Senin, 21 September 2015

Anda Mahasiswa? 5 Tips Singkat Agar Anda Sukses Berorganisasi

Organisasi adalah sekumpulan orang yang saling berkumpul untuk membentuk suatu komunitas atau kelompok yang memiliki tujuan yang sama, organisasi juga dapat diartikan sebagai tempat atau wadah aspirasi yang bisa digunakan oleh seorang untuk bertukar pendapat ataupun mengasah kemampuan atau mengadakan suatu event yang memiliki manfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

Mungkin kita mengenal organisasi secara dalam melalui SMP, dimana kita menjumpai suatu kelompok seperti OSIS, PRAMUKA, English Club, dan pecinta sains, itu semua merupakan beberapa contoh organisasi namun organisasi ditingkat SMP hanya sekedar kegiatan ekstrakurikuler dimana yang mengadakan itu pihak sekolah. Jika anda lanjut ke jenjang yang lebih tinggi seperti SMA anda akan mempelajari organisasi lebih dalam lagi, karena organisasi menjadi lebih dalam lagi dimana oragnisasi tersebut sudah mulai lebih mandiri bila dibandingkan dengan SMP, dan seterusnya hingga kita kuliah. Kemampuan organisasi kita akan semakin berkembang seiring dengan seringnya kita menerjunkan diri dalam dunia keorganisasian, karena menurut saya ilmu organisasi sangatlah penting dalam membentuk soft skill diri kita yang akan sangat berguna sekali di dunia yang sebenarnya yaitu dunia ketika kita dewasa. Berorganisasi akan meningkatkan rasa percaya diri, kemampuan dalam berkomunikasi, memagement waktu dan kerjasama, serta meningkatkan bakat-bakat terpendam dalam diri kita.

BACA JUGA 6 TIPS AGAR ANDA SUKSES MENJADI MAHASISWA BARU

Bagi anda yang tertarik untuk mengikuti organisasi, berikut mimin berikan tips untuk anda memulai dalam dunia berorganisasi :

1. Organisasi bukanlah ajang untuk unjuk gigi
Image Courtesy of  Stockimages at http://www.freedigitalphotos.net/
Organisasi jangan pernah anda gunakan untuk meningkatkan rasa pamor anda di lingkungan, anda boleh saja bangga karena anda bergabung dengan suatu organisasi seperti OSIS, BEM atau lembaga siswa atau kemahasiswaan lainnya. Namun anda tidak boleh memiliki pikiran “gabung organisasi inilah biar keren atau biar dipandang”. Karena hal itu akan percuma, tidak ada ilmu yang akan anda dapatkan dengan niat seperti itu.

2. Pilihlah organisasi yang sesuai dirimu, bukan mengikuti teman
Image Courtesy of  Sira Anamwong at http://www.freedigitalphotos.net/
Kebanyakan alasan orang bergabung dengan organisasi karena ikut-ikutan teman. Hal itu tentu saja tidak boleh, karena anda hanya akan berdiam tempat dimana teman organisasimu sudah mulai jalan. Sebaiknya anda mengikuti organisasi sesuai dengan minatmu dan kemauanmu sehingga makna dan mafaat akan terasa pada dirimu.

3. Jadikan organisasi sebagai wadah untuk menunjukan bahwa anda bisa!

Image Courtesy of  Stuart Miles at http://www.freedigitalphotos.net
Bila anda sudah bergabung dalam organisasi, anda jangan diam diri, dan bermalas-malasan anda juga harus memberikan kontribusi yang nyata dalam organisasi tersebut seperti menyampaikan pendapat, ikut terjun pada kepanitiaan acara bahkan lebih baik lagi jika anda jadi ketua suatu acara atau ketua umum organisasi tersebut yang akan melatih jiwa kepemimpinanmu.

4. Jangan maruk ikut organisasi
Image Courtesy of Gualberto107 at http://www.freedigitalphotos.net/
Sangking aktifnya anda ikut 10 organisasi dalam periode yang sama, hal ini boelh-boleh saja dilakukan namun anda harus ingat bahwa anda manusia yang memiliki batasan, karena organisasi yang diikuti banyak membuat anda kewalahan dan akhirnya sakit sehingga tanggung jawab organisasi dan sekolah/kuliah menjadi ambu radul. Khususnya mahasiswa yang juga harus pintar-pintar bagi waktu antara organisasi, tugas dan kuliah.

5. Ambil kesempatan yang ada
Image Courtesy of Stuart Miles  at http://www.freedigitalphotos.net/
Jangan males kalau berorganisasi, ikutlah rapat dan acara yang organisasi kalian. Ambilah kesempatan yang ada, jika ada kesempatan untuk terjun kepanitiaan atau ketua yah anda ambil itu, jangan sampai anda menyesal dikemudian hari.

Demikian, kiat-kiat yang dapat mimin berikan dari pengalaman mimin berorganisasi. Semoga sukses. 

lahir era tahun "95" menjadikan seorang bayu, pria mochi semakin beranjak umur. Punya hobi ngedekem di kamar setiap 'weekend' akibat suka-duka mencari segenggam rezeki.


Terimakasih kepada Allah SWT yang telah memudahkan segala jalan yang gue tempuh. Terimakasih juga karena telah mengirimkan special persons ; teman-teman gue, rekan-rekan kerja gue, dan keluarga yang perfect banget yang selalu menyokong gue untuk selalu maju ke depan.

Semoga apa yang gue saat ini kerjakan bisa bermanfaat buat gue dan orang lain. Aminn. wish me luck!! thank you xoxo

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon