. Tapi si Jono nggak nyahut dan diam tanpa suara.

Sumpahh aku malah jadi kelabakan rungsing sendiri mendapati si Jono cuma duduk diam di atas kasur dengan pandangan kosong begitu.

“jangan-jangan si Jono kesurupan” pikir batinku ketakutan..

Langsung kuambil Al-Qur’an kecil dari lemari bukuku. Dan kubuka Ayat Kursi kemudian kubacakan di depan si Jono...

Tatapan Jono masih kosong, tapiii.. terlihat guratan pada bagian pinggir bibir si Jono. Dan kemudiannn....

“HUAHAHAHAHAHAAHAHAHAHAHAAHAHAHAHAH....” ketawa hebat pecah menggelegar di seluruh penjuru kamarku.. iyah si Jono ketawa kaya orang yang nggak punya dosa..

“Sialan lu Jon,, lo nakutin gue....” teriak gue sambil gue tenggul-tenggulin si kepala Jono. Uhh kalau bukan negara hukum aja, udah gue jeduk-jedukin dehh itu kepala.. hahahaaha

“koplak yahh lo udah bikin gue sport jantung...” jawabku agak kesel....

“tapi yakin wan,, liat muka lo itu nggak banget... kaya orang lagi nahan poop. Hahahahaha somplaaakkkk...” ledek si Jono sambil cengengesan riang.

“uhhh gue totok juga nih orang.. nih muaaaakan niihhh bantal...” lempar 2 bantal sekaligus ke muka Jono.

“udahhh ayolaah solat, gue tinggal nihh!!” pukas gue kesel sambil make sarung...

“Iyah-iyahh,, ini ambil wudhuuu.. hahahahah” jawab si Jono dan masih ketawa terbahak-bahak..

Tapi sumpah lucu siihhh kalau dipikirin, sejenak gue berpikir apa ini yah jawaban Allah ke gue.. gue yang lagi kelabu gini hatinya, dikirim si Jono sobat karib gue yang bisa bikin cekikikan ketawa yang buat hati ini riang kembali.. hahaha

Sumpah pengalaman subuh yang hiruk bangettt.. hahahah

lahir era tahun "95" menjadikan seorang bayu, pria mochi semakin beranjak umur. Punya hobi ngedekem di kamar setiap 'weekend' akibat suka-duka mencari segenggam rezeki.


Terimakasih kepada Allah SWT yang telah memudahkan segala jalan yang gue tempuh. Terimakasih juga karena telah mengirimkan special persons ; teman-teman gue, rekan-rekan kerja gue, dan keluarga yang perfect banget yang selalu menyokong gue untuk selalu maju ke depan.

Semoga apa yang gue saat ini kerjakan bisa bermanfaat buat gue dan orang lain. Aminn. wish me luck!! thank you xoxo

7 komentar

Itu cara Allah menghibur kamu, Bay.. Lagi sedih2 nya, eh ada aja yang datang bikin ketawa.

Suka sama gaya nulis kamu. Kayak bisa imagine gimana situasinya. hehe

Follow blog aku juga dong.. www.theamazingjasmi.com

Thanks and salam kenal ^^

Iyahhh... hahah kocak emnk... heheh

Iyahh salam kenal juga yah

Sesekali baca ceita kayak gini bagus untuk melancarkan sirkulasi darah ke otak. hehehe

Itu si Jono coba diajak casting sinetron. kali aja mujur. ^^

Lah kenapa si Jono yg mesti jdi artisnya.. enak banget yah dia?? Wkwkwk

Itu ppinter akting kayak 'kesurupan' pandangan kosong gitu. hahaha.. atau diajak casting stand up comedy cocok kali yak..

Preetttt....

Paling kejadian aslinya, sebelum subuh kalian berdua mandi junub bareng. Iyakan???

mandi junub sih apaa??? masih polos kaga ngerti yang kaya begituan.. wkwkwkwwk

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon