Rabu, 30 September 2015

12 Manfaat Berorganisasi Bagi Kamu Mahasiswa

Bagi beberapa mahasiswa, berorganisasi merupakan salah satu bentuk kesibukan yang memang patut untuk dilakukan. Bagaimana tidak berorganisasi memiliki banyak sekali manfaat bagi diri dalam meningkatkan softskill yang ada. Softskill ini nantinya akan sangat berguna sekali di dalam kehidupan yang lebih nyata. Selain mendapat peningkatan dari segi softskill melalui organisasi kita juga dapat bertemu dengan orang baru dan mungkin lebih hebat dari kita sehingga kita dapat memanfaatkan moment tersebut dalam rangka memotivasi diri.


Mahasiswa yang tidak berorganisasi mungkin seperti masakan tanpa bumbu, tidak ada rasanya sama sekali. Anda boleh saja pintar dalam segala mata kuliah namun jika anda tidak diimbangi dengan kehidupan organisasi semuanya mungkin akan percuma. Memang benar jika dalam kuliah kita harus serius, namun tentu di kesibukan kuliahmu ada suatu waktu luang yang dapat kamu tuangkan dalam kesibukan berorganisasi. Manfaat dari berorganisasi dapat dirasakan secara nyata ketika anda menginjak level kehidupan yang lebih tinggi. Jangan sampai anda menyesal dikemudian hari karena masa sekolah dan kuliah anda tidak dimanfaatkan dengan baik. Berikut merupakan 12 manfaat yang dapat anda dapatkan dalam berorganisasi :

1. Peningkatan dari segi komunikasi
Image Courtesy of Ambro at freedigitalphotos.net
Dalam kehidupan berorganisasi anda pasti akan merasakan dimana anda mulai menyampaikan suatu pendapat anda kepada orang lain. Umumnya perkataan ini bersifat sangat formal sehingga dapat meningkatkan diri anda dalam berkomunikasi dan pemilihan kata bahasa. Seperti pepatah mengatakan “kepintaran seorang tidak dapat dilihat dari betapa luasnya ilmu mereka namun dilihat dari bagaimana cara mereka berkomunikasi untuk menyampaikan ilmu tersebut”.

2. Segi mental juga mengalami peningkatan
Image Courtesy of Stockimages at freedigitalphotos.net
Menyampaikan pendapat di depan umum bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, memang terdengar sepele namun pernahkah anda melihat bagaimana cara orator menyampaikan pidatonya didepan umum dengan pemilihan bahasa yang dapat membuat hati tergerak. Tentu semua itu tidak mudah untuk dilakukan. Salah satu metode untuk dapat melakukan hal itu adalah dengan berorganisasi.

3. Rasa percaya diri yang meningkat
Image Courtesy of Stockimages at freedigitalphotos.net
Karena anda aktif dalam berorganisasi, sehingga rasa percaya diri anda akan meningkat pula. Pernahkah anda melihat seseorang yang maju kedepan untuk menyampaikan suatu presentasi terlihat bahwa dia gugup sehingga mengakibatkan seluruh apa yang dibicarakan menjadi ngelantur? Dengan organisasi anda dapat dengan santai melakukan presentasi karena hal itu sudah biasa anda lakukan dalam organisasi.

4. Berorganisasi = banyak teman
Image Courtesy of Stockimages at freedigitalphotos.net
Salah satu manfaat organisasi adalah banyak teman, karena organisasi inilah yang akan memepertemukan antara satu orang dengan orang baru. Dari situ jumlah temanmu akan bertambah banyak.

5. Berorganisasi akan membangun koneksi
Image Courtesy of Chatchai Stocker at freedigitalphotos.net
Dari kenalan-kenalan baru yang terjadi hingga akhirnya menjadi sebuah ikatan yang lebih dalam seperti partner atau sahabat atau lainnya, tentu saja mereka akan mungkin jadi koneksi yang baik ketika kamu lulus nanti, bisa kamu bayangkan ketika kamu melamar pekerjaan ternyata yang mewawancarai adalah dia.

6. Berorganisasi dapat menjadi sarana motivasi untuk kamu
Image Courtesy of Khromkrathog at freedigitalphotos.net

Dalam dunia berorganisasi kamu akan bertemu dengan orang-orang hebat sehingga akan membuat dirimu termotivasi untuk menggeluti organisasi kamu secara lebih dalam. Orang-orang hebat ini nantinya juga bisa menjadi koneksi kamu kelak.

7. Lebih pandai dalam menempatkan diri
Image Courtesy of Artur84 at freedigitalphotos.net
Berorganisasi bisa membuat kamu gampang untuk beradaptasi dengan lingkungan baru. Hal ini akibat dari kebiasaanmu di organisasi bertemu dengan orang baru, dan berbicara di depan umum tentu akan membuat dirimu sangat mudah menempatkan diri.

8. Melatih jiwa kepemimpinan kamu
Image Courtesy of ImageryMajestic at freedigitalphotos.net
Memimpin bukan jadi hal masalah jika kamu melibati diri dalam organisasi. Tentu dalam organisasi kamu akan sering melihat bagaimana seorang memimpin suatu acara atau rapat atau bahkan kamu yang pernah memimpin suatu acara tersebut. Terlebih jika kamu menjadi kepala suatu departemen atau ketua dari oraganisasi tersebut yang akan membuat jiwa leadership kamu semakin hebat.

9. Lebih mampu dalam memanajemen waktu
Image Courtesy of Zirconicusso at freedigitalphotos.net
Kesibukanmu karena kuliah dan organisasi membuat dirimu mudah untuk mengatur waktu yang ada. Kamu tentu akan bisa membagi waktumu untuk kuliah, tugas kuliah dan berorganisasi.

10. Membuat dirimu lebih menghargai waktu
Image Courtesy of Photostock at freedigitalphotos.net
Kebanyakan mahasiswa itu suka dengan jam karet, karena kehidupan organisasimu menuntutmu untuk selalu tepat waktu dan bekerja berdasarkan deadlines, tentu hal ini akan membuat dirimu lebih menghargai waktu yang ada dengan menggunakan waktu tersebut dengan sebaik-baiknya.

11. Membuat dirimu lebih terkenal
Image Courtesy of Serge Bertasius Photography at freedigitalphotos.net
Siapa sih yang gak mau dikenal? Mungkin manfaat ini tidak terlalu baik jika manfaat ini dijadikan tujuan utama dalam mengikuti kegiatan organisasi. Tapi tidak bisa dipungkiri jika anda mengikuti suatu organisasi akan membuat diri anda lebih dikenal dengan orang banyak karena eksistensi kamu lebih ada bila dibandingkan dengan mahasiswa biasa.

12. Membuat CVmu lebih berisi
Image Courtesy of Franky242 at freedigitalphotos.net

Ikut organisasi tidak salahnya bila pengalaman tersebut dapat dijadikan menu yang dapat disajikan dalam CV (Curriculum Vitae a.k.a Riwayat Hidup). Kamu harus sadar bahwa lulusan mahasiswa tiap tahunnya itu berjumlah ratusan bahkan ribuan. Kamu memiliki IPK Cumlaud? Banyak kok diluar sana mahasiswa yang memiliki IPK tersebut! Apalagi yang bisa kamu tunjukan selain nilaimu jika bukan pengalamanmu dalam prestasi dan organisasi. Faktanya para perekrut lebih memilih orang yang aktif organisasi bila dibandingkan dengan mahasiswa biasa yang memiliki nilai tinggi. Oleh sebab itu imbangi hardskillmu dengan diikuti oleh softskill karena sesungguhnya nilaimu hanya dapat mengantarkan dirimu lolos tahap administrasi.

lahir era tahun "95" menjadikan seorang bayu, pria mochi semakin beranjak umur. Punya hobi ngedekem di kamar setiap 'weekend' akibat suka-duka mencari segenggam rezeki.


Terimakasih kepada Allah SWT yang telah memudahkan segala jalan yang gue tempuh. Terimakasih juga karena telah mengirimkan special persons ; teman-teman gue, rekan-rekan kerja gue, dan keluarga yang perfect banget yang selalu menyokong gue untuk selalu maju ke depan.

Semoga apa yang gue saat ini kerjakan bisa bermanfaat buat gue dan orang lain. Aminn. wish me luck!! thank you xoxo

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon