Rabu, 30 September 2015

Kuliah di Unnes? Spoiler Universitas Negeri Semarang

Universitas Negeri Semarang atau lebih dikenal dengan nama singkatan Unnes merupakan salah satu dari beberapa universitas negeri yang ada di Semarang. Universitas yang masuk dalam kategori 50 besar kampus terbaik menurut webometrics tahun 2015 merupakan universitas yang memiliki ciri khas sebagai Universitas Konservasi. Unnes sebagai Universitas Konservasi telah dicanangkan pada tahun 2010 (via. Unnes.ac.id). kampus ini merupakan eks.IKIP yang berubah nama menjadi Universitas Negeri Semarang pada tahun 1999.

Motto dari kampus ini adalah Unnes Sutera singkatan dari Sehat, Unggul, Sejahtera. Kampus dengan warna khas kuning ini memiliki 9 Fakultas dengan jumlah 59 Program Studi yang tersedia. Unnes memiliki 4 kampus yang terdiri dari Kampus daerah Bendan ngisor untuk program pascasarjana, Kampus Ngaliyan yang diperuntukan untuk program PGSD, Kampus Unnes Tegal yang diperuntukan untuk mahasiswa PGSD yang berasal dari jawa barat dan kampus utama di Sekaran daerah Gunungpati Kota Semarang.

Bagi anda yang pertama kali mengunjungi kampus utama Unnes di sekaran mungkin anda akan terheran bagaimana bisa ada kampus di daerah seperti ini, memang jalan akses kampus utama unnes terdiri dari 3 jalan utama yaitu jalan via Ungaran, jalan via Sampangan, dan Jalan via Mijen. Ketiganya mengharuskan anda untuk melewati jalan yang dipenuhi dengan tanjakan serta jalan yang lumayan sepi bila malam dengan area yang sangat hijau sehingga dapat memanjakan mata anda pada siang hari. Kampus utama Unnes berada di area tinggi kota semarang yaitu daerah gunungpati tak heran bila jalan aksesnya mengharuskan anda untuk melewati daerah yang rindang. Namun hal itu akan berubah seiring dengan bertambahnya dekat anda dengan area kampus dimana perumahan, pusat jajanan dan belanja akan bermunculan menjadikan daerah sekaran ini layaknya seperti kota kecil di atas gunung.

Kampus utama unnes memiliki area yang cukup luas dengan keadaan pohon yang sangat banyak menjadikan kampus unnes ini rindang nan sejuk sehingga cocok untuk dijadikan tempat rekreasi alam. Mungkin bagi anda yang mengunjungi pertama kali akan merasakan takjub karena tata letak dan rindangnya pohon dapat memanjakan mata anda, membuat anda enggan untuk meninggalkan kampus ini. Kampus yang memiliki nama khas yaitu Universitas Konservasi memang selalu berpegang teguh terhadap ke 7 pilar konservasi mereka, termasuk dengan aturan “tidak ada kendaraan yang boleh masuk ke area kampus pada hari senin-jumat”. 

Kampus ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap untuk mahasiswanya yang meliputi taman sutera yang cocok untuk area bersantai dan rileksasi bagi mahasiswa akibat tugas-tugas kampus yang cukup membebani, area hotspot yang tersedia diseluruh penjuru kampus, sepeda dan bus kampus yang tersedia untuk memudahkan jangkauan mahasiswa keseluruh kampus, danau buatan yang berfungsi untuk cadangan air tanah serta tempat mahasiswa memanjakan mata, laboratorium yang lengkap dengan alat instrumentasinya, Kampung Budaya yang saat ini tengah dibangun, Perpustakaan yang memiliki ribuan koleksi buku, Lapangan Stadion, Kolam Renang dan lain sebagainya yang siap untuk membuat mahasiswa semangat dalam menjalani kegiatan kuliahnya.

Bagi para calon mahasiswa yang hendak mendaftar ke kampus konservasi ini, tersedia 3 jalur masuk yaitu SNMPTN, SBMPTN dan terakhir SPMU (seleksi mandiri), dan juga tersedia asrama kampus yang diperuntukan untuk mahasiswa bidikmisi atau kurang mampu dengan biaya sewa yang terjangkau.

Spoiler Kampus Utama Unnes
Gerbang Utama Unnes via Konservasi.unnes.ac.id
Transportasi Internal Kampus via Konservasi.unnes.ac.id
Auditorium Unnes, Photos by Roni Firmansyah via Panoramio.com
Taman Sutera via unnes.ac.id
Gedung GSG Unnes dengan Parkir bertingkat 5. Photos by Roni Firmansyah at panoramio.com
Stadion Unnes via sekitarunnes.com
Gedung Rektorat Unnes via simawa.unnes.ac.id
Embung Unnes via missfenny.net

lahir era tahun "95" menjadikan seorang bayu, pria mochi semakin beranjak umur. Punya hobi ngedekem di kamar setiap 'weekend' akibat suka-duka mencari segenggam rezeki.


Terimakasih kepada Allah SWT yang telah memudahkan segala jalan yang gue tempuh. Terimakasih juga karena telah mengirimkan special persons ; teman-teman gue, rekan-rekan kerja gue, dan keluarga yang perfect banget yang selalu menyokong gue untuk selalu maju ke depan.

Semoga apa yang gue saat ini kerjakan bisa bermanfaat buat gue dan orang lain. Aminn. wish me luck!! thank you xoxo

1 komentar so far

Artikel ini sangat menarik. Terimakasih telah berbagi informasi. Informasi ini sangat membantu

ST3 Telkom

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon