Kamis, 08 Oktober 2015

6 Tanggung Jawab Mahasiswa yang Harus Dilakukan Dalam Dunia Perkuliahan Sebagai Syarat Untuk Kelulusan

Mahasiswa pasti memiliki sejuta tanggung jawab dalam dunia perkuliahan, khususnya mahasiswa semester lanjut yang memiliki sejuta tanggung jawab untuk dilakukan sebagai syarat kelulusan. Tak sedikit mahasiswa yang stress akibat dari derasnya tanggung jawab yang datang tanpa hentinya. Begitulah fenomena-fenomena yang terjadi kepada mahasiswa semester lanjut.

Sebagai mahasiswa memang sudah menjadi kewajiban untuk menyelesaikan apa yang dipilihnya, suka atau tidak suka, mau atau tidak mau semua mahasiswa harus melakukan hal itu tanpa pilihan jika hendak segera lulus. Sah-sah saja bila beberapa mahasiswa yang tidak kuat akan tanggung jawab perkuliahan lebih memilih untuk menundanya dan menyelesaikannya nanti di semester selanjutnya, hal itu tentu boleh dilakukan akan tetapi akan ada resiko dari pilihan yang dibuat seperti tidak bisa lulus tepat waktu, dan sendirian karena teman-teman yang lain sudah menyelesaikan terlebih dahulu. Mungkin hal tersebut akan membuat hari menjadi lebih santai namun kalau menurut admin sibuk beramai-ramai bersama teman lebih menyenangkan bila dibandingkan dengan sibuk sendiri. Memang benar jika dalam dunia perkuliahan kita berjuang untuk diri sendiri tapi tidak ada salahnya juga berupaya jika memang ada waktu tanpa menundanya.

Tanggung jawab perkuliahan yang harus diselesaikan ada banyak sekali macamnya, tergantung pada jurusan kuliah yang diambil, namun saat ini admin akan memberikan beberapa tanggung jawab perkuliahan secara garis besar yang biasa dihadapi bagi mahasiswa S1 :

1. Tugas perkuliahan yang semakin menumpuk (1-4 SKS)
Image Courtesy by Gulaberto107 at freedigitalphotos.net
Seiring dengan perkembangan semester, beban mata kuliah yang akan kamu ambil akan semakin berkurang namun tingkat kesulitan mata kuliah tersebut akan semakin meningkat karena pada semester yang akan datang mata kuliah yang harus diambil mulai menjurus pada jurusan yang kamu ambil serta tugas yang bertambah dan banyak jumlahnya. Dahulu saya pernah menanyakan kepada dosen tentang kenapa tugas yang diberikan semakin banyak? Beliau menjawab “untuk membuat kamu lebih disiplin dan mengerti tentang apa yang saya sampaikan”.

2. Tugas organisasi yang ikut menyumbang dalam menyibukkan dirimu (Non SKS)
Image Courtesy by Stuart Miles at freedigitalphotos.net
Hal ini hanya terjadi pada mahasiswa yang aktif organisasi, aktif berorganisasi tidak salah malah sangat bermanfaat, asalkan tidak melebihi ambang batas dari kemampuan kita sendiri. Sebagai mahasiswa yang baik, mulailah untuk memprioritaskan organisasi dan kuliah 50:50, agar pembentukan softskill dan hardskill saling seimbang dan menciptakan dirimu menjadi orang yang sukses kelak. Konsekuensi yang akan diterima jika mengikuti organisasi adalah bertambahnya tanggung jawab yang harus kamu selesaikan selain tanggung jawab perkuliahan.

3. KKL (Kuliah Kerja Lapangan) (1-2 SKS)
KKL di PT Semen Indonesia, Gresik
KKL singkatan dari Kunjungan Kerja Lapangan, dalam perkuliahan pastinya ada sebuah mata kuliah KKL, yaitu mata kuliah yang mengharuskan kita untuk mengunjungi dan melihat sebuah perusahaan yang sesuai dengan bidang yang diambil. KKL ini biasanya menjadi mata kuliah wajib untuk anak teknik tapi tidak menutup kemungkinan jika kamu mahasiswa non teknik akan melaksanakan KKL juga. KKL menurut admin adalah sebuah mata kuliah yang sangat mengasyikkan karena ibarat menyelam sambil meminum air. Saat KKL kamu mungkin akan ditawari sebuah pilihan tempat untuk rekreasi bersama dengan teman-temanmu. KKL ini nantinya akan diminta pertanggung jawaban sebagai laporan kepada dosen pengampu berupa presentasi dan laporan secara tertulis mengenai perusahaan yang dikunjungi. KKL akan sangat merepotkan bila anda melibatkan diri dalam kepanitiaan KKL, karena dalam KKL, mahasiswa yang terlibat dalam kepanitiaan akan sibuk dalam pengurusan perizinan perusahaan dan biro acara yang hendak dipilih.

4. KP/PKL/PPL (4-6 SKS)
Mereka Teman Saya, hari terakhir PKL makanya pada grofie (Group Selfie)
Mungkin bagi anak SMK KP/PKL tidak menjadi sesuatu yang asing untuk didengar, karena pada dasarnya PKL mahasiswa dan PKL siswa SMK itu sama. KP/PKL merupakan sebuah mata kuliah yang biasanya ada di semester 6, mata kuliah ini mengharuskan mahasiswa untuk terjun secara langsung di sebuah perusahaan selama 1-3 bulan. KP/PKL ini cukup menyibukkan dirimu karena kamu harus dari jauh-jauh hari utnuk menyiapkan proposal PKL, surat perizinan ke perusahaan yang hendak kamu tuju, dan belum lagi laporan PKL di akhir nanti. bahkan bisa menghabiskan 1-2 bulan untuk perizinan, belum lagi jika proposal kamu tidak keterima/ditolak oleh perusahaan tersebut, karena kamu harus banting stir untuk mengurusi perizinan ke perusahaan lain, tak heran bila pihak kampus selalu menyuruh mahasiswanya untuk segera membuat proposal 1 tahun sebelum PKL. Bagi anak pendidikan PKL bakal tidak ada dan akan digantikan dengan PPL dimana kamu harus terjun langsung dan mengajarkan kepada kelas layaknya seorang guru selama 3 bulan.

5. KKN (Kuliah Kerja Nyata) (4-6 SKS)
Ini teman saya lagi KKN
KKN atau Kuliah Kerja Nyata merupakan tanggung jawab mata kuliah yang harus kamu ambil khususnya S1. KKN ini merupakan mata kuliah yang memberikan kontribusi secara nyata kepada masyarakat yang bertempat tinggal di daerah terpencil, terdepan, dan tertinggal. Dalam KKN kamu bersama dengan kelompokmu akan terjun dan tinggal selama 1 bulan di derah tersebut dan memberikan program-program bermanfaat yang dapat meningkatkan kualitas ekonomi ataupun lingkungan mereka. Sebelum melaksakan KKN, kelompok anda akan diminta untuk membuat rencana serangkaian program yang akan dilaksanakan dalam sebuah proposal yang nantinya akan diprensentasikan pada dosen pengampu KKN untuk melihat apakah pantas program anda untuk dilakukan di daerah tersebut.

6. Tugas Akhir/Skripsi (6 SKS)
Lelah karena skripsi, Image Courtesy by Phaitoon at freedigitalphotos.net

Dari 6 tanggung jawab mahasiswa yang harus dihadapi ada 1 mata kuliah penutup yang harus diselesaikan yaitu Tugas Akhir atau Skripsi. Tanggung jawab ini mungkin akan menjadi tantangan berat bagi mahasiswa yang hendak menyelesaikan kuliahnya, tak heran bila banyak mahasiswa yang menunda kelulusannya karena menunda mata kuliah satu ini. Tugas Akhir/Skripsi mungkin akan membuat anda tidur larut malam, bolak-balik sana sini, kejar dosen sana-sini, dan dikejar deadlines yang cukup untuk membuat dirimu kewalahan. Tugas Akhir atau Skripsi bisa membuat dirimu sibuk selama 6 bulan hingga 1 tahun lamanya hanya untuk menyelesaikan tanggung jawab ini. Pasalnya kamu harus melakukan sebuah penilitian atau observasi guna data pendukung dalam Tugas Akhir atau Skripsimu nanti. Tugas Akhir akan muncul di akhir semester dan biasanya dalam semester akhir hanya ada 1 mata kuliah yaitu Tugas Akhir/Skripsi itu sendiri, tentu anda tidak bisa menganggap hal tersebut remeh, karena 1 mata kuliah tersebut sudah cukup untuk membuat dirimu Begadang dan kewalahan. Happy Kuliah

Ke-6 tanggung jawab ini merupakan tanggung jawab yang harus diselesaikan bagi mahasiswa yang hendak mendapatkan gelar di belakang namanya, semua itu tidak mudah untuk dilakukan jika anda tidak bersungguh-sungguh. Menjadi mahasiswa bukanlah untuk main-main karena kuliah akan menjadi bekalmu kelak ketika kamu memasuki dunia yang sebenarnya. Faktanya kuliah tidak seindah di FTV.


lahir era tahun "95" menjadikan seorang bayu, pria mochi semakin beranjak umur. Punya hobi ngedekem di kamar setiap 'weekend' akibat suka-duka mencari segenggam rezeki.


Terimakasih kepada Allah SWT yang telah memudahkan segala jalan yang gue tempuh. Terimakasih juga karena telah mengirimkan special persons ; teman-teman gue, rekan-rekan kerja gue, dan keluarga yang perfect banget yang selalu menyokong gue untuk selalu maju ke depan.

Semoga apa yang gue saat ini kerjakan bisa bermanfaat buat gue dan orang lain. Aminn. wish me luck!! thank you xoxo

3 komentar

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

1 lagi tambahan, tanggung jawab moril saat ditanyain dari segala penjuru 'bro, kapan wisuda?' wkwkwkwk..

Follow blog aku juga dong www.theamazingjasmi.com

Wahh betul tuh... hahahha hawanya pengen nabok klo udh ada yg nnya kaya gtu.. nggak tau apa kita lagi usaha smpe keringet darah gini.. wkkwkw

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon