Jumat, 12 Mei 2017

6 Hal yang Nggak Boleh Kamu Lakuin Kalau Lagi Punya Masalah

Hidup di dunia ini, nggak ada yang namanya lepas dari masalah. Bahkan bayi yang baru lahir aja udah menghadapi masalah berupa kesulitan-kesulitan seperti komunikasi, berjalan, makan, dan lain sebagainya.

Iyah nggak??

Karena sebenarnya....

Hidup ini proses guys... betul nggak sih??

Kalau masalah sepele aja udah  berhasil buat kita nyerah yah kita nggak bakal bisa berproses. Karena hanya masalah lah yang sebenarnya bisa bantu kita buat jadi pribadi yang lebih baik dan lebih berpengalaman pastinya. #Wedjann.. hahahha

Banyak orang di luar sana yang mengkategorikan masalah menjadi 2. Besar dan kecil. Tapi kalau menurut gue pribadi sih dua-duanya itu sebenarnya standarnya sama, nggak ada yang namanya masalah kecil atau berat. Yang beda itu cuma solusinya aja yang mudah atau susah buat dicari.. hahahah

Tapi walaupun demikian, semua masalah pasti punya jalan keluar kok. Kitanya aja yang harus berpikir secara objektif, dan nggak berpikiran ke hal-hal negatif yang bisa bikin kita makin cemen.

#SOKTEGAR #SOKBIJAK #SOKPUITIS -__-

Disini gue nggak mau sih ngomongin hal-hal atau tips-tips bagaimana cara terbaik buat ngadepin masalah. Karena topik kaya gitu udah terlalu mainstream dan banyak di internet yang udah nulis atau ngebahas kaya begituan. Lagian kalian juga pasti udah tahu harus bagaimana..

So disini gue cuma mau nyampein tentang hal-hal yang NGGAK BOLEH kalian lakuin kalau semisal kalian lagi dirundung masalah. Baik yang berat atau ringan.

Check this out ;

1. Jangan pernah yang namanya nyiksa diri!!
Punya masalah bukan berarti kamu harus ngurung diri di kamar selama berhari-hari, makan nggak kekontrol, nangis seharian, dan akhirnya jatuh sakit.

Masalah yang terjadi nggak bisa buat jadi alasan buat kamu ngunciin diri dari dunia luar. Berlarut-larut dalam masalah nggak akan nyelesaiin apapun. Yang ada malah makin runyem urusannya.

Masalah yang terjadi sebaiknya segera diselesaikan dan segera analisis agar masalah tersebut tidak terulang kembali. Coba refleksi diri apa yang menyebabkan masalah itu terjadi.

2. Jangan lampiasin masalahmu ke orang yang tak berdosa
Bayu : “ndri,,, boleh minta tolong nggak??”
Andri : *pake nada tinggi “apaan sih lo?? Nggak tau orang lagi pusing apa?? Kerjaan gua belum beres njir!!”
Bayu : “hah?? Lo kenapa sih?? Gue kan mintanya baik-baik, nggak bisa bantu bilang kali halus-halus nggak usah pake otot” *balik dengan hati kesel
Kalau udah kejadian di atas sampai terjadi, ya udah masalah yang nimpa kamu bisa jadi makin ngerembet kemana-mana. Belum lagi si bayu ngegosip ke temen kerja lainnya dan temen kerja lainnya jadi terpengaruh dan ogah berhubungan sama kamu.

Kalau udah gini kamu mau sama siapa lagi??

3. Boleh Curhat tapi jangan lebay please...
Mau bangun simpatik teman jangan sampe deh kamu ceritanya dramatisir. Sampe nangis-nangis teriak-teriak nggak jelas. Kalau mau nangis mendingan di kamar dulu aja. Tangisin masalahnya sampai hati tenang baru deh curhat ke teman buat minta pendapat.

Biar kamu nggak di bilang cengeng. Tegar dong. Masalah gitu doang.. hahah

4. Jangan sampai masalah ngaruhin profesionalitasan kerja kamu
Kerja yah kerja harus fokus. Nggak boleh namanya kamu ngebawa masalahmu ke tempat kerja. Mikirin masalah itu selama kerja yang bisa bikin kamu badmood seharian dan nggak fokus. Apalagi kalau tempat kerjaanmu itu agak berbahaya. Naudzubillah deh kalau sampai kejadian kecelakaan kerja.

5. Jangan masang wajah datar, wajah kesel, atau wajah apapun itu yang nggak enak dilihat
Jangan masang muka gini,, sereeemmm .. via pixabay.com
Tahu kamu punya masalah, tapi nggak berarti itu muka harus ikutan berubah juga.

Tahu nggak sih, gimana orang lain pas semisal nyapa baik-baik ke kamu terus yang kamu lakuin malah cuma cembetat cembetut masang muka ngeselin. Apa orang lain itu nggak bakal ngerasa serba salah. Malah parahnya lagi bisa-bisa dia juga ikutan badmood terus tiba-tiba ngediemin kamu tanpa alasan.

Nggak ada gunanya tau masang muka yang kaya gitu. Jadi nggak perlulah nunjuk-nunjukin muka kesel kamu semisal kalau lagi dirundung masalah. Yang ada bukannya masalahnya selesai malah makin runyem.

Kalau butuh temen cerita, yah bilang. Nggak usah maunya di peka’in mulu.

Kalau nggak ahli nyembunyiin lewat raut wajah. Mending belajar deh.. hehe

6. Nggak boleh ngerasa kalau masalah yang nimpa kamu itu berat seberat-beratnya
Ingat yah,, di bawah tanah masih ada tanah, diatas langit juga masih ada langit... masalahmu berat, masih ada yang lebih berat..

“so get up and rise up!!!”

Bye.. xoxo


lahir era tahun "95" menjadikan seorang bayu, pria mochi semakin beranjak umur. Punya hobi ngedekem di kamar setiap 'weekend' akibat suka-duka mencari segenggam rezeki.


Terimakasih kepada Allah SWT yang telah memudahkan segala jalan yang gue tempuh. Terimakasih juga karena telah mengirimkan special persons ; teman-teman gue, rekan-rekan kerja gue, dan keluarga yang perfect banget yang selalu menyokong gue untuk selalu maju ke depan.

Semoga apa yang gue saat ini kerjakan bisa bermanfaat buat gue dan orang lain. Aminn. wish me luck!! thank you xoxo

8 komentar

Pas banget ni tulisan dengan keadaan gue sekarang.

nomor 2 telak banget tuh. Biasa kalau punya masalah, orang memang suka nyalahin orang lain seakan mencari kambing hitam :")

Satu lagi~~~ jangan bikin status sok sedih, sok paling menderita di sosmed. Apalagi nyindir2 'si akar masalah', nyampe war-war ngga jelas, eu, BIG NO.

cuma bisa pukpuk lewat tulisan mas.. hahah

emang bete banget kalau ada orang yang kaya gitu,,, hahahh

poin yang bagus mba... betul bnget. kadang nggak abis pikir tujuannya apa kali yah.. ahahah

Yah itulah hidup. Nggak tiap hari happy terus walau maunya sih gitu, haha... Kalau lagi ada masalah baiknya memang cerita ke orang yang paling dipercaya, dan bisa ngasih solusi minimal diam nyimak, bukan sibuk menghakimi.

Gw merasa punya masalah kalo rekening di tabungan udah menipis...

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon