Jangan Menyerah, Kita Berjuang Bersama Yah!

 Here I am.. sitting on the bench with same condition, and same problem...

Udah kali ke-5 di Tahun 2020 melihat beliau berjuang melawan penyakitnya. Udah kali ke-3 beliau memasuki ruangan merah untuk memperbaiki apa yang kami percaya bisa diperbaiki.

Hipertensi di tubuhnya serta Glukoma di matanya membuat kami harus bersabar lebih di tengah Tahun yang penuh ketidakpastian ini. Hanya doa, usaha serta kehadiran kami yang bisa kami berikan semampunya.

Pengorbanan segi immateril maupun materil sudah tidak kami pedulikan mengingat harapan kami hanyalah ingin melihat beliau kembali seperti semula meskipun harapan itu hanyalah sebuah Harapan yang mungkin hanya Mukzizat Yang Maha Kuasa yang mampu merubahnya.

Senyuman serta semangat beliau yang menjadi semangat kami untuk tidak menyerah dengan keadaan. Yah, walaupun kami sadar dibalik senyuman beliau ada sakit yang ditahan disetiap tidurnya.

Ya Tuhan, jika boleh Hamba meminta untuk memindahkan rasa sakitnya ke tubuh hamba. Jujur, air mata ini tak pandai kutahan melihat beliau terbujur lemas di rumah sakit. Bahkan di rumah sekalipun, Aktivitas beliau sudah tidak seperti sebelumnya dimana dibalik jari-jari tangannya mampu mengemban tanggung jawab keluarga ini sampai sekarang. 

Melihat kami para anaknya sudah tumbuh dengan sangat baik, walaupun kami sadar kami masih memiliki banyak kekurangan. Tapi, tak pernah kau lihat itu. Kami selalu menjadi yang terbaik di mata beliau.

Malam ini, ditengah sunyinya suasana dan hiruknya udara Kota Jakarta. Kulihat beberapa suster bersiap untuk kembali ke rumah mereka masing-masing. Mereka keluar melalui pintu utama berjalan bersama dengan lainnya lengkap dengan atribut kesehatan, saling melambaikan tangan.

Di ujung pintu utama tepatnya di parkiran mobil. Aku duduk di bangku bata melihat sedikit ke arah mereka dengan senyuman kecil di wajahku, kemudian kembali fokus dengan tablet yang kupegang untuk melanjutkan tulisan kecil ini.

Lantunan lagu Lady Antebellum - Cold As Stone berhasil menghanyutkan pikiranku yang sedang kemana-mana.

"Oh,,, sh*t" Begitu batinku mengingat pikiranku sudah melayang kemana-mana.

Pikiran tentang keadaan beliau, pikiran tentang pekerjaan yang kutinggalkan, pikiran tentang pertanyaan kenapa, bagaimana dan banyak hal berhasil mengacaukan pikiranku.

Begitulah Aku, dengan segala kekurangan yang terus berlebihan dalam berpikir. Ingin rasanya seperti orang lain yang bisa santai dalam segala hal. Tapi sejak dulu. Perasaan bersalah, perasaan untuk berpikiran yang nggak-nggak memang sudah menjadi kelemahanku.

Bahkan kondisi sekarang pun, sebagian pikiranku terus memikirkan "perasaan bersalah" karena sejak beliau sakit sudah berapa hari aku izin mangkir dari kerjaan. Bahkan Aku izin kepada mereka untuk memperbolehkan mengambil hak cutiku tahun depan alias berhutang cuti.

Yah, peraturan tetaplah peraturan. Selama semuanya masuk akal, Aku menawarkan sebuah solusi agar semuanya bisa saling terima. Toh, Urusan keluarga dan urusan pekerjaan memang sudah seharusnya dipisahkan. Rasanya egois saja jika urusan keluarga ku bawa di tengah urusan pekerjaan walaupun kusadar memang sulit untuk melakukannya.

Jadi, aku kembali izin untuk mengutamakan keluargaku terlebih dahulu. Aku yakin mereka leaderku, dan rekan kerjaku pasti mengerti.

Tidak terasa jam telah menunjukan pukul 23:21. Rupanya sudah hampir tengah malam. Lagu yang diputar dalam playlist "The Best of Lady Antebellum" sudah berputar kembali ke track awal.

Tulisan inipun sudah tak ada kemajuan lagi. Jadi, kuputuskan untuk mengakhirinya. Kututup tablet ini dan kembali ke pintu utama.

Tak lupa pula sebelum masuk untuk cuci tangan terlebih dahulu. Mengingat keadaan pandemi yang masih belum menunjukan adanya kebaikan. Kutorehkan senyuman ke petugas jaga dan kembali ke kamar beliau. 

Kulihat Ibu sudah tidur di sofa.

"Mau minum atau makan apa gitu pak??" Kutawarkan sesuatu ke beliau yang rupanya masih belum tidur.

Beliau hanya menggeleng. Kemudian kubetulkan sedikit selimut beliau.

"Insha Allah Besok pulang pak... Cepet sembuh yah" 

Kumatikan lagu yang berputar di headset ini.

This picture is for you da...

Bahkan aku tak tahu judul yang tepat untuk artikel ini apa...


Sibayukun
Sibayukun Pria mochi yang suka bergalau, suka ngemil, suka ngedekem di kamar, suka ngegambar, suka melamun, dan kadang cheesy. Hahahah

39 komentar untuk "Jangan Menyerah, Kita Berjuang Bersama Yah!"

Comment Author Avatar
Ya Ampun mas Bay.. Yang sabar yah.
Kok aku bacanya sedih banget. Semoga lekas membaik buat bapaknya. Amin. Saya jadi teringat almarhum Papah, berat banget buat kita nerima kabar beliau waktu itu.
Udah kerjaan mah nggak usah dipikirin. Keluarga dulu nomor satu.
Comment Author Avatar
Iyah makasih banyak yah Mba...
Iyah tetap keluarga nomor satu. Kerjaan mah nggak usah dipikir. hehe
Comment Author Avatar
Yang sabar ya mas Bayu. Aku juga pernah menunggu bapak maupun ibu yang kondisinya kata dokter sudah mengkhawatirkan, tapi Alhamdulillah berkat usaha dan doa semuanya akhirnya bapak maupun ibuku sembuh.

Mas Bayu jangan patah semangat, insya Allah bapaknya akan sembuh kembali.
Comment Author Avatar
Aminnn makasih banyak mas Agus... :)
Comment Author Avatar
tetap semangat mas, doakan yang terbaik untuk orang tuanya, mungkin ini saat yang tepat untuk membalas budi orang tua yang telah berjasa membesarkanmu :)
Comment Author Avatar
Iyah betul sekali buat Mas Khanif...
Comment Author Avatar
Ini kisah nyata ya mas...😟 saya paham. Bapak saya juga sakit glukoma, sedih tiap kali liat beliau jalan sambil meraba-raba ke depan, rasanya pengen nangis. Tapi menangis terus juga nggak guna. Hanya doa dan usaha yang sekarang bisa dilakukan. Saya juga berharao ada mukjizat dari Allah.
Sabar ya mas bay.... Seperti judulnya, kita semua berjuang bersama yah...💪😁
Comment Author Avatar
Iyahh,, kita samaan yah Mba Astria.. :'( Bener banget nangis terus nggak menyelesaikan masalah.. :)
Makasih yah mba... Semangat juga buat Mba Astria.. :)
Comment Author Avatar
selalu mbrebes mili aku kalau baca tentang orang tua

insyaAlloh sebentar lagi bapaknya mas bayu pulang ya dan bisa kumpul lagi dengan keluarga

ikut mendoakan dari sini juga, semoga nginapnya di rs ga lama-lama, orang rumah sudah kangen bapak pastinya 😊 dan yang lebih penting lagi, semoga mas bayu sendiri juga tetep jaga kesehatan dan tak lupa makan, karena kadang memang kalau menunggui orang terdekat sakit itu bawaannya kepikiran aja..#pernah ngalamin

tapi mudah mudahan sih bapak cepat membaik ya, aminnn
Comment Author Avatar
Amin Ya Rabb..
Makasih mba.. Iyah selalu mbrebes mili kalau udah bersangkutan dengan orang tua.
Comment Author Avatar
Mas Bayu 🤧🤧😬

Semoga bapaknya mas Bayu cepat sembuh dan bisa kembali berkumpul bersama keluarga tercinta. Dan semoga mas Bayu bisa tetap sehat agar bisa menjaga bapak saat dibutuhkan. Saya hanya bisa bantu doa dan mengaminkan doa-doa yang mas Bayu panjatkan. Semangat, mas!
Comment Author Avatar
Amin... Makasih Mba Eno.. :)
Comment Author Avatar
Yanga sabaaar ya mas Bayu, banyakin doa :). Minta yg terbaik dari Atas.

Tau banget gimana rasanya kalo orang yg paling kita sayang sedang sakit begini, apalagi di saat pandemi sedang mewabah :(. Semoga dikasih kelancaran dan kemudahan juga dari kantormu yaaaa, utk menemani bapak.
Comment Author Avatar
Aminn.. Makasih banyak yah Mba... :)
Comment Author Avatar
Semangat Mas Baaaayyy.. semoga Tuhan kasih yang terbaik ya, semoga Bapaknya segera pulih, sehat lagi. aku ikut doain kenceng banget di sini mas, lancar trs rejeki dan urusannya ya.. percaya, kl Tuhan Maha Baik :)
Comment Author Avatar
Iyahh Makasih banyak Mba Ella... hehehe
Comment Author Avatar

Semangat selalu buat mas Bayu, saya turut mendoakan semoga ayahnya cepat sembuh dan bisa berkumpul lagi dengan keluarga . Amin
Comment Author Avatar
Sabar ya mas Bayu... pahala seorang anak ada pada orang tuanya.
Aku ikut mendoakan semoga ayahnya mas Bayu cepat sembuh sehat kembali.
Pasrahkan segala sesuatu nya hanya pada NYA.
Tetap semangat selalu.. istigfar dan dzikir bisa membuat hati lebih tenang.
Comment Author Avatar
Siap Mba.. Makasih banyak atas doanya.. :D
Comment Author Avatar
Yang sabar. Dan terus berdoa. Saya pernah di posisi teman juga dulu. Stay strong.
Comment Author Avatar
Okee .. Makasih banyak yahh .. :)
Comment Author Avatar
Semoga bapaknya lekas sembuh, mas bayu..
Comment Author Avatar
Amin semoga beliau makin hari makin sehat ... Sehat juga mas Dodo, buat keluarganya juga.
Comment Author Avatar
Gambar itu...sudah mewakili segenap rasa yang ka Bayu alami. Tak banyak yang bisa saya ketik pada kolom komentar ini, semoga sang Bapak lekas membaik..Aamiin.
Comment Author Avatar
Iyahh.. Makasih banyak Mba Reski.. :D
Comment Author Avatar
Turut sedih bacanya.
Saya hanya bisa mendoakan semoga yang terbaik buat bapaknya ya Mas.
Bersabar.....
Comment Author Avatar
Semoga bapaknya cepat sembuh Bayu...
Comment Author Avatar
Iyahh Makasih yah Riza... :)
Comment Author Avatar
Semoga diberi kesembuhan ya Mas.. Juga semoga mas Bayu diberikan kesabaran dalam menghadapi situasi seperti ini.

Saya pernah mengalaminya beberapa tahun lalu dengan kondisi yang kurang lebih sama dengan mas.. Jadi saya tahu persis rasanya..

Malah saya pernah terpaksa tidur di kantor karena tidak tahan berjaga di RS..

Semoga yang terbaik diberikan kepada mas dan keluarga
Comment Author Avatar
Amin Ya Rabb.. Makasih banyak Pak..
Comment Author Avatar
gws y masbro buat ortunya
sabar dan tetap semangat ya
Comment Author Avatar
Iyahh.. Mkasih banyak yah Mas.. :)
Comment Author Avatar
Semangat mas, semoga keluarga bisa segera diberikan kesembuhan dan bisa beraktifitas seperti biasanya.. Lancar selalu untuk mas dan keluarga..
Comment Author Avatar
semoga beliau segera diberi kesembuhan seperti sedia kala,, aamiin..
Comment Author Avatar
Sabar dan tetap semangat ya Mas.
Semoga bapaknya segera sembuh. Aamiin...

Yukk.. Ngobrol!! Biar makin kenal😂