Sabtu, 07 November 2015

Lama Menganggur? Jangan Biarkan Otakmu Melempem Layaknya Kerupuk, Lakukan 8 Kegiatan Simpel Ini Untuk Membuat Otakmu Dalam Kondisi Prima

Lama menganggur? tidak ada kerjaan? jangan sampai deh membuat otakmu semakin melempem seperti layaknya kerupuk yang umes. hehehe


Akibat dari kesibukan dan fokusmu terhadap mencari sebuah pekerjaan yang berpenghasilan membuat dirimu tidak memanfaatkan waktu luang secara maksimal.
Inyong Bosan Kie? Kepiye Jal?
Yang kamu lakukan hanyalah sibuk bergelut dengan pencarian informasi lowongan sana-sini, makan, minum, nonton TV, BBM’an, Fban, Main COC, dan tidur-tiduran. Sehingga kamu tidak sadar bahwa kegiatan seperti itu dapat membuat kualitas otakmu kurang prima atau menurun.

Tentu tidak mau bukan? Jika semua pelajaran yang engkau tanam selama di perkuliahan terlupakan begitu saja! Bukannya tidak boleh melakukan hal-hal yang diatas, tentu itu boleh dilakukan karena semua itu merupakan bagian dari kebutuhan manusia. Akan tetapi ada suatu hal lebih yang bisa kamu lakukan di sela-sela waktu kesibukannmu selain mencari pekerjaan.

Kesibukan di perkuliahan kan sudah berakhir, tidak ada lagi deh yang namanya sibuk organisasi, sibuk ngerjain tugas, sibuk belajar sebelum ulangan, dan sibuk kuliah. Aktivitas setelah kelulusan akan menjadi sangat drastis berubah, terlebih jika kamu masih dalam proses mencari pekerjaan yang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Makanya daripada kamu uring-uringan yang tidak jelas dikamar sambil menunggu hasil dari lamaran kerja, maka tidak ada salahnya juga melakukan beberapa aktivitas seperti dibawah ini agar kualitas otakmu terus dalam kondisi prima.

Aktivitas di bawah ini memang terlihat sepele, tapi dengan seperti ini setidaknya bisa membuat kualitas otakmu dalam kondisi yang segar dan prima, karena Otak tidak hanya memerlukan energi untuk mengaktifkannya, akan tetapi ia juga membutuhkan suatu pemacu agar otak dapat lebih terasah. Seperti layaknya pisau yang tidak digunakan akan membuat si pisau menjadi tumpul, Otak pun demikian bila jarang digunakan tentu akan menjadi tumpul.

Coba bayangkan! Kesibukan selama ini yang kamu lakukan hanya itu-itu saja, bukan hanya akan membuatmu banyak mengeluh dan jenuh tetapi kegiatan seperti itu bisa saja membuat dirimu menjadi seorang Malas, padahal nanti setelah kamu mendapatkan pekerjaan yang berpenghasilan kamu dituntut untuk bekerja sesuai deadline.

Oleh sebab itu, dalam artikel ini wowcang akan memberikan tips-tips mengenai kegiatan yang dapat dilakukan untuk membuat otakmu lebih terasah dan tetap dalam kondisi prima. Berikut sarannya

1. Biasakan Membaca! Baik itu Novel, Komik, Ensiklopedi, Berita di Koran, dll
Baca Buku! Ojo Lali
Manfaat dari membaca buku, selain untuk membuat otakmu semakin terasah. Aktivitas baca buku juga akan menambah wawasan serta daya imajinasimu. Dengan membaca, sel-sel otak akan kembali aktif dan menyusun kembali memori-memori yang pernah anda alami. Membaca juga dapat menyeimbangkan kondisi otak kanan dan otak kiri.

Tidak harus tiap hari, cukup dengan 2 hari sekali satu buku sudah cukup untuk mengasah otakmu.

Jika dirasa buku dirumah telah habis, tidak usah pusing-pusing, kamu masih bisa mengunjungi perpustakaan publik yang ada di kotamu atau dengan meminjam buku teman atau adikmu.

Jika tidak ada perpustakaan kamu masih bisa mencari sejuta informasi yang ada di Internet sana, tapi selalu diingat untuk membaca dalam kondisi yang dianjurkan, seperti membaca dalam tempat yang cukup cahaya dan sambil duduk bukan tiduran.

2. Berkomunikasilah dengan Tetangga, Teman, Keluarga

Aktivitas mencari pekerjaanmu tidak menuntut dirimu untuk berleha-leha dirumah dan menunggu hingga hasil panggilan wawancara. Cobalah keluar dan sapalah tetanggamu atau main kerumah temanmu.

Aktivitas seperti ini tentu akan melatih otakmu dalam segi berkomunikasi, karena pada dasarnya ilmu komunikasi merupakan ilmu yang tidak bisa disepelekan begitu saja.

Kamu juga bisa menceritakan keluh kesahmu kepada mereka, siapa tahu mereka punya info lowongan baru atau punya channel kerjaan baru untukmu.

3. Olahraga Setidaknya Seminggu Tiga Kali
Katak Olahraga
Kamu mencari lowongan setiap kapan sih? Tiap hari? Pasti setiap dipagi hari setelah bangun tidur! Itu pun kalau ada info lowongan yang sekiranya cocok kamu langsung kirim lamaran ke perusahaan itu.

Lalu habis itu yang kamu lakukan apa? Menunggu hingga panggilan tes, BBMan, Nonton Gosip, Apa telponan sama pacar?

Kegiatan seperti itulah yang membuat diri kamu menjadi tidak banyak gerak, sehingga kamu tak sadar setelah sebulan melakukan itu-itu saja, eh tahu-tahunya baju kesukaanmu sudah tidak cukup untuk dipakai. Gimana hayooo?

Makanya selalu luangkan untuk berolahraga minimal seminggu 3 kali, sehingga porsi lemak masih bisa dikontrol. Bukan hanya lemak yang terkontrol tapi segala organ dalam tubuh akan ikut terbantu seperti tulang, sendi, ginjal, jantung, paru-paru dan OTAK.

4. Menulislah Apapun Itu Bentuknya

Admin Wowcang selalu dianjurkan sama saudara untuk menulis apapun judulnya, makannya admin merilis web ini untuk dijadikan sebagai wadah melakukan kegiatan seperti menulis. Selain bermanfaat untuk orang lain, kegiatan menulis seperti ini tentu akan lebih mengasah otakmu.

Karena faktanya menulis artikel seperti ini tidaklah mudah untuk dibayangkan, karena imanjinasi akan pemilihan kata harus dilakukan. Dengan penyusunan kalimat yang harus nyambung dengan konteks kalimat sebelumnya. Makannya jika dirasa ada kalimat yang ambigu dalam beberapa artikel wowcang tolong dimaklumi, karena admin sendiri masih dalam tahap belajar.

Sedikit cerita awalnya wowcang dulu, waktu menulis artikel pertama kali untuk web ini. Rasanya susah sekali membuat satu kalimat, alhasil artikelnya hanya terdiri dari 200-300 kata atau tidak lebih dari satu halaman Ms-Word.

Namun seiring dengan waktu berjalan, 1 harinya wowcang bisa menghasilkan 1 artikel yang terdiri dari 1000-2000 kata. Itu menandakan bahwa Otak admin berkembang.. ahahah

Bukannya sombong yah, karena itu bukan suatu hal yang patut dipersombongkan. Hanya saja ini lah yang dirasakan admin saat ini. Sangking asyiknya, kegiatan menulis sudah jadi agenda sehari-sehari.

5. Belajar Masak, Masakan Sendiri
Masaknya Jangan Telur Dadar Doank Yah!! Kreasikan
Di rumah tidak ada salahnya kok membantu mamah buat menyiapkan makanan untuk keluarga. Selain dapat membantu mamake dirumah, ilmu memasak juga bisa meningkatkan kualitas otak dalam segi Memperkirakan, Merasakan, Mengindahkan, dan Olahraga sekalian.

Loh kok bisa?

Coba lihat mamah kamu yang masak, pasti beliau keringetan bukan? Karena harus memotong, mengiris, mengulek bumbu, mengaduk. Itu semua butuh tenaga yang besar. Beliau juga harus menjaga agar kualitas rasa dan nutrisi agar tetap terjaga! Makanya ilmu memasak tidak bisa di pandang sebelah mata.

Admin sendiri sering memasak untuk keluarga karena ibu admin telah berpulang kerumah sang Tuhan. Tetapi dengan memasak admin bisa berkreasi dalam bidang masak-memasak, urusan rasa jangan dipertanyakan sudah pasti Enak. Apalagi moment yang paling membanggakan ketika mendapat pujian dari sang Ayah kalau masakan admin Endesssss.

6. Jelajahlah Kotamu yang Berbau Alam
Ehh Ada Foto Saya!! Jadi Malu.. HAHA
Jenuh dengan kegiatan dirumah yang itu-itu saja? Kamu bisa mengajak teman-teman terbaikmu untuk jalan-jalan, tak harus ke mall. Karena itu bisa menghabiskan tabungamu. Jelajahlah wisata alammu seperti mendaki gunung, Pantai, Curug (Air Terjun), atau main di sawah. Tempat seperti itu kan indah, dan lebih bagusnya lagi tentu bermanfaat untuk otakmu.

Dengan mengunjungi tempat-tempat bernuansa alam, jiwamu serta kondisi emosionalmu akan masuk dalam kondisi ketenangan, karena tempat-tempat seperti ini memiliki ion-ion serta aura positif yang akan terpancar dalam dirimu. Rasa stress akibat ditolak peusahaan sana-sini bisa hilang dengan mengunjungi tempat ini.

7. Ajarkanlah Ilmu Kepada Adikmu atau Anak Dari Tetanggamu
Ngajarin Anak-Anak Kecil, Seru Juga!!
Bukankah akan menjadi amal jariyah bila kamu menurunkan ilmu yang kamu punya kepada orang yang membutuhkan.

Bukan hanya ilmu yang kamu turunkan yang akan bermanfaat. Tetapi juga akan meningkatkan daya ingatmu mengenai materi-materi yang dulu pernah diajarkan.

Memberi ilmu ke anak tetangga, juga bisa kamu jadikan sebagai kerja sampingan untuk mendapatkan uang tambahan dan mengisi waktu luangmu disela kesibukan mencari pekerjaan.

8. Ikut Kursus Bisa jadi Pilihan yang Cukup Bijak untuk Menjaga Agar Otakmu Dalam Kondisi Prima

Tidak harus kursus yang bayar untuk meningkatkan keahlian yang kamu punya. Kamu bisa kok daftar ikut kursus ke yayasan BLKI atau balai pelatihan kerja yang diselenggarakan oleh pemerintah daerahmu. Selain berguna untuk menambah skill yang kamu punya, ikut kursus seperti ini juga akan membuat otakmu dalam MODE ON.

Namun jika kamu punya tabungan yang lebih, kamu bisa ikut kursus di lembaga kursus terpercaya.

Demikian 8 kegiatan yang bisa kamu lakukan agar otak tidak melempem dan tetap dalam kondisi Prima.

lahir era tahun "95" menjadikan seorang bayu, pria mochi semakin beranjak umur. Punya hobi ngedekem di kamar setiap 'weekend' akibat suka-duka mencari segenggam rezeki.


Terimakasih kepada Allah SWT yang telah memudahkan segala jalan yang gue tempuh. Terimakasih juga karena telah mengirimkan special persons ; teman-teman gue, rekan-rekan kerja gue, dan keluarga yang perfect banget yang selalu menyokong gue untuk selalu maju ke depan.

Semoga apa yang gue saat ini kerjakan bisa bermanfaat buat gue dan orang lain. Aminn. wish me luck!! thank you xoxo

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon