Kamis, 29 Oktober 2015

Kiat Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Dalam Bahasa Inggris (English Version)

Jika kalian telah menyelesaikan masa studi kalian, maka kalian akan melanjutkan langkah selanjutnya menuju kehidupan yang lebih luas dan nyata. Buka berarti kehidupan kalian itu belum nyata yah hanya saja masa sekolah dan pendidikannu itu hanyalah tempat yang kurang nyata dimana kalian mengenyam pendidikan dengan tujuan mempersiapkan segala sesuatunya agar lebih matang pada saat kalian terjun secara langsung di dunia yang lebih nyata.

Pixabay.com
Langkah apa selanjutya yang kalian ambil adalah hak kalian yang terpenting adalah langkah tersebut merupakan langkah yang masih berada dijalan Tuhan. Mungkin kebanyakan beberapa orang yang telah menyelesaikan masa studinya akan melangkahkan kakinya menuju untuk mencari penghasilan. Sumber penghasilan ini dapat berupa macam-macam sumbernya, ada yang didapat dari kegiatan wirausaha, bekerja di sebuah perusahaan,  menjadi seorang artis, penyanyi, dll. Saya tidak akan membahas pekerjaan secara satu-satu, yang akan saya bahas adalah persiapan yang harus dilakukan dalam memasuki dunia industri. Memasuki dunia industri bukanlah perkara yang mudah, perlu usaha yang keras dan doa yang tak tiada hentinya agar dapat diterima sebagai karyawan perusahaan tersebut. Proses masuknya ke dunia industri kebanyakan menggunakan sistem seleksi umumnya berupa dari serangkaian tes, diantaranya : Tes Administrasi persyaratan, Psikotes, Tes akademik, Tes Wawancara, FGD (Focus Group Discussion), dan Tes kesehatan.

Agar kamu mendapatkan panggilan untuk mengikuti tes seleksi tersebut maka kamu harus mempersiapkan yang namanya Surat Lamaran Pekerjaan dan Daftar Riwayat Hidup. Jika saya kemarin telah membuat sebuah artikel tentang surat lamaran kerja dan CV maka kali ini saya akan membahas mengenai surat lamaran kerja dalam bentuk bahasa inggris yang saya gunakan dalam proses mencari kerja saat ini, hasilnya yah cukup untuk membuat diri saya dipanggil, namun hanya saja saya selalu gagal di seleksi selanjutnya. Mungkin karena usaha yang saya lakukan masih kurang. Hehehe #Curhat

Artikel Terkait :

Baiklah langsung saja, Kenapa surat lamaran kerja harus menggunakan bahasa inggris? Hal ini dikarenakan bahasa inggris merupakan bahasa international dunia, makanya tak heran bila para calon pekerja yang melamar pekerjaan kebanyakan harus memenuhi persyaratan mampu berkomunikasi dalam bahasa inggris minimal pasf, namun tak jarang juga para pelamar diharuskan mampu bercakap bahasa inggris secara aktif. Terlebih kebanyakan industri yang berdiri di Indonesia ini merupakan industri yang berasal dari luar Indonesia seperti Chandra asri, Dover, Lotte, Chevron, dll. Oleh sebab itu kebanyakan para pelamar yang hendak melamar pekerjaan di perusahaan bonafit tersebut harus menyiapkan sebuah surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris. Oh ya satu lagi dari sekian wawancara yang pernah saya ikuti, 8 dari 9 perusahaan menggunakan bahasa inggris dalam tes wawancaranya sehingga saya berpikir bahwa keberadaan bahasa inggris ini menjadi sesuatu yang wajib untuk dikuasai terlebih bila kamu telah menyandang gelar mahasiswa, yang bila diingat kamu telah memperlajari bahasa inggris dari zaman SD.

Berikut Tipsnya :

1. Bagian Kepala Surat
Bagian ini berisi tanggal pengiriman dan kepada siapa surat lamaran ini dituju, umunya surat lamaran ditujukan ke bagian Human Resource Department dari Perusahaan tersebut. Kata yang bisa digunakan untuk kepala Surat adalah “Attention to Human Resource Department of PT. BlaBla” atau kamu bisa menggunakan “Dear to Human Resource Department of PT Blabla”. Namun nama bagian yang dituju sebenarnya tergantung dengan apa yang dinformasikan oleh perusahaan tersebut. Jika perusahaan tersebut menyebutkan untuk surat lamaran pekerjaan ditujukan kepada seseorang maka langkah lebih baiknya jika kalian mengikuti apa yang disarankan oleh perusahaan tersebut. Seperti Contoh : “Dear to Recruitment Team Of PT blabla”.

2. Bagian Opening (Pembuka)
Bagian ini merupakan bagian pembuka dimana kamu tidak mungkin langsung mengirim sebuah surat lamaran yang berisi sebuah kalimat begini : “Assalamualaikum, I want to apply in your company for the position as QC Lab Analyst. My name is bayu Kuniawan, 21 Years Old. Thank you for your kind attention. Sincerely Bayu” kan kalau surat lamarannya kaya gitu kamu jelas tidak akan dapat undangan untuk mengikuti tes seleksi. Semua itu ada seninya, gunakanlah bahasa yang formal dan membuat si pembacanya excited dengan surat lamaran yang kamu buat. Contoh Bagian Pembuka “Dear sir/madam, It is with great interesting that I am applying in your company for the position as Quality Control Staff. My name is Bayu Kurniawan, 21 years old, male, dynamic, energetic person, and healthy. I graduated from State University of Semarang (UNNES) in May 2015 with GPA 3.42 (scale 4.00) majoring diploma in chemical engineering department program."

3. Bagian Perkenalan/Deskripsi diri
Bagian ini berisi tentang Deskripsi diri, kamu bisa menceritakan tentang kegiatanmu atau pencapaianmu yang pernah didapatkan waktu kuliah dulu. Tapi ingat secara singkat yah, tidak bertele-tele dan panjang. Surat lamaran pekerjaan yang baik itu hanya terdiri dari 1 lembar, tidak lebih. Karena si tim recruitment tidak mungkin membaca surat lamaranmu secara keseluruhan karena mereka tidak akan menghabiskan waktu mereka hanya untuk membaca semua isi dari surat lamaran pekerjaan secara satu-satu. Mereka umumnya akan melakukan proses baca cepat dimana hanya dicari poin-poin pentingnya saja. Berikut contoh bagian deskripsi : sebelumnya saya tidak tahu sih, karena menurut saya kata-kata yang saya buat ini agak ambigu. Namun karena hasilnya saya pernah diundang untuk ikut tes seleksi jadi masukkan saja. ”When I was University Student, I developed myself by giving some contribution to joint with Himpro Teknik Kimia for 2 period and Active in social activity. I also ever be given a chance to do some research student program and being Asisstant of Bioprocess laboratorium for 2 Semester. By those experience that is why I am writing this letter to you. I will be very appreciated if you could give me in opportunity to work in your company.”

4. bagian Penutup/Closing
Pada bagian ini, kamu bisa ungkapkan rasa ketertarikan kamu bahwa kamu ingin benar-benar kerja diperusahaan tersebut. Contohnya bisa seperti ini : “Please find my enclosed CV for your review. I hope to be able to be given a chance for an interview to explore how I can contribute to develop PT BlaBla. I feel confident that when we meet and speak together. You will see why i believe i am the right person in your company. I am looking forward to receive some feedbacks from you. Thank you for your kind attention.”

5. Bagian nama Pengirim
Kalau saya selalu menyertakan nama dan alamat pengirim di bawah surat. Namun jika kamu mau ditaruh diatas yah itu tidak apa-apa untuk dilakukan. 
Contoh :
Best Regards
Bayu Kurniawan
Phone : Disembunyikan, E-mail :
Disembunyikan
Address : Disembunyikan

Berikut merupakan surat lamaran kerja bahasa inggris yang saya gunakan, kalian bisa kok untuk membuat kata-kata sendiri. dari kata salah satu tim Rekrutmen yang pernah saya tanyakan, dalam pembacaan surat lamaran pekerjaan mereka tidak akan terlalu memikirkan tentang grammar dari sebuh surat hanya saja yang terpenting adalah kalimatnya benar tidak acak-acakan. Hehehe Semangat buat kalian jobseeker. Kita doa sama-sama yah


lahir era tahun "95" menjadikan seorang bayu, pria mochi semakin beranjak umur. Punya hobi ngedekem di kamar setiap 'weekend' akibat suka-duka mencari segenggam rezeki.


Terimakasih kepada Allah SWT yang telah memudahkan segala jalan yang gue tempuh. Terimakasih juga karena telah mengirimkan special persons ; teman-teman gue, rekan-rekan kerja gue, dan keluarga yang perfect banget yang selalu menyokong gue untuk selalu maju ke depan.

Semoga apa yang gue saat ini kerjakan bisa bermanfaat buat gue dan orang lain. Aminn. wish me luck!! thank you xoxo

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon