Selasa, 22 September 2015

6 Hal Yang Bisa Dilakukan Oleh Lulusan Baru Di Tengah Kesibukan Mencari Kerja

Siapa yang sedang mencari kerja??

Bagi kebanyakan orang mencari kerja merupakan langkah selanjutnya ketika kita menyelesaikan suatu jenjang pendidikan baik SMA, SMK, atau kuliah. Hal itu sah-sah saja mengingat di Indonesia ini cukup banyak industri atau pabrik-pabrik skala besar yang berdiri di tengah-tengah kita. Namun tumbuhnya angka penduduk yang sangat besar tidak sejalan dengan perkembangan industri saat ini, beratus ribu lulusan kuliah dan SMA lulus setiap tahunnya, membawa bekal dan secercah harapan untuk berlomba dalam memasuki dunia industri. Persaingan yang ada pasti memiliki hukum alam dimana yang belum sesuai pasti akan tersingkir terlebih dahulu dan berusaha lebih keras lagi. Begitulah fenomena mencari kerja saat ini ditengah gejolak ekonomi yang sedang naik turun.

Namun sadarkah kita bahwa hidup ini lebih dari sekedar mencari kerja, banyak para lulusan hanya melakukan kesibukan diri untuk mencari kerja, yang umumnya lebih banyak menghabiskan waktu menunggu yaitu menunggu lowongan, menunggu panggilan, dan bahkan menunggu panggilan tes. Sehingga menjadikan hidup para lulusan ini menjadi kurang produktif. Mencari kerja memang hal yang benar, namun alangkah lebih baiknya bila kita menggunakan waktu secara maksimal agar hidup jauh lebih terasa. Hal itu menjadikan dasar bagi penulis untuk membuat suatu artikel yang mungkin berguna bagi para jobseeker ini. Berikut merupakan 6 hal yang bisa dilakukan oleh lulusan di tengah kesibukan mencari kerja.

1. Kumpulah bersama teman-temanmu
Image Courtesy of Nenetus at http://www.freedigitalphotos.net/
Dalam kesibukan dirimu mencari kerja tidak salahnya meluangkan waktu bersama dengan teman-temanmu untuk kumpul baik teman SD, teman SMP, atau teman yang lainnya, hal ini tentu bermanfaat dalam menyambung silaturahmi, anda juga bisa berbagi pengalaman anda dalam mencari kerja kepada teman lamamu serta anda juga bisa menggali informasi apapun baik tentang lowongan, atau pengalaman kerja mereka yang sudah bekerja. Tentu ini akan membantumu. Jadi anda menyelam sambil meminum air.

2. Jangan anda tunggu panggilan tes di tempat anda melamar
Image Courtesy of Stockimages at http://www.freedigitalphotos.net/
Ada baiknya anda tidak menunggu panggilan tes di tempat kerja anda melamar, hal ini akan membuat masa penantian berasa lebih lama dan membosankan. Anda bisa lebih cepat tanggap dalam mencari lowongan yang sesuai dengan kualifikasi anda. Dan segera untuk memasukkan lamarannya, ini tentu akan membuat peluangmu menjadi lebih besar. namun anda jangan melakukannya berlebihan karena hal itu bisa membuat anda bingung jika panggilan datang pada hari yang sama.
BACA JUGA PANDUAN PEMBUATAN CV dan SURAT LAMARAN KERJA
3. Sibukkan dirimu di berbagai kegiatan yang positif
Image Courtesy of Stockimages at http://www.freedigitalphotos.net/
Melakukan hal positif seperti membantu orang tua, membantu teman atau membantu sesama akan cukup mengisi waktu luangmu dalam masa penantian panggilan tes, hal ini juga bermanfaat bagi otakmu agar tetap prima.

4. Mengikuti kursus untuk meningkatkan skill atau keahlian yang anda miliki
Image Courtesy of Photokanok at http://www.freedigitalphotos.net/
Bagi anda yang memiliki uang lebih, ikutilah kursus atau pelatihan yang dapat meningkatkan skill anda sehingga nanti pada saat tes panggilan anda bisa menjadi lebih mudah untuk menyelesaikan tes tersebut. Perusahaan akan lebih memilih kepada orang yang melakukan usaha lebih.

5. Melakukan hobi yang anda sukai
Image Courtesy of Imagerymajestic at http://www.freedigitalphotos.net/
Apa yang menjadi hobimu lakukanlah, seperti menulis artikel, bernyanyi, memainkan alat musik. Yang penting hobi ini merupakan sesuatu yang memiliki manfaat yang bisa anda lakukan untuk menciptakan peluang menghasilkan pundi-pundi rupiah.

6. Bukalah lowongan kerjamu sendiri
Image Courtesy of Ambro at http://www.freedigitalphotos.net/
Anda memiliki suatu hobi? jadikan itu sebagai usahamu, seperti contoh jika anda memiliki hobi menulis artikel anda bisa membuka jasa penulisan artikel, atau jika anda memiliki keahlian dalam mereparasi komputer buka saja jasa reparasi komputer, yang penting jangan malu dan takut, karena yang anda lakukan adalah sesuatu yang benar bukan tindakan kriminal.

Demikian, 7 hal yang bisa kalian lakukan ditengah kesibukan yang bisa dilakukan para jobseeker utnuk membuat waktu kalian menjadi lebih efektif dan efisien.

SALAM BK

lahir era tahun "95" menjadikan seorang bayu, pria mochi semakin beranjak umur. Punya hobi ngedekem di kamar setiap 'weekend' akibat suka-duka mencari segenggam rezeki.


Terimakasih kepada Allah SWT yang telah memudahkan segala jalan yang gue tempuh. Terimakasih juga karena telah mengirimkan special persons ; teman-teman gue, rekan-rekan kerja gue, dan keluarga yang perfect banget yang selalu menyokong gue untuk selalu maju ke depan.

Semoga apa yang gue saat ini kerjakan bisa bermanfaat buat gue dan orang lain. Aminn. wish me luck!! thank you xoxo

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon