Rabu, 25 November 2015

Tuhan Selalu Bersama Dengan Mahasiswa Semester 5

“Huhuhuhhuhuhhuh... Tuhan selalu bersama mahasiswa semester 5”
Itulah kalimat yang paling sering dilontarkan oleh kebanyakan mahasiswa semester 5 di seluruh Universitas di Indonesia. #Alay, padahal tidak semuanya!

Gambar Colongan Adek Kelas!! Maaf Yah dekk
Mungkin bagi kalian mahasiswa semester awal akan bertanya-tanya, ada apa gerangan dengan mahasiswa semester 5? Apakah sesulit itu? Saya melihat kakak kelas saya biasa saja sih, masih sama seperti mahasiswa pada umumnya. Masih terlihat begitu santai!!

Mungkin kamu melihat kakak kelasmu hanya dari sebelah mata saja, faktanya tidak demikian. Wowcang sendiri menyebut semester 5 merupakan masa transisi pra-lulus, karena semester 5 merupakan semester yang jaraknya sudah “agak” dekat dengan semester akhir yaitu 7 & 8, hanya masalah waktu dan perjuangan yang akan membawa mahasiswa semester 5 menuju titik ini. Bahkan ada beberapa mahasiswa yang menambah masa studinya karena tidak kuat menahan beban tanggungan perkuliahan. Haha

Jika status anda adalah mahasiswa D3, maka semester 5 merupakan semester akhir, karena masa studi D3 umumnya 3 tahun, berbeda dengan S1 atau sarjana yang memiliki masa studi normal 4 Tahun atau 8 Semester total. Bobot dari S1 dengan D3 sudah jelas berbeda karena tujuannya sudah jelas berbeda. Perbedaannya nanti kita bahas di artikel selanjutnya.

Kembali ke topik utama “Ada apa gerangan dengan mahasiswa semester 5”? kamu sebagai adek kelas mungkin tidak terlalu mengerti apa yang dirasakan oleh seorang mahasiswa semester 5, karena kamu belum merasakannya secara nyata, namun dari artikel ini, wowcang akan menggambarkan sedikit apa yang yang terjadi kepada mahasiswa semester 5. Sehingga nantinya kamu sebagai mahasiswa tingkat awal lebih mengerti dan lebih siap jika kedudukanmu nanti kelak menjadi seorang mahasiswa semester 5.

Jadi apa saja yang terjadi di mahasiswa semester 5? Check this out

Dari Luar Memang Tampak Seperti Bunga yang Baru Mekar, akan tetapi Dari Dalam Sebenarnya Mereka Menjerit!

Mungkin ibarat ini terlalu melebih-lebihkan, akan tetapi ada benarnya juga. Jika kamu memiliki seorang sahabat mahasiswa semester 5, maka kamu bisa memintai dia untuk menceritakan keluh-kesah yang dialaminya sebagai mahasiswa semester 5. Dengan catatan tidak terlalu mengganggu mereka!

Yang dirasakan oleh mahasiswa semester 5 sebenarnya biasa saja bagi mahasiswa semester 7 atau 8, hal ini dikarenakan mereka telah melalui masa-masa sulit ini dan masa sulit yang terjadi di semester 5 telah tergantikan di semester 7 dan 8.

Jika kamu melihat kakak kelasmu yang saat ini adalah mahasiswa semester 5, mungkin kamu akan lebih sering melihat mereka tertawa tanpa beban. Hal ini dimaksudkan karena tertawa merupakan jalan satu-satunya yang paling simpel, dan murah untuk dilakukan agar beban kuliah sedikit terlupakan.

Bayangkan Saja Tugas Datang Secara Silih Berganti, dengan Deadline yang Tidak Jauh Berbeda

Memiliki banyak tugas memang cukup merepotkan, mungkin kalian mahasiswa semester awal akan merasakan ini merupakan hal yang biasa saja, karena kalian juga mendapatkan tugas yang sama banyaknya dengan mahasiswa semster 5.

Tapi faktanya tidak demikian. Tugas memang sama banyaknya, tapi kualitasnya yang berbeda. Mata kuliah mahasiswa semester 5 kebanyakan merupakan mata kuliah lanjutan yang berisi dengan materi-materi baru. Berbeda dengan mata kuliah semester 1 yang masih merupakan materi rekonstruksi dari materi-materi SMA.

Bisa dibayangkan betapa sulitnya mereka berusaha untuk mengerjakan tugas mereka secara mati-matian hanya untuk jawaban dan pegumpulannya harus tepat waktu demi nilai yang paling hanya 7 (Tergantung Dosen). Bahkan diantaranya ada yang mengambil cara cepat yaitu Copas jawaban teman. Heheh #Dramaqueennn

No Time For Weekend
Ya Tuhan,, Sudah Lupa Bagaimana Caranya Tidur
Bersyukur banget ketika menemui hari luang tanpa tugas disela-sela kesibukan mereka. Bahkan ada yang menganggap bahwa waktu luang bagi mahasiswa semester 5 merupakan mukzizat yang diberikan oleh Tuhan yang Maha Kuasa #Yakin Ini Lebay Banget.

Mahasiswa semester 5 itu hampir tidak memiliki banyak waktu akibat dari kesibukan kuliah,  dan tugas-tugas yang selalu siap menghampiri. Belum lagi mahasiswa semester 5 yang aktif dalam kegiatan organisasi kampus, rasanya lengkap sudah harus membagi pikirannya antara tugas perkuliahan dan tugas organisasi, karena kebanyakan dari mereka sadar, apa itu profesionalitasan.

Sebagai mahasiswa memang dituntut untuk menjadi seorang ahli dalam bidangnya, namun mereka juga dituntut untuk menyeimbangkan softskill dengan hardskill dalam diri mahasiswa.

Trio Masterpiece Requirements will be Approaching
PKL, KKN SKRIPSI... AAAAHHHHH
Ngerti gak maksudnya? Sama wowcang juga gak ngerti.. hahahah

Trio Masterpiece Requirements itu meliputi 3 mahakarya besar mahasiswa yang wajib-jib-jib-jib dilakukan. Apa saja itu?

Yaitu PKL, KKN, dan Skripsi, kalau Pendidikan berarti KKN, PPL, dan Skripsi.

Yang paling mendekati adalah PKL, PKL ini merupakan singkatan dari Praktik Kerja Lapangan yang hanya muncul untuk jurusan non pendidikan. Walaupun PKL ini akan dilakukan di peralihan semester 5 dan 6, tapi pengurusan tempat PKL harus dilakukan di masa sebelum masehi, ehh maksud wowcang di masa sebelum semeser 5.

Pengurusannya cukup memakan waktu lama yang karena mereka harus berkilah dengan proses perizinannya, mulai dari mengurus surat di TU, mengantar surat ke perusahaan yang dituju, belum lagi persyaratannya, terus waktu penantian jawaban dari perusahaan yang agak ababil antara diterima atau enggak, enak kalau diterima, lahh kalau enggak diterima kan bakal panjang lagi urusannya.

Apalagi jika jawaban dari perusahaan yang bisa memecah belah 1 grup PKL. Seperti contoh : 1 proposal mewakili 4 nama mahasiswa, perusahaan tersebut menerima dengan satu kondisi yaitu hanya 2 mahasiswa yang diterima. Kan kalau kaya gini, nyiksa batin banget.

Belum lagi nanti pengurusan KKN yang siap menghadap di semester 6 dan 7, belum lagi skripsi. -_-

Masalah-masalah lain yang Bisa Menghambat Perkuliahan di Semester 5
Masalah Lagi-Masalah Lagi
Masalah lain seperti :

Laptop Rewel
Marahan Sama Pacar Gegara Waktunya Di duain
Masalah di Organisasi
Masalah sama Mata Kuliah dan Dosen
Masalah Keuangan. Aahhhaayyy -__-

Dan Masalah lainnya yang bisa menghambat kegiatan perkuliahan lainnya.

Memang cukup rumit menjadi seorang mahasiswa semester 5, dengan segala kesibukan dan tanggung jawab yang harus diselesaikan. Tidak banyak yang bisa dilakukan, apalah arti mengeluh, hanya satu kata yang dibutuhkan mahasiswa semester 5 yaitu :

SEMANGAAATTTT!!!

Memang artikel ini menggunakan kata-kata yang terlalu mendramatisir, hal ini dikarenakan agar kalian mahasiswa semester awal tidak terlalu menganggap sepele dan santai dalam “Kuliah”. Sebaliknya kalian harus tetap semangat seperti layaknya kakak-kakak kelas kalian.

Mungkin sebagai adik yang baik, kalian bisa memberikan semangat atau tangan bantuan atau jajanan jika melihat kakak kelas kalian yang sedang berkutat dalam dunia perkuliahannya.. ahahha

Sekian dan terimakasih.


Semangat Buat Kalian Mahasiswa Indonesia :*

lahir era tahun "95" menjadikan seorang bayu, pria mochi semakin beranjak umur. Punya hobi ngedekem di kamar setiap 'weekend' akibat suka-duka mencari segenggam rezeki.


Terimakasih kepada Allah SWT yang telah memudahkan segala jalan yang gue tempuh. Terimakasih juga karena telah mengirimkan special persons ; teman-teman gue, rekan-rekan kerja gue, dan keluarga yang perfect banget yang selalu menyokong gue untuk selalu maju ke depan.

Semoga apa yang gue saat ini kerjakan bisa bermanfaat buat gue dan orang lain. Aminn. wish me luck!! thank you xoxo

yukkk dimari yang mau komentar...
NOTE : jangan masukin link aktif, nnti di deteksi SPAM.
EmoticonEmoticon