Ketika Pekerjaan Menyita Habis Waktumu

Ketika kamu ngerasa dan sadar bahwa pekerjaanmu udah ngambil hidupmu seluruhnya...

Jadi lebih sering capek, berasa kaya nggak punya waktu, nggak ada mood buat main karena lebih milih buat tidur.

Terus kalau udah gini, kamu mau apa?? haha

Capek, via pixabay.com
yah begitulah... suka dukanya jadi karyawan, terikat kontrak yang lebih cenderung ngikat kita dalam segi waktu dan tenaga.

Terkurung dan terjebak dalam bayang-bayang perjanjian kerja 8 jam selama 5 hari. Belum lagi kalau ternyata pabrik tempat kamu bekerja menanamkan prinsip intense yang ngebuat waktu kerjamu nambah 2 jam jadi 10 jam kerja selama 5 hari..

Capek??? Bosan?? suwung?? mungkin beberapa dari kita mengeluhkan hal itu. Gue termasuk... hahahah

but,, hell nooo!!

Secara pribadi gue malu, karena semua itu masih belum cukup buat gue.

Gue bukan orang munafik. Sama seperti kalian, ada beberapa momen saat gue ngerasain agak kesal karena jam kerja yang gue anut 10 jam kerja sehari. Apalagi jadwal kerja gue yang berubah tiap ganti shift.

Otomatis kita yang masih muda yang masih sering rindu buat liburan atau sekedar nongkrong bareng teman, jadwalnya jadi makin kacau dan selalu salah. Saat gue libur, eh mereka nggak libur. Saat mereka yang libur, gue yang nggak. Waktu kita jadi sering salah.

Tapi karena liburan itu kebutuhan jadi sebisa mungkin harus ada yang dikorbanin. ngambil cuti semisalnya atau lebih buruknya yah you know what I mean, kaya bolos kerja mungkin.

Tapi gue nggak. 3 tahun bekerja di ini pabrik. Gue nggak pernah bolos. Setiap nggak masuk pasti selalu jelas. Imbasnya sisa cuti gue tahun ini -5. hahaha.

Kalau kalian tanya kenapa? lebih suka jawab karena tanggung jawab, plus gue orangnya nggak enakan. Daripada gue bolos kerja terus liburan disaat hati yang merasa bersalah karena bolos. Mending ngambil cuti, liburan terasa lebih lega.

Menurut gue, manusia itu makhluk paling rentan dan labil. Kalau dibilang hati dan pikiran manusia itu gemerusuh sana sini.

Dulu, pas belum kerja. wahhh.... rela ngelakuin apa aja demi menggaet sebuah pekerjaan. Ada yang sampai begadang, keliling kota buat naruh lamaran sana sini, bahkan sampai ada yang pakai cara licik dengan cara pelicin.

Giliran udah kerja, yah awalnya semangat 45 berkobar dalam dada. Seiring waktu berjalan semangatnya berubah jadi semangat buat keluar dan cari kerja baru dengan berbagai alasan. Ada yang karena nggak cocok, atau kerjaannya berat dan capek atau kebutuhan mereka jadi makin tinggi dan mengharapkan penghasilan yang lebih.

Salah nggak sih?? Nggak salah sih menurut gue.. Fine-fine aja karena semua orang bebas buat berpendapat dan berprinsip dan masing-masing dari kita punya standar hidup.

Dan standar hidup itulah yang membuat kita berpikir dan bertindak.

Saat kita sadar bahwa pekerjaan kita telah menyita habis waktu kita. Disitulah kita pernah terbesit buat nyari yang baru dan lupa pesan hidup di dalamnya.

Lupa akan usaha yang telah kita lakuin untuk berhasil sampai sini, dan lupa bahwa sebenarnya kita adalah salah satu yang beruntung. Bersyukur itu harus. Karena sejatinya kebahagiaan itu bukan untuk diraih. Tapi dirasa...

Selagi kamu masih bekerja di tempat yang kamu rasa telah menyita waktumu. Enjoyin aja. Nikmatin aja dan maksimalkan secara profesional. Saat udah cukup, beranikan diri untuk menginjak, berdiri dan bertahan di luar zona amanmu.

Karena untuk jadi besar dibutuhkan pengorbanan yang besar pula.

Pekerjaan yang menyita habis waktu kita itu sebenarnya hanya sugesti. Karena sebenarnya kalau dilihat melalui kacamata orang besar. Kalian udah berada di jalan yang tepat, karena orang hebat itu selalu nggak punya waktu. Waktu mereka lebih cenderung dipakai untuk kegiatan produktif.

11 Hal yang Sering Kamu Pikirkan Buat Kamu yang Sering Memikirkan Orang Lain

Buat kamu yang mampu mementingkan kepentingan dan perasaan orang lain di atas kepentingan dirimu sendiri. Selamat kamu termasuk ke dalam kategori orang yang sangat langka.

Apalagi, ditambah zaman sekarang yang notabene orang-orang lebih mudah untuk nyinyirin orang, egois akan pedapat sendiri, dan menganggap bahwa dirinya benar. berarti kamu adalah tetesan tinta putih di atas lembaran kertas hitam.

Lebih mementingkan orang lain bukan berarti kamu tidak peduli akan perasaan dirimu sendiri. Melainkan, kamu hanya selalu berpikir positif untuk memberikan apa yang kamu bisa terhadap orang-orang di sekitar kamu. Apalagi orang itu merupakan salah satu dari beberapa orang yang kamu pedulikan.

sitting around, via pixabay.com
Akan tetapi, nggak menutup kemungkinan kamu sering dihadapkan perasaan dilema. Oleh sebab itu, kamu bakal paham sekali karena sering terjebak dan dilema dengan perasaan di bawah ini;

1. Selalu berupaya untuk menjaga perasaan orang itu, karena kamu adalah tipe orang yang khawatir dengan perasaan orang

Takut salah tingkah atau salah bicara adalah satu hal yang paling sering kamu pikirkan. Kamu tidak ingin untuk melukai perasaan orang lain. Untuk itu, kamu selalu berupaya untuk menjaga kata, lisan serta nada bicaramu agar mereka tidak sakit hati.

Karena bagimu, menyakiti perasaan orang lain sama halnya seperti menyakiti dirimu sendiri.

2. Kamu menghabiskan hampir separuh bahkan lebih waktumu untuk memikirkan orang lain

Hal ini yang kadang malah sering menarikmu kedalam keadaan terpuruk bahkan tidak nyaman. Tentu tidak baik bagi dirimu, Oleh sebab itu. Pengkontrolan akan pikiran negatifmu terhadap orang lain perlu dikontrol.

Karena, tidak semuanya kekhawatiranmu itu sama dengan apa yang dipikirkan oleh mereka. Untuk itu, selalu upayakan terhadap apa yang selama ini membuat dirimu nyaman.

3. Kamu selalu mencoba untuk ada di saat mereka memintamu ada

Sama seperti kamu, mereka sering dihadapkan dengan berbagai masalah. Kamu selalu mencoba untuk mencari tahu apa yang terjadi yang membuat mereka lebih sedikit tersenyum akhir-akhir ini.

Bahkan, karena sangking pedulinya. Nggak terasa kamu malah hanyut terhadap pemikiran tentang apa yang terjadi dengan mereka.

4. Lebih mementingkan orang lain, di atas kegiatan kesukaanmu

Bagimu, selalu ada disaat orang lain membutuhkan adalah hal yang lebih penting daripada melakukan kegiatan kesukaanmu.

Karena pada dasarnya, sifat baikmulah yang membuat kamu seperti ini.

5. Sering merasa bersalah

Ketika kamu melakukan sesuatu, ternyata ada yang luput dari penglihatanmu sehingga mengkibatkan sesuatu yang buruk terjadi yang menimbulkan masalah. Kamu sering merasa bahwa kamulah yang menjadi penyebabnya. dan menunjuk diri sendiri bahwa kamu adalah satu-satunya orang yang seharusnya bertanggung jawab.

Jeleknya, ketika kamu malah tenggelam di perasaan bersalah dirimu sendiri.

6. Nggak bisa diam saat melihat orang lain kesulitan

Tidak mengambil aksi saat orang lain kesulitan bukanlah hal yang biasa kamu lakukan. Kamu selalu memiliki kemauan untuk melakukan sesuatu agar kesulitan orang itu selesai atau berkurang sedikit.

7. Sulit untuk bilang tidak

Saat orang lain datang kepadamu dan meminta bantuan, kamu hampir sulit sekali untuk bilang tidak bisa. Karenanya, kamu selalu berupaya untuk membantunya walaupun sedikit.

Padahal bilang tidak saat kamu tidak mampu melakukannya adalah suatu hal yang lumrah. dan orang lain pun menganggap wajar. Untuk itu selalu pertimbangkan prioritasmu terlebih dahulu.

8. Kamu sering di cap sok baik, padahal kamu emang beneran baik

Bagi mereka yang termasuk orang yang suka nyinyir. Tentu nggak bakal bisa diam aja melihat kamu yang baik kepada semua orang. Tentu saja kamu bakal jadi korban nyinyiran mereka.

Tapi tidak apa. Daripada mereka, kamu melakukan suatu aksi nyata kepada orang lain ketimbang mereka yang hanya cuap-cuap menjelekkan orang lain dengan lidahnya yang bercabang.

9. Kamu tidak bisa marah

Bagimu perasaan mereka lebih penting. Saat kamu menerima kenyataan bahwa mereka lebih mementingkan dirinya sendiri. Kamu tak pernah ambil pusing dan marah akan hal itu. Bagimu itu adalah biasa dan kamu terus berusaha untuk selalu ada disaat mereka butuh.

10. Kamu jadi orang yang sering minta maaf

Takut salah ngomong dan nggak enakan sama orang membuatmu jadi sering minta maaf saat sesuatu yang kamu anggap tak benar terjadi.

Karena bagimu minta maaf adalah hal pertama yang harus kamu lakukan saat kamu secara tidak sengaja melakukan sesuatu yang tidak benar.

11. Kamu selalu bahagia akan kesenangan orang lain apalagi mereka senang karena kamu

Bagimu, menyenangkan mereka adalah suatu pencapaian yang bagus dan memiliki kepuasan tersendiri. Oleh sebab itu kamu tak pernah bosan untuk selalu berbuat baik kepada orang lain.

Karena kamu sadar bahwa dengan menjadi baik, maka dunia ini akan semakin baik.

Terimakasih. FIN

Inilah Perbedaan Glukosa, Fruktosa, Sukrosa, dan Laktosa yang Perlu Kita Ketahui

Dalam kehidupan sehari-hari kita nggak bisa lepas dari yang namanya gula. Suatu bahan yang memiliki rasa manis yang paling banyak digunakan oleh kita sebagai tambahan masakan atau minuman.

Gula yang sering kita konsumsi adalah gula pasir, gula merah atau gula aren.

Tapi tahukah kamu bahwa body intake yang disarankan oleh kementerian republik indonesia per orang adalah sebanyak 50 gram atau sekitar 5-9 sendok teh.

Dikit banget kan yah??? Apalagi kita sering mampir ke Indomaret buat beli minuman berasa buat ngilangin dahaga. Coba liat di daftar informasi nilai gizi yang tertera pada minuman yang kita beli.

Kandungan gulanya bisa mencapai 20 gram. Hampir setengahnya.... 

Tapi nggak!! di sini gua nggak mau ngomongin atau nasehatin kalian tentang konsumsi gula. Karena sama seperti kalian, gua masih kecanduan sama yang namanya benda-benda manis. Apalagi Cokelat dan minuman berasa lainnya.

Pernah nggak sih kalian ngedenger atau ngebaca di suatu tempat tentang glukosa, sukrosa, laktosa, dll??? kalian tahu nggak kalau itu semua adalah nama-nama dari beberapa jenis gula yang berada di sekitar kita.

Karena faktanya gula yang sering kita konsumsi itu sebenarnya beda jika dilihat dari susunan kimianya. Dan itu yang mau aku kasih tau.

Gula sebagai pemanis, via pixabay.com
Gula sendiri merupakan bagian penting dalam nutrisi tubuh kita. Karena, gula ini yang nantinya akan di gunakan sebagai sumber energi dalam melakukan berbagai aktivitas.

Pernah nggak, pada saat kondisi tubuh kita yang sedang letih karena aktivitas berat. kemudian kita minum es teh manis. Tubuh kita berasa seperti segar kembali bukan...?? itulah salah satu contoh dari fungsi gula.

Gula sederhana yang sering kita konsumsi ada 4 macam menurut gua. Yaitu; Glukosa, Sukrosa, fruktosa, dan Laktosa.

Perbedaan dari keempatnya adalah susunan kimianya.

Ke-empatnya memiliki rasa manis, yang mudah untuk dikenali oleh indra pengecap kita yaitu lidah dan susah untuk dibedakan antara ke empatnya. Namun, dalam tubuh kita sebenarnya memiliki skema tersendiri dan berbeda dalam mengolah ke empatnya.

Glukosa

Bentuk gula paling sederhana dalam formasi monosakarida yang merupakan penyusun utama dari zat pati atau karbohidrat.

Tahukah kamu?? Kalau Nasi, singkong, kentang merupakan sumber karbohidrat yang tersusun dalam formasi polisakarida, yang bila dimakan dalam tubuh akan dipecah menjadi susunan glukosa.

Dengan kata lain sebenarnya nasi adalah susunan gula yang paling kompleks.

Glukosa merupakan hasil sekresi dari asupan karbohidrat atau sukrosa. Itulah sebabnya, ketika kita makan banyak karbohidrat maka kadar gula dalam darah akan tinggi akibat proses pemecahan karbohidrat menjadi penyusun glukosa.

Dalam tubuh, Insulin yang merupakan hormon dihasilkan secara alami oleh pangkreas saat pangkreas menerima sinyal ketika kadar glukosa dalam darah tinggi.

Dengan bantuan enzim gukosinase dan hexaginase (daherba.com) bersama dengan insulin, mereka menstimulasi sel untuk menyerap glukosa dari dalam darah yang kemudian digunakan sebagai sumber energi.

Dan, bila ada sisa glukosa dalam darah. Glukosa akan disimpan dalam bentuk glikogen yang merupakan cadangan energi. Itulah sebabnya Orang yang terkena diabetes cenderung bermasalah dengan organ hatinya.

Fruktosa

Rumus kimia fruktosa
Fruktosa merupakan formasi monosakarida dari gula. Biasanya di temukan dalam sayuran, buah-buahan, minuman berasa, sirup jagung, dll. 

Dalam buah setidaknya mengandung 5-7 gram fruktosa. Perbedaan yang paling mendasar antara fruktosa dengan gula lainnya adalah dalam tubuh fruktosa tidak memicu pertumbuhan insulin dalam metabolismenya karena sekresi fruktosa hanya bisa dijalankan dalam organ hati dengan enzim fruktokinase.

Untuk digunakan sebagai sumber energi, Fruktosa membutuhkan proses pembakaran bersama dengan lemak yang akan menghasilkan energi dalam bentuk ATP (Adenosin Trifosfat). Akan tetapi, kelebihan konsumsi fruktosa dapat merangsang lipogenesis atau pembentukan cadangan lemak trigliserida dalam hati.

Oleh sebab itu, Fruktosa dikenal sebagai pedang bermata dua karena bekerja dalam dua arah.

Sukrosa
Sukrosa memiliki bentuk formasi disakarida karena tersusun atas dua komponen yaitu fruktosa dan glukosa. Sukrosa merupakan gula yang selama ini kita kenal. yaitu; gula pasir atau sirup gula.

Karena terdiri dari dua susunan yaitu Glukosa dan fruktosa. Metabolisme sukrosa akan meningkatkan kadar gula dalam darah, dan meningkatan kadar cadangan lemak dalam tubuh karena kandungan fruktosanya.

Inilah yang menjadikan Sukrosa menjadi gula yang paling buruk dibandingkan dengan gula lainnya. Karena sukrosalah yang memiliki pengaruh besar terhadap kasus obesitas, diabetes, bahkan kolesterol.

Laktosa

Laktosa atau gula susu yang berbentuk formasi disakarida dengan dua penyusun utama yaitu galaktosa dan glukosa. Laktosa ditemukan dalam susu murni.

Dalam pencernaannya dibutuhkan enzim laktase untuk memecah laktosa menjadi penyusun utamanya yang kemudian akan diserap di dalam usus sebagai sumber energi.

Galaktosa memiliki indeks glikemik lebih rendah bila dibandingkan dengan sukrosa dan fruktosa.

Demikian perbedaan antara Glukosa, Fruktosa, Sukrosa dan Laktosa.

Gula merupakan sumber penting dalam nutrisi tubuh kita bila dikonsumsi dalam porsi yang wajar. Untuk itu, tidak perlu dihindari dalam penggunaannya namun perlu diperhatikan dalam penggunaannya.. Terimakasih

Menulis, Kisah Awal Tulisan. Ayo Belajar Menulis!!

Menulis itu dibilang kegiatan positif, tapi nggak semua orang bisa ngelakuin.

Jadi, bersyukurlah kamu yang udah tue umurnya tapi masih aktif dalam kegiatan tulis menulis. hahaha

Nulis kan emang nggak mudah yah, nuangin dan ngerangkai kata-kata menjadi sebuah kalimat yang enak di baca. Udah gitu harus berparagraf-paragraf lagi yang di rangkai menjadi sebuah jalan yang terhubung antar paragraf. Makanya gue bilang di sini, kalau nulis itu nggak semuanya orang bisa. ehhh sebentar, kayanya perlu gue klarifikasi.

Sebenarnya, semua orang bisa menulis. Asal, mau belajar.

Karena, butuh kemauan dan komitmen buat belajar dan ngelakuinnya... hahaha #lu ngomong apaan sih bay?? sok iye..!! wkwk

Kegiatan nulis menulis udah gue lakuin sekitar hampir 3 tahun. Yah dulu pas sekolah sama kuliah kan juga suka bikin artikel, cuma itu kan karena tugas makanya dilakuin. Beda sama yang sekarang yang emang kemauan dan mungkin udah jadi kebiasaan karena gue ngerasa kegiatan ini bermanfaat banget.

Berbagi kisah melaui aksara, via pixabay.com
Yah gue sadar kalau tulisan gue itu masih acak kadut, belum bagus dan nggak enak dibaca.. hahahah. Nggak kaya penulis-penulis lain yang udah pro bahkan udah bisa ngasilin karya berupa novel.. tapi, biarin ajalah. di terusin dulu. yang penting terus belajar gimana caranya ngasilin tulisan yang bagus. Betul nggak???

Menulis di Blog a.k.a Blogger, gue pilih karena yang paling mudah dalam pengaplikasiannya. Apalagi Blog kan udah gue kenal dari zaman SMP. Jadi, nggak asing. Selain itu, kalau nulis di blog kan ada yang baca. jadi bisa sekalian berbagi informasi.

Awal mulanya, gue nulis karena dulu pas lulus kuliah itu gue sempet nganggur selama kurang lebih 8 bulanan. Dan itu nggak bentar..

Selain sibuk nyari kerjaan di masa itu, gue mikir. Ini otak gue makin lempem nggak yah. Udah mah nganggur, nggak ada kerjaan selain keliling sama ngedekem di kamar  buat nyari lowongan kerja. Makanya gue coba buat bikin akun blogger baru, sama di bulan ke -enam gue kerja sampingan les privat.

Berawal dari coba-coba itulah, akhirnya gue bisa konsisten ngeblog selama hampir tiga tahun. Yah walaupun makin kesini, makin nggak terjadwal karena agenda kerja di pabrik sering menghantui. hahah

Ada beberapa hal yang gue rasakan perbedaannya setelah 2 tahun lebih nge blog.

Pertama, Gue ngerasain kaya gaya penulisan gue udah hampir sepenuhnya dapat. Nggak kaya tulisan pertama gue yang judulnya "Tips dalam menulis CV", Sumpah!!! gue bacanya agak gimana gitu. Soalnya berasa aneh.. hahaha Ini linknya kalau kalian mau lihat. Klik Disini

Kedua, hmmm dari kebiasaan nulis. Urusan bicara gue hampir nggak menemukan kesulitan dalam menggunakan kata-kata, karena jadi lebih bervariasi.

Kalian ngerasain kaya gitu juga nggak??

Oh ya, dulu gue juga sering ikut-ikutan lomba nulis online.. ada kali 30an lebih ikutan lomba.. dan Alhamdulillah, salah satunya pernah dapet juara 2.. hehehe sama juara harapan.. heheh

Setelah itu, Selang satu tahun ngeblog. Gue daftarin Blog ini ke Google Adsense. Alhamdulillah diterima dan udah pernah payout. Jadi, makin semangat. Walaupun sulit. Tapi ini udah lebih dari cukup untuk terus difokusin.

Akhir kata Semangat buat kita para Blogger.

Kebahagiaan yang Sesungguhnya

Kalau disamakan dengan lagu. Kejadian ini persis kaya lagunya Hannah Montana yang judulnya "The Best of Both World". Kalau kalian belum denger, coba gih dengerin bentar di Youtube. 

Sekalian sama yang judulnya "The Climb" manteep buangget itu artinya.. lagunya tentang Perjuangan Hidup kita sebagai manusia yang penuh dengan dakian.. heheh

Gimana kabar, sehat kalian semua???? kalau sehat, Alhamdulillah Allah masih ngasih kita nikmat sehat.

Jadi guru, bisa di bilang passion gue. Tapi karena satu dan lain hal. Proses ngajar mengajar cuma bisa jadi sampingan gue, di samping kerjaan utama yaitu sebagai karyawan pabrik yang kerjanya 9 jam perhari selama 5 hari dalam seminggu.

Ada yang bilang kalau kerja sesuai passion itu menyenangkan. Yah gue juga berpikir demikian. Tapi untuk sampai ke titik itu atau menemukan titik itu! rasanya hhmm, gue bilang sulit dan kadang butuh waktu.

Keadaan orang kan beda-beda yah. Ada yang tipe dia udah tau terhadap sesuatu apa yang ia suka dalam hidup dia, dan ada juga tipe yang kiranya masih nyari-nyari apa yang disuka. 

Tipe yang kedua itu gue banget....

Jati diri atau proses pengenalan diri kan berawal dari pertanyaan-pertanyaan yang sering kita tanyakan ke diri kita sendiri yah..

Dan, ada juga faktor pendukung lainnya seperti dukungan dari orang terdekat dan kesempatan, juga ikut andil dalam proses pengenalan diri sendiri.

Hanya saja, Nggak sedikit juga individu yang harus melalui cara-cara yang sedikit berat untuk dilalui  untuk mengenal diri sendiri.

Jadi intinya, Buat kalian yang selalu envy dengan hidup orang lain atau beranggapan kalau hidup dia jauh lebih enak daripada kita.

STOP DOING THAT!!! karena, kita nggak pernah tau apa yang sebenarnya udah dia lewati hingga akhirnya dia sampai ke titik itu.

Daripada waktu kita terbuang sia-sia hanya untuk memikirkan sebuah pertanyaan "Bagaimana bisa jadi kaya dia!" lebih baik kita Mulai dulu.

Proses itu kan emang lama yah, sama sekali nggak singkat. Kita juga harus ngerasain yang namanya jatuh bangun dulu, ngerintis dari awal, belajar sesuatu yang baru hingga berhadapan dengan tantangan-tantangan yang kadang bikin kita putus asa.

Tapi selama proses itu terus dinikmati dan dijalanin dengan ikhlas. Insya Allah akan berjalan dengan baik..

Ada 1 buku yang pernah gue baca. Buku karangan Jebel Firdaus yang judulnya "The Real Happiness" sebuah buku yang menceritakan tentang arti kebahagiaan yang sebenarnya.

Sebuah buku yang memaparkan tentang arti kebahagiaan yang sejati, memiliki sudut pandang bahwa bahagia itu bukan untuk dicari atau dituju tapi dirasakan.

Beliau memaparkan bahwa bahagia itu bukan untuk dijadikan sebagai tujuan melainkan dijadikan sebagai  jalan. Jadi hilangkan pikiran-pikiran pengandaian seperti "Jika saya telah menjadi......, saya akan bahagia" tetapi jadikan setiap jalan prosesnya itu selalu bahagia, sebuah perasaan ketidakhawatiran yang mendamaikan.
"Kebahagiaan itu tidak sama dengan kesuksesan. Jika kesuksesan diukur dengan pencapaian-pencapaian yang sifatnya kuntutatif, sedangkan kebahagiaan bersifat kulitatif. Jadi, bukan seberapa banyak yang kita miliki, tetapi seberapa puas dengan apa yang kita miliki"
Terus berusaha terhadap apa yang selama ini jadi tujuan kita merupakan sebuah keharusan yang harus terus dilakukan dan terus di coba. Karena Its worth to try and nothing to loose!!

Sama sekali nggak ada ruginya, kecuali jika kamu emang nggak ada niatan sama sekali buat mencoba.

Hentikan kebiasaan kita menyalahkan kondisi yang sekarang, mengutuk segala keadaan yang kita rasakan. Karena nggak ada orang lain yang bisa merubah hidup kita selain diri kita sendiri.

relax, via pixabay.com
Akhir kata, Use what's been given to you.... nggak papa kalau kamu kurang tidur. Selama kurang tidur itu dipakai untuk kerja. Tapi perlu satu yang di ingat. Jangan lupa seimbangkan pula urusan Akhirat dengan dunia.

Cerita Horror 1 'Suara Apa Itu???'

Blog ini kan gado-gado yah... nggak punya niche yang jelas, pokoknya apa yang lagi dipikirin sama otak, langsung di samber disini.. kadang jadi media pelampiasan juga kalau lagi suwung, bete sama orang, atau lagi galau.. wkwkwkw

Jadi, terserah si empunya yang punya yah mau nulis apa... heheh

Kali ini gue mau cerita pengalaman horror yang terjadi dalam hidup gue.

Gue bukan orang indigo yang konon katanya bisa melihat semuanya termasuk masa depan. WOW.. tapi soal yang halus-halus, gue sering punya pengalaman.

Sendiri, via pixabay.com
Kata bokap, Kita kan asli Jawa yah. Bapaknya bapak gue alias kakek gue bilang kalau gue punya ketertarikan sendiri pas udah gede nanti. mungkin yang dimaksud beliau ini kali yah...

Tapi kita sih nggak percaya sama tahayul yang kaya gitu, takut jatuhnya musrik. Jadi FYI aja buat kalian.

Jadi ceritanya mau gue cicil di Blog ini... siapa tau ada yang tertarik.. wkwkw

Malam itu kan malam minggu, yah gue yang jomblo nggak bakal punya sederet acara. Nggak kaya temen-temen gue yang hampir semuanya punya pelarian saat malam minggu. Ada yang nonton bareng pacarnya, makan bareng pacarnya, duduk-duduk di alun-alun kota bareng pacarnya. Pokoknya malam miggu adalah agendanya malam orang yang pacaran.

Sedangkan gue???

Ngedekem di kamar sambil duduk diatas karpet bulu warna ijo lumut, baca buku judulnya "the real happiness" karya Jebel Firdaus hasil pemberian dari mas Afran, Sahabat, Partner in Crime, sekaligus kakak dan di iringi lagu Nissa Sabyan yang judulnya "Hhhhmmm hhhhmmmm Hmmmmmmmmmm hmmmm hmmm"

Awas bacanya jangan sambil nyanyi yah... hahah

*Clening, suara HP berdering tanda pesan WA masuk...

"Bay??? dimana??? nggak ngapa-ngapain kan yah???" Cletuk Afran nge-WA, tahu kalau adiknya yang satu ini nggak bakalan punya agenda di malam minggu..

sek-sek tak klarifikasi dulu. Daripada ntar para pembaca beranggapan kalau si penulis kaga punya temen.. hahah ini tak jelasin dulu.. Temen gue banyak kok, cuma yah gitu.. Tiap malam minggu biasanya gue ngajak kumpul anak-anak, cuma yah gitu.. mereka pasti kebanyakan balasnya "Sorry bay, udah punya acara... bla bla"

yah gue sebagai teman yang baik, ngerti lah posisi mereka yang punya pacar... ahahahaha #alibi berpikir positif

lanjutt...

"Di kamar lagi baca buku.." bales gue singkat, karena bacaan mulai berat karena pembahasannya sudah mencapai ke bagian eksistensi kebahagiaan yang sesungguhnya.

"ke kontrakan sini bay, ada martabak manis" tawar dia.

"OKeeeeeeee,, otw..." bergegas ganti baju dan nganggurin buku dengan segera...

Di kontrakan Afran yang terdiri dari 2 ruang kamar tidur, 1 ruang tamu sekaligus ruang TV, dan 1 kamar mandi yang persis menghadap ruang TV dan dapur.

Kita menyantap lahap martabak manis coklat keju penuh dengan lelehan mentega saat di gigit.. ceeeesss #full of lemac

Jam menunjukan angka 9 malam teng. Afran keluar dari balik kamarnya.

"Lohh kamu kerja mas???"

"Iyaahhh bay"

"dihhh kok nggak bilang,, tau gini aku pulang dari tadi... niatku mau nginep padahal udah bawa speaker, tablet full sama keyboardnya, malam ini rencananya mau ngelembur nulis buku pulpit yang sempet ilang kemarin...."

"yahh ngineplah, jadi satpam sekali-kali... hahaha, lagian dirumah juga mau ngapain???" ledek Afran..

"lahh sendiri mah horror yang ada, kalau ada maling gimana coba??? gue yang masih belia gini bisa jadi modal mahal buat di sandera... hahaha.." celetuk gue

"alahhh nggak ada yang mau nyulik lo bay.... besok pagi gue beliin bubur cakwe kesukaan lu itu sambil bahas hasil jualan kita bulan Juli kemarin.. Okeee???" Afran memberikan tawaran alternatif..

"Iyaaahh?? okee setuju. yaudah bantuin gue masukin motor" gue ngangguk tanda setuju..

Gue dan Afran emang lagi kerja sama jadi reseller. Jadi hampir tiap hari gue mampir ke kontrakannya buat nganter-nganter barang pesanan ke kurir. atau bahas barang mana yang mau di jual.. yah itung-itung buat tambah modal.. hahaha

Dirumah ini ada 2 ruangan yang seharusnya jadi kamar. Cuma karena yang tinggal satu orang, jadi cuma 1 ruangan yang di fungsikan. 1 nya lagi di alihfungsikan jadi tempat nyimpen motor.

Waktu semakin larut...

Gue masih berkutat sama ketikan buku pulpit yang udah 3 jam pengerjaan masih dapet 5 lembar.. Suwe.. haha

tiba-tiba

"Ahhh sial perut pake acara sakit lagi pengen boker"

Gegas, gue buka pintu kamar yang terkancing, ruangan gelap karena emang lampu sudah gue matiin. Karena malas dan alibi hemat listrik, gue cuma nyalain senter hape sebagai penerangan jalan buat ke kamar mandi.

Nyalain lampu kamar mandi, dan setel lagu terus hapenya gue taruh sanggahan baju dalam kamar mandi..

Gue fokus buat poop sambil dengerin alunan lagunya Bebe Rexa.

Tiba-tiba....

Terdengar suara gerakan piring yang saling beradu. Sontak lamunan gue terpecah bertanya-tanya kenapa?? dan siapa?? apa tikus?? nggak mungkin. Karena sejarah gue nginep disini belum pernah sama sekali gue nemuin ada tikus. Apalagi perabotan rumah ini nggak banyak. nggak ada tempat buat si tikus sembunyi.

Piring itu berbunyi saling beradu seperti ada orang yang hendak mengambil piring yang bertengger di atas rak piring. Cukup lama piring-piring itu saling beradu.

Pikiran demi pikiran melayang mencoba menerka-nerka apa yang menyebabkan piring-piring itu bergerak.

Kemudian, sunyiii.... suara itu hilang seketika.

Gue melanjutkan kegiatan gue, dan mengidahkan yang terjadi. Mungkin piring itu bergerak karena ada space antar piring makanya saling berbunyi.. tapi pertanyaannya adalah kenapa selama itu...??

Pasti ada gaya yang bekerja di antara piring itu untuk berbunyi selama kurang lebih 20 detik..

entahlah....

#DOK

SUARA KETUKAN PINTU TERDENGAR TIBA-TIBA.............

Suara ketukan itu terdengar terlalu jelas dan begitu keras hingga membuat pintu kamar mandi bergoyang.

Tanpa pikir lama, gue langsung bergegas buat bersih-bersih dan memakai celana gue.. Gue ambil hape gue dan matiin lagu. dan terdiam seribu kata mencoba menerka apa yang membuat pintu itu berbunyi..

"Apa di rumah ini ada maling..??"

atau "Mas Afran pulang awal..."

PIKIRAN GUE KALANG KABUT SAAT ITU MEMIKIRKAN SEGALA KEMUNGKINAN YANG MEMBUAT SUARA ITU,

Gue liat jam di Hape yang menunjukan pukul 2.20 malam...


#DOK DOK

Kali ini suara dentuman pintu itu terdengar 2 kali. 

SUMPAH BULU KUDUK GUE LANGSUNG BERDIRI. JANTUNG GUE BERDETAK CEPAT....


Karena nggak mungkin gue berdiri di dalam kamar mandi terus-terusan. Gue ngeberaniin diri gue buat ngecek.

Gue buka pintu kamar mandi perlahan dan sedikit buat ngintip.. terlihat tak ada siapapun di gelapnya ruangan itu. Hanya ada lampu merah kecil TV yang duduk di atas meja kecil..

Gue lihat kebawah juga tak ada benda apapun..

Bergegas gue buka pintu kamar mandi lebar-lebar untuk mengeluarkan semua cahaya, gue keluar dan lari ngibrit masuk kamar kemudian kunci pintu dan tarik selimut..

Pertanyaan demi pertanyaan terus mengambang-ngambang di atas kepala..

Gue langsung ambil headset dan mencoba untuk memejamkan mata. Tapi usaha itu sia-sia.

Gue melek hingga adzan subuh berkumandang..

Sesungguhnya Marah-marah itu Nggak Penting

Gue nggak ngerti sama orang yang punya tabiat gampang marah, gampang badmood, dan gampang menyebarkan aura-aura negatif di sekeliling kita yang lagi goodmood-goodmoodnya.

Gue juga nggak ngerti kenapa ada orang yang suka marah-marah dalam menghadapi suatu masalah apalagi ditambah marahnya itu nggak pada tempatnya. Seperti di depan umum atau di 'HT' yang jelas nggak cuma kita yang dengerin tapi semua khalayak.

Apa tujuan "dia" itu mau malu-maluin kita di depan umum..?? atau mencari sensasi demi perlindungan terhadap suatu tekanan pada diri orang itu???

Entahlah, yang jelas pemandangan seperti itu nggak gue suka..

Menurut buku yang gue baca. Karakter setiap orang itu terbentuk melalui pengaruh lingkungan tempat dia tumbuh dan konsep yang telah ia tanamkan sejak dulu. Seperti contoh konsep ketika seseorang menganggap bahwa berteriak adalah baik. Maka selanjutnya ia beranggapan bahwa berteriak itu baik, dan menjadi kebiasaan saat ia berbicara dengan orang lain, atau pasangan, atau bahkan orang tua dan anaknya sekalipun, beteriak sudah menjadi kebiasaan.

Dan pada akhirnya dia bakal menarik kesimpulan bahwa dengan berteriak dapat menyelesaikan semua masalah.

Padahal sebenarnya Nggak.

Gue nggak tau sama orang yang punya temperamen tinggi. Tapi, gue ngerasa kaya yang marah-marah itu seakan-akan malah kita yang harus ngertiin kondisinya dia.. Padahal seharusnya imbal balik kan??

Sekarang kita bicara dalam konsep suatu hirarki di perusahaan. Antara atasan dan bawahan.

Yah gue kerja di Pabrik, marah-memarahi udah jadi pemandangan hampir tiap hari di sini.. Kalian yang kerja pasti juga kan..

yah emang, marahnya nggak ke gue dan bukan karena kesalahan gue. Tapi, berhubung kejadiannya hampir tiap hari dan selalu terjadi di depan mata kepala gue sendiri. Batin gue yang suci ini terasa ternodai.. hahah

Jujur, gue berpendapat kaya "apa susahnya sih, kamu ngajak orang itu ke suatu ruangan terus diskusi bareng sampai dapat suatu kesepakatan biar nggak ada hati yang tergores??"

Bukannya di sekolah kita selalu di ajarkan untuk selalu bermusyawarah yah dalam menyelesaikan masalah..

Sekarang gini, orang itu kan beda-beda yah karakternya... yah okee kita ngerti kalau kamu itu atasan dan dapat mandat dari atasan juga. Mungkin tekanan yang diberikan oleh atasanmu itu juga tinggi makanya kamu mencoba untuk melampiaskan kepada kami. Tapi, apa perlu sampai sebegitunya??

Coba bayangin semisal di awal kita duduk bersama diskusi bareng, membahas yang jadi kendala seperti apa?? bagaimana kejadiannya?? bukankah itu lebih indah untuk dilihat daripada teriak sana sini ngebikin banyak hati pada dongkol. Yang ada bukan masalahnya selesai tapi malah nambah masalah.

beri senyuman terbaikmu untuk mengawali harimu,,, via pixabay.com
Karena tiap orang itu berbeda, oke buat orang yang bisa memposisikan dirinya si segala situasi dan mengendalikan semua tekanan yang diberikan. Tapi kalau orang yang punya temperamen sama, apa iyah bakal ngangguk-ngangguk setelah kamu teriaki.??

Yang ada kalian malah saling meneriaki..

Sesungguhnya hidup jauh lebih indah dan tetram jika kita saling sapa, senyum, dan mampu mengendalikan amarah dan dituangkan dalam hal positif.

Gue guru, gue punya 5 anak murid yang gue kasihi. Selain gue belajar, gue juga selalu mencoba memberi nasihat terbaik kepada mereka yang masih terus tumbuh dan berkembang pikirannya.

Nggak cuma pelajaran mata pelajaran yang gue kasih ke mereka. Tapi juga ajaran bagaimana kita harus berperilaku layaknya manusia yang baik di Bumi ini.

Bolang Ria ke Curug Putri Pandeglang

Suatu malam yang sunyi tak satupun suara terdengar selain hembusan pendingin ruangan yang mengeluarkan udara dingin menusuk..

*Cleningg.... suara OPPO F7 merah berbunyi merdu dengan getarannya yang syahdu.

"Besok,, jalan yuk bay!! ke curug Bogor sama Paisal"

Masang muka sumringahhh.... "Seriuss?? yukkk yuukkk, tak izin Bapak langsung nih.."

"Okeeww bay, tapi jangan maksa lohh"
"Rencana kita pergi minggu ketiga bulan Juli ini"

"Okeeeee.... Ajak anak yang lain juga gihh gus... Ini aku udah dibolehin #maklum anak mami.."

"Iyah ntar tak ajak Wawan, kayanya minggu dia libur sih..."

"Oke" berakhirlah chat'an kami dengan hati sumringah tak sabar menunggu momen liburan bareng.. Maklum bulan ini jadi bulan yang agak padet banget.. Karena lagi menitih banyak fokus. Termasuk ngeblog ini salah satunya.

Kita yang notabenenya pekerja. Liburan merupakan barang langka akhir-akhir ini. Beda sewaktu mahasiswa dulu yang selalu bisa disempat-sempatin hangout di setiap ujung minggu..

Tapi setelah kerja, hhmmmm boro-boro liburan, Tidur aja rasanya kaya cuma lewat.. wkwkwk

2 hari sebelum keberangkatan. Otak mulai memproyeksikan gambar-gambar kesenangan kami saat di Curug Bogor nanti. Udara yang sejuk, ditambah bayangan akan air yang mengalir terjun bebas. Membuat badan tak sabar ingin berendam di airnya yang dingin...

"Gus jadi kan yah??? awas sampai nggak jadi mah.. Gue guling-guling di Jalan Raya.. hahaah" Tanya gue.

*beberapa jam kemudian tanpa kabar dan balasa, otak gue mulai berasumsi bahwa ini bakalan jadi hoax... tiba-tiba

*Clening,,, "Jauh nggak yah bay, Bogor...???" Balas Agus

"Jauhhhh sih gus,, Bogor kan bukan Jakarta yang cuma 2 jam perjalanan dari tempat kita... tapi kalau semisal jadi, kita berangkat kapan n naik apa yah???" tanya gue, heran..

"Motorann bay... gimana???"

"hahahah,, okeeee aja aku mah... " sebenernya sih meronta cuma gimana lagi sangking kangennya liburan geh...  hahahah kasian banget yah kita???

"Tapi kamunya capek nggak??? kan besok seninnya masuk tuh.. Bogor bukan jarak kaya tempatmu kerumahku lohh!! yang cuma butuh 45 menit... " lanjut gue tanya ke Agus..

"Kayanya mending kita ke Curug Putri Pandeglang aja deh bay... Katanya Wawan hari minggu libur tuh.. Paling kalau jadinya ke curug putri, kita berangkat pagi aja pas hari minggu.. tempatnya nggak kalah bagus juga kok kaya yang di Bogor..." jawab agus nawarin alternatif...

"Curug putri yang deket daerah pantai carita Pandeg itu yahhh??? yaudah itu aja enak.. deket lagi biar siang bisa pulang kerumah n leha-leha..."

"yaudah ane kontek si Wawan dulu.."

"Okkkkeeee Gus..." dalam hati, gue bercihuy nggak sabar nunggu hari H.

"Wawan okee bay.. berrti Sabtu kita otw ke rumahmu, tapi agak malam yah.. paling jam 1 malam sampai..."

"Yoyayyy Gus..."

*Malam minggu

Gue lagi duduk di balkon teras rumah.. sambil baca buku yang baru gue beli judulnya "Off the Record" Novel unik karya Ria SW.. Youtuber yang selalu gue nantiin vlognya setiap hari Jum'at, isi vlognya selalu bikin kita gagal diet.. heheh

sama Hari Jisun juga bagus tuh.. hahahah

ehh kok malah salfokk... *Tepok Jidat.

"Pussss, kamu tuh lucu banget sih..." omong gue ke kucing liar yang hobinya ngedekem di rumah gue...

Suasana malam lagi sunyi pas itu.. maklum jam emang udah nunjukin jam 12.45 AM alias tengah malam..

Alasan gue duduk di depan rumah sih, yah apa lagi kalau bukan nunggu kehadiran mereka berdua.. si Agus dan si Wawan.. Gue cuma takut ketiduran doang kalau nunggu mereka sambil tidur.. jadi jam 11an, habis gue nulis buku pulpit.. gue mutusin buat nunggu mereka berdua di depan teras sambil baca buku itu dan ditemani sama si empuss meong... hehehe

"Bay lu lagi ngepet yah???" tanya Agus begitu sampai depan rumah berdua sama Wawan...

"Iyahh cuma ini kayanya partner gue ketangkep deh gus.. soalnya cuma tinggal asep nihhh..." lanjut gue sambil nunjukin obat nyamuk bakar yang gue nyalain buat ngusir nyamuk.

"jadi nihh kita besok pagi???"

"Jadi lahh,, kalau gravitasi kamar lo nggak gede.. wkwkwk" canda Agus

kita ngobrol-ngobrol abis-abisan malam itu.. maklum, sama Wawan udah lama banget nggak ketemu.. dulu terakhir ketemu pas dia masih nganggur.. wkwkwk sama, gue juga sih, cuma sekarang dia udah jadi kepala alias leader di PT Mayora..

Kalau Agus, dia orang penting di pabrik kertas..

Sedangkan gue,, cuma pesuruh di pabrik baja.. wkwkwkwk..

Seketika, kamar gue jadi pasar malam dadakan... hehe ngobrol tanpa batas euy.. apalagi di temenin film 'Rampage' yang baru aja di download dari website itu tuh.. hehe kalian pasti tau lah yah..

si Wawan masih sigap aja ngurusin laporan produksi, maklum dia pulang jam 11 malam tadi terus langsung caw ke tempatnya Agus, terus lanjut caw lagi ke tempat gue...

"uhhh ya ampun,, loyalitas tanpa batas euuyyyy" batin gue..

Tapi seru sih pas itu.. bikin nggak kerasa aja, tau-tau udah jam 2 malem.. si Agus malah udah nyebrang dunia mimpi duluan.. sedangkan gue,, masih mabar berkutat sama oddete andalan gue..

"tidur woyy,, besok bangun pagi nihhh..." geram Agus..

yayayay...

Agus tidur di karpet biru.. sedangkan gue sama wawan di kasur.. gue nggak ngerti sih kenapa Agus suka banget tidur di karpet bulu gue. Alasan dia sih biar nggak mager bangun.. Soalnya katanya kasur gue itu kaya banyak setannya yang bikin malas bangun...

Makanya dia tidur di karpet bulu berwarna biru.

Besoknya yahh bener aja.. kita ngaret bangun jam setengah 6 dari rencana jam 5 pagi berangkat..

"Bay bangun bay,, solat subuh, itu matahari udah hampir nengger di ufuk timur.."

"hhhmmmm,, iyah guss.." jawab gue malas,, si Wawan juga masih ngorok ternyata..

Alhasil kita solat subuh hampir jam 6.. abis itu, kita siap-siap buat berangkat Liburannnn.. #yeahhh

Curug Putri berlokasi di Kabupaten Pandeglang, belokan masuknya tepat ada di depan gerbang Pantai Carita...

Sewaktu kita belok, banyak banget tour guide yang ngejar-ngejar kita.. Risih sih.. karena jadi bahan rebutan.. hahaha malah ada yang sampai ngikutin segala dan nanya-nanya ini itu.. bla bla bla..

Awalnya sih kita nggak mau pake tour guide gitu. Alasannya kita, karena si Agus udah pernah kesana. Cuma kata orang itu, setiap kelompok harus bawa tour guide buat ke curug putrinya... Alasannya sih buat mastiin kita aman berangkat dan pulang..

Jadi dengan terpaksa kita okein dia...

Abis belanja bekel di Indomaret sebelah. Kita lanjut jalan lagi ke tempat parkiran motor. Jalanannya naik gitu. yah maklum namanya juga curug yang artinya air terjun..

Udah gitu jalannya bebatuan parah, kalau nggak hati-hati bawa motornya jatuh deh bisa-bisa.. untuk akses mobil nggak mungkin yah.. mau nggak mau kalian pasti make jasa ojek dari warga sekitar buat ke parkirannya...

Sampai tempat parkir kita bayar biaya masuk 15 ribu per motor sama nulis nama kita dan jumlah orang yang dibawa di sebuah buku.. mungkin untuk pendataan kalau tiba-tiba kita hilang.. wkwkwk

Jarak dari tempat parkir menuju lokasi Curug Putri sekitar 20 menitan jalan kaki.. Melewati area berbatu, hutan dan menanjak.. Gue yang punya badan bongsor udah pasti kewalahan dan keringetan di sepanjang perjalanan..

Cuma karena sambil ngobrol dan melihat pemandangan hijau yang jarang-jarang gue lihat, jalan 20 menit menanjak nggak terlalu kerasa...

Tour guide kita namanya Mas Sapri, dia sekitar umur 25an kayanya. Soalnya mukanya nggak begitu tua kalau dilihat-lihat. Sebagai tour guide ternyata dia cukup mengayomi. Masa dia sampe nawarin buat bawa tas yang gue gendong. Cuma karena nggak enak, jadi gue aja terus yang bawa sampai pos curug putri.

20 menit berjalan dengan keringat yang hampir seember, kita duduk di embung yang udah disiapin.

dan, ada satu hal yang gue heranin dari 2 temen gue ini. Masa mereka sama sekali nggak keringetan. kayanya mereka penyakitan deh... hahahah #upss

Saran dari gue, kalau kalian mau ke curug putri mending berangkat pagi aja kaya jam 5 pagi... biar nggak rame, soalnya pas kita asli sepi banget. Cuma 10 menit kemudian dateng rombongan Ibu dan Bapak guru dari Bekasi yang rekreasi bareng ke Curug Putri..

nohh!!! dari sini kebukti kalau curug putri Pandeglang itu udah terkenal sampai ke luar Kota..

Antisipasi.. kita buru-buru ganti baju, nyewa pelampung yang harganya 40 ribu per orang dari harga asli 60 ribu.. kita langsung caw ke curug putri biar bisa main n photo-photo bebas tanpa di ganggu Ibu dan Bapak-bapak sosialita. hahahah

Awal gue ngeliat curug putri.... Ya Allah, mata gue belalak dibuatnya... Asli curug putri punya sungai yang aduhai banget masa.. Nggak heran kalau ini dibilang grend kenyennya Banten. Soalnya dinding-dindingnya itu lohh ya ampunnn supeeerrr banget dan susah buat diungkapkan dengan kata-kata...

Asli keren banget.. Gue yang jarang piknik dan liburan.. Main kesini berasa kaya ngebuat gue yang baru muncul lagi via ubun-ubun.. Mood gue langsung naik ke level bahagia... hahahah #lebay yahhh..

Tapi bener.. Curug putri Pandeglang itu worth it banget buat kalian perjuangin.. yah walaupun medan yang harus dilaluin motor itu ancur parah dan menanjak.. Cuma setelah kalian lihat ini bakalan beda..

Airnya itu lohh jernih bangett...

Makasih Ya Allah, Agus dan Wawan yang udah ngasih gue kesempatan ini.. Apalagi Agus yang nawarnya udah kaya emak-emak... hahaha gue aja kalah..

nihh photo-photonya....







*Sori kameranya ale... wkwkwk

Puas main di air.. kita pun mandi dan ganti baju.. siap-siap buat balik.. ohya jangan lupa bayar biaya sewa pelampung tadi sama jasa tour guide seikhlasnya.. cuma karena tour guidenya cukup mengayomi. kita kasih mereka 100 ribu...

The End,, 13K xoxo

Tablet Ciamik, Samsung Galaxy Tab S3

Sejak laptop gue sakit-sakitan sekitar 3 bulan yang lalu. Akhirnya sekitar awal Juni si doi udah nggak bisa di selamatkan lagi. Di bawa ke rumah sakit harapan laptop pun, ternyata si Doi rusaknya udah terlanjur parah karena bagian mainboard dia udah rusak parah. dan musti diganti mainboardnya yang memakan biaya kisaran 2 jutaan.

Berhubung dari dulu gue udah di mandset kalau laptop yang udah rusak mainboardnya mending beli baru. Akhirnya gue memutuskan untuk investasi barang baru guna memudahkan aktivitas gue termasuk urusan ngeblog yang kadang suka morat marit konsistennya.

Nah, ceritanya malam itu abis pulang kerja.

Gue, blogwalking di youtube dan bukalapak guna mencari barang idaman yang sesuai sama kebutuhan gue.

Awalnya gue sih cuma nyari laptop yang ringan dengan spek yang nggak terlalu dewa kaya contoh chipset AMD A9 biar harganya nggak terlalu mahal. 

Tapi, sewaktu lihat-lihat review laptop di youtube. ehh malah nyasar ke reviewnya abang ripiu yang ngereview tablet terbaru apple si Ipad 2018 yang cukup ngebuat gue ngiler dan mikir ulang buat mutusin mending beli laptop apa tablet.

Gue mikir "Apa mending gue beli tablet aja yah?? Selain karena lebih simpel buat dibawa kemana-mana dan pengoperasiannya yang lebih mudah. Gue mikir ini bisa ngebantu banyak pas gue lagi ngelesin ke anak-anak didik gue"

Karena gue ngajar di les privat yang anaknya nggak lebih dari 4 orang. Gue sering banget tuh nyorat nyoret di atas kertas kalau lagi ngejelasin itungan matematika.

Alhasil kertas yang dipake lumayan cukup banyak.

Dengan ini, gue ngebayangin kalau pake tablet, ini pasti bakal lebih gampang buat ngejelasinnya apalagi si Ipad 2018 katanya udah support apple pencil jadi coret-coretan bisa lebih leluasa dan mudah.

Cuma ternyata Apple pencil dijual terpisah dan harganya wow banget.. kisaran 1.5 juta.. zzzzz

Apalagi ditambah disini harga tabletnya kisaran 6 jutaan. 

Karena harga yang mahal. Jadinya gue mikir-mikir 10 kali.

Muter-muter di Youtube buat nyari alternatif pengganti.. ehh malah disasarin ke review gadgetin tentang si tablet anyar Samsung si Samsung Galaxy Tab S3. Yang cukup menggoda iman. Karena fitur-fitur yang ditawarkan lebih futuristik ketimbang Ipad.

Pas di cek harganya. Uwow kisaran 7-8 jutaan.

hhhmmm mikir deh.

Beli nggak yah?? beli nggak yah...

Alhamdulillah jadi beli tapi beli sekon dari olx kena 5.2...

Dan barangnya masih mulus banget nggak ada kendala. beruntung dapet harga barang yang terpaut jauh. Mungkin yang jual emank orang Kaya. heheh

Galaxy Tab S3
Awal megang... WOW ini tablet premium banget.

Bentukannya itu lohhh.. tipis banget. udah gitu casing belakang dibuat dari kaca dengan paduan glossy warna hitam.. Ditambah frame metal di sekiling tabletnya. Asli bentukan ini tablet premium banget.

Yang gue suka dari ini tablet adalah udah dapet bundling S-pennya di dalam kotaknya. Handling dan bentukan S-pennya persis banget kaya feel kalau kita lagi megang pulpen. Nyaman banget di pakai buat nulis dan gambar.

Gue jadi punya hobi baru yaitu gambar.. nih salah dua dari contoh gambar yang udah gue gambar... Bagus kan???

Shaoran Le Cardcaptor Sakura, draw by me...

Nadeshiko Kinomoto, draw by me
Kalau kalian nanya spesifikasinya gimana??

Yah masih bagus lah buat tahun-tahun ini.. RAMnya 4 gb, prosesornya sama kaya yang dipake S7 versi amerika yaitu Snapdragon 820.. Masih kenceng kok.. Layarnya juga udah Amoled ukuran Quad display atau 2K. jadi warnanya crispy banget.

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S3
Selain itu, speakernya juga bukan speaker sembarangan melainkan speaker Herman Kardon berjumlah 4 biji yang dituned oleh AKG Speaker. Jadi, urusan suara buat hiburan kaya nonton film, video dan dan dengerin musik mantep banget.

Area belakangnya nihhh...
Urusan Baterai 6000 mAh gengs, udah kuat banget  kisaran 5 jam'an dipake nonton video.

Itu dia keunggulan Tablet 2018 yang super rekomendasi menurut gue..

Kalau mau beli Ipad 2018 juga bagus kok.. jadi pilihan ada di tangan kalian.. heheh

Ini Perasaan Gue Setelah Bekerja

Dulu pas kuliah pengen cepet-cepet kerja,, tapi giliran sekarang udah kerja. Pengen balik lagi ke masa SMA atau kuliah aja, yang hidupnya masih bahagia tanpa beban... wkwkwkw

"Dasar dilema manusia yang tak tau bersyukur" hahahah :D :D

Kali ini gue mau ngeluh.. hahaha dengerin yahh.. syukur-syukur kalian bisa ngasih masukan lewat komen.. wkwkwk

Yah, gue kan juga manusia biasa yah. Kadang urusan keluh kesah itu nggak bisa dihindari. Daripada gue ngeluh sendirian di pojokan kamar sambil dengerin lagu sedih yang nggak ada faedahnya sama sekali. Mending sekalian aja gue muncratin di sini.. wkwkw

Kali ini ceritanya tentang kerja gue..

Kalian tau kan yah!!!

Gue kerja di perusahaan Baja punya Jepang di Kota tempat gue tinggal.. Sekitar 9 bulanan gue nganggur tanpa pemasukan yang pasti, akhirnya gue keterima di ini tempat, dan jadi tempat pertama gue kerja di Pabrik..

Kalau kalian tanya excited atau nggak??? Gue bakal jawab excited buangeettt.. tapi itu dulu.. hihihi

Sekarang?? yahhh agak gemana gitu.. hahaha

Tapi menurut gue wajar lahh yah. Manusia kan kadang makin lama makin kesini pasti makin tau apa yang sebenarnya di pengen sama diri sendiri. Cuma karena agama gue Islam, gue sih sekarang lagi maksain buat nanem prinsip bahwa sebenarnya gue itu nggak tau apa-apa tentang yang terbaik dalam hidup ini karena yang tahu terbaik buat hidup ini adalah Sang Illahi semata.

Mungkin, yang bisa gue lakuin adalah mencoba mencari sebuah jalan agar mendapatkan ketenangan dalam hidup tanpa mengorbankan perasaan gue sendiri, dan tidak menyusahkan orang lain.

Betul nggak gaes???  hahah

Selama hampir 3 tahun mengerahkan segala keringat fisik serta keloyalitasan terbaik yang bisa gue berikan kepada tempat gue bekerja.. Akhirnya gue sadar satu hal bahwa kerja itu ternyata sulit. Super duper sulit.

Emakk inyong capekkk.. via pexels.com
Apalagi yang notabenenya kita itu kerja sama orang, otomatis perasaan kaya dikejar ini itu, buat ngelakuin ini itu, yang kadang terasa mustahil untuk dilakukan sudah cukup untuk membuat batin ini cukup tersayat-sayat. Apalagi kalau kamu tipe orang yang sensitifan macam gue. otomatis mikirin hal-hal yang terjadi selama di kerjaan bakal direnungin habis-habisan begitu sampai di rumah.

Alhasil!!! badan sama pikiran kaya berasa nggak ada istirahatnya sama sekali. Karena terus mikirin akan hal-hal yang sebenernya nggak penting buat dipikirin.. hahah #kata temen gue itu.

Pernah tuh sangking betenya sama jenuhnya, sempet terbesit pikiran mau ....tut.... #sensor yah karena banyak temen yang baca.. wkwkwk. Cuma kan gue pikir panjang yah kalau nyari kerja itu susah. hahah tapi pengen sih.. kwkwkw mungkin nanti kalau udah siap.

Kerja itu capek. Capek banget.

Bayangin aja. Seminggu itu kita hampir ngabisin waktu sekitar 40 jam di pabrik. Belum lagi kalau lembur kaya perusahaan tempat gue kerja yang ngewajibin lembur 1 jam tiap harinya.. Ini berasa kaya hidup kita itu cuma di curahkan hanya untuk kerjaan doang.

Ntar pas libur, waktunya cuma kebanyakan dipakai buat recovery tenaga. Apalagi yang kerjanya lebih banyak memakai fisik daripada kepala.

Terus belum lagi yang kerjanya berlaku shift. Di pabrik gue kerja. Sistem pergantian shiftnya itu dilakuin tiap seminggu sekali. dan gue paling nggak suka kalau pas giliran masuk malem. Itu sumpah, jadwal tidurnya acak-acakan banget.. paling sehari cuma dapet 3-4 jam. Karena diatas jam 12 dzuhur itu mata pasti udah melek dan nggak bisa dimeremin lagi.

Tapi yaudah lah yah namanya juga kerja. Kayanya di dunia ini nggak ada deh kerjaan yang nggak capek. Youtuber aja yang keliatahn di videonya bahagia banget. Sebenernya mereka merasakan hal yang serupa. Capek dan jenuh sama yang dilakuin.

Tapi secapek apapun itu. pada akhirnya Kita harus tetep bersyukur. karena yah pasti kita ngerasain lah hidup kita kaya yang paling sulit, sama paling capek ketimbang yang lainnya

Cuma kalau kita sadar. Sebenarnya banyak orang yang ingin berdiri di tempat yang kita sekarang berdiri ini.. iyah nggak??

Jadi ya udah dijalanin saja dulu. Begitu intinya.. ntar kalau kalian dapat kesempatan yang lebih baik lagi.. kenapa nggak buat coba berpikir buat move on.

oh ya saran juga, sembari sibuk kerja di tempat kita kerja, nggak ada salahnya loh buat ningkatin skill-skill kita.

oke FIN ocehan dan keluhan gue hari ini.. makasih yah udah mau baca.

7 Cara Sepele Buat Kamu yang Sering Khawatir Dengan Hidupmu

Manusia itu sifatnya ada superduper variasinya. Tak terkecuali bagi orang-orang yang memiliki salah satu kecenderungan mudah sekali merasa cemas, dan memiliki rasa kekhawatiran berlebih yang sering terjadi secara tiba-tiba.

Seperti contoh, ketika kita sedang melakukan sesuatu namun hasil tak sesuai dengan harapan. Kemudian di kritik oleh orang lain. Disitulah perasaan khawatir kita sering muncul secara berlebihan dan terus memikirkan apa yang dikatakan orang tersebut.

Jika sudah begini, tentunya kita akan sulit dalam melakukan sesuatu karena kita jadi lebih sering terlena dan membuang waktu percuma karena terus dipakai buat merenung kejadian tadi, dan mengesampingkan pesan atau ajaran dari setiap kejadian.

Bahagialah, karena kamu pantas untuk mendapatkannya... via, pixabay.com
Tidak ada salahnya memang, untuk merenungi kejadian yang telah terjadi di sela-sela aktivitas kita guna introspeksi diri. tapi jika sudah sampai terlena.. hhhmm rasanya tak penting.

Untuk itu, daripada pusing-pusing untuk terus memikirkan kejadian yang sebenarnya udah terjadi. Mendingan di ajak enjoy aja dengan melakukan hal yang sebenarnya sepele tapi memiliki efek luar biasa untuk membantu kita dalam mengatasi rasa khawatir berlebihan.

1. Orang bilang bahwa langit pagi dan langit senja adalah hal yang luar biasa indahnya untuk dinikmati karena menawarkan kita 1000 kenyamanan

Luangkan selalu untuk menikmati sejuknya udara di pagi hari, dan rasakan indahnya langit di pagi dan senja hari. Dengan begini, kita bisa menjadi lebih tenang dan nyaman serta lebih siap untuk menghadapi segala kemungkinan yang mungkin terjadi nanti saat beraktivitas.

2. Tata ulang kembali kamarmu senyaman mungkin

Kamar itu ruangan penyimpan banyak rahasia diri sendiri. Apa yang terjadi selama ini, kita lebih cenderung untuk menghabiskan waktu berpikir, dan mengenali diri sendiri di dalam kamar. Sudah pasti membuat kondisi kamar senyaman mungkin adalah sebuah keharusan. Karena seburuk dan sesulit apapun kejadian tadi, kita tetap punya tempat nyaman untuk pulang.

3. Lebih bersyukur akan apa yang terjadi adalah hal yang penting

Kejadian demi kejadian, bahagia atau buruk. It happens with purpose. Selalu ada pesan setiap kejadian yang terjadi yang bisa kita petik dan dijadikan pelajaran hidup. Bahkan, di kejadian bahagia sekalipun, ada hal negatif jika kita terlalu terlena dan tidak berpikir secara bijak.

Untuk itu, usahakan selalu bersyukur atas apa yang terjadi hari ini. agar hati ini bisa tenang.

4. Ceritakan keluh kesahmu kepada sahabat terbaik, karena sekuat apapun dirimu. Tidak adil rasanya jika di bebani sendiri.

Hadir di tengah-tengah orang yang paling peduli dengan kita adalah hal yang paling patut disyukuri. Karena bersama mereka, jati dirimu, kebahagiaanmu, dan sejarahmu ikut terukir berkat mereka.

Masalah yang kita miliki, memanglah tanggung jawab masing-masing kita. Akan tetapi, meminta pendapat atau sekedar untuk cerita untuk meringankan beban pikiran kita, tak ada salahnya untuk dilakukan. Untuk itu datanglah dan ceritakan masalahmu kepada mereka.

5. Tidak semuanya harus kita terima karena kita percaya bahwa hidup adalah untuk menjadi baik. Mulai sekarang belajarlah untuk mengatakan "tidak" terhadap sesuatu yang tak kita bisa lakukan.

Dengan kita mengatakan bersedia atau iyah terhadap sesuatu yang sebenarnya tidak kita rela adalah perbuatan membohongi diri sendiri. dan itu cukup menyiksa batinmu.

Untuk itu, Stop untuk terus memikirkan perasaan orang lain, karena perasaan kita sendiri tak kalah penting.

6. Jaga jarakmu terhadap orang-orang yang memiliki efek negatif terhadap hidupmu.

Memilih kepada siapa kita hendak nongkrong dan berteman adalah hal yang wajar untuk dilakukan. Untuk itu, selalu pastikan bahwa kita berada di tengah-tengah orang-orang yang memiliki pengaruh positif dalam hidup kita.

7. Berpenampilan lah apa yang selama ini kita suka. 

Berpakaian dengan gaya kita sendiri bisa membantu kita dalam mengatasi rasa khawatir karena kita jadi lebih pede dan percaya diri. Untuk itu, selalu jaga penampilanmu.

Oke demikian hal sepele yang bisa kita bisa lakukan agar kita dapat menjadi pribadi yang tidak terlalu khawatir atau cemas atas apa yang akan terjadi.
So stay true to who you are. Kuat dilakoni, nek rak kuat di tinggal ngopi. and Enjoy yourself and you life.. 

Bertahanlah, Please!

Seberapa sering kalian membohongi diri kalian sendiri???

via, pixabay.com
Memaksakan sesuatu yang padahal sudah jelas hati berat untuk melakukannya tetapi masih terus menganggap bahwa itu semua baik-baik saja...

Melewati drama demi drama melalui senyuman palsu yang tersirat enggan ikhlas yang dipaksakan hampir setiap harinya.. Nyamankah???

Jujur, gue nggak tau apa semua orang mengalami fase ini atau nggak. Tapi bagi gue mengenali diri sendiri dengan baik adalah yang paling sulit untuk dilakukan. mengerti akan dimau sang pelupuk hati agar semuanya terasa bahagia dan tak terasa dikorbankan, rasanya sulit sekali. Apalagi dipaksakan oleh sebuah kondisi.

Jadinya seperti mau nggak mau dan harus.. #fake smile :)

Gue bukan pesohor yang mempunyai banyak fans, dan gue juga bukan pujangga yang memiliki banyak keahlian.

Gue hanyalah sekedar manusia yang punya hati serta harapan yang masih tergantung di depan pelupuk mata. Masih tergantung rapi dengan seutas tali andaian yang setiap malamnya selalu di impikan.

Mata ini pun tak lagi sama. Sudah banyak menjadi saksi akan pundak-pundak yang pergi menjauh. Menyaksikan tragedi demi tragedi yang semakin membuat sang hati terus terdistorsi bagaikan ilusi fatamorgana...

Sampai berapa lama lagi diri ini harus terus mencari alasan bahwa semuanya akan baik-baik saja... ??? Apakah harus terus berbohong hanya demi kenyamanan. ! FIN

Jadi Agen Bukalapak itu???

Bay udah berapa bulan ini..??? Blogmu mangkir pake banget.. Ya Allah ckckck banget pokoknya.

Ya Allah bulan mei emang bulan chalengging banget pokoknya. Biasa kerjaan lagi numpuk2nya pake banget, ditambah jam lembur bagai kuda.. hahahha tiap minggunya, ditambah laptop pake acara rusak di saat kantong lagi krik krik krik.

Yaudahh lah gabut sama malas akhirnya mode ON.

Soalnya nggak biasa aja kalau mesti nulis di HP. Biasanya ngetik dulu di word dulu pake keyboard terus di copas ke notepad abis itu baru dilanjut copas ke blog.

Well,, begitulah drama yang sesungguhnya terjadi...

Kalian gimana kabar...? Sehat kan yah??? Hehehe

Tulisan kali ini, gue cuma mau cerita. Sekarang kan gue nyambi gitu jadi agen-agen bukalapak. Yah itung-itung nyari pengalaman di sektor penjualan sama nambah-nambah modal nikah... bruakakakak

Gue nggak ngerti hubungan ini gambar sama isi.. heheh via pixabay.com
Biar nggak ribet, gue milihnya buat jualan pulsa HP sama listrik biar gampang, sama yah gue juga nerima kalau semisal ada orang yang nyari barang. Kebanyakan sih lebih sering nyariin barang berupa Hp flagship tapi yang bekas.

Terus sama pelanggan gue yah kebanyakan ibu-ibu komplek teman sepermainan alias temen rumpidut gue... hahaha yaelahh bay lu mainnya sama emak-emak tukang rumpi.. hehehe

Selain, tetangga. Ada temen-temen gue juga yang turut meramaikan kegiatan yang gue mulai dari awal bulan mei ini...

Well, kesan setelah sebulan... sumpahh ternyata jualan itu seru banget. Yahh walaupun untungnya belum sebesar bayangan gue. Hahahah tapi kesan yang ada itu ngebuat gue makin seneng dan tertantang setiap harinya..

Apalagi bukalapak yang punya komisi per dua minggu kalau kita berhasil jualan sesuai target.... whoaaaaaaa nambah duile semangat gue.. itung-itung dikit-dikit lama-lama jadi bukit.. hehehe

Jadi udah 2 minggu ini sih, gue selalu ngejar ntu target walaupun pake unsur perayuan dan pemaksaan ke teman-teman gue.. hahahah apalagi ditambah gue nerima utang buat pemudahan... heheheh

Jadi makin seru deh.. hahah buat nanti nagih-nagihnya.. hehehe

Kendalanya menurut gue itu 1...

Pas kita jual barang ke orang...

Ada biaya adminnya gitu.. yang biasanya gue limpahin ke pembelinya.

Tapi kalau orang yang beli jeli apalagi tahu kalau gue itu belinya di bukalapak biasanya mereka milih sendiri barangnya di bukalapak terus disodorin ke gue.. nah kalau yang kaya gitu gue bingung.. hahahah

Nggak ada untungnya bo... soalnya dia pasti nanya kalau tiba-tiba harga akhirnya berubah. 'kok harga barangnya jadi segitu sedangkan kemarin aslinya kalau ditambah ongkir nggak segitu bay.. duileee'

kalau udah kaya gitu, gue pasti transaksinya pakai akun satunya.. hehehe biar ada pilihan nego harganya.. wkwk sssttt jangan bilang-bilang BL yah. Soalnya gue nggak tau kalau ini ngelanggar atau nggak. Cuma kayanya nggak deh, kan gue kaga nipu.. ini cuma strategi gue aja biar dapet untung.. heheh..

Selama 1 bulan ini sih, belum ada kendala yang berarti yah. Soalnya emang kebanyakan customernya orang-orang yang gue kenal. Jadi masih enak lah buat nego sedikit kalau mereka komplain kok barangnya lama datangnya.. eheheh biasa mereka yang beli di gue emang sedikit buta sama belanja online.. walaupun udah gue ajarin caranya..

Dari sinilah, gue jadi tertarik buat mokusin kegiatan ini menjadi lebih serius...

Oke fine selesai..

Ohya ini nggak ada unsur promosi yah dari BL atau gimana... ini review jujur yang gue rasain selama sebulan jadi penjual.

Rindu yang Tak Bisa Diabaikan

Cintai dengan sepenuh hati, miliki dengan sepenuh jiwa.

I tried thousand times to love this place. But tetep nggak bisa karena “home is where the heart is”.

Rumah ortu adalah salah satu tempat dimana kasih dan cinta keluarga terjalin erat. Selain itu, hati ini masih memiliki kisah-kisah kasih di tempat nun jauh di sana yang memang hingga saat ini masih belum bisa move on karena emang gue yang nggak mau melupakannya begitu aja.

Banyak orang bilang, jika kamu telah menaruh hati di suatu tempat, maka di saat kau harus pergi meninggalkan tempat itu, linger hatimu akan membawamu kembali.

Mungkin itu yang terjadi pada diri ini hingga saat ini, selalu menunggu momen-momen untuk kembali ke sana.

Kecintaan gue terhadap Kota Semarang, telah dimulai sejak gue mengenal dan gabung bersama dengan mereka. Bukan saat semester 1, di mana momen homesick selalu menyerang setiap hari.

Kangen akan rumah atau homesick secara perlahan mulai terlaihkan begitu saat gue gabung, bertemu, dan menjalin suatu ikatan di mana kami memiliki tujuan bersama untuk saling mengisi agar dapat memajukan hal yang kami usahakan saat itu.

Mengenal mereka dan saling bekerja sama adalah hal yang paling gue nikmatin saat itu. Selalu menunggu akan momen-momen rapat di mana hening karena keseriusan dan gelak tawa karena candaan yang spontanius menjadi hati ini makin nyaman dan nyaman.

Alhasil mereka berhasil mendapatkan perhatian besar, dan keloyalitasan tinggi dari gue secara bebas dan ikhlas.

Dan mulai detik itu, hati ini telah gue taruh tepat di tengah-tengah logo yang kami banggakan.

I, You, and Us!!
Himpro Teknik Kimia Unnes telah banyak mengajarkan gue banyak hal. Menerima perbedaan, dan mengusahakan untuk selalu tampil terdepan agar kami terlihat adalah perjuangan yang nggak bisa di abaikan dan dilupakan.

Karena terbukti jerih payah, serta keringet yang dihasilkan dari rangkaian ukiran sejarah pada waktu ini masih berbekas dalam dada.

2 tahun ku mengabdi padanya, dan kini memasuki hiruk pikuknya kehidupan yang sebenarnya. Hati ini selalu saja jadi korban gonjang ganjing akan apa yang terjadi. Mulai dari permasalahan batin, dan permasalahan kehidupan luar yang berasa tak ada ujungnya.

Hanya ada malam-malam sebagai hiburku untuk sekedar cerita dan mengharap akan RidhoNya tentang kebaikan untuk diri ini. Dan kadang tersenyum sendiri begitu melihat walpaper dalam layar komputer yang membuat terjebak dalam nostalgia zaman kuliah dulu.

Rindu rasanya, tapi bagaimana. Kami sudah berada di jalan perjuangan kami masing-masing. Kini logo itu, masih terus diperjuangkan oleh penerus-penerus kami yang tak kenal akan lelah.

Hanya pesan singkat yang mampu kutorehkan untuk menyapa mereka, sambil menunggu waktu yang pas untuk kiranya hadir dan merasakan kembali berdiri di tengah-tengah mereka.

Syukur alhamdulillah. Waktu yang kutunggu kurang lebih 3 tahun lamanya tiba. walaupun hanya 3 hari. Tapi kurasa itu lebih dari cukup untuk melepas rasa-rasa rindu yang selama ini ditahan.

29 maret 2018, kurasakan kembali kenangan-kenangan itu. Berdiri di pinggir jalan yang memang sudah tak asing lagi.

Unnes, sebuah tempat perjalanan memori panjang yang begitu mengagumkan.

Bahagia sebahagia-bahagianya diri ini makin menjadi begitu bertemu dengan orang-orang yang selama ini hanya terkontek dari pesan singkat. Orang-orang yang memang sudah lama sekali ingin dijumpai. Apalagi himpro teknik kimia unnes yang selama ini dinantikan kabarnya.

Sekarang, yang kulihat. Mereka sudah jauh lebih besar dan disegani. Sudah banyak hati hati yang ditaruh di tengah-tengah logo itu demi tujuan bersama yaitu memajukan Teknik Kimia Unnes.

Semoga berhasil kepada kita semua yang menaruh harapan ke kalian. Terimakasih.

Empati, Peduli Berlebihan yang Selalu Disalahkan

Sifat dasar yang mutlak harus dimiliki setiap individu adalah rasa empati atau peduli antara satu dengan yang lainnya demi terciptanya keharmonisan bagi kehidupan sekarang ini. Kalian setuju nggak??

Kalau gue setuju.

Tapi bagaimana dengan rasa empati atau peduli yang dirasakan terlalu berlebihan?? Well, gue pribadi punya pendapat bahwa pandangan seperti itu memiliki perbedaan antara satu orang dengan yang lainnya.

Karena, kadar atau level berlebihan tiap-tiap orang itu berbeda. Seperti contoh, gue yang memberikan perhatian dan kepedulian yang menurut gue biasa aja. Bisa jadi orang itu, yang gue peduliin bisa merasakan bahwa kepedulian yang gue kasih terlalu berlebihan bahkan malah menganggu menurut orang itu.

caring others people, via pixabay.com
Artikel ini gue tulis berdasarkan pengalaman pribadi.

Di tempat gue kerja. Ada 1 orang yang gue kasih perhatian lebih karena niat gue hanya buat ngebantu dia karena promosinya. Dia yang gue rasa belum yakin percaya akan kualitas dirinya dalam mengemban tugas yang diberikan sama perusahaan jadi lebih cenderung murung, terlihat banyak pikiran, dan seperti di bawah tekanan.

Well, gue pribadi ngerti apa yang dirasakan beliau. Apalagi perusahaan kita cenderung baru dan masih sering banyak masalah. Dia yang bertanggung jawab akan kelancaran produksi mungkin jadi salah satu alasan bahwa dia ikut pusing.

Gue sebagai rekan kerjanya, kurang suka ngeliat pemandangan dia kalau lagi murung akibat tekanan dari atasan. Apalagi hubungan kita, yang udah gue anggap lebih dari sekedar rekan kerja. Gue yang tipe orang perasa nggak bisa tinggal diam, jadi gue berusaha buat ngelakuin hal yang gue bisa demi meringankan kerjanya dia.

Pokoknya ngebantu apa yang dia tanggung jawabi sebisa gue. Agar dia nggak terlalu pusing akibat tekanan kerja dan tanggung jawab.

Terlalu baikkah?? Kalau menurut kalian bagaimana???

Soalnya, ada orang yang ternyata ngeliat niatan gue yang mereka pikir nggak tulus dan hanya ingin cari muka saja.. pppfffttt