Sabtu, 31 Oktober 2015

5 Keahlian Berkomunikasi yang Wajib Dilatih Oleh Mahasiswa

Jika kita berbicara mengenai bahasa, maka yang terlintas di kepala adalah hal-hal yang berhubungan dengan kata-kata serta komunikasi. Iyah memang benar, dalam kehidupan sehari-hari kita akan selalu menggunakan keterampilan dalam berbahasa, tak terkecuali bagi mahasiswa. Sebagai mahasiswa yang biasa diindetikkan sebagai kaum intelektual -_- sudah seharusnya memiliki kecakapan atau keterampilan dalam berbahasa, namun melihat kondisi sekarang ini mahasiswa lebih cenderung memiliki keahlian dalam berbahasa menggunakan bahasa yang digabungkan dengan “Slang Words” yang terkesan alay atau lebay. Hohoho. Hal ini tentulah tak mengapa, namun perlu diingat akibat dari keseringan menggunakan bahasa seperti ini terkadang akan terbawa hingga pada saat acara formal sekalipun seperti pada saat presentasi, bicara dengan dosen, atau dalam acara formal lainnya. Bisa dibayangkan coba? Jika kondisi seperti presentasi dalam kelas yang kita sudah mengenal satu sama lain mungkin yah bisa ditolerir, akan tetapi coba kalau di acara rapat atau tes wawancara kan gak mungkin banget kamu menggunakan bahasa seperti ini.  


Oleh sebab itu wowcang menuliskan artikel yang mengenai tentang 5 tips keahlian berkomunikasi yang wajib kamu latih sebagai mahasiswa.

1. Lupakan sejenak bahasa lebay atau alay atau slang words
Via Pixabay.com
Kamu tetap keren kok, walau tidak menggunakan bahasa alay. Tinggalkanlah kebiasaan menggunakan bahasa gua2, elo2, cucok, ember, cyinnn, *kok wowcang jadi aneh sendiri?? atau bahasa alay lainnya. Digunakan yah tidak mengapa asalkan kamu bisa membedakan kondisi mana yang dikira tepat untuk menggunakan bahasa ini. Jangan sampai deh kamu menggunakan bahasa alay ini diacara resmi, nanti bisa-bisa kamu dikira sebagai orang yang tidak sopan.

2. Tingkatkanlah bahasa Indonesiamu dengan baik

Yah memang kalian sebagai mahasiswa pasti sudah advance lah dalam berbahasa indonesia. Tapi sesuai dengan perkataan dosen saya, sebaiknya mahasiswa lebih membiasakan diri dengan menggunakan bahasa indonesia tingkat tinggi. Bahasa indonesia tingkat tinggi itu seperti apa? Yah bahasa Indonesia yang biasa digunakan oleh orang-orang hebat, bahasa yang memiliki makna-makna tertentu seperti konsistensi, kolerasi, komitmen, dll. Tentu dengan menggunakan bahasa seperti ini, kamu sebagai mahasiswa akan terlihat lebih bijaksana. Tapi jangan sampai kaya yg di TV itu, bahasanya ketinggian dan aneh untuk didengar tapi agak lucu sih. Yah kalian tahulah siapa.

3. Bahasa tubuh
Bapak Obama Presiden US sedang Pidato, Via Pixabay.com free licensed no Atribut required
Bahasa tubuh atau Body Language. Yang saya maksud disini bukan bahasa gerak tubuh yang biasa digunakan untuk main tebak-tebakan yah. Yang saya maksud adalah gesture tubuh yang anda gunakan ketika anda sedang bicara. Ini merupakan salah satu yang terpenting, karena dengan gesture tubuh yang sesuai dan tidak berlebihan akan menggambarkan kamu mahasiswa sebagai orang yang memiliki kecerdasan emosional, karena kamu terkesan lebih ekspresif. Kebiasaan untuk melatih gesture tubuh akan melatih dirimu menjadi orang yang percaya diri, semangat dan bisa dipercaya. Tak heran bila pemimpin-pemimpin di seluruh dunia pasti memiliki gesture tubuh yang bisa membuat para pendengar menjadi lebih semangat dalam mendengarkan. Tidak hanya itu, perpaduan antara gesture tubuh yang baik dengan gaya berbahasa yang baik akan mampu meningkatkan dirimu kelak ketika kamu berada dalam “Public Speaking”.

4. Berbicara dengan harmoni, penekanan, ekspresif, dan mudah untuk didengar
Ekspresif dong.. :D via pixabay.com
Tidak perlu lah kalian teriak-teriak dalam berbicara. Ketika kalian dalam suatu acara Public Speaking seperti berpidato, seminar, sidang, ataupun acara lainnya yang mengharuskan kamu untuk berbicara didepan, yang harus kalian lakukan adalah berbicara dengan santai, ekspresif, keras agar mudah untuk didengar, dan diberikan nada tekanan naik atau menurun pada setiap kalimat yang dibicarakan. Hal ini memang tidak mudah untuk dilakukan, terlebih pada orang yang baru pertama kali berbicara didepan. Orang yang baru pertama kali biasanya akan merasakan hal seperti malu, grogi, gemeteran dan deg-degan sama seperti wowcang yang terkadang grogi ketika berbicara didepan. Namun tahu tidak? Rasa grogi merupakan hal yang biasa loh!! Karena menurut Bapak Mario Teguh, rasa gemetaran merupakan tanda bahwa diri kamu sedang dalam fase perkembangan. Makanya sering-sering saja melatih dirimu untuk berbicara didepan.

5. Peningkatan dengan keahlian berbahasa asing
Tingkatkan bahasa inggrismu agar kelak ke inggris. Amin Via Pixabay.com
Ini juga penting banget bagi mahasiswa. Keahlian dalam berbahasa asing harus terus diasah terutama Bahasa Inggris, yang merupakan bahasa internasional dunia. Kemampuan dalam berbahasa asing yang baik akan membuat dirimu berbeda dengan mahasiswa lainnya. Jika kamu memiliki keterampilan bahasa asing akan menjadi nilai tambah ketika kamu memasuki Dunia Industri, karena kebanyakan dalam persyaratan rekruitmennya mewajibkan kamu untuk bisa berbicara bahasa asing khususnya bahasa inggris minimal pasif, bahkan ada beberapa perusahaan besar yang mewajibkan untuk aktif dalam berbahasa inggris. Maka dari itu wowcang menyarankan kalian untuk ikut club bahasa inggris di tempat kuliah kamu. Karena club ini pasti bersifat gratis dan akan membuat perkembangan pada dirimu dalam berbahasa inggris. Tapi jika kamu memiliki uang yang lebih yah kamu bisa ikut course atau les bahasa inggris di salah satu tempat kursus yang ada. Kamu juga bisa mengasah kemampuan berbahasa lainnya seperti bahasa jepang, china, arab, korea, german, prancis, dll di suatu club atau tempat kursus yang tersedia. Tapi wowcang lebih menyarankan bahasa inggris terlebih dahulu.


Demikian 5 tips keahlian berkomunikasi yang wajib di latih bagi mahasiswa, belum ada waktu terlambat kok untuk memulai. Yang terpenting adalah komitmen serta fokus pada apa yang diusahakan karena dengan itu semua yang diusahakan akan membuahkan hasil di suatu kelak nanti. Jangan sampai kamu menyesal dikemudian hari yah.

lahir era tahun "95" menjadikan seorang bayu, pria mochi semakin beranjak umur. Punya hobi ngedekem di kamar setiap 'weekend' akibat suka-duka mencari segenggam rezeki.


Terimakasih kepada Allah SWT yang telah memudahkan segala jalan yang gue tempuh. Terimakasih juga karena telah mengirimkan special persons ; teman-teman gue, rekan-rekan kerja gue, dan keluarga yang perfect banget yang selalu menyokong gue untuk selalu maju ke depan.

Semoga apa yang gue saat ini kerjakan bisa bermanfaat buat gue dan orang lain. Aminn. wish me luck!! thank you xoxo

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon