Senin, 22 Mei 2017

4 Hal Utama Yang Harus Kalian Lakuin Saat Memilih Kerja Sambil Kuliah

Perhatian : yang nggak mau baca Intro mending langsung slide aja kebawah yang ada tulisan di BOLD KAPITAL

Percakapan antara 2 manusia aneh :

“kuliah itu penting bray!!”

“siapa juga yang bilang nggak penting -_-, tapi kerja lebih penting bray, soalnya mamake sama bapake nggak punya duit buat nguliahin -_-“

“yaudah kerja sambil kuliah bray”

“ribet bray!! Capek!!”

“yah mending bersusah-susah diawal lah bray daripada menyesal di hari tua nanti.. ingat YOLO (You Only Live Once)!!!”

#makjleb bertubi-tubi

Di suatu pagi dalam momen tak terduga. Niat gue untuk nekat pergi ke Jakarta harus membuahkan hasil yang tak diharapkan. Niat perjumpaan bersama teman dekat sewaktu kuliah dulu harus gagal karena musibah yang menimpa sahabatku satu ini.. #yang sabar yah...

Daripada balik lagi kerumah dengan hati yang sia-sia dan jarak serta ongkos yang lumayan juga ikutan sia-sia. jadi gue putuskan untuk ikut si Irwan buat pemberkasan calon mahasiswa di UP Jaksel.

“Ikut yah wan???” pake nada ngemis, pasang muka melas

“iyahhh bay” sambil ngangguk

Berhubung ini perdana ke Kp. Rambutan.. hahahah #bayu noraaakkk

Gue diajarin buat make aplikasi yang udah terkenal dari zaman rezim yang kefenomenalannya sama dengan prokontranya.. apa itu??

GOJEK.. hahahaah

perdana cuy pake jasa GOJEK dan asli sehari ngegunain jasa mereka. Gue puas sepuas-puasnya. Nggak heran sih kalau banyak yang suka. Selain simpel, harganya itu looohhhhh MURAAAHHH pake banget. Bahkan kalah sama ojek di Cilegon. Terminal sampe kerumah gue aja, itu mamang ojeg mintanya 20 rebu udah gitu mintanya pake maksa lagi. Malesiiinn

makasih GOJEK... #SALFOK #OOT

jalanan ke UP asli macet parah. Mungkin pas itu karena UP lagi dijadiin tempat buat UTULnya UGM jadi banyak Camah yang dateng kesana.

Pas sampai di depan gerbang  UP. Mata gue udah nyelinyir ngeliat jajanan di sebelah sana. Cuma kerena diburu-buru waktu takut si pusat pemberkasannya tutup. Jadi ditahan dulu deh.

“Bay mau makan dulu??? Lu kan baru makan roti” tanya Irwan

Dengan nada sok setrong, gue jawab “nggak ahh masih kenyang  lanjut aja ini kan udah hampir jam satu. Ntar jam 2 tutup loh.. belum ngantrinya” padahal mah  #krucuk-krusuk suara perut bunyi... hahah

Nyampe sana ternyata si para staff masih istirahat. Disana juga ada anak-anak yang lagi nyari kuliahan gitu dianter sama mamahnya.. hahaha #jadi inget masa lalu..

“Wan, nanti kuliah yang bener lohh!! Awas kalau putus di tengah jalan.. gue tabokkk lu!!” hahahaa sambil nunjukin kepal tinju gue yang melegenda

Begitu isi pesan yang gue sampein ke Irwan, rekan kerja sekaligus sahabat paling muda setempat kerja gue kayanya #hhmmmm o.O. Umurnya masih 17 eh 18 cuyyyy tapi kerjanya udah...... ;) yahhh gitulah... wkwkwkw

Kuliaahh.. via pixabay.com
Gue tau kalau kuliah sambil kerja itu nggak semudah yang orang-orang bayangin. Yahh bayangin aja coba, kita mesti ngejalanin 2 aktivitas yang levelnya itu sama-sama prioritas di waktu yang terbatas. #whuuiitt.

Apalagi ditambah kalau tempat kuliahnya yang kaya Irwan yang mesti nempuh 3 jam perjalanan pake Bis. Belum lagi harus uji adrenaline dulu kalau semisalnya dapet Bis yang sopirnya itu kaya orang kesetanan.

Berat cuyy...

Prosesnya panjang lagi, 4 tahun lohh buat nyelesaiinnya. Butuh konsistensi dan komitmen yang harus dijaga selama 4 tahun.. nah lohhhh!!

Tahu sendiri 4 tahun itu 48 Bulan atau 1460 hari atau 35040 jam.. coba bayangin... hahahah #mampus lu wan!! Wkwkwk

~Jam istirahat selesai.~

Si mba dengan paras yang cantik datang dan duduk dimeja ehh dibangku belakang meja.

“Bay lo disini aja, gue mau ngobrol cantik nih sama mbanya...”

“yahh sana, pacarin sekalian!!!” gerutu gue

Dari kejauhan, gue perhatiin apa yang mereka lakuin dan apa yang mereka bicarakan. Biasalah cuma ngisi-ngisi formulir dan ttd di atas materai. Sesekali si Irwan juga nanya tentang perkuliahan gitu terutama kejelasan waktu kuliah karena alasan dia buat kuliah disana yah katanya waktunya bisa fleksibel.

Usut punya usut yang gue simpulin, ternyata jadwal kuliahnya agak berbeda dengan apa yang selama ini dia pahami.. wah wah

Harus unjuk diri nih... kebetulan si Irwan juga ternyata irit kata-kata, katanya si malu.. hahah polemik anak muda. jadi, Ikutlah gue nimbrung ngobrol sama mbanya biar makin jelas.

Nah dari sini gue simpulin ada HAL YANG HARUS KALIAN PERHATIKAN JIKALAU KALIAN SUDAH YAKIN BUAT KERJA SAMBIL KULIAH.

1. Pastikan Dulu Jadwal Kerja Kamu

Ini penting yah, karena kerja juga prioritas. Apalagi kita yang udah dikasih kepercayaan sama pihak perusahaan. Yahh nggak bolehh dong kalau nggak maksimal.

Demi kenyamanan, pastikan dulu jadwal kerja kamu. Biar nantinya nggak ada yang dikorbanin.

2. Tentukan Pilihan Tempat Kuliahmu

Kalau kalian tipe orang yang gampang males, gampang capek. Jadi mending nyari kuliahnya yang deket-deket aja. Biar nggak ribet.

Tapi kalau emang kualitas tempat kuliahnya yang juga kamu perhatikan. Yahh pilihlah kampus yang bagus dan menjanjikan. Nggak ada salahnya juga kok.

3. Sebelum Daftar, kamu pastiin dulu jadwal kuliah di tempat kuliah yang mau kamu ambil

Nggak cukup kalau cuma baca atau denger kabar burung dari orang. Mending kalian dateng atau telpon ke tempat kuliahnya dan gali informasi sebanyak-banyaknya yang berhubungan sama jadwal kuliah.

Karena bukan apa-apa sih, berhubung kuliah itu pake duit. Kan kita nggak mau dong kalau *naudzu billah sampai putus di tengah jalan karena alasan sepele yaitu waktu yang tabrakan. Sayang duitnya. Yah emang sih duit hasil sendiri cuma yahh sayanglah duitnya kan nggak dikit.

4. Biaya Kuliah

Biar nggak ngerepotin orang tua. Tanyalah biaya kuliahnya... cukup terjangkau dan mampukah kita. Itu yang mesti kita tinjau dan pikir kembali.

Kalau semua udah deal dan sesuai sama apa yang kamu harapkan. Tinggal Apply deh..

Sisanya cuma komitmen dan konistensi yang bisa nentuin semuanya.. happy kuliah.

Setelah kita ngobrol-ngobrol. Si Irwan cukup jelas dengan jawaban si mbanya yang cukup memukau bagi dia.

Yaudah pamitan, salam hangat sama mbanya dan langsung melipir keluar UP. Lari deh cus ambil duit, dan jajan tahu granat harga 2000an di depan UP.

“bang 20 rebu yahhh....” gue asal jeplak dengan mata berbinar-binar karena bakal nerima 10 tahu granat yang rasanya ternyata nggak terlalu endes... Hiksss... tapi masih enak sih

Tapi Sayang masih penasaran sama sate sotong yang katanya enak banget... ;(( hikks

Besok kesana lagi lah....

Selesai menghamburkan uang buat jajan makan berlemak. Caw deh ke Ragunan via GOJEK.. asli ini juga perdana ke ragunan... wkwkwkwk

lahir era tahun "95" menjadikan seorang bayu, pria mochi semakin beranjak umur. Punya hobi ngedekem di kamar setiap 'weekend' akibat suka-duka mencari segenggam rezeki.


Terimakasih kepada Allah SWT yang telah memudahkan segala jalan yang gue tempuh. Terimakasih juga karena telah mengirimkan special persons ; teman-teman gue, rekan-rekan kerja gue, dan keluarga yang perfect banget yang selalu menyokong gue untuk selalu maju ke depan.

Semoga apa yang gue saat ini kerjakan bisa bermanfaat buat gue dan orang lain. Aminn. wish me luck!! thank you xoxo

8 komentar

yang jadi pertimbangan waktu kuliah sambil kerja ya begitu lah ya bro... bentrok jadwal kuliah sama jadwal kerja. Apalagi, kalau ada kelas pengganti dadakan :")

Jadi kepengen kuliah lagi...

kalau udah kaya gitu itu,, disni saya kadang merasa sedih.. hahahah

hayoo kuliah lagi mumpung masih ada kesempatan.... hahaha

Kalau saya sih dulu kurang bisa bagi waktu antara kulian sama kerjaan.

iyahhh betul mas.. susah banget apalagi kalau kerjanya udah shift2an. -_- disitu saya kadang merasa sedih

Dulu dari D3 nyambung ke S1, saya pun sambil kerja. Cuma kuliahnya weekend sih, kerja juga libur. Capeknya emang luar biasa, haha...

Gojek? Sowreee gw udah selingkuh sama Uber....

Temen gw banyak noh, kerja sambil kuliah

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon