Minggu, 05 Februari 2017

Mau Makan Pizza, Duit Nggak Ada?? Yuk Cobain Resep Pizza Sederhana ini

Buat kita yang nggak berduit dan suka pizza. Mungkin makan Pizza hanya bisa dilakukan setidaknya yah paling sebulan sekali. Apalagi mahasiswa, mungkin kudu nabung dulu biar bisa makan pizza di pizza hut. Iyah nggak sih???

Kayanya lebay deh, soalnya harga pizza yang medium di pizza hut kan cuma kisaran 60-80 ribuan. Hahahah…. Cuma tetep aja bagi mahasiswa kan makan 80 rebu itu udah terbilang gede.

“Lohhh tapi kan makannya barengan. Siapa juga yang mau makan pizza satu Loyang gitu??”

Iyah juga sih…

Ehh tapi tau nggak sih?? Daripada beli, ternyata kita bisa bikin pizza sendiri tau di kosan atau dirumah yang ternyata bahannya itu mudah dicari dan lebih murah.. yah itung-itung bisa sambil belajar juga. Siapa tahu nanti pas lulus bisa jadi pengusaha pizza yang sukses. Hahhaha Amin

Ternyata untuk bikin pizza kamu cuma butuh bahan-bahan yang bisa kamu beli hanya dengan pergi ke pasar atau minimarket terdekat. Toppingnya juga bisa milih sendiri, bentuknya juga.. kan jadi bisa kreasi sambil belajar masak bareng teman-teman.

Lebih seru kan???

Nih resepnya :

Adonan Pizza :
Tepung terigu serba guna 250 gram (4000 rupiah)
Gula Pasir 1 sdm (bisa minta ibu KOS)
Garam 1 sdt (minta juga bisa)
Fermipan/Ragi Roti 1 sdm (merk fermipan harga 7000)
Air Hangat 150 mL (Gratis)
Minyak sayur 2 sdm (minta aja)

Total biaya buat bikin adonan = 11 rebu

Topping :
Saus Tomat 3 sdm (7000 rupiah/botol) + Saus Sambal 1 sdm (7000 rupiah/botol).. Saus Bolognese juga bisa tapi lebih mahal
Lada bubuk sejumput (1000 rupiah/sachet)
Bakso secukupnya (10 rebu 10 Biji)
Sosis (6000 isi 5)
Bawang Bombay sesuai selera (2000 dapet 2 biji)
Keju mozzarella sesuai selera (30 rebu merk Lokal)
Mau kasih jagung, jamur, tomat terserah…..

Total Topping = 63 rebu ++

Total Semua jadi 64 rebu ++ …. Murah kan??? Resep diatas bisa dibikin 2 Loyang ukuran Loyang 18 cm.

Cara Buatnya :
Pertama rebus air 150 mL sampai mendidih, kemudian tambahkan gula pasir 1 sdm dan aduk hingga larut.
Diamkan larutan hingga hangat-hangat kuku. Cara tesnya celupkan bagian punggung jari kelingking ke larutan itu. Bila terasa hangat-hangat enak berarti suhu sudah cukup.

Tambahkan Fermipan 1 sdm kedalam larutan itu. Biarkan selama 10 menit hingga berbuih tanpa diaduk. Tambahkan minyak sayur 2 sdm.

Setelah itu, tambah tepung terigu 250 gram dan garam 1 sdt. Dan aduk hingga kalis (tidak lengket di tangan). Kalau masih lengket bisa ditambah terigu lagi sedikit demi sedikit.

Biarkan selama 1 jam hingga mengembang  sambil ditutup kain lembab (dibasahi).

Bagi adonan menjadi 2 atau terserah. Kemudian taruh di Loyang yang udah diolesi sedikit minyak biar nggak lengket dan beri topping sesuka kalian. Yah bisalah dikreasiin bentuknya…

Mudah kan???

Tinggal di oven deh selama 15 menit pada suhu 180 oC..

Pizza pun siap dinikmati…

Penampakannya... yakin ini aku nyoba bikin sendiri

Nyoba sendiri juga...
Kalau nggak ada oven. Nggak usah khawatir. Kita masih bisa pakai Teflon. Jangan lupa ditutup biar panasnya merata. Oh yaaa api kompornya  yang kecil aja. Kecil banget….

Jadi dehhhh. Siap disantap… mudah kan???

kalau masih bingung, ini videonya :

lahir era tahun "95" menjadikan seorang bayu, pria mochi semakin beranjak umur. Punya hobi ngedekem di kamar setiap 'weekend' akibat suka-duka mencari segenggam rezeki.


Terimakasih kepada Allah SWT yang telah memudahkan segala jalan yang gue tempuh. Terimakasih juga karena telah mengirimkan special persons ; teman-teman gue, rekan-rekan kerja gue, dan keluarga yang perfect banget yang selalu menyokong gue untuk selalu maju ke depan.

Semoga apa yang gue saat ini kerjakan bisa bermanfaat buat gue dan orang lain. Aminn. wish me luck!! thank you xoxo

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon