Sabtu, 05 Agustus 2017

Tips-tips Bermanfaat Buat Kamu yang Kerja Shift

“Hoaamzzzz..” keteteran lagi kan bay???

“yahhh seperti itulah”

Semangat buat nge blog akhirnya kendur lagi. Yah begitulah namanya juga manusia. Selalu saja ada batu buat ngalauin kita jauh-jauh dari yang namanya konsisten dan komitmen.

Nggak cuma blog aja yang keteteran. Bahkan, gue ngerasa sepertinya urusan sosial pun gue ngerasa menjauh. Yah gimana nggk??

Temen-temen gue terbengkalai begitu aja setiap mereka ngajakin gue kumpul.

Malah yang lebih parahnya lagi, gue sampai kelupaan acara pernikahan temen.. “ohhh sh*t..” hahha

“Maaf yahh”

Kalau kaya gini gue mau nyalahin siapa??

“yahh salahin diri sendiri lah bay!! Lonya aja yang males dan nggak bisa bagi waktu... iyah kann??” sisi positif gue mencoba menyadarkan... “well, iyah juga sih :o”

Sejak 2 minggu yang lalu, tepatnya tanggal 26 Juli 2017. Perusahaan tempat gue bekerja, memberlakukan  jam kerja shift. Tipenya long shift, 9 jam kerja yang terdiri dari 2 shift. Jam 7 sampai jam 5 dan jam 5 sampai jam 3 pagi. #whatt??

adek lelah bang... wkwkwkw via pixabay.com
Yah kalau di omong masalah shift, ini kali pertama gue kerja di shift. Kalian tanya gimana??

Yahhh begitulah. Ngantuk yang paling nggak bisa dibendung setiap kali gue masuk shift 2. Soalnya gue buka tipe pengopi, dan gue nggak terbiasa buat bales dendam tidur di kala pagi harinya.

Apalagi ditambah list to do yang harus dilakuin sehabis pulang gawe seperti cuci baju, dll. *maaf curcol dikit.

Kerja di shift memang benar cukup menguras tenaga. Apalagi yang kerja gue yang dipabrik. Sudah cukup menambah beban kerja yang mesti dikeluarkan setiap harinya.. wkwkkw

Gue nggak bisa apa-apa selain nyari tips sana sini bekerja shift agar nggak menganggu kerja gue. Tetap profesionalitasan nomor utama... hahahah #gaya lu bay.. jijik gue dengernya.

Oke, well.. ini dia tips yang bisa lo lakuin buat lo yang bekerja shift.

Shift Pagi

Jangan Pernah Melewati Sarapan, Apalagi melewati Mandi Pagi

Jelas 2 hal sepele ini bisa ngaruhin aktivitas kalian pas kerja nanti. Mandi bisa ngebuat lo segar, nggak ngantuk dan nggak bau iler. Wkwkwk dan sarapan sudah pasti bisa ngebuat lo semangat karena kerja lo nggak bakal keganggu karena perut yang tiba-tiba bunyi. Selain itu, kerja otak lo juga jadi maksimal.

Jika Besok Mesti Kerja Pagi-pagi sekali, Yah Tidurmu Harus Lebih Awal

Atur jam tidur kalian sebaik mungkin.. bila perlu Hitung jamnya dan usahakan kalian dapat 6-8 jam istirahat. Dengan gini kalian jadi nggak ngantuk pas kerja *tapi mau diapain juga tetep aja ngantuk pas kerja.. hahahaha dilema manusia

Ritual-ritual ini Mungkin Bisa membantumu :

Pas bangun tidur minum segelas air putih

Rendamlah kakimu di air hangat sehabis pulang bekerja

Hindari langsung mandi begitu setelah bangun tidur. Usahakan ada rentang waktu 30 menitan atau lebih. Di waktu tersebut gunakan untuk baca buku, nonton video pendek yang unik atau lucu, atau dengerin musik, olahraga ringan, dll yang berfaedah.

Jangan lupa Ibadah buat ngindarin lo dari perasaan bersalah dan nggak tenang

Shift Malam

Ketika kalian bekerja dengan shift ini, otomatis akan menghancurkan segala ritme yang telah tubuh sesuaikan.

Hal yang bisa kita lakukan adalah membohongi ritmenya seperti yang gue baca dari beberapa artikel.
Fakta : Kerja malam dapat mempengaruhi tekanan darah, kadar kolesterol , daya ingat serta kerja sistem otak.
Untuk itu, kegiatan sepele seperti mengatur jadwal kegiatan kita sangatlah dianjurkan demi mengutamakan kesehatan. Yah walaupun efeknya sedikit.

Seperti biasa, sebelum berangkat kerja pastikan makan terlebih dahulu.

Dalam sistem tubuh dikenal ritme sikardian atau ritme waktu yang diperlukan tubuh untuk menentukan pola makan dan tidur.

Jika kalian shift malam, dan bertemu jadwal istirahat di pagi hari hingga siang hari. Maka, hal ini perlu diperhatikan guna kualitas istirahat kalian dapat terpenuhi dan tak terganggu.

Istirahat yang baik untuk umur kita adalah 6-8 jam istirahat tanpa jeda, tanpa tidur bangun – tidur bangun. Istirahat yang baik adalah momen ketika tubuh kita masuk ke mode Deep Sleep dimana jantung berdetak lambat, suhu tubuh menurun di mode ini lah regenerasi sel terjadi.

Demi terciptanya kualitas tidur yang baik setelah shift malam, maka jangan biarkan kalian :

Tidak makan sebelum tidur, usahakan makan terlebih dahulu setelah pulang bekerja guna menghindari perasaan lapar di tengah tidur kalian

Terekpos cahaya terlalu lama, *guna mengelabui ritme sikardian #sayangnya sistem shift di negara kita berubah-ubah. Selang 2 hari atau satu minggu. Sehingga untuk mengelabui ritme sikardian ini sangatlah tidak mungkin karena butuh waktu untuk membuat tubuh terbiasa

Tidur dengan kondisi ruang yang terang, usahakan tidur dalam kondisi segelap mungkin

Bila perlu jangan biarkan orang rumah menyelinap bolak balik masuk kamar kalian agar tidak menganggu tidur kalian

Suhu ruangan tidak terlalu sumpek. Jika kamar kalian di lantai 2 yang terkena sinar matahari langsung. Ada baiknya kalian tidak tidur di kamar itu, karena akan membuat kalian tak nyaman. Minjamlah kamar adikmu atau kamar siapapun yang sekiranya masih nyaman buat dipakai istirahat di kala siang hari.

Atau mungkin bisa nabung buat beli AC akan tetapi bakal berefek pada tagihan listrikmu.
Oke cukup sekian dan happy kerja shift.. xoxo

lahir era tahun "95" menjadikan seorang bayu, pria mochi semakin beranjak umur. Punya hobi ngedekem di kamar setiap 'weekend' akibat suka-duka mencari segenggam rezeki.


Terimakasih kepada Allah SWT yang telah memudahkan segala jalan yang gue tempuh. Terimakasih juga karena telah mengirimkan special persons ; teman-teman gue, rekan-rekan kerja gue, dan keluarga yang perfect banget yang selalu menyokong gue untuk selalu maju ke depan.

Semoga apa yang gue saat ini kerjakan bisa bermanfaat buat gue dan orang lain. Aminn. wish me luck!! thank you xoxo

3 komentar

Kalau saya mah, makan dulu sebelum tidur. Hehehe....

Tipsnya bagus intinya sih harus pandai pandai ngebagi waktu hehe

saya kalau kena shift malam dari jam 10 sampai jam 8 pagi nah kalau pas mandi pagi itu jantung rasanya berhenti sejenak ketika kena air guyuran shower. apa mas juga pernah ngerasakan itu?

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon